Mesin Bakso Ikan

Mesin bakso ikan sebenarnya sama saja dengan mesin bakso biasa, yang berbeda adalah campuran adonan baksonya yang menggunakan daging ikan. Salah satu varian lain selain daging sapi dari bakso adalah bakso ikan yang terbuat dari daging ikan.

bakso ikan
bakso ikan

Jadi tidak ada mesin khusus untuk bakso ikan sebenarnya, mesin nya sama saja yaitu mesin bakso seperti biasanya. Bisa dibilang penikmat bakso ikan juga tak mkalah banyak dengan penikmat baksoi sapi. Dari berbagai macam kalangan dan usia.

Bakso memang memiliki daya tarik tersendiri karena rasanya yang gurih nikmat berciri khas campiran daging tertentu dari makanan tersebut. Sehingga membuat banyak orang menjadi gemar untuk menyantapnya.

Bakso ikan kelezatannya pun tidak kalah dengan bakso yang terbuat dari daging sapi tersebut. Ikan memiliki kandungan protein dan gizi yang sangat berguna sekali untuk tubuh manusia. Serta memiliki daging yang rendah lemak yang menyehatkan, seperti yang kita ketahui bahwa ikan mengandung omega 3 yang tinggi.

Omega 3 yang terkandung dalam daging ikan sangat baik untuk anak-anak. Tak heran bila bakso ikan juga merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi oleh berbagai macam kalangan dan usia.

Bila bisnis kuliner bakso ikan anda jalani, tentu hasilnya sangat menjanjikan untuk anda. Apalagi mesin bakso ikan harganya pun terbilang masih terjangkau.

Dengan menggunakan mesin pencetak bakso tentunya anda bisa lebih menghemat waktu anda dalam memproduksi bakso untuk bisnis anda. Karena mesin yang akan bekerja dengan cepat untuk memproduksi bakso ikan yang berkualitas.

Berikut ini ada beberapa kriteria bakso ikan yang berkualitas:

  • Bentuknya harus berukuran seragam, bulat halus dan cemerlang.
  • Warna putih merata.
  • Rasanya gurih, lezat dan rasa ikannya lebih dominan (sesuai dengan bahan dasar ikan yang digunakan).
  • Bumbu berbau tajam dan aroma khas ikan rebus lebih terasa.
  • Teksturnya elastis, tidak alot (liat), tidak ada serat daging, tidak ada duri ikan, tidak lembek, dan tidak basah berair.

Bila anda ingin mendapatkan ukuran cetak bakso yang sama ukurannya dari tiap bakso maka anda perlu menggunakan mesin pencetak bakso. Dengan mesin tersebut hasil produksi anda jadi lebih banyak dan omset bisnis anda meningkat tajam  karena lezatnya bakso anda.

Peranan Mesin Bakso Ikan Dalam produksi Bakso Ikan

Perihal utama yang jadi pemicu mengapa pengusaha bakso memutuskan beralih dari proses produksi manual ke tahap produksi dengan bantuan mesin bakso adalah karena cara manual membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu: jika bakso yang harus dibuat berlipat kali lebih banyak dari kondisi normal, cara manual akan menuntut penambahan tenaga kerja juga.

Baca Juga :

mesin bakso mini

mesin bakso ikan

mesin pembuat bakso untuk rumah tangga

harga paket mesin pembuat bakso

video mesin pembuat bakso

mesin pencetak bakso bekas

mesin pencetak bakso kapasitas kecil

harga mesin adonan bakso

Perihal lain pengusaha biasanya memutuskan membeli mesin bakso adalah karena pengusaha bakso ingin memiliki “kontrol” penuh dalam memilih bahan baku terbaik. Agar terhindar dari formalin, daging glonggong, hal tidak halal, ingin membuat bakso melalui tahapan yang higienis. Tentunya ingin menghasilkan bakso dengan kualitas yang sesuai keinginan.

Bisa disebut mesin bakso karena ada 3 mesin yang terlibat dalam produksi bakso

Banner Mesin Cetak Bakso

Dari sisi teknis mesin bakso yang terdiri atas mesin giling daging, mixer adonan bakso, dan mesin cetak bakso merupakan sarana produksi yang dirancang untuk mempermudah, mempercepat proses cara membuat bakso yang Anda lakukan. Berikut peran yang akan dijalankan oleh masing-masing ketiga mesin bakso tersebut :

  • Pertama Mesin Penggiling Daging

Manfaatnya mengubah wujud daging dari potongan kasar jadi potongan halus dan lembut. Serat daging hancur sehingga memudahkan untuk diaduk jadi adonan dan dicetak jadi bakso.

