Mesin Press Plastik Beras

Mesin press plastik beras sebenarnya lebih ke foot sealer, continous sealer. Namun hand sealer ddengan vacuum sealer juga bisa digunakan untuk membuat pengemasan pada beras. Di era modern ini beras dikemas menggunakan plastik kemasan agar lebih, rapih dan awet berasnya tidak lembab.

mesin press plastik beras

 

Mesin pres plastik memang sangat membantu dalam pengemasan suatu produk, membuat produk jadi awet dan terlindungi hingga ketangan konsumen.

Mesin Press Plastik adalah mesin atau alat yang digunakan untuk perekat plastik kemasan mengemas aneka jenis plastik dan aluminium foil. Press Plastik sendiri sebenarnya merupakan tehnik yang di lakukan untuk merekatkan dua belah plastik agar menjadi sambungan kemasan yang rekat sehingga isi kemasan bisa terlindung berada di dalamnya.

Mesin press plastik dalam industri ukm memang sedang trend penggunaannya karena memang fungsi utamanya digunakan untuk merekatkan kemasan plastik, cara kerja mesin tersebut yaitu menggunakan elemen pemanas yang dihasilkan dari energi listrik lalu pemanasan tersebut dilakukan untuk mempress plastik kemasan hingga menyatu dan jadilah kemasan yang di inginkan, kebanyakan orang menggunakan mesin press plastik untuk industri makanan, dan selebihnya digunakan untuk industri lain, selain makanan.

mesin press plastik gelas
harga mesin press plastik minuman
mesin pres plastik kedap udara
mesin press plastik bekas
mesin pres plastik otomatis
mesin press hidrolik
mesin press plastik beras
cara membuat alat pres plastik

Mesin press plastik menjadi andalan utama seorang pebisnis karena mesin tersebut memiliki peran penting dalam hal pengemasan produk yang di produksi hingga di pasarkan pada masyarakat luas tak heran banyak orang bilang mesin ini dapat meningkatkan omset penjualan karena memang kemasan yang baik tentu akan membuat produk di dalamnya jadi terlindung dan awet, dari hal tersebut produk yang di ciptakan akan bersih rapih serta berkualitas, dan kini memang mindset masyarakat.

mobile-foot-sealer
mobile-foot-sealer

Kegunaan Mesin Press Plastik

  • Pengemasan Jadi Lebih Mudah

Pengemasan membutuhkan kecepatan dalam pengemasan pastinya membutuhkan mesin press plastik. Jika dibandingkan dengan cara manual yaitu setelah dikemas dengan plastik kemudian diikat dengan karet atau tali. Atau bisa juga direkatkan dengan api yang ditempelkan pada plastik. Cara tersebut memang menghasilkan kemasan yang tertutup namun tingkat kebocoran plastik besar.

  • Tingkat Kecelakaan Kerja Berkurang

Cara manual yaitu press plastik dengan merekatkan kedua bibir kemasan pada api yang menyala dengan hitungan detik. Sepertinya cukup berbahaya apalagi bagi pemula. Namun jika menggunakan mesin press plastik,kemasan tinggal dipress pada mesin press plastik maka kemasan langsung rekat.

  • Mengemas Lebih Rapih

Merekatkan kemasan dengan cara manual selain ditempelkan pada api, biasanya diikat dengan karet atau tali. Hasil yang didapat terntunya tak serapi jika menggunakan mesin press plastik. Karena akan terlihat berantakan dengan banyaknya lilitan.

  • Kontaminasi Produk Berkurang

Karena kemasan dijamin rekat sehingga kemungkinan tingkat kontaminasi kecil. Bakteri, jamur hewan lainnya kemungkinan kecil masuk ke dalam kemasan. Jadi produk yang telah dikemas dengan mesin lebih higienis.

  • Menaikan Nilai Jual Suatu Produk

Karena lebih higienis dan rapi tentunya produk yang dikemas dengan mesin press plastik lebih menarik Dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan cara manual. Sehingga harganya pun ikut naik.

