Cara Membuat Mesin Penggiling Daging Sederhana

Cara membuat mesin penggiling daging sederhana sebenarnya mudah anda hanya perlu membeli komponen mesin penggiling dan dinamo mesin. Sebagai penggerak komponen pisau penggiling daging.

Mesin giling daging sederhana sama juga dengan mesin giling daging rakitan yang dibuat sederhana. Namun komponennya di custom sesuai kebutuhan produksi kuliner anda. Mesin giling daging memang sangat dibutuhkan dalam produksi kuliner yang berkaitan dengan daging.

MEAT GRINDER
MEAT GRINDER

Tak heran banyak pengusaha kuliner berbahan dasar daging merakit mesin giling daging sendiri sesuai kebutuhan produksi kuliner mereka. Agar lebih efisien dan efektif dalam memproduksi kuliner daging sesuai menu makanannya.

Mesin giling daging sederhana sebenarnya bisa dibilang mesin food processor seperti blender penggiling bumbu, coper dan lain-lain. Namun bila dalam industri besar anda perlu merakitnya sesuai custom kebutuhan dalam produksi kuliner daging.

Bila anda ingin membuat mesin giling daging sederhana maka anda harus memahami beberapa komponen mesin giling daging. Agar lebih mudah merakitnya dan mengcustomnya sesuai kebutuhan produksi anda. Bagi para pengusaha kuliner berbahan dasar daging tentunya telah paham apa saja komponen mesin giling daging.

Baca Juga

mesin giling daging rakitan

harga mesin giling daging diesel

mesin giling daging bakso

jual mesin giling daging bekas

mesin penggiling daging dan pengaduk bakso

blender penggiling daging

alat penggiling daging philips

cara membuat mesin penggiling daging sederhana

Mengenal Beberapa Komponen Dari Mesin Giling Daging

Pada dasarnya semua Meat Grinder atau alat gilingan daging memiliki bagian dasar yang sama baik yang manual maupun yang lebih canggih, berikut ini adalah bagian penting dari meat grinder yang perlu Anda ketahui, yaitu :

  • Hopper dan pendorong merupakan bagian atau tempat daging didorong masuk kedalam penggiling, semakin besar volume daging maka semakin lambar gerakan penggilingan.
  • Sekrup merupakan bagian terpenting penggiling daging, karena berfungsi sebagai pendorong daging masuk kedalam poros dan menuju pisau penggiling.
  • Pisau dan penghalus, setelah sekrup mendorong daging masuk keporos, maka pisau akan mencincang daging sampai halus,
  • Penutup untuk memastikan pisau dan penghalus berada ditempatnya dengan tepat dan kuat.

Cara Membuat Mesin Penggiling Daging

Keuntungan Memakai Mesin Giling Daging

  • Faktor Keamanan

Saat membeli daging giling di swalayan Anda tentu tidak tahu. Apakah daging tersebut berasal dari daging sapi yang baik, segar, dan tidak terkontaminasi atau tercampur dengan daging yang lain.

Dengan menggiling daging sendiri maka keamanan dan kualitas dari daging dapat Anda kontrol sendiri.

  • Hasil Dan Rasanya Jauh Lebih Baik

Dengan memilih sendiri bagian daging mana yang Anda giling maka Anda dapat mengetahui spesifikasi dan kandungan lemak yang terdapat didalamnya.

Jadi bila Anda sedang diet maka Anda bisa memillih bagian daging yang kandungan lemaknya lebih sedikit. Karena hal tersebut akan mempengaruhi rasa dari daging sapi giling Anda.

  • Hasil Tekstur Dagingnya Lebih Baik

Umumnya daging giling yang dijual di pasaran telah dicampur dengan berbagai bahan. Juga telah melewati berbagai macam proses yang membuat tekstur dari daging tidak terlalu nampak segar.

Bila Anda memiliki Mesin Giling Daging sendiri dirumah maka Anda bisa mendapatkan hasil daging giling yang benar-benar masih segar. Tanpa ada campuran bahan-bahan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga.

Tips Menggunakan Mesin Giling Daging

Untuk bisa memanfaatkan dan mendapatkan hasil terbaik dari sebuah mesin penggiling daging, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama pengolahan, antaralain:

  • Ukuran potongan daging

Pada saat mengolah daging, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan agar olahan daging sempurna adalah ukuran potongan yang dimasukkan kedalam mesin. Secara umum, untuk mendapat potongan yang baik, Anda bisa memotong daging dengan ukuran 3-5cm. Dengan ukuran potongan tersebut, Anda bisa mendapatkan olahan daging yang lembut dan lezat saat diolah.

  • Kecepatan putar mesin

Tingkat kelembutan serat daging saat akan diolah menjadi olahan lain terkadang tergantung dari kecepatan putaran mesin. Semakin cepat perputaran mesin, adakalanya daging yang terbentuk akan semakin halus.

Namun demikian, berapapun kapasitas daging giling yang Anda inginkan, sesuaikan dulu dengan tujuan penggilingan daging yang ingin Anda dapatkan. Misalnya saja saat Anda menggiling 2 kg daging dalam sekali putaran mesin untuk membuat bakso.

  • Jumlah daging yang dimasukkan

Keberadaan mesin penggiling daging akan mempermudah aktivitas Anda dalam menghasilkan daging