  • Kedua Mesin Mixer Adonan Bakso

Manfaatnya memudahkan proses pengadukan dan pencampuran setiap bahan adonan bakso. Adonan bakso yang tercampur merata dan homogen.

Manfaatnya mengubah adonan menjadi bola bakso melalui proses pencetakan otomatis. Ratusan butir bola bakso (yang sama dalam hal bentuk dan ukuran) permenit.

Keuntungan Menggunakan Mesin Bakso Ikan

  • Lebih Cepat

Selain cepat balik modal dari usaha bakso, menggunakan mesin yang terdiri dari Meet Grinder, Meet Slicer dan Mesin pencetak bakso tentunya lebih cepat. Jika mesin pencetak bakso bisa Dan dalam waktu tiga menit bisa langsung mencetak bakso. Dan kira-kira dalam waktu sejam sudah bisa menghasilkan bakso 13.000 bakso /jam. Jika dibandingkan dengan manual sejamnya belum tentu bisa menghasilkan 13.000 bakso.

  • Hemat

Tentunya lebih hemat tenaga kerja, apalagi bagi pemula lebih baik menggunakan mesin selain untuk belajar kita bisa menghemat uang untuk membayar tenaga kerja. Lebih baik untuk diawal kita sendiri yang menjalankan usaha kita. Apalagi jika dengan menggunakan mesin tak perlu waktu yang lama.

  • Lebih Higienis

Tak banyak orang yang tahu jika menggiling daging untuk membuat bakso di pasar ternyata berbahaya. Karena para wanita yang biasanya ingin menggiling daging untuk bakso tak jeli memperhatikan. Misalnya ada tiga mesin penggiling daging, namun salah satu dari mesin ternyata bisa membuat daging kita yang digiling lebih kenyal. Memang secara kasat mata tak ada yang aneh dari mesin ini, namun bahan pencampur buat menggiling daging yang memang ditambahkan es batu balok. Yang memang sudah terbukti mengandung gas air mata yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kursus-bakso

Membuat bakso ikan kurang lebih sama seperti membuat bakso daging sapi yang membedakan hanyalah beberapa bumbu saja yang berbeda. Dalam pembuatan bakso ikan kreasi anda sendiri anda menambahkan komposisi ikan lebih banyak. Sehingga rasa bakso yang dihasilkan jadi lebih gurih.

Tips Membuat Bakso Ikan

Berikut ini terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membuat bakso ikan sendiri.

  • Karakteristik Daging Ikan

Secara logika ikan yang durinya tidak menyebar adalah ikan yang dagingnya cocok dibuat menjadi bakso ikan. Karena agar seluruh duri-durinya lebih mudah disisihkan.

Seperti ikan bandeng, ikan tersebut adalah ikan yang durinya menyebar ke seluruh bagian daging. Oleh sebab itu, ikan bandeng merupakan salah satu ikan yang tak cocok diolah jadi bakso sebab durinya sulit disisihkan. Sebaiknya, Anda memilih ikan yang bagian dagingnya tebal dengan duri yang berkumpul di bagian tengah.

  • Memilih Ikan yang Segar

Dalam pembuatan bakso ikan disarankan selalu pilihlah ikan yang segar. Karena hal tersebut merupakan kunci kelezatan bakso ikan yang anda buat. Bila sudah menggunakan ikan segar, selanjutnya pilihlah ikan yang teksturnya masih kenyal dengan aroma yang tidak menusuk. Sedangkan bila Anda ingin menggunakan ikan fillet yang sudah dibekukan, sebaiknya gunakan ikan fillet dalam keadaan dingin agar tekstur bakso yang digunakan jadi lebih kenyal. Ikan yang sudah difillet biasanya lebih mudah diolah menjadi bakso ikan karena sudah tak mengandung duri dan tinggal dicampurkan dengan bahan-bahan pelengkap bakso lainnya.

  • Jenis Ikan yang Tepat

Bisa dibilang semua jenis ikan dapat digunakan untuk membuat bakso ikan, yang penting duri-durinya tidak menyebar. Bila Anda ingin membuat bakso menggunakan ikan yang agak mahal, Anda bisa memilih ikan marlin, ikan tenggiri, kakap, kerapu atau ikan nila. Jenis ikan tersebut memiliki daging yang tebal dan mudah dipisahkan dari durinya. Sedangkan bila Anda ingin membuat bakso ikan yang lebih ekonomis, Anda bisa menggunakan jenis ikan kecil seperti ikan kembung, ikan kacang-kacang, ikan kurisi atau ikan gulama. Beberapa jenis ikan tersebut cocok dijadikan bahan baku bakso yang akan dijual kembali.

