Cara Membuat Alat Pres Plastik

Cara membuat alat pres plastik mengajarkan cara membuat alat pres plastik secara manual. Agar tercipta alat pres plastik manual dan mempermudah pekerjaan dalam pengemasan.Bila anda memiliki ilmu pengetahuan tentang elektronika akan lebih baik bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat membuat berbagai macam alat untuk mempermudah pekerjaan manusia.

mobile-mesin-hand-sealer
mobile-mesin-hand-sealer

Seperti yang sudah kita ketahui bersama. Bahwa saat ini sudah ada banyak sekali alat-alat elektronika yang dapat membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan manusia jadi lebih mudah. Alat-alat tersebut ada yang berbentuk sederhana, dan ada pula yang bentunya rumit. Membuat sebuah alat sederhana dari ilmu elektronik maupun kelistrikan tentunya sangat membantu pekerjaan banyak orang. Alat tersebut adalah alat pres plastik.

Mesin pres plastik otomatis mempunyai banyak fungsi. Salah satunya adalah untuk merekatkan atau mengepres sebuah plastik sehingga bisa menutup lubang yang ada pada plastik tersebut. Namun pada intinya alat pres plastik lebih sering digunakan dalam proses pengemasan. Selain itu alat pres plastik atau plastik sealer juga biasa digunakan untuk memotong lembaran plastik dengan lebih mudah.

Kini banyak alat pres plastik mudah kita dapati dan siap pakai di toko-toko online maupun offline. Akan tetapi harganya masih terbilang cukup mahal bagi sebagian orang. Oleh karena itu tak ada salahnya bila kita mencoba membuat sendiri alat pres plastik atau plastik sealer menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Sebelum mulai membuat alat pres plastik, tentu kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat plastik sealer ini tak terlalu banyak dan mudah didapat.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum Anda mengetahui cara membuat alat pres plastik manual sendiri, tentu Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu bahwa alat pres plastik bekerja dengan tenaga listrik dan akan memanaskan plastik yang membuatnya akan menjadi tertutup rapat sampai udara tidak akan bisa mengalir masuk kedalamnya.

Alat pres plastik juga biasanya dijual dengan harga yang cukup beragam dan sedikit mahal, oleh karena itu ada baiknya apabila Anda memiliki anggaran yang terbatas bisa mencoba untuk membuat alat pres plastik sendiri di rumah. Siapkanlah bahan-bahan di bawah ini:

cara membuat alat press plastik

  • 1 buah Adaptor DC 12 Volt sebagai sumber tenaganya.
  • 1/2 meter kawat nikelin.
  • 1 buah saklar on/off.
  • 1 buah papan kayu dan kayu sebagai alas dan gagang penekan.
  • 1 buah spons.
  • 1 meter kabel ganda.
  • 2 buah baut.

Proses Membuat Alat Pres Plastik

Setelah alat dan bahan sudah Anda siapkan, maka cara membuat alat pres plastik manual sendiri yang bisa Anda ikuti seperti di bawah ini:

  • Siapkanlah kayu persegi panjang, bentuk dengan ukuran panjang sekitar 40cm dan lebar sekitar 20cm.
  • Lengkapi kayu tersebut dengan tempat untuk penjepit pada bagian depannya. Siapkan juga sebuah lubang untuk menempatkan saklar pada bagian belakangnya.
  • Pada bagian permukaan kayu, tempelkan tatakan yang terbuat dari bahan lunak. Sesuaikan ukuran tatakan dengan gagang penekan yang akan Anda buat.
  • Buatlah gagang penekan dari kayu, sesuaikan panjangnya dengan ukuran kotak kayu dan pastikan agar memiliki ukuran yang lebih panjang dari kotak kayu tersebut.
  • Tempelkan spons pada bagian bawah permukaan gagang penekan.
  • Pasangkan gagang penekan pada tempat penjepit yang ada pada kotak kayu.
  • Pasangkan saklar pada lobang yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Pada tatakan kotak, pasangkanlah dua buah baut, satu pada bagian muka dan satu pada bagian belakang.
  • Pasangkan kawat nikelin di atas tatakan, kencangkan dengan menggunakan baut.
  • Hubungkanlah baut pada bagian muka dengan kabel pada arus negatif.
  • Hubungkan juga baut pada bagian belakang dengan saklar dan kabel pada arus positif.
  • Setelah semua kabel terpasang, pasangkan kedua kabel tersebut pada adaptor dan tutuplah dengan menggunakan isolasi listrik.
  • Colokkan adaptor pada steker listrik, dan nyalakanlah alat pres plastik yang Anda dibuat.

