Resep Cara Membuat Bakpia Pathok

Resep cara membuat bakpia pathok merupakan resep khas makanan indonesia yang asalnya dari daerah jogja. Bakpia pathok memang makanan khas jogja yang sudah yang sudah terkenal hingga ke manca negara. Makanan ini tadinya isiannya hanya berisi kacang hijau yang dihaluskan. Namun kini isiannya sudah di variasikan dengan berbagai macam isian sesuai selera.

Cita rasa bakpia pathok yang nikmat serta isi bagian dalamnya yang begitu lembut membuat hidangan ini tersaji istimewa tiap orang yang memakannya. Tidak heran bila banyak orang atau wisatawan yang berkunjung ke kota Jogja untuk langsung memburu bakpia sebagai oleh-oleh khas jogja untuk keluarga dan teman.

Resep Cara Membuat Bakpia Pathok

Kue bakpia juga banyak dijual di beberapa daerah lain di Indonesia, hanya saja bakpia yang dijual di Jogja mempunyai rasa dan ciri khas tersendiri yang beda dan bikin ketagihan. Makan kue bakpia pathok akan terasa lebih nikmat bila ditemani dengan segelas kopi atau secangkir teh hangat.

Bakpia pathok juga lebih nikmat bila dinikmati bersama dengan keluarga atau menyendiri saat menonton televisi atau membaca majalah. Bakpia pathok memang selalu bikin kangen karena cita rasanya dan juga suasana kota asal makanan yang satu ini tentram dan ramah.

Sejarah Bakpia

Bakpia berasal dari dialog Hokkian dengan nama asli Tou Luk Pia yang secara harfiah berarti kue atau roti yang berisikan daging. Di Indonesia sendiri, bakpia dikenal dengan nama pia atau kue pia. Dahulu bakpia awal mulanya berisi daging babi. Namun makanan tersebut diadaptasikan oleh budaya indonesia dan isiannya diganti dengan isian kacang hijau yang dihaluskan.

Kota Bakpia diadopsi dari makanan khas Cina jika melihat dari asal usul sejarahnya, namun seiring dengan perkembangannya jenis isian bakpia sendiri disesuaikan dengan budaya Indonesia seperti dengan menggantinya dengan kacang hijau. Kini, jenis isian Bakpia ada yang dikembangkan dengan beraneka macam rasa seperti keju, cokelat, kumbu hijau dan kumbu hitam.

Kota Pada zaman dahulu, penduduk Jogja yang mayoritasnya beragama Islam mengubah isian resep Bakpia yang merupakan daging babi menjadi kacang hijau, dan pada saat itu mereka belum mengenal istilah merek dagang sehingga produk-produk Bakpia yang dijual hingga saat ini banyak yang berlabel “nomor rumah produsen” seperti nomor 25, nomor 75, dan lain-lain. Itulah alasan mengapa nama-nama merek dagang Bakpia Pathuk ada yang bernama Bakpia Pathuk 25, Bakpia Pathuk 75 dan masih banyak lagi.

bakpia 25

Kota Ternyata, bukan hanya warga Pathuk, Yogyakarta saja yang menjadi produsen bakpia. Sekitar tahun 70-an, ada seseorang yang bernama Nitigurnito yang berprofesi sebagai produsen bakpia dari daerah Tamansari, Yogyakarta. Ia membuat Bakpia yang berbeda dengan buatan warga Pathuk, Nitigurnito membuat Bakpia dengan lapisan kulit yang lebih tebal dan berwarna putih, serta bagian tengah yang kecoklatan karena hasil panggangan. Sedangkan Bakpia Pathuk memiliki tekstur yang renyah dengan kulit lebih tipis dan mudah rontok.

Kota Tak butuh waktu lama bagi masyarakat sekitar tempat tinggal Nitigurnito untuk memproduksi dan membuka toko Bakpia seperti dirinya, bahkan bagi warga Yogyakarta, Bakpia Tamansari lah yang dianggap sebagai Bakpia khas Yogyakarta. Sayangnya, tak butuh waktu yang lama bagi toko-toko Bakpia di daerah Tamansari mengalami keterpurukan sehingga tak meninggalkan sisa sedikit pun. Banyak kemungkinan yang menjadikan Bakpia Tamansari tidak berkembang salah satunya tingkat promosi daerah yang kurang dan jauh dari jangkauan kawasan pariwisata.

Kota Berbeda dengan Bakpia Pathuk, berhubung Bakpia Pathuk banyak dibuat berdasarkan usaha rumahan, kawasan tersebut banyak dikenal sebagai sentral pemuatan dan penjualan Bakpia yang paling terkenal di daerah Yogyakarta sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung dan membeli produknya. Tingkat promosi dan posisi yang strategis dari kawasan wisata membuat Bakpia Pathuk tetap bertahan hingga saat ini.

Kotak Kemasan Bakpia Pathuk pun ditampilkan dengan kemasan baru dan merek dagang sesuai dengan nomor rumah seperti 75,55,25 dan lainnya. Dari sini kemudian diikuti dengan munculnya beragam inovasi bakpia yang berbeda yang kurang lebih ada sekitar 100 merk Bapkia dan yang paling terkenal di antaranya Bakpia 145, Bakpia 75, Bakpia 25, Bakpia Djava, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Kencana, Bakpia Merlino dan Bakpia Snack It Pia 100 (bisa ditemukan di berbagai supermarket terdekat). Bakpia Jogja sempat booming sekitar tahun 1992-sekarang dan telah berhasil menjadi ikon wisata kota Yogyakarta dalam hal pusat oleh-oleh khas kota Yogyakarta.