Jenis Mesin Press Plastik Untuk Mengemas Beras

  • Press Plastik Pedal (foot sealer)

Adalah mesin sealer palstik yang cara pengoperasiannya menggunakan pedal kaki. Dengan begitu proses pengemasan menjadi lebih cepat dan mengurangi tingkat kebocoran kemasan sebab tenaga yang digunakan mengepres menggunakan kaki.

  • Hand Sealer

Adalah alat yang dipakai untuk menyegel kemasan plastik dengan cara pengoperasian menggunakan tangan. Memiliki ukuran kecil sehingga bersifat portable dan bisa dipindah-pindah. Cocok digunakan untuk industri makanan skala rumah tangga.

  • Continuous Sealer

Beroperasi secara otomatis menutup kemasan plastik ataupun aluminium foil sebagai bungkus makanan. Beberapa kelebihan mesin ini adalah : hasil pengepresan tertutup rapat dengan begitu di dalamnya akan awet atau tak mudah busuk atau berjamur, memiliki kecepatan penyegelan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mempunyai fitur mencetak expired date, bahan terbuat dari stainless steel sehingga kuat dan awet, beberapa mesin continuous sealer sudah terpasang sistem roda untuk mempermudah pengemasan.

  • Vacuum Sealer

Mesin pengemas kantong plastik atau aluminium foil dengan secara hampa udara. Tujuannya untuk menghambat proses oksidasi produk makanan. Bila dikemas dengan sealer biasa makanan akan busuk dalam 4 hari maka menggunakan mesin ini produk makanan akan mampu bertahan hingga 20 hari.

Manfaat Mesin Pres Plastik Otomatis

  • Mempermudah Pengemasan

Karena pengemasan membutuhkan kecepatan dalam pengemasan pastinya membutuhkan mesin pres plastik. Jika dibandingkan dengan cara manual yaitu setelah dikemas dengan plastik kemudian diikat dengan karet atau tali. Atau bisa juga direkatkan dengan api yang ditempelkan pada plastik. Cara tersebut memang menghasilkan kemasan yang tertutup namun tingkat kebocoran plastik besar.

  • Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Cara manual yaitu pres plastik dengan merekatkan kedua bibir kemasan pada api yang menyala dengan hitungan detik. Sepertinya cukup berbahaya apalagi bagi pemula. Namun jika menggunakan mesin pres plastik,kemasan tinggal dipres pada mesin pres plastik maka kemasan langsung rekat.

  • Kemasan Makanan Lebih Rapi

Merekatkan kemasan dengan cara manual selain ditempelkan pada api, biasanya diikat dengan karet atau tali. Hasil yang didapat terntunya tak serapi jika menggunakan mesin pres plastik. Karena akan terlihat berantakan dengan banyaknya lilitan.

  • Mengurangi Kontaminasi

Karena kemasan dijamin rekat sehingga kemungkinan tingkat kontaminasi kecil. Bakteri, jamur hewan lainnya kemungkinan kecil masuk ke dalam kemasan. Jadi produk yang telah dikemas dengan mesin  lebih higienis.

  • Harga Jual Lebih Mahal

Karena lebih higienis dan rapi tentunya produk yang dikemas dengan mesin pres plastik lebih menarik Dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan cara manual. Sehingga harganya pun ikut naik. Cara soal pengemasan menggunakan mesin pres plastik berikut ini ada beberapa yang perlu di perhatukan dalam mengemas makanan kering.

Keuntungan Menggunakan Mesin Press Plastik Adalah:

  • Bisa Digunakan Untuk Makanan Dan Minuman

Keuntungan pertama dari menggunakan mesin untuk menutup kemasan ini adalah dapat digunakan untuk produk makanan dan minuman. Dimana mesin ini mempunyai dua jenis yang bisa dipilih yaitu untuk makanan ada hand sealer yang digunakan menggunakan tangan dan biasanya digunakan untuk menutup kemasan plastik pada makanan ringan seperti keripik, biskuit, dan juga makanan lainnya. Sedangkan untuk menutup minuman Anda bisa menggunakan cup sealer sehingga minuman yang disajikan akan lebih mempunyai tampilan yang lebih menarik. Dengan begitu apabila Anda akan membuat produk, pastikan untuk kemasannya menggunakan alat perekat ini yang bisa dipilih dari jenis produk yang dibuat.

