Mesin Press Plastik Gelas

Mesin press plastik gelas adalah mesin yang digunakan untuk mempress tutup gelas plastik agar menjadi kemasan gelas higienis dan aman. Mesin press plastik gelas sebenarnya adalah mesin press plastik gelas yang digunakan untuk mengamas minuman gelas plastik.

Cup Sealer WS-H8 - mesin press plastik gelas

Mesin ini adalah salah satu bagian dari beberapa kelompok mesin press plastik karena penggunaannya yang mempress kemasan plastik. orang mengenalnya dengan mesin press plastik gelas adalah alat yang digunakan untuk menyegel gelas plastik agar rapat.

Sehingga minuman yang ada di dalamnya tidak tumpah dan hal tersebut menjadi tren saat ini dalam mengemas minuman gelas. Berbisnis minuman gelas kemasan kini sangat menguntungkan karena didukung dengan mesin press plastik gelas.Jadi aman terlindung dan isinya pun berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa penjualan minuman gelas meningkat karena penutup segel minuman gelas tersebut dapat melindunginya agar tidak tumpah.

mesin press plastik gelas dapat menyegel gelas plastik yang tingginya 18 cm. Cocok untuk diaplikasikan pada snack bar, bubble tea, stand makanan cepat saji, supermarket, teh gelas, usaha minuman, dll.mesin press plastik gelas harganya mulai dari 6 jutaan hingga 7 jutaan. Banyak toko mesin yang menawarkan mesin press plastik gelas otomatis tipe ZF-07 dengan spesifikasi dan fitur yang sama.

Untuk memudahkan bisnis minuman gelas plastik jadi lebih cepat dalam pelayanan dan lebih higienis tentunya. Juga karena praktisnya dalam mengkonsumsi minuman tersebut, pada penutup plastik lidnya anda dapat menjadikannya sebagai media promosi brand minuman anda.

Manfaat Mesin Press Plastik Gelas:

  • Meningkatkan pelayanan terhadap konsumen
  • Dapat menghasilkan produk dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sigkat.
  • Menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
  • Isi minuman terlindungi dari bahaya bakteri dan kontaminasi
  • Mudah dibawa ke mana saja.
  • Terhindar dari kebocoran dan tumpahan.
  • Dapat meningkatkan daya penjualan karena isi produk lebih aman dan terpercaya.
  • Jangka waktu pemanfaatan lebih lama.
  • Dapat Menjaga kualitas isi produk.

Prinsip Kerja Mesin Press Plastik Gelas

Prinsip kerja mesin press plastik gelas yaitu pneumatic dan mekanik. Prinsip kerja tersebut memiliki perbedaan pada sumber tenaga. Namun di pasaran yang paling diminati adalah sistem pneumatic.

Pneumatik adalah jenis mesin yang memakai sistem penggerak berupa tekanan udara, bisa dibilang mirip sistem hidrolik. Bedanya, sistem hidrolik menggunakan cairan oli sebagai tenaga penggerak.Pada mesin press plastik gelas, tekanan udara ini digunakan untuk mengeluarkan cairan pada tabung. Menggerakan adjusting dan coding hingga meletakan gelas pada conveyor yang di lakukan oleh bagian feeding.

Cup Sealer Manual OLD

Sementara untuk mesin press plastik gelas mekanik, semua proses ini digerakan oleh rotary system berupa gear dan rantai. Kelebihan sistem pneumatic adalah pada proses perawatanya.Apabila terjadi kerusakan, misalnya pada coding, mesin pneumatic masih bisa bekerja. Jadi kita hanya perlu melakukan perbaikan pada bagian yang rusak tadi.

Berbeda dengan mesin mekanik yang akan macet total jika salah satu bagianya tidak berjalan. Namun, jika anda mencari mesin dengan speed sealing yang super cepat, tipe mekanik lebih unggul.