Resep Membuat Bakpia Pathok

Bahan Yang Digunakan

Bahan kulit Bakpia:

  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 200 ml minyak sayur (untuk campuran adonan 50 ml dan untuk rendaman 150 ml)
  • 125 gram tepung terigu rendah protein
  • 65 gram tepung terigu tinggi protein
  • 100 ml air

Bahan Lapisan Bakpia:

  • 1/2 sendok makan margarine
  • 25 ml minyak sayur
  • 65 gram tepung terigu rendah protein

Bahan Isian Bakpia:

  • 1 lembar daun pandan
  • 25 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah atau gula jawa
  • 1 sendok makan minyak
  • 100 gram kacang ijo/kacang hijau yang telah dikupas (rendam semalaman)
  • 150 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1/8 sendok teh garam

Proses Membuat Bakpia Pathok

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat bahan isian bakpianya terlebih dahulu. Caranya itu dengan mengukus kacang hijau yang sudah ditiriskan selama kurang lebih 20-30 menut sampai kacang hijaunya mengembang, lalu angkat.

Kemudian masukkan gula pasir, gula merah, garam, santan, dan daun pandan, masak sampai mengental dengan rata atau kalis, jangan lupa untuk menambahkan minyak sebelum api dimatikan. Aduk campuran itu sampai mengental rata dan terasa licin. Angkat lalu tunggu sampai agak dingin, baru setelah itu bentuk menjadi bola-bola kecil.

Kalau sudah, kita buat bahan lapisan bakpianya dengan cara mengaduk semua bahan lapisan sampai rata, lalu sisihkan.

cara membuat bakpia

Untuk membuat kulit bakpia, panaskan air tapi jangan sampai mendidih, kemudian masukkan gula, adk sampai gula larut semua dan merata, lalu angkat. Setelah itu campuur tepung terigu dan garam sampai rata, tuangkan air larutan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai merata.

  • Tuangkan minyak sayur sambil diuleni hingga merata dan kalis.
  • Ambil adonan kira-kira 10 gram. Pipihkan adonan, lalu ambil sedikit adonan lapisan, ratakan diatas permukaan adonan sebelumnya hingga rata.
  • Lipat adonan dan rekatkan ujungnya membentuk bulatan.
  • Rendam adonan bulat ke dalam minyak yang tersisa selama kira-kira 15 menit.
  • Pipihkan adonan sampai agak tipis, lalu isi dengan adonan bahan isian, bentuk bulat pipih.
  • Panggang adonan yang sudah diisi kedalam oven roti bakpia dengan temperatur 200 derajat Celcius sampai matang kira-kira 15-20 menit. Agar warna kuning merata di bagian atas bakia Anda bisa membolak-balik adonan. Sekiranya sudah sesuai keinginan angkat.

Tips Membuat Bakpia Pathok

Untuk membuat kue bakpia pathok yang empuk dan renyah, hal yang harus diperhatikan adalah resep kulit bakpianya. Takaran bahan untuk membuat adonan kulit bakpianya harus pas ukurannya. Kulit bakpia yang juga harus terbuat dari 2 adonan sehingga renyah dan empuk tetapi tidak hancur.Adonan resep kulit bakpia harus langsung dicampur dengan bahan isiannya. Jangan didiamkan terlalu lama atau sampai 1 hari karena nanti akan kering dan keras kulit bakpianya.

Untuk tips cara membuat bakpia pathok lainnya supaya lembut dan empuk lainnya adalah saat selesai proses memanggangnya.Setelah selesai dimasak di oven, harus langsung ditaruh di tempat atau wadah yang tertutup rapat. Teman-teman tidak usah khawatir, hal inilah yang membuat kulit luar resep bakpia pathok yang kita buat nanti lembut dan empuk rasanya.

Untuk adonan isi resep bakpianya sendiri bisa dipilih menggunakan kumbu kacang hijau, isi coklat, durian atau rasa kesukaan lainnya. Yang sudah tidak sabar, bahan dan resep kue bakpia pathok khas Jogja ada dibawah ya.

pabrik bakpia 25

Setelah matang dan diangkat segera masukkan. resep kue bakpia pathok isi kumbu kacang hijau, coklat dan keju diatas kedalam toples saat masih panas. Hal ini supaya kulit resep bakpia tadi menjadi lembut dan tidak terlalu renyah sehingga pecah saat dipegang nantinya. Walaupun membutuhkan waktu yang sedikit lama, tetapi cara membuat bakpia pathok khas Jogja diatas tidak terlalu sulit bukan. Selain untuk dinikmati sendiri, resep diatas bisa juga untuk jualan kue dengan harga bakpia yang cukup murah lho. Untuk ide Resep Cara Membuat Bakpia Pathok lainya akan di sambung pada artikel berikutnya yang gak kalah lengkap lagi

Demikian pembahasannya tentang resep cara membuat bakpia pathok yang lezat makanan khas kota jogja yang kita kenal enak dan nikmat. Sebagai teman minum kopi atau teh hangat, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 15 =