  • Lebih Hemat Waktu

Dan keuntungan selanjutnya ketika menggunakan mesin pres plastik ini adalah akan lebih hemat waktu. Anda bisa untuk menggunakannya untuk menutup kemasan pada produk yang Anda tawarkan dengan lebih mudah sehingga waktu yang dibutuhkan juga akan lebih cepat. Hal tersebut merupakan keuntungan yang memang ditawarkan berbagai mesin untuk membantu industri sehingga akan lebih mudah, praktis, dan tentunya tidak memakan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan untuk menutup kemasan produk ini.

  • Rekatannya Lebih Kuat

Keuntungan lainnya yang dihasilkan apabila menggunakan mesin pres ini adalah akan membuat produk mempunyai kemasan lebih kuat. Sehingga dengan begitu produk tersebut juga akan lebih awet karena segel kemasannya yang sangat kuat. Oleh karena itulah bagi seseorang yang akan membuat produk makanan atau makanan, lebih baik untuk menggunakan produk mesin press ini yang bisa digunakan dengan banyak keuntungan yang ditawarkan.

  • Cara Kerjanya Yang Mudah

Apabila memilih alat ini juga akan mendapatkan alat yang cara pengoperasiannya mudah dan dapat dipelajari dengan otodidak. Mesin ini sendiri mempunyai jenis mesin yang tidak terlalu besar dan cukup kecil. Sehingga juga akan mempunyai beberapa tombol saja untuk pengoperasiannya yang dapat dipelajari dengan mudah. Oleh karena itulah tidak perlu takut untuk membeli alat ini walaupun sebelumnya belum pernah untuk mengoperasikannya. Karena dapat dipelajari dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang panjang.

  • Cocok Untuk Berbagai Industri

Alat ini sendiri bisa untuk digunakan berbagai jenis industri baik itu untuk perusahaan, usaha rumahan, dan juga berbagai usaha lainnya. Sehingga bagi Anda yang ingin membuat usaha bisa untuk memilih alat ini karena cocok digunakan untuk berbagai industri dan tidak peduli kecil hingga besarnya industri tersebut.

  • Harganya Yang Bervariasi

Dan keuntungan terakhir adalah dari jenis mesin pres plastik ini yang ada beberapa bisa dipilih. Dari mesin pres otomatis atau yang masih menggunakan bantuan tangan. Dengan jenisnya tersebut Anda juga bisa untuk memilih harganya. Dimana untuk harganya tergantung dari tempat membelinya apakah di situs belanja online atau offline dan juga dari jenis mesin yang dipilih.

Peluang Usaha Mesin Press Plastik

Mesin press plastik atau alat segel tersebut mampu menemani Anda untuk pengemasan dalam produksi bahan makanan mentah. Makanan bahan makanan mentah seperti beras merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Jika sehari tidak mencukupi kebutuhan tersebut, energi yang diperoleh pun kurang. Alhasil, berkegiatan pun menjadi tidak semangat. Dari mesin press plastik tersebut memiliki pemanfaatan produk yang berbeda.

Seperti halnya hand sealer dan foot sealer misalnya, kedua mesin tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengemas produk makanan dan bahan makanan mentah. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan berbagai jenis camilan atau makanan ringan dan juga bahan makanan mentah seperti beras. Berbagai macam produk bisa dikemas dengan mesin press plastik untuk meningkatkan kualitasnya. Dari mulai camilan hingga bahan makanan mentah seperti beras dan lain-lain.

banner Mesin Press Plastik New

Oleh sebab itu, dengan berbagai kreativitas dan inovasi tentu Anda harus memiliki ide untuk meningkatkan kualitas dari produk yang anda jual melalui pengemasan mesin press plastik. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan daya jual, Anda jangan lupa berikan kemasan yang menarik agar pelanggan selalu mengingat tampilan menarik produk anda sebagai ciri khas.

Demikian pembahasannya tentang mesin press plastik beras yang sangat membantu sekali dalam mengemas beras. Dan mesin press plastik tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.

10 − two =