Fitur Mesin Press Plastik Gelas Versi Mesin Kecilnya

Bagian Pemanas Segel

Bagian penyegel elemen pemanas mesin press plastik gelas dapat menghasilkan suhu panas hingga 250° Celcius. Tentunya jangan coba-coba Anda memegangnya ya. Bila Anda gunakan sesuai dengan prosedur, elemen pemanas mesin press plastik gelas tersebut bisa bertahan hingga 100.000 kali penyegelan. Sebelum akhirnya Anda harus menggantinya dengan elemen pemanas yang baru bila memang dibutuhkan.

Tuning Pengatur Suhu

Anda harus memahami ketebalan plastik lid yang tersedia dipasaran yang bervariasi. Ada yang tebal, tetapi ada juga yang tipis dan gampang robek.

Tapi tenang, Anda tidak perlu khawatir. Semua sudah “dipersiapkan” oleh mesin press plastik gelas. Melalui knob pengatur suhu, Anda tinggal “setel” suhu mana yang sesuai dengan ketebalan plastik lid yang Anda beli.

Ring Kecil Tambahan

Seperti yang saya katakan di atas, manual mesin press plastik gelas dapat Anda gunakan. Untuk menyegel gelas besar dan kecil karena adanya tambahan ring kecil yang bisa Anda bongkar pasang setiap waktu.Untuk gelas yang kecil, ukurannya sebesar gelas air mineral kecil aqua dan semisalnya, sekitar  220 – 240 ml.

Cara kerja mesin press plastik gelas adalah dengan membuat tutup kemasan cup Anda tersegel dengan cantik. Menggunakan plastik atau lid khusus. mesin press plastik gelas membuat plastik atau lid melekat pada cup cukup kuat, sehingga tidak bisa Anda buka tutup. Plastik lid sealer ini menggunakan jenis plastik yang kuat tapi cukup tipis sehingga bisa “ditembus” sedotan.

Bila Pada Fitur dan Cara Kerja Mesin Press Plastik Gelas Otomatis Versi Mesin Besarnya

Feeding

Feeding berguna untuk menaruh gelas plastik pada conveyor. Gelas plastik akan otomatis masuk sendiri karena dorongan udara dari kompresor. Anda cukup meletakan deretan gelas ke dalam wadah feeding.Perhatikan pula apa gelas yang tertumpuk melekat atau tidak. Gelas tumpuk yang terlalu melekat akan menyulitkan proses feeding.

Solusinya, anda bisa menarik gelas satu-satu sebelum dimasukan ke feeding untuk memastikan tidak ada gelas yang lengket bergandengan.Pada mesin press plastik otomatis gelas terdapat selang yang terhubung dengan feeding. Selang tersebut memberikan tekanan udara untuk menurunkan cup (gelas) menuju konveyor.

Pada beberapa kasus ada kemungkinan, terjadi error pada mesin yang menyebabkan gelas tidak pas masuk ke lubang konveyor. Disini anda bisa mengecek selang penghubung yang terhubung pada cylinder atau valve.Jika ada kerusakan, bisa ganti sparepart bagian yang rusak saja. Dan menariknya, spare part pneumatic mesin press plastik secara umum lebih murah dari pada tipe mekanik.

Filling

Tahap Filling adalah proses mengisi mengisi cairan ke dalam gelas. Seberapa banyak air yang dikeluarkan oleh piston menyesuaikan dengan kapasitas gelas.

Ini semua dikontrol oleh valve yang terdapat pada sisi atas bagian filling. Pada mesin pneumatic, seperti yang disebutkan, tetap bisa berjalan meski salah satu piston macet dan cairan tidak mau keluar.

Coding

Tahap coding adalah proses mencetak tanggal kadaluwarsa pada kemasan.

