Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik biasa digunakan dalam memperbaiki part motor yang mengalami kerusakan seperti, segitiga dan disk breaker. Mesin ini digunakan untuk mempermudah meluruskan segitiga atau disk breaker yang bengkok akibat benturan pada kecelakaan

Bila dalam industri UKM mesin ini digunakan untuk mengepress kertas, kardus, kaleng atau plastik bekas. Agar siap dikirim ke pabrik pengolahan daur ulang. Penggunaan mesin press hidrolik ini sangat penting, untuk mengecilkan volume bahan-bahan tersebut yang sangat besar. Maka hasil press mesin tersebut dapat mengurangi volume sehingga saat pengiriman akan memudahkan baik dari segi ongkos maupun teknis pengiriman.

mesin press hidrolik

Cara kerja mesin press hidrolik menggunakan sistem pompa hidrolik yang mengandalkan kinerja pompa hidrolik untuk melakukan penekanan pada bidang press dan benda yang akan di kecilkan volumenya.

Mesin ini memiliki dua silinder yaitu silinder kecil dan silinder master atau silinder besar. Prosesnya cairan oli hidrolik dimasukkan ke dalam silinder kecil. Piston didorong untuk memampatkan oli hidrolik di dalamnya yang kemudian mengalir ke silinder master melalui pipa. Tekanan pada silinder master dan piston di dalam silinder master akan mendorong oli hidrolik kembali ke silinder kecil. Sistem yang diterapkan pada oli hidrolik silinder kecil mempunyai kekuatan yang lebih besar saat mendorong master silider. Sedangkan untuk mengontrol besarnya daya tekan dan kecepatan gerakan silinder, digunakan banyak valve antara lain check valve, relief valve dan solenoid.

Mesin press hidrolik adalah mesin press yang bekerja berdasarkan teori hukum paskal yakni memanfaatkan tekanan yang diberikan pada cairan untuk menekan atau membentuk. Komponen utama pada mesin ini adalah piston, silinder, pipa hidrolik dan beberapa komponen pendukung lainnya.

Mesin tersebut tidak hanya mengandalkan kekuatan udara saja namun juga menggunakan kekuatan cairan atau fluida berupa oli hidrolik untuk melakukan penekanan. Bergantung pada spesifikasi mesin, mesin press tersebut mampu menekuk plat-plat berbahan mild steel tebal, alumunium dan juga stainless steel.

mesin press plastik gelas
harga mesin press plastik minuman
mesin pres plastik kedap udara
mesin press plastik bekas
mesin pres plastik otomatis
mesin press hidrolik
mesin press plastik beras
cara membuat alat pres plastik

Mesin ini memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan mesin press bertenaga listrik. Mesin ini juga memiliki akurasi yang terkontrol. Cara perawatan mesin tersebut bisa dibilang cukup mudah yakni dengan penggantian oli hidrolik secara berkala setiap 2000 jam pemakaian.

Mesin tersebut di pasaran harganya cukup bervariasi berdasarkan spesifikasinya. Misalnya saja mesin press hidrolik dengan kekuatan daya tekan hingga 20 ton dan mesin press hidrolik dengan kekuatan daya tekan sampai dengan 100 ton. Oleh karena itu anda harus memilih mesin dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Komponen utama pada Mesin Press Hidrolik ini adalah Dongkrak Hidrolik, dan didukung oleh komponen-komponen lain yaitu Tabung Pengepressan, plat penekan (Piston Pengepress), Handle, Frame dan tempat penampung minyak.

Mengenal Beberapa Komponen Mesin Press Hidrolik

  • Dongkrak Hidrolik

Merupakan suatu alat utama yang digunakan pada Mesin Press Hidrolik untuk memberikan tekanan pada bahan melalui Piston Penekan.

  • Tabung Pengepressan

Merupakan bagian dari Mesin Press yang berfungsi untuk menampung bahan (biji) pada saat proses pengepressan yang berbentuk silinder dengan ketinggian tertentu dan dilengkapi dengan lubang lubang penyaring dengan diameter lubang ± 3 mm, pada sisi tabung bagian bawah.

  • Plat Penekan (Piston Pengepress)

Merupakan sumbat geser yang terpasang presisi di dalam tabung pengepressan. Plat penekan ini berfungsi untuk mengubah volume dari tabung pengepressan, menekan bahan di dalam tabung pengepressan ataupun kombinasi keduanya.

