Harga Mesin Adonan Bakso

Harga mesin adonan bakso dipasaran bisa dikatakan cukup mahal namun tidak terlalu mahal. Karena masih ada mesin bakso lain yang lebih mahal namun fungsinya dapat membuat adonan bakso sekaligus menghaluskan daging.

Meat Mixer R22 New

Mesin adonan bakso itu sendiri sebenarnya lebih merujuk pada mesin mixer daging bakso. Untuk membuat adonan bakso dengan mencampur semua bahan-bahan pembuat bakso hingga menjadi adonan yang homogen yang siap dibentuk menjadi bakso. Mixer bakso juga berfungsi sebagai penghancur daging hingga halus dan dapat mengaduk bahan-bahan adonan bakso.

Dalam paket mesin bakso mixer bakso merupakan proses tahap ke dua dalam pembuatan bakso. Setelah menghancurkan daging menggunakan mesin giling daging kemudian menggunakan mixer bakso untuk mencampur semua bahan-bahan pembuat bakso. Sekaligus melumatkan daging yang belum halus saat dihaluskan dengan mesin giling daging. Setelah adonan jadi tentunya berlanjut pada proses pencetakan bakso hingga menjadi bulatan bakso yang siap direbus menjadi bakso.

Harga mesin bakso sekitar 3 juta 9 ratus ribu dipasaran. namun ada lagi mesin fine cutter yang berfungsi menghancurkan daging sekaligus membuat adonan bakso. Dengan pergerakan piringan dan sayatan pisau yang berputar cepat sehingga dapat membuat adonan bakso yang homogen. Adonan tersebut kemudian  siap dicetak menggunakan mesin pencetak bakso.

Mesin fine cutter itu sendiri sebenarnya adalah mesin penghancur daging yang siap melumatkan daging. Namun karena perputarannya yang cepat dalam menghancurkan daging maka dimanfaatkan sekaligus untuk membuat adonan bakso untuk mengefisiensi waktu pembuatan bakso. Agar dapat berlanjuta ke proses selanjutnya dapam pembuatan bakso yaitu proses mencetak bakso menggunakan mesin pencetak bakso.

Mesin fine cutter dipasaran harganya mencapai 16 juta hingga 20 jutaan. Oleh karena itu mesin ini terbilang cukup mahal. Namun karena fungsinya yang bisa dikatakan berlebih dari pada hanya menghaluskan atau menghancurkan daging. Maka oleh para produsen pembuat bakso digunakan sekaligus untuk membuat adonan bakso.

Manfaat mixer adonan bakso ini adalah mencampur dan mencacah adonan bakso menjadi lembut dan halus serta tercampur merata. Bahan yang dimasukkan di mesin mixer bakso adalah daging yang sudah digiling dengan mesin giling daging (meat grinder). Daging, tepung dan bumbu bakso hingga menjadi adonan bakso yang siap di cetak.

Baca Juga :

mesin bakso mini

mesin bakso ikan

mesin pembuat bakso untuk rumah tangga

harga paket mesin pembuat bakso

video mesin pembuat bakso

mesin pencetak bakso bekas

mesin pencetak bakso kapasitas kecil

harga mesin adonan bakso

Penggunaan mixer bakso tersebut juga dapat digunakan untuk produk adonan sejenis lain yang membutuhkan proses mencincang dan mencampur adonan, misalnya sosis, tempurah, dan aneka masakan lainnya.

Harga Mesin Adonan Bakso

  • Mixer Adonan bakso R18 Harga: Rp 3.900.000
  • Mixer Adonan bakso R22 Harga: Rp 4.600.000
  • Fine Cutter WLQ-20 Harga: Rp 16.000.000

Fungsi Mesin Adonan Bakso

  • Mencampur dan mencacah adonan bakso menjadi lembut dan halus serta tercampur merata.
  • Menghemat dan mengefiseiensi waktu pembuatan bakso agar pembuatan adonan bakso lebih cepat dan siap dicetak.
  • Daging lebih halus dan tercampur merata dengan tepung serta bumbu adonan bakso.
  • Pembuatan adonan bakso lebih higienis, tercampur merata, dan cepat, serta daya tampung adonannya yang cukup besar.

Keuntungan Menggunakan Mesin Pembuat Bakso

  • Lebih Cepat

Selain cepat balik modal dari usaha bakso, menggunakan mesin yang terdiri dari Meet Grinder, Meet Slicer dan Mesin pencetak bakso tentunya lebih cepat. Jika mesin pencetak bakso bisa Dan dalam waktu tiga menit bisa langsung mencetak bakso. Dan kira-kira dalam waktu sejam sudah bisa menghasilkan bakso 13.000 bakso /jam. Jika dibandingkan dengan manual sejamnya belum tentu bisa menghasilkan 13.000 bakso.