Demikian proses pembuatannya tentunya sangat mudah bukan ?… karena itu alat sederhana namun cukup memuaskan hasilnya karena pengguaannya untuk pengemasan sederhana.

Manfaat Dan Kegunaan Alat Press Plastik Untuk Kemasan :

  • Kemasan produk terlihat rapi dan bersih.
  • Rekatan di kemasan kuat dan aman.
  • Produk aman dari debu dan zat lain.
  • Kualitas produk di dalam kemasan akan terjaga.
  • Terdapat cetakan tanggal kadaluarsa atau tanggal produksi di beberapa produk Sealer Plastik.
  • Mesin press plastik sangat efisien digunakan dan memberi hasil maksimal dalam pengemasan.

Manfaat Pengemasan Untuk Sebuah Produk

Manfaat pengemasan untuk sebuah produk tentunya sangat vital karena kemasan merupakan pelindung suatu produk dari kerusakan. Hingga produk tersebut sampai ketangan konsumen, berikut beberapa manfaat penting kemasan:

  • Melindungi produk dari kerusakan

Setiap pengemasan bisa melindungi produk, tentu fungsi pada dasarnya artinya buat melindungi produk asal kerusakan. Coba bayangkan sebuah produk kuliner tanpa pengemasan. Tentu akan mudah sekali rusak, bukan?

  • Mempermudah distribusi

Suatu produk menggunakan pengemasan yg baik, tentu akan mempermudah pada proses distribusi. Produk akan simpel ditumpuk, disusun serta dipindahkan.

  • Menjadi identitas produk

Menggunakan dikemas sedemikian rupa, suatu produk akan praktis dikenali. Disitulah letak ciri-ciri produk dapat dilihat dan  dirasakan oleh konsumen. Menggunakan labeling yg baik, dan  isu yg berguna bagi konsumen, kemasan bisa berbicara poly hal.

  • Menaikan nilai jual

Tak sporadis saat ini konsumen menjatuhkan pilihan di suatu produk hanya karena melihat pengemasan yang menarik. Hal tadi menjadi pertimbangan banyak konsumen, bahkan tidak sporadis konsumena mau membayar lebih mahal hanya sebab pengemasan suatu produk.

  • Menaikkan efisiensi

Pengemasan bisa meningkatkan efisiensi saat, porto serta tenaga. Dengan pengemasan yang baik suatu produk akan mudah dalam penyimpanan, pendistribusian, penghitungan serta bisa mengurangi jumlah kerusakan produk.

banner Mesin Press Plastik New

  • Mempermudah pengemasan

Karena pengemasan membutuhkan kecepatan dalam pengemasan pastinya membutuhkan mesin press plastik. Jika dibandingkan dengan cara manual yaitu setelah dikemas dengan plastik kemudian diikat dengan karet atau tali. Atau bisa juga direkatkan dengan api yang ditempelkan pada plastik. Cara tersebut memang menghasilkan kemasan yang tertutup namun tingkat kebocoran plastik besar.

  • Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Cara manual yaitu press plastik dengan merekatkan kedua bibir kemasan pada api yang menyala dengan hitungan detik. Sepertinya cukup berbahaya apalagi bagi pemula. Namun jika menggunakan mesin press plastik,kemasan tinggal dipress pada mesin press plastik maka kemasan langsung rekat.

  • Kemasan Makanan Lebih Rapi

Merekatkan kemasan dengan cara manual selain ditempelkan pada api, biasanya diikat dengan karet atau tali. Hasil yang didapat terntunya tak serapi jika menggunakan mesin press plastik. Karena akan terlihat berantakan dengan banyaknya lilitan.

  • Mengurangi Kontaminasi

Karena kemasan dijamin rekat sehingga kemungkinan tingkat kontaminasi kecil. Bakteri, jamur hewan lainnya kemungkinan kecil masuk ke dalam kemasan. Jadi produk yang telah dikemas dengan mesin  lebih higienis.

