Resep Sop Iga

Resep Sop Iga – Mengolah daging memiliki berbagai cara. Mulai dari manual sampai cara cepat yang dapat menghemat waktu. Cara manual hanya menggunakan sebuah pisau dan talenan sebagai alas, sedangkan cara cepat menggunakan mesin daging. Daging sapi atau kambing mungkin memiliki kandungan dan serat daging yang berbeda. Namun, untuk cara pemotongan tidak terlalu jauh berbeda.

resep sop iga

Berdasarkan selera, mungkin Anda memiliki ide kreatif dalam mengolah dan menciptakan rasa yang menarik untuk dipadupadankan dengan lidah. Tentunya berbagai ide tersebut juga membantu Anda dalam menyediakan menu daging agar tidak bosan untuk dikonsumsi. Apalagi jika Anda merupakan pegiat sebagai koki di restoran ternama. Anda tidak boleh kehabisan akal dalam mengolah menu daging secara kreatif.

Pengolahan daging sapi misalnya, bisa dimanfaatkan menjadi bakso. Seperti yang kita tahu, bakso memiliki bahan dasar daging. Meskipun disajikan dengan kuah beserta racikan bumbu lainnya, tanpa daging bakso tentu tidak menambah selera makan Anda bukan? Cara membuat daging ini menghancurkan daging terlebih dahulu hingga membentuk adonan. Setelah itu, adonan dapat dicetak menggunakan mesin cetak bakso.

Kemudian daging giling, daging giling dapat disajikan dengan berbagai campuran bahan makanan lain lho. Seperti tumis taoge dan daging giling atau jika kamu suka dengan buncis jangan takut untuk bereksperimen sendiri yaaa! Selain itu, daging yang sudah digiling juga memudahkan kita untuk mengonsumsinya. Khususnya nih, para lansia yang sulit untuk mencerna makanan atau anak di bawah tiga tahun yang belum memiliki banyak gigi.

Daging irisan juga merupakan salah satu olahan yang harus Anda coba. Jika Anda suka mampir ke makanan khas padang pasti akrab dengan sebutan dendeng balado. Dendeng balado merupakan irisan daging tipis yang diolah dengan cara diungkep bersama campuran bumbu lainnya. Kemudian digeprek, lalu digoreng dan dicampur bersama sambal. Untuk membuat dendeng sebenarnya bisa menggunakan cara manual, dengan mengiris daging secara tipis dan perlahan menggunakan pisau daging. Namun, cara tersebut membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Jika Anda tidak yakin dengan cara tersebut, solusi lain menggunakan mesin khusus pengiris daging.

Kemudian daging dapat diolah menjadi sosis. Jika ingin mencoba membuat sosis sendiri, teknologi masa kini dapat membantu Anda dengan menggunakan mesin khusus pengolahan sosis. Dengan memanfaatkan mesin, semua pengolahan daging menjadi lebih ringan dan berjalan dengan rapi.

Pengolahan daging juga dapat menimbulkan beberapa kendala, jika menggunakan cara manual seperti  mengiris tipis dan memotong daging bertulang dengan pisau daging. Cara manual memang cara yang sering digunakan, namun dengan menggunakan cara tersebut bentuk daging yang diharapkan tidak sesuai keinginan dan menciptakan bentuk kurang menarik. So, kenapa tidak mencoba memanfaatkan mesin? Bentuk lebih bagus rasa pun tidak kalah enak dengan proses pengerjaan cara manual seperti biasanya. Kembali lagi dengan pegiat koki.

Mengolah tulang daging menjadi sop iga

Jika Anda seorang koki demi menciptakan kepuasan pelanggan, cara apa pun pasti akan ditempuh. Misalnya dengan memanfaatkan mesin pengiris daging dan mesin pemotong tulang. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, mesin pengiris daging memudahkan Anda dalam pembuatan daging tipis, seperti dendeng. Lalu apa gunanya mesin pemotong tulang?

Secara logika, untuk apa kita memotong tulang? Guys! Ingat, daging sapi atau kambing tidak selamanya berada pada posisi yang mudah untuk dipotong. Bagi daging yang memiliki tekstur keras dan bertulang dalam, misalnya pada bagian rusuk, atau daging yang melapisi tulang lainnya. Dalam memotong tulang, keterampilan itu sangat dibutuhkan. Nah, di sini mesin pemotong tulang mulai berperan.

Selain itu, daging yang melapisi tulang juga dapat dimanfaatkan menjadi makanan lho. Seperti sup iga atau sup daging tulang. Anda tahu bukan bagaimana tekstur pada tulang iga? Jika Anda menggunakan manual, cara memotongnya tentu saja membutuhkan keprofesionalan. Nah, selain manual, Anda juga bisa menggunakan mesin gilingan daging. Kini Anda bisa memulai memasak sup iga favorit Anda. Bagaimana ya cara membuatnya?

Sebelumnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahan / Resep Sop Iga nya terlebih dahulu

  • 500 gr iga sapi dengan memotong beberapa bagian
  • 3 bh wortel yang sudah dipotong-potong bulat pipih
  • 4 bh tomat yang diriis menjadi empat bagian
  • 3 sdm gilingan bawang merah dan bawang putih dengan perbandingan 1:2
  • 1000 cc air
  • Garam
  • ¼ sdt pala bubuk
  • Merica
  • Bawang goreng
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 batang seledri
  • 2 batang daun bawang

Setelah mempersiapkan bahan-bahan langkah pertama dengan merebus iga terlebih dahulu hinga empuk. Setelah merebus iga, pisahkan iga dan sisihkan kaldu. Kemudian di panci yang berbeda, tumis bawang, daung bawang, dan seledri dengan posisi api kecil. Lalu tuangkan kaldu dan masukkan wortel. Jika Anda ingin menambahkan kentang, terlebih dahulu kentang dipotong dadu dengan ukuran sedang menjadi beberapa bagian.

 Langkah berikutnya tunggu beberapa saat agar kaldu yang sudah dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain tergabung. Lalu, masukan iga sapi. Jangan lupa tambahkan tomat, garam dan, merica secukupnya. Setelah semua bahan sudah masuk, sup diaduk sampai mendidih atau matang. Jika sudah matang, angkat sop iga untuk disajikan lalu taburi bawang goreng secukupnya.

Langkah-langkah tersebut (Resep Sop Iga) bisa Anda coba di rumah dengan membeli daging yang sudah terpotong di pasar. Namun, jika Anda menginginkan bentuk yang lebih menarik dapat  menggunakan mesin pemotong daging, khususnya mesin pemotong daging. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × one =