3 Jenis Tutup Gelas Plastik Kemasan Yang Paling Populer

Gelas plastik adalah salah satu wadah yang paling sering digunakan untuk produk minuman. Tutup Gelas plastik didesain sederhana untuk memudahkan konsumen. Minuman dari gelas kemasan ini biasanya dijual lebih murah daripada botol. Itu mengapa konsumen banyak yang memilih minuman gelas karena dapat menghemat pengeluaran.

tutup gelas

 

Pedagang minuman juga tidak perlu menguras kocek terlalu dalam untuk membeli kemasan gelas ini. Harga gelas plastik tidak begitu mahal dan mudah ditemukan di berbagai toko plastik. Gelas plastik lebih memudahkan Anda daripada menggunakan kemasan minuman yang berbentuk bantal atau plastik. Karena gelas plastik didesain lebih mudah saat peletakkan. Tidak hanya berbagai produsen minuman terkenal, gelas plastik juga banyak dimanfaatkan oleh para wirausaha bisnis rumahan.

Kemasan gelas ini justru mewabah kepada usaha bisnis rumahan. Mengapa demikian? Karena minuman dari gelas plastik mudah dijadikan peluang usaha. Anda bebas memilih jenis minuman apa yang akan dijual. Anda juga bebas menentukan jenis dan ukuran gelas plastik. Mungkin Anda sering melihat gelas plastik dengan ukuran kecil yang biasanya diperjualbelikan oleh produsen air mineral.

Ukuran kecil sendiri terkadang membuat konsumen merasa tidak puas dan akhirnya merasa sia-sia. Nah, Anda dapat menggunakan ukuran gelas plastik yang sedang atau besar. Ukurannya pun beragam dari 12 oz, 14 oz, dan 16 oz. Jadi, Anda dapat menentukan ukuran gelas secara bebas.

Gelas plastik juga memiliki berbagai jenis, yaitu polos/transparan dan bermotif. Atau jika Anda ingin membeli gelas plastik yang transparan lalu mempercantik dengan menghias sendiri juga bisa kok. Hal tersebut justru akan meningkatkan rasa penasaran konsumen untuk segera membeli produk Anda.

Untuk menjaga minuman, ada baiknya gelas plastik juga diberi tutup. Penggunaan tutup tersebut untuk menghindari adanya bakteri yang masuk. Selain itu, dengan adanya tutup juga dapat meminimalisir terjadinya tumpahnya minuman dan memudahkan masuknya sedotan. Jika tanpa tutup, biasanya sedotan tidak tetap dan mudah berpindah tempat. Hal tersebut terkadang sedikit menjengkelkan untuk para konsumen.

Jenis tutup gelas plastik

Tutup plastik yang sering Anda lihat terbagi menjadi dua jenis, yaitu cembung (dome) dan datar. Keduanya sama-sama dapat digunakan sesuai keinginan Anda.

  1. Tutup Gelas Plastik Cembung (Dome)

Jenis tutup ini memiliki ukuran lebih tebal daripada tutup gelas plastik datar. Bentuk tutup gelas ini setengah lingkaran yang memiliki efek cembung ke bagian atas. Di tengah-tengah tutup terdapat lubang sebagai akses masuknya sedotan. Minuman dengan tutup seperti ini biasanya terlihat lebih elegan. Selain itu, isi minuman lebih diberi ruang udara karena posisi tutup yang jauh dari minuman.

Gelas plastik dengan tutup cembung juga sering digunakan untuk bisnis minuman industri rumahan, seperti Pop Ice. Namun, berbagai restoran ternama juga memanfaatkan jenis tutup minuman ini, seperti Starbucks.

  1. Tutup Gelas Plastik Datar

Sedangkan tutup gelas plastik datar hanya berbeda bentuk dengan tutup cembung. Tutup gelas plastik datar tidak memberi ruang dan menempel langsung dengan permukaan lingkaran gelas, sehingga menyentuh isi minuman. Jenis tutup ini juga terdapat lubang untuk sedotan, sehingga dapat memudahkan Anda untuk meminumnya.

Jenis tutup ini paling sering digunakan oleh bisnis minuman rumahan. Karena teksturnya tipis, jenis tutup ini dijual jauh lebih murah daripada jenis tutup cembung. Itu mengapa banyak pedagang minuman lebih memanfaatkan tutup gelas plastik datar karena salah satunya untuk menghemat pengeluaran.

  1. Tutup Gelas Plastik Twin Cup

Jenis tutup beserta gelasnya ini sangatr unik. Gelas plastik twin cup memiliki dua sisi yang terpisah. Begitu pula dengan tutupnya. Tutup gelas twin cup ini juga memiliki dua lubang sedotan. Dengan disediakannya dua lubang sedotan, Anda dapat menikmatinya berdua bersama teman Anda.

Karena memiliki dua bagian yang terpisah. Anda juga dapat memilih dua varian minuman dalam satu gelas. Menarik bukan? Jenis gelas ini sedang hangat-hangatnya digunakan oleh jus, thai tea, dan minuman lainnya.

            Menggunakan jenis ketiga tutup tersebut memang sangat menguntungkan para pedagang. Namun sayang, minuman dengan tutup yang dapat dilepas bisa mengakibatkan minuman tumpah atau mengalami kebocoran. Untuk mengantispasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan mesin cup sealer.

            Cup sealer adalah mesin kemasan untuk menyegel gelas plastik kemasan. Mesin ini juga dapat menyesuaikan sesuai dengan ukuran gelas. Keuntungan lainnya, segel pada gelas akan tertutup rapi dan dapat menghindari kebocoran. Jadi, untuk Anda para konsumen jika membeli minuman yang disegel menggunakan cup sealer dapat diletakkan dulu di dalam tas tanpa rasa takut minum akan tumpah.

            Harga selembar plastik cup sealer jauh lebih murah. Meskipun Anda harus terlebih dahulu membeli mesinnya, kemasan gelas akan terjamin tampilan dan kualitasnya. Harga cup sealer beragam. Anda dapat memilih mesin manual, semi-auto, dan full-auto. Semua tergantung budget Anda. Minuman gelas yang disegel akan meningkatkan sarana promosi lebih optimal.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 + 7 =