Mesin Kopi

Mesin kopi adalah salah satu alat yang dapat Anda manfaatkan sebagai media bisnis. Mengapa demikian? Saat ini banyak kita jumpai berbagai kedai kopi dengan segmentasi tidak hanya orangtua, tetapi kini menyebar ke segala umur. Kopi dijual dengan kedai khusus atau sebagai pelengkap menu di berbagai kafe.

Wirastar Mesin Giling Kopi COG-HS600

Kopi sempat populer di kalangan pekerja sebagai penunda ngantuk. Kandungan kafein pada kopi yang bekerja untuk membuat mata kita langsung melek. Kopi juga dipercaya ampuh menemani waktu kerja semalaman. Sampai saat ini pun kopi masih sebagai pelengkap saat menyelesaikan tugas-tugas kantor.

Kopi pada dasarnya berwarna hitam. Namun, bagi Anda yang tidak terlalu menyukai pekat hitam pada kopi dapat diberikan campuran susu kental manis putih. Perpaduan tersebut sering disebut dengan kopi susu. Kopi susu ini memiliki rasa manis namun tidak menghilangka aroma kopinya yang khas. Kopi susu ini juga yang banyak dipilih remaja atau dewasa saat berkumpul bersama teman-teman.

Kedai kopi tersedia di sekitaran kampus dan gedung-gedung kantoran. Kedai kopi tersebut akan mendadak ramai saat waktu makan siang atau pada malam hari. Aktivitas yang dilakukan konsumen pun beragam. Kopi dinikmati sebagai teman mengerjakan tugas kantor atau kampus. Ada juga sekadar hanya mengisi keseruan saat berkumpul bersama teman-teman.

Kopi memang mampu menghipnotis para penggemarnya. Tidak hanya rasa dan aroma, tetapi juga proses pembuatannya yang menggunakan mesin giling kopi. Para pecinta kopi biasanya benar-benar akan merasa sangat tertarik melihat para barista mengolah kopi. Bahkan, tidak jarang dari mereka bergabung dengan Komunitas Pecinta Kopi (KPK).

Biji kopi awalnya masuk dalam proses sangrai dengan menggunakan mesin sangrai kopi, biji-biji kopi yang telah disangrai kemudian diolah menggunakan mesin giling kopi untuk menghasilkan bubuknya. Jika sudah tercipta bubuk, Anda bisa mengolahnya menjadi minuman. Nah, ada beberapa alat manual tanpa harus menggunakan mesin kopi biasanya digunakan kedai.

Alat kopi manual ini juga bisa Anda manfaatkan sendiri di rumah. Meskipun belum memiliki niat mendirikan bisnis, bagi pecinta kopi membuat sendiri di rumah memiliki kesan tersendiri. Berikut berbagai alat manual untuk membuat kopi.

Jenis-jenis Alat Membuat Kopi

  1. French press

Alat manual ini paling sering digunakan di berbagai kedai kopi. Selain kedai, alat ini juga banyak dipilih oleh peminum kopi rumahan. French press memiliki bentuk vintage nan elegan. Cara kerjanya dengan menekan kopi yang sudah disedu agar ampas bisa tersaring di bawah.

french press

Menggunakan alat ini juga mempermudah Anda saat meminumnya. Anda tidak perlu lagi takut karena tidak sengaja meminum ampasnya. Setelah disaring dan ditekan menggunakan French press ini cairan kopi tidak ada hambatan ampas lagi. Anda bisa langsung mengonsumsinya. French press cocok untuk menyuguhkan kopi-kopi origin seperti Arabika Mandailing dan Rabika Gayo.

            Cara menggunakan:

  • Jika belum menjadi bubuk, gunakan mesin giling kopi untuk menghaluskannya.
  • Masukkan bubuk kopi ke dasar French press Sebanyak 30gr bubuk untuk 400 ml, 50gr untuk ukuran 600 ml karena umumnya French press dijual dengan ukuran 400ml dan 600ml.
  • Panaskan air dengan suhu 95 derajar celcius.
  • Menuang air ke dalam French press ini juga ada tekniknya lho, yaitu dengan memutar cara menuangkannya agar tercampur dan teraduk seluruh bagian bubuk kopi.
  • Aduk menggunakan benda tumpul seperti sendok kayu agar permukaan French press tidak tergores. Aduk hingga crema Tunggu kurang lebiih 3 menit.
  • Tekan perlahan hingga menyentuk dasar French press.
  • Kopi siap dituangkan.
  1. Vietnam coffee drip