  • Handle ( Ulir )

Merupakan bagian mesin press hidrolik yang digunakan untuk mengatur batas maksimal bawah

  • Tempat Penampung Minyak

Merupakan tempat menampung minyak hasil pengepressan berbentuk loyang persegi dan dilengkapi dengan lubang sebagai tempat keluarnya minyak.

  • Pegas Tarik

Merupakan bagian mesin press hidrolik yang digunakan untuk menaikkan batang luncur secara otomatis dan dapat juga digunakan untuk mengembalikan batang luncur pada posisi semula (Putriningtyas dkk, 2007).

Keunggulan Mesin Press Hidrolik :

  • Pengoperasiannnya mudah dan aman
  • Hasil press padat dan maksimal
  • Desain mesin kuat dan kokoh
  • Ukuran hasil press bisa request sesuai permintaan
  • Harga cukup terjangkau dan bergaransi pastinya

Mesin Press Hidrolik Mekanikal

Pada industri besar menggunakan mesin press mekanikal menggunakan sistem mekanikal. Dengan memakai fly wheel yang digerakkan oleh elektro motor, lantas diteruskan ke crank shaft, kemudian menggerakkan slide naik turun.

Untuk kontrol posisi pada gerakan slide memanfaatkan sistem clutch and break dengan tenaga pneumatic. Pada mesin ini, sistem pneumatic dipakai untuk balancer dan die cushion. Oleh sebab itu terdapat tabung udara di atas crown deck dan di bawah mesin atau di belakang mesin. Di Indonesia, mesin press mekanikal ini masih memiliki kekuatan daya tekan yang terbatas yakni hanya mencapai 2500 ton saja.

Bermacam jenis mesin press tersebut digunakan pada industri kecil hingga industri besar. Misalnya saja pada industri pembuatan box untuk rumah-rumahan lampu, pembuatan silent box, pembuatan safety box, pembuatan kitchen set, di industri karoseri. Seperti pada pembuatan chassis, body mobil, bak truk dan komponen lainnya membutuhkan pembentukan lembaran logam. Juga di bengkel-bengkel untuk meluruskan stang, velg dan rangka yang mengalami pembengkokan akibat berbenturan dengan benda-benda keras.

Ada Beberapa Keuntungan Menggunakan Tenaga Mesin Press Hidrolik:

  • Penekanan dengan sistem hidrolik dapat memampatkan bahan sampai batas penuh. Penekan hidrolik hanya mengambil setengah dari ruang mekanis yang mengambil karenasistem tersebut memiliki kemampuan untuk mengkompres tekanan yang besar kedalam silinder yang memiliki diameter yang lebih kecil.
  • Memindahkan tenaga yang besar dengan menggunakan komponen yang relatif kecil.
  • Pengontrolan dan pengaturan lebih mudah.
  • Mudah dipindahkan dalam arah kebalikan(Reversible)
  • Melumasi dan merawat sendiri (self lubricating) sehingga usia pakai lebih panjang.
  • Rancangan yang sederhana (lingkages yang rumit digantikan oleh sedikit komponen- komponen pre-engineered).
  • Fleksibilitas (komponen-komponen hidrolik bisa dipasang pada kendaraan hanya dengan mengalami sedikit sekali masalah).
  • Kehalusan (sistem hidrolik beroperasi dengan halus dan tidak bising dan menimbulkan sedikit sekali getaran).
  • Kontrol (operator melakukan kontrol relatif sedikit atas berbagai macam kecepatan dan gaya).
  • Sedikit gaya yang hilang (gaya hidrolik bisa digandakan besar sekali dan disalurkan sepanjang badan kendaraan dengan sedikit gaya yang hilang).
  • Perlindungan atas beban berlebih (sistem hidrolik dilindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kelebihan beban (overload damage) dengan katup-katup yang bekerja secara otomatis).
  • Ringan
  • Mudah dalam pemasangan
  • Sedikit perawatan
  • Sistem hidrolik hampir 100 % efisien, bukan berarti mengabaikan terjadinya gesekan fluida.
  • Tenaga yang dihasilkan sistem hidrolik besar sehingga banyak diaplikasikan pada alat berat seperti crane, kerek hidrolik dll.
  • Oli juga bersifat sebagai pelumas sehingga tingkat kebocoran lebih jarang dibandingkan dengan sistem pneumatik.
  • Tidak berisik.