  • Hemat

Tentunya lebih hemat tenaga kerja, apalagi bagi pemula lebih baik menggunakan mesin selain untuk belajar kita bisa menghemat uang untuk membayar tenaga kerja. Lebih baik untuk diawal kita sendiri yang menjalankan usaha kita. Apalagi jika dengan menggunakan mesin tak perlu waktu yang lama.

  • Lebih Higienis

Tak banyak orang yang tahu jika menggiling daging untuk membuat bakso di pasar ternyata berbahaya. Karena para wanita yang biasanya ingin menggiling daging untuk bakso tak jeli memperhatikan. Misalnya ada tiga mesin penggiling daging, namun salah satu dari mesin ternyata bisa membuat daging kita yang digiling lebih kenyal. Memang secara kasat mata tak ada yang aneh dari mesin ini, namun bahan pencampur buat menggiling daging yang memang ditambahkan es batu balok. Yang memang sudah terbukti mengandung gas air mata yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tips Dalam Membuat Bakso

Hal terpenting dalam membuat bakso daging sapi adalah memperhatikan tingkat kekenyalannya. Bakso yang tingkat kekenyalannya pas akan terasa sangat nikmat ketika di gigit. Untuk cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Gunakan Daging Sapi Segar dan Berkualitas Tinggi

Bahan utama dari pembuatan bakso daging sapi adalah daging sapi. Daging sapi yang di gunakan untuk membuat bakso akan sangat menentukan hasil akhir dari bakso yang kita buat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, gunakan daging sapi yang segar dan berkualitas tinggi.

kursus-bakso-5 OLD

Jangan gunakan daging sapi yang sudah di bekukan dalam freezer sebelumnya. Daging beku seperti ini teksturnya tidak sama dengan daging segar dan akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur bakso sapi yang kita buat nanti. Pilih daging segar dengan warna yang masih merah gelap dan bukan berwarna pucat seperti daging sapi yang sudah di bekukan.

  • Perhatikan Proses Penggilingan Daging Sapi

Daging sapi yang akan di gunakan untuk membuat bakso daging sapi harus di giling terlebih dahulu. Ada baiknya, kamu perhatikan proses penggilingan daging. Pastikan daging sapi digiling dengan sangat halus, bahkan hingga serat daging terlihat terpisah.

Daging sapi yang di giling dengan halus akan menghasilkan bakso dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Jangan sampai masih ada daging yang terlihat seperti bongkahan kerikil karena hal itu akan membuat tesktur bakso tidak sehalus yang di harapkan. Kecuali memang kalau kamu pengennya bikin bakso urat, tekstur baksonya justru harus sedikit kasar.

  • Perhatikan Kualitas dan Perbandingan Daging Dengan Tepung Tapioka

Kualitas dan banyak sedikitnya tepung tapioka yang dicampur dengan daging giling akan sangat mempengaruhi kualitas bakso daging sapi yang kita buat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, silahkan tambahkan tepung tapioka berkualitas tinggi dengan jumlah 20% dari jumlah daging.

Misalkan Anda membuat bakso dengan 200 gram daging sapi. Maka, jumlah tepung tapioka yang harus Anda masukkan ke dalam adonan adalah 40 gram saja. Jangan lupa juga tambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, gula, merica, bawang putih, dan lain sebagainya sesaat sebelum adonan di giling.

  • Tambahkan Es Batu Saat Proses Penggilingan Daging Sapi

Untuk mendapatkan hasil yang baik, jangan lupa tambahkan sedikit es batu pada saat proses penggilingan daging. Karena fungsi es batu di sini adalah di gunakan untuk membantu menghambat naiknya suhu pada daging ketika daging di giling.

Jika suhu dalam daging naik, gel alami akan terbentuk pada daging, padahal daging belum masuk ke tahap rebusan. Alhasil, tekstur bakso nantinya malah akan terlalu alot dan tidak kenyal.

  • Silahkan Gunakan Bahan Pengenyal Alami

Jika tidak di beri bahan pengenyal, memang lumayan susah untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan lezat. Karena itu, di ke banyakan resep membuat bakso sapi, terdapat tambahan bahan pengenyal.

Ada banyak bahan pengenyal yang tersedia di pasaran. Untuk hasil bakso yang tidak hanya kenyal tapi juga nikmat, gunakan bahan pengenyal yang alami seperti karagenan (ekstrak rumput laut) atau bubuk jeli agar-agar tanpa rasa (plain)

Tahap Pembuatan Bakso

  • Proses pembuatan bakso diawali dengan tahap menggiling potongan daging segar. Tahap ini bertujuan untuk “menghancurkan” serat daging, dengan begitu daging lebih halus. Siap dicampurkan dengan bahan pembuat bakso lainya, karena adonan bakso tentunya memerlukan bahan-bahan yang halus. Tahap ini akan lebih maksimal jika dilakukan dengan penggiling daging listrik.
  • Kemudian, daging giling tersebut akan dilanjutkan pada tahap proses dilanjutkan dengan tahap pembuatan adonan bakso. pada pembuatan adonan bakso tentunya bahan yang akan diaduk menggunakan mixer bakso adalah campuran tepung + daging giling + aneka bumbu dapur.
  • Setelah bahan yang diaduk sudah berubah menjadi adonan bakso yang homogen, hal ini sekaligus menjadi pertanda bahwa waktunya sudah tiba bagi cetakan bakso bulat untuk mengubah adonan menjadi bola-bola bakso yang dari segi jumlah akan mencapai ratusan butir dalam 1 menit.