Alat manual ini juga bekerja menyaring kopi. Namun bedanya, Vietnam coffe drip ini bisa langsung diletakkan di atas gelas. Bubuk kopi di dalamnya yang kemudian dituang air. Hal yang menarik adalah kita perlu menunggu kopi dengan tetesan demi tetesan ke dalam gelas.

vietnam coffee drip

Kopi hasil ekstrasi Vietnam drip bisa dijadikan berbagai minuman kopi premium kelas menengah. Kopi yang sering digunakan adalah jenis robusta. Berbeda dengan mesin kopi dan French press, alat ini tidak menghasilkan crema. Vitenam coffe drip ini terdiri dari penyaring, penekan, dan tutup.

            Cara menggunakan:

  • Masukkan 10gr bubuk kopi.
  • Kemudian tekan menggunakan alat press. Putar skrup di atas.
  • Tuangkan air mendidih di atasnya.
  • Tutup coffe drip selama 10-15 menit hingga tetesan terakhir
  • Kopi siap dihidangkan.
  1. Pour over

Penyaring kopi berikutnya adalah pour over. Penyaring ini bekerja dengan cara unik, yaitu memanfaatkan kertas filter untuk menyaring bubuk kopi yang sudah dituangin air panas. Pour over ini mengadaptasi dari cara pengonsumsian minuman teh dengan saringan kertas.

pour over

Karena menggunakan kertas dalam penyaringan, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama bubuk, bubuk kopi yang terlalu kasar akan menyebabkan kopi encer. Namun, jika terlalu halus juga dapat menyebabkan rasa pahit. Jadi, kalian harus mengerti tingkat bubuk yang baik untuk digunakan dengan alat pour over.

Kedua penggunaan air panas dengan konsisten 95 derajat celcius. Cara penuangkan air panas harus dilakukan perlahan dan tidak boleh sekali tuang. Waktu menyeduh usahakan tidak lebih dari dua menit.

            Cara menggunakan:

  • Panaskan air hingga mendidih. Kemudian diamkan selama 30 menit.
  • Masukkan kertas filter ke corong. Letakkan corong di atas gelas.
  • Tuangkan air mendidih ke corong yang sudah diberikan filter. Lalu diamkan selama 5 detik. Tujuannya untuk menghilangkan aroma kertas.
  • Buang air bekas siraman tadi. Pastikan juga aroma pada kertas filter
  • Masukkan 24gr bubuk kopi yang tidak terlalu halus.
  • Tuangkan air panas secara perlahan dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan kopi meresap, lakukan penuangan air secara perlahan dan dengan jeda sedikit.
  • Kopi siap disantap.
  1. Moka pot

Alat manual yang satu ini mampu membuat rasa kopi yang pekat dan cita rasa seperti cokelat. Cara kerjanya mengalirkan air yang dipanaskan, sehingga menguap ke atas melewati bubuk dan menghasilkan kopi yang cukup keruh. Semakin halus bubuknya, maka semakin keruh kopi.

moka pot

Warga Italia memanfaatkann alat ini biasanya dengan biji kopi dark roast. Alat ini dioperasikan menggunakan api kompor kecil. Kemudian tunggu hingga kopi keluar di atas permukaan. Namun ingat jangan sampai terlewat ketika menyeduhnya karena bisa menjadi efek rasa terbakar.

            Cara menggunakan:

  • Masukkan bubuk kopi ke bagian tengah hingga padat dan penuh. Anda bisa menggunakan takaran 8-10gr untuk ukuran Mokapot 120ml dan takaran 20-22.5gr untuk Mokapot ukuran 270ml.
  • Masukkan air di bagian bawah Moka pot. Kemudian tutup dengan bagian yang diberi bubuk tadi.
  • Tutup dengan bagian paling atas Moka pot. Terakhir katupkan penutupnya.
  • Letakkan Moka pot di atas api kompor.
  • Ketika air mendidih, hasil uap ekstrasi keluar melalui lubang.
  • Angkat dan pindahkan kopi ke cangkir. Tambahkan gula sesuai keinginan.
  • Kopi siap disantap.