  • Meningkatkan Harga Jual

Karena lebih higienis dan rapi tentunya produk yang dikemas dengan mesin press plastik lebih menarik Dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan cara manual. Sehingga harganya pun ikut naik.

Beberapa Alat Press Plastik

  • Mesin Hand Sealer

Merupakan mesin press plastik yang digunakan untuk merekatkan plastik dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan mesin perekat yang dipakai. Cara kerjanya dengan memanfaatkan pana syang dihasilkan oleh listrik yang membuat plastik akhirnya menempel dan juga kedap udara dalam di bagian dalam plastik.

Bentuk hand sealer juga lebih kecil dibandingkan dengan mesin perekat biasa sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Hand sealer bisa digunakan untuk mengemas produk makanan yang berukuran kecil seperti bumbu makanan atau makanan ringan lainnya.

Jika dibandingkan dengan perekatan secara manual yang menggunaka lilin. Jika merekatkan dengan hand sealer terkesan lebih rapi dan lebih rekat. Jika dengan lilin dikhawatirkan kemasan justru bolong karena terbakar.

mesin press plastik gelas
harga mesin press plastik minuman
mesin pres plastik kedap udara
mesin press plastik bekas
mesin pres plastik otomatis
mesin press hidrolik
mesin press plastik beras
cara membuat alat pres plastik

Menggunakan hand sealer pun cukup mudah dengan menempelkan kemasan pada alat. Jadi Anda tak perlu repot membaca buku manual. Selain itu keunggulan lainnya bisa merekatkan kembali kemasan yang sudah terbuka sehingga produk bisa disimpan kembali dan tahan lama.

  • Continous Sealer

Continous Sealer merupakan salah satu mesin press plastik yang secara otomatis bisa merekatkan kemasan plastik maupun almunium foil. Keunggulan dari mesin ini yaitu hasilnya lebih tertutup dan rekat sehingga meminalisir produk dari kebusukan karena bisa mencegah masuknya mikroorganisme.

Selain itu kecepatan dalam penyegelan produk juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu mesin press ini juga memiliki fitur pencetak expired date. Bahan mesin sendiri terbuat dari stainless steel sehingga kuat, awet dan tidak mudah berkarat. Pada mesin ini juga terdapat sistem roda untuk mempermudah pengemasan.

  • Cup Sealer

cup sealer manual new

Mesin Press yang digunakan untuk menyegel minuman yang dikemas dalam gelas plastik. Misalnya yoghurt, jus, the, nata de coco. Alat ini ada yang otomatis ada juga yang manual. Para pedagang saat ini lebih memilih menggunakan cup sealer dibandingkan tutup cup. Karena tutup cup sering mengalami kebocoran ketika dijinjing oleh pembelinya. Harga Mesin Press Plastik Minuman sendiri cukup terjangkau untuk versi paling murah

  • Mesin Press Plastik Pedal

Merupakan mesin press plastik yang menggunakan pedal kaki dalam pengoperasiannya. Dengan begitu proses pengemasan akan lebih cepat dan mengurangi tingkat kebocoran kemasan. Sebab tenaga pengepressan dilakukan oleh kaki.

  • Vacuum Sealer

Merupakan mesin yang berfungsi untuk menghambat oksidasi produk makanan. Sehingga membuat barang ataupun makanan akan tetap aman, awet (tahan lama), fresh, bersih, serta menarik.

Peluang Bisnis Dengan Mesin Pres Plastik

Dengan menggunakan mesin pres plastik tentunya dapat menjaga kualitas dan mutu produk kemasan terutama makanan kemasan. Karena memang pengusaha harus memperhatikan proses pengemasannya untuk memberikan produk terbaik. Makanan kemasan ini harus dikemas dengan rapih, rapat dan bagus. Melihat perkembangan bisnis makanan saat ini untuk meningkatkan kualitas produk makanannya maka dibutuhkan sebuah mesin pengemasan.

Mesin pres plastik ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha makanan. Dengan hadirannya mesin pres plastik ini sangat membantu proses pengemasan produk menjadi lebih berkualitas. Itulah sedikit penjelasan mengenai mesin pres plastik dan keuntungan yang akan anda peroleh dengan memiliki mesin pres plastik ini. Demikian pembahasannya tentang cara membuat mesin press plastik manual yang sederhana yang bisa digunakan untuk industri kecil. Sebagai bahan eksperimen dan percobaan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.