Peran Mesin Bakso

Perihal utama yang jadi pemicu mengapa pengusaha bakso memutuskan beralih dari proses produksi manual ke tahap produksi dengan bantuan mesin bakso adalah karena cara manual membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu: jika bakso yang harus dibuat berlipat kali lebih banyak dari kondisi normal, cara manual akan menuntut penambahan tenaga kerja juga.

Perihal lain pengusaha biasanya memutuskan membeli mesin bakso adalah karena pengusaha bakso ingin memiliki “kontrol” penuh dalam memilih bahan baku terbaik. Agar terhindar dari formalin, daging glonggong, hal tidak halal, ingin membuat bakso melalui tahapan yang higienis. Tentunya ingin menghasilkan bakso dengan kualitas yang sesuai keinginan.

Bpk. Yulianus, BSD, Paket Bakso

Dari sisi teknis mesin bakso yang terdiri atas mesin giling daging, mixer adonan bakso, dan mesin cetak bakso merupakan sarana produksi yang dirancang untuk mempermudah, mempercepat proses pembuatan bakso yang Anda lakukan. Berikut peran yang akan dijalankan oleh masing-masing ketiga mesin bakso tersebut :

  • Pertama Mesin Penggiling Daging

Manfaatnya mengubah wujud daging dari potongan kasar jadi potongan halus dan lembut. Serat daging hancur sehingga memudahkan untuk diaduk jadi adonan dan dicetak jadi bakso.

  • Kedua Mesin Mixer Adonan Bakso

Manfaatnya memudahkan proses pengadukan dan pencampuran setiap bahan adonan bakso. Adonan bakso yang tercampur merata dan homogen.

  • Ketiga Mesin Cetak Bakso

Manfaatnya mengubah adonan menjadi bola bakso melalui proses pencetakan otomatis. Ratusan butir bola bakso (yang sama dalam hal bentuk dan ukuran) permenit.

  • Peluang Bisnis Menggunakan Mesin Pembuat Bakso

Bakso ialah makanan yang sudah populer sangat mudah ditemukan dimana-mana di seluruh wilayah Indonesia. Makanan bola daging ini rata-rata hampir semua lapisan masyarakat sangat menyukai makanan bola daging (bakso) ini. Bakso menjadi salah satu panganan yang sangat ergonomis karena bakso memiliki cita rasa yang khas di lidah orang Indonesia. Sehingga membuat bakso jadi makanan favorit masyarakat indonesia.

Melihat hal tersebut orang jadi tertarik untuk mulai membuka usaha bakso. Kini hampir seluruh tempat, terdapat penjual bakso mulai dari penjual bakso keliling yang berjualan berkeliling ke pelosok-pelosok kampung dan pedesaan, ada juga penjual bakso yang di perumahan real estate mewah, resto bintang lima, mal-mal dan pusat perbelanjaan atau mall, bahkan dipasar juga telah banyak produk produk bakso kemasan yang dijual dengan beragam harga.

Bisa dibilang kini bisnis bakso adalah peluang usaha yang menjanjikan. Buat anda yang ingin memulai bisnis bakso atau sedang menjakankan bakso untuk menekankan produksi bakso dan meningkatkan kualitas produksi bakso tentunya anda memerkukan mesin pembuat bakso. Memiliki mesin tersebut merupakan pilihan tepat untuk menjalankan usaha bakso agar lebih efektif dan dapat meningkatkan keuntungan anda. Penggunaan mesin bakso dapat meningkatkan kapasitas produksi bakso dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga proses produksi menjadi lebih efisien.

Sekarang sudah banyak pengusaha dan pedagang bakso di indonesia yang menggunakan mesin bakso. Tentunya banyak keuntungan yang dapat bila menggunakan mesin bakso, salah satunya akan membuat biaya operasional menjadi lebih murah dan lebih hemat waktu karena semua pekerjaan dilakukan oleh mesin.

Harga Mesin Adonan Bakso

Demikian pembahasannya tentang harga mesin cetak bakso dan fungsi mesin adonan bakso tersebut yang digunakan dalam pembuatan bakso. Agar lebih efisien dan efektif dalam proses pembuatan bakso, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + sixteen =