  • Perhatikan Kualitas dan Perbandingan Daging Dengan Tepung Tapioka

Kualitas dan banyak sedikitnya tepung tapioka yang dicampur dengan daging giling akan sangat mempengaruhi kualitas bakso daging ikan yang kita buat. Untuk menghasilkan bakso ikan yang enak dan kenyal, silahkan tambahkan tepung tapioka berkualitas tinggi dengan jumlah 20% dari jumlah daging.

Misalkan Anda membuat bakso dengan 200 gram daging ikan. Maka, jumlah tepung tapioka yang harus Anda masukkan ke dalam adonan adalah 40 gram saja. Jangan lupa juga tambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, gula, merica, bawang putih, dan lain sebagainya sesaat sebelum adonan di giling.

  • Tambahkan Es Batu Saat Proses Penggilingan Daging Ikan

Untuk mendapatkan hasil yang baik, jangan lupa tambahkan sedikit es batu pada saat proses penggilingan daging. Karena fungsi es batu di sini adalah di gunakan untuk membantu menghambat naiknya suhu pada daging ketika daging di giling.

Jika suhu dalam daging naik, gel alami akan terbentuk pada daging, padahal daging belum masuk ke tahap rebusan. Alhasil, tekstur bakso nantinya malah akan terlalu alot dan tidak kenyal.

  • Silahkan Gunakan Bahan Pengenyal Alami

Jika tidak di beri bahan pengenyal, memang lumayan susah untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan lezat. Karena itu, di ke banyakan resep membuat bakso ikan, terdapat tambahan bahan pengenyal.

Ada banyak bahan pengenyal yang tersedia di pasaran. Untuk hasil bakso yang tidak hanya kenyal tapi juga nikmat, gunakan bahan pengenyal yang alami seperti karagenan (ekstrak rumput laut) atau bubuk jeli agar-agar tanpa rasa (plain).

Peluang Bisnis Menggunakan Mesin Bakso Ikan

Bakso ialah makanan yang sudah populer sangat mudah ditemukan dimana-mana di seluruh wilayah Indonesia. Makanan bola daging ini rata-rata hampir semua lapisan masyarakat sangat menyukai makanan bola daging (bakso) ini.

Bakso menjadi salah satu panganan yang sangat ergonomis karena bakso memiliki cita rasa yang khas di lidah orang Indonesia. Sehingga membuat bakso jadi makanan favorit masyarakat indonesia.

Melihat hal tersebut orang jadi tertarik untuk mulai membuka usaha bakso. Kini hampir seluruh tempat, terdapat penjual bakso mulai dari penjual bakso keliling yang berjualan berkeliling ke pelosok-pelosok kampung dan pedesaan.

MESIN BAKSO
MESIN BAKSO

Ada juga penjual bakso yang di perumahan real estate mewah, resto bintang lima, mal-mal dan pusat perbelanjaan atau mall. Bahkan dipasar juga telah banyak produk produk bakso kemasan yang dijual dengan beragam harga.

Bisa dibilang kini bisnis bakso adalah peluang usaha yang menjanjikan. Buat anda yang ingin memulai bisnis bakso atau sedang menjakankan bakso. Untuk menekankan produksi bakso dan meningkatkan kualitas produksi bakso tentunya anda memerkukan mesin pembuat bakso.

Memiliki mesin tersebut merupakan pilihan tepat untuk menjalankan usaha bakso agar lebih efektif dan dapat meningkatkan keuntungan anda. Penggunaan mesin bakso dapat meningkatkan kapasitas produksi bakso dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga proses produksi menjadi lebih efisien.

Sekarang sudah banyak pengusaha dan pedagang bakso di indonesia yang menggunakan mesin bakso. Tentunya banyak keuntungan yang didapat bila menggunakan mesin bakso. Salah satunya akan membuat biaya operasional menjadi lebih murah dan lebih hemat waktu karena semua pekerjaan dilakukan oleh mesin.

Demikian pembahasannya tentang mesin bakso ikan yang sangat berperan dalam memproduksi bakso ikan. Serta memberikan keuntungan yang meningkat dalam bisnis bakso ikan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

mesin bakso ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × 3 =