Cara Mengoptimalkan Mesin Giling Tepung Agar Hasilnya Maksimal

Mesin Giling Tepung

Mesin Giling Tepung adalah alat yang digunakan untuk membuat berbagai macam tepung dari biji bijian kering atau bahan makanan kering. Alat ini digunakan untuk membuat bubuk untuk keperluan pembuatan makanan dan obat-obatan.

Mesin_Disk_Mill symero Mesin Giling Tepung

Mesin giling tepung terbuat dari material anti karat dan dirancang khusus hemat listrik. Alat ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan tepung sebagai dasar persiapan Anda memulai usaha. Kecepatan putaran penggerus pada Alat ini mempercepat segala proses menjadi mudah. Kemudian hal terpenting output yang dihasilkan dijamin sempurna sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan Alat giling tepung ini dapat menghasilkan berbagai jenis tepung, bubuk obat, bubuk herbal, bubuk teh hijau dll. Disarankan Untuk pebisnis pemula yang baru memulai usaha pilihlah kapasitas rendah agar lebih ekonomis dan pas. Bila untuk pengusaha professional yang ingin mengingkatkan kapasitas produksi dan menghemat biaya produksi.

Tiap pengusaha dalam mengembangkan bisnis tentunya memerlukan berbagai alat bantu untuk meningkatkan kualitas produknya dan hal tersebut sudah lazim. Ada banyak produk instan dalam bentuk tepung yang dipasarkan, produksinya memanfaatkan alat penepung. Bila dalam industri besar tentunya menggunakan tegangan listrik yang berbeda setiap jenisnya, sehingga anda bisa mempertimbangkan mengenai pemilihan alat tersebut.

Produsen produk apapun tentu menjamin setiap produk yang anda dapatkan sudah berada dalam kondisi terbaik dan aman untuk digunakan. Maka berbagai keunggulan juga bisa anda manfaatkan dengan baik dari pengaplikasian gilingan tepung dalam industri anda. Alat ini bisa anda dapatkan dengan mudah dengan berbagai pilihan, sehingga anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan sebelum membeli mesinnya.

Keuntungan Menggunakan Mesin Penepung

Berikut beberapa keuntungan menggunakan mesin penepung yang tepat untuk usaha anda dan mampu memilih dengan baik alat ini secara bijak :

  • Anda bisa memilih bahan materialnya tergantung kebutuhan penggunaan yaitu stainless steel food grade yang digunakan untuk berbagai bahan makanan atau steel alloy untuk penggunaan selain bahan makanan.
  • Banyak pilihan kapasitas yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak sia-sia dalam memilih kapasitas yang tepat.
  • Dalam menggunakan mesin ini pastinya akan menghemat energi dan waktu anda dalam mengolah berbagai produk berbentuk tepung.
  • Tidak perlu khawatir jika terjadi masalah pada mesin tersebut karena anda bisa menemukan spare partnya dengan mudah bahkan beberapa produsen juga menyediakan teknisi ahli sehingga akan memudahkan anda mengatasi setiap masalah.
  • Bentuk dan rancangannya sudah dipersiapkan dengan baik serta diperhitungkan secara terliti untuk menghasilkan hasil penepungan sempurna.
  • Anda bisa menggunakannya untuk beragam jenis usaha mulai dari makanan, bahan industri hingga obat-obatan. Sehingga alat ini ini cukup multifungsi ketika anda memilikinya dan keunggulan ini akan sangat menguntungkan bagi anda dalam mengalokasi dana usaha.

Cara Menggunakan Mesin Pembuat Tepung ini

  • Jika bahan basah, maka keringkan terlebih dahulu, agar mudah untuk ditepungkan.
  • Potong kecil-kecil, jika bahan berbentuk besar. Misal singkong kering.
  • Masukkan bahan ke hopper (corong). Atur agar bahan masuk sedikit-demi sedikit, sehigga mesin tidak macet. Cara pengaturan sangat mudah, dengan menyetel pengaturan yang tersedia. Jika Anda memaksakan bahan masuk ke mesin dalam jumlah besar, maka mesin akan macet dan kelebihan beban, sehingga motor akan mudah mati terbakar.

Pilihan Kapasitas Mesin Giling Tepung

Mesin giling tepung memiliki beberapa pilihan kapasitas mesin yang bisa anda sesuaikan dengan kenutuhan anda:

  • Untuk skala besar anda bisa memanfaatkan mesin yang memang memiliki kapasitas dalam jumlah banyak sehingga bisa lebih cepat dilakukan proses penepungan yaitu mesin berkapasitas 30 – 50 kg / jam, 100 – 200 kg / jam, 200 – 300 kg / jam, 500 kg / jam.
  • Jika industri anda masih dalam skala kecil atau hanya akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maka anda bisa memilih untuk menggunakan kapasitas kecil yaitu hanya 100 gram / proses, 200 gram / proses, 300 gram / proses.

Cara Mengoperasikan Mesin Penepung

Berikut ini adalah step cara menggunakan mesin penepung untuk anda yang masih awam menggunakan alat ini:

  • Siapkan jagung yang sudah dipipil dan dikeringkan.
  • Nyalakan mesin penepung stainless dan siapkan wadah penampungan untuk tepung jagung.
  • Masukkan jagung pipilan yang sudah kering ke dalam mesin penepung melalui corong input.
  • Lakukan secara kontinyu proses pada point 3 sampai kapasitas yang diinginkan tercapai dan sesuai kapasitas mesin giling jagung.
  • Matikan mesin jika proses penggilingan sudah selesai dan bersihkan mesin.

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Penepung

Memproduksi tepung sendiri menjadi salah satu peluang usaha yang tidak hanya dapat menghemat biaya pengeluaran dalam hal memproduksi usaha kuliner, namun juga dapat meningkatkan omset tentunya apabila Anda juga menawarkan tepung buatan Anda sendiri ke pengusaha kuliner lainnya.

Tepung dapat dibuat dari apa saja, seperti beras yang disebut tepung beras, singkong dan lain sebagainya. Sayangnya, sebagian besar orang menilai bahwa pembuatan tepung itu sangatlah ribet alias menyusahkan. Tentunya Anda pun berpikir demikian sebelumnya.

Dengan menggunakan mesin penggiling tepung Anda tak perlu lagi harus menumbuk secara manual dan merasa kelelahan untuk hanya mendapatkan tepung pilihan dengan kualitas terbaik. Selain itu dengan menggunakan penggiling tepung ini, Anda dapat menghasilkan berbagai macam jenis tepung yang alami dengan jumlah yang besar, tentunya dengan waktu yang lebih cepat.

Demikian Pembahasannya tentang gilingan tepung yang sangat bermanfaat sekali dalam membantu produksi makanan. Selain itu juga untuk di jual ke produsen makanan untuk kualitas tepung yang lebih baik. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.