Keempat alat tersebut merupakan cara mudah Anda untuk membuat kopi dengan cara yang unik. Membuat kopi di rumah biasanya sekadar menuangkan bubuk dan gula secukupnya ke dalam gelas. Namun, ampas kopi masih mengendap di dasar gelas. Hal itu yang menyebabkan kita tidak bisa mengonsumi kopi hingga abis.

Mengonsumi kopi tanpa adanya ampas bisa menggunakan salah satu dari keempat alat manual di atas. Namun, akan lebih menarik jika Anda memulai dari proses awal, yaitu menggiling kopi. Anda bisa menggunakan mesin giling sesuai dengan tingkat kehalusan yang dimau. Mesin kopi tersebut biasanya sebagai sarana wajib bagi kedai kopi.

mesin kopi

Mesin kopi dapat Anda temukan di berbagai toko mesin makanan dan minuman. Mesin ini bisa menjadi awal langkah dalam mendirikan bisnis kopi. Namun, bagi Anda yang hanya sekadar ingin menikmati saja bisa menggunakan alat giling kopi manual. Nah, setelah digiling dan menjadi bubuk bisa Anda saring menggunakan alat press kopi di atas.

 Kopi sendiri memang terkenal dari luar negeri. Tetapi tahukah Anda jika Indonesia juga memproduksi kopi yang tidak kalah enak dengan buatan orang luar negeri lho.

Macam-macam Kopi Asli Indonesia

  1. Kopi Luwak

Mendengar kata luwak mungkin bukan hal baru bagi warga Indonesia. Sekilas kopi ini dianggap cara pengolahannya tidak lazim, yaitu biji kopi harus dimakan oleh luwak kemudian kotoran luwak yang mengandung biji kopi yang tidak tercerna diambil kembali. Beberapa orang beranggapan kopi hasil kotoran luwak ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang eksotis.

  1. Kopi Jawa

Kopi Jawa muncul mulai pada abad ke-17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan Jawa. Kerja sama tersebut menjadi sa;ah satu produsen kopi terbesar di dunia sejak saat itu. Kopi jawa ini juga salah satu jenis kopi yang berpengaruh di dunia.

  1. Kopi Toraja

Kopi ini berasal dari daerah Kalosi, Tana Toraja, Sulawesi. Kopi toraja memiliki kandungan asam rendah, halus, lembut, citarasa floral dan fruity. Kopi asal Sulawesi ini memiliki tampilan ciri karakter rempah-rempah atau kacang-kacangan, seperti kayu manis atau cardamom (sejenis jahe). Rasa manisnya seperti halnya kebanyakan jenis kopi lainnya di Indonesia yang berhubungan dengan kekentalan kopi.

  1. Kopi Sumatera

Kopi Sumatera ini berasal dari beberapa bagian daerah, yaitu Mandailing, Lintong, dan Gayo. Kopi sumatera memiliki tekstur lembut dan halus. Rasanya agak asam dan memiliki aroma kakao, tembakau, dan tanah.

  1. Kopi Bali

Kopi bali atau kintamani memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis. Kopi Bali mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis dari Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Development (CIRAD) atau Pusat Kerja Sama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Nasional, Prancis sebagai kopi unik dari Bali.

  1. Kopi Lanang

Kopi Lanang berasal dari Jawa Timur. Biji kopinya memiliki bentuk bulat dan tunggal tidak seperti jenis lainnya yang terbelah. Kandungan kafein pada kopi lanang sangat tinggi. Kopi ini sangat cocok untuk menemani waktu kerja Anda.

  1. Kopi Wamena

Kopi asal Wamena, Papua ini merupakan jenis Arabika. Kopi ini merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Papua memiliki tanah yang sabur, itu yang menjadi alasan kopi ini dihasilkan sangat baik.

Kopi wamena memiliki tekstur halus. Aromanya harum dan memiliki after taste yang sangat manis. Kopi ini memiliki kandungan kafein paling sedikit di antara kopi arabika lainnya.

            Membuka bisnis kopi memang sangat menarik. Apalagi jika memanfaatkan biji kopi asli Indonesia. Citarasa khas kopi Indonesia sekaligus akan diperkenalkan kepada para pelanggan. Demi memberikan hasil yang maksimal, gunakanlah mesin gilingan kopi untuk setiap tahapan pembuatan kopinya. Menggunakan mesin kopi akan membantu mempercepata kinerja Anda.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 2 =