Sistem Kerja Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik bekerja berdasarkan Hukum Pascal, cara kerjanya menggunakan sistem hidrolik. Sebuah mesin press hidrolik terdiri dari komponen dasar yang digunakan dalam sistem hidrolik yang mencakup silinder, piston, pipa hidrolik, dll. Prinsip kerja mesin pres ini sangat sederhana. Sistem ini terdiri dari dua silinder, cairan (biasanya minyak) dituangkan dalam silinder memiliki diameter kecil.

Piston dalam silinder ini didorong sehingga memampatkan cairan di dalamnya yang mengalir melalui pipa ke dalam silinder yang lebih besar. Silinder yang lebih besar silinder dikenal sebagai master silinder. Tekanan yang diberikan pada silinder yang lebih besar dan piston dalam master silinder mendorong cairan kembali ke silinder asli.

Gaya yang diterapkan pada cairan silinder yang lebih kecil dalam kekuatan yang lebih besar ketika mendorong master silinder. Hidrolik press banyak digunakan untuk keperluan industri di mana tekanan yang besar diperlukan untuk mengompresi logam menjadi lembaran tipis. Sebuah press hidrolik industri menggunakan bahan yang akan bekerja atas bersama dengan bantuan pelat tekan untuk menghancurkan atau pukulan materi menjadi lembaran tipis.

alat press hidrolik

Mesin pres juga dapat digunakan untuk membengkokan / meluruskan logam. Desain dan fungsi utama Tergantung kebutuhannya akan digunakan dimana dan sebagai apa.

Sebuah press hidrolik digunakan untuk hampir semua keperluan industri. Tapi pada dasarnya digunakan untuk mengubah benda-benda logam menjadi lembaran logam. Dalam industri lainnya, digunakan untuk penipisan kaca, membuat bubuk dalam kasus industri kosmetik dan untuk membentuk tablet untuk penggunaan medis.

Mesin Press Hidrolik Untuk Press Sampah Plastik

Mesin Press Hidrolik digunakan dalam industri daur ulang sampah plastik.

Kegunaan mesin press sampah plastik

Mesin press yang kami buat ini tujuannya adalah untuk mengepress semua  jenis limbah seperti limbah kertas atau kardus , limbah botol PET, limbah ember, kaleng /metal dan lain sebagainya. dengan menggunakan mesin press ini nantinya diharapkan mendapatkan hasil pemadatan limbah sehingga volume berkurang dan  beratnya tetap. Bisa kebayang bukan kalau satu truk cuman muat 300 kg, padahal ongkos transportasi cukup mahal, dengan memadatkan semua limbah – limbah tadi maka daya angkut truk akan meningkat sehingga keuntungan bisa kita dapat

Peluang Bisnis Mesin Press Hidrolik

Dalam industri kecil maupun besar mesin press hidrolik tentunya sangat menguntungkan. Mesin press hidrolik digunakan dalam industri daur ulang sampah plastik. Seperti yang kita ketahui daur ulang sampah plastik sangat menguntungkan bila anda geluti. Karena daur ulang sampah plastik bisa di jadikan apa saja dalam industri apapun yang memerlukan packaging dalam bahan plastik.

Juga pada daur ulang sampah kertas seperti kardus untuk menjadikannya gepeng diperlukan mesin press hidrolik. Untuk menjadikannya dapat di tumpuk bersama dengan kardus yang lain ditumpuk menjadi gepeng yang nantinya akan di daur ulang.

Dari situ anda dapat mengambil keuntungan dalam daur ulang sampah plastik yang sudah dikecilkan volumenya menjadi gepeng dan padat. Anda dapat menjualnya pada industri yang membutuhkan bahan baku plastik untuk siap diolah menjadi benda yang bermanfaat.

Dalam industri logam mesin press plastik juga digunakan untuk membuat lempengan besi yang digunakan dalam industri mobil dan motor. Dengan adanya mesin press hidrolik tentunya dapat memudahkan pekerjaan menjadi lebih ringan daripada harus memukul besi menjadi lempengan pipih.

Dalam perbengkelan mesin press hidrolik digunakan untuk mempress kerusakan pada komponen kendaraan yang rusah dan memerlukan perbaikan. Melihat hal tersebut tentunya menjadi keuntungan tersendiri dan bisa dangan membantu pekerjaan perbaikan komponen kendaraan dalam perbengkelan

Dalam industri makanan mesin press hidrolik juga digunakan untuk memeras santan, memeras sari kedelai, hingga untuk berbagai macam makanan yang pembuatannya menggunakan tehnik memeras atau penekanan.

Demikian pembahasannya tentang alat press hidrolik yang bermanfaat dalam industri kecil maupun besar, dan juga digunakan dalam perbengkelan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × four =