Adjusting & Sealing

Tahap ini adalah proses untuk menyesuaikan plastik penutup gelas agar pas pada kemasan serta merekatkan penutup gelas. Setelah proses ini selesai, gelas akan masuk proses cutting untuk memotong dan merapikan penutup gelas. Cara mengoperasikan mesin press plastik gelas otomatis, pertama tekan tombol power. Kemudian putar tuas heating untuk menyalakan komponen pemanas pada sealing.

mesin press plastik gelas
harga mesin press plastik minuman
mesin pres plastik kedap udara
mesin press plastik bekas
mesin pres plastik otomatis
mesin press hidrolik
mesin press plastik beras
cara membuat alat pres plastik

Atur temperatur control dan tank heating, setelah itu putar Photo sensor. Tombol ini terhubung dengan sensor yang terdapat di dekat bagian sealing, jadi anda harus memastikan roll film melewati bagian ini. Photo sensor ini digunakan untuk menandai apakah roll film sudah terpasang sempurna. Juga mendeteksi kemungkinan tidak ada cup dibawahnya sehingga proses filling atau sealing tidak akan dilakukan.

Wirapax Mesin Cup Filling & Sealing

Saat proses ini selesai, anda bisa mulai menyalakan mesin dengan memutar tombol Stop, Start dan Filling sekaligus. Sebagai tester awal anda dapat mengisi gelas berisi cairan secara manual ke dalam conveyor. Kemudian anda tunggu semua proses berjalan. Cek juga keberadaan cairan pada hooper (tangki) jangan sampai kehabisan. Selesai memakai mesin, jangan langsung tekan Stop, namun putar dulu tombol Filling.

Pengemasan Selalu Memiliki Dua Tujuan Yaitu:

  • Sebagai Media atau Wadah dari Produk Anda
  • Tujuannya supaya konsumen Anda merasa nyaman dalam menikmati produk minuman Anda.
  • Sebagai Media Promosi
  • Dengan menyertakan logo dan merek dari usaha minuman segar Anda, konsumen akan selalu “diingatkan” secara terus menerus dengan merek Anda.

Alasan Menggunakan Alat Segel Press Gelas Plastik

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan mesin press plastik gelas bisa lebih efektif untuk usaha minuman segar Anda. Dari pada menggunakan tutup mika konvensional.

Keamanan Produk Minuman

Proses pengemasannya plastik gelas tersebut harus Anda lekatkan dengan panas melalui mesin press plastik gelas. Maka tutup mesin press plastik gelas bersifat permanen dan tidak bisa lepas. Ini membuat kemasan lebih aman, tidak mudah tumpah dan lebih awet. Beberapa minuman jus bisa berubah warna karena udara. Dengan kemasan yang tertutup permanen. Maka kemasan bisa relatif kedap udara dan bisa membuat minuman tersebut lebih awet.

Hemat Biaya Operasional

Perbandingannya harga selembar plastik mesin press plastik gelas dengan satu buah tutup cup mika jauh lebih murah. Meski Anda masih harus membeli mesin press plastik gelas sebagai pelengkap usaha minuman segar Anda. Total biaya pengemasan bisa Anda tekan, karena mesin press plastik gelas ini bisa Anda gunakan berkali-kali. Serta bisa bekerja dalam waktu tahunan.

Mengoptimalisasi Promosi

Anda jelas tidak bisa memasang logo atau merek pada tutup cup mika kan?. Anda hanya bisa memasang logo pada plastik kemasan mesin press plastik gelas karena bentuknya datar. Tutup plastik ini bisa menjadi identifikasi dari usaha minuman segar Anda selain pemasangan logo pada cup atau gelas. Sudah jadi rahasia umum jika desain kemasan yang unik dan menarik bisa “memikat hati” para konsumen.

Penggunaannya Leluasa

Penggunaan mesin press plastik gelas pada usaha minuman segar. Tidak sempit hanya pada usaha minuman take away dengan booth yang cantik.Anda bisa menjual minuman kemasan seperti sari apel, jus buah kemasan atau usaha minuman segar olahan lain. Itu dapat Anda jual secara ecer maupun grosir.Pengemasan dengan mesin press plastik gelas menjamin minuman Anda utuh, higienis dan awet meski harus “menempuh” perjalanan jauh. Demikian pembahasannya tentang mesin press plastik gelas yang digunakan untuk menyegel, mengemas minuman gelas plastik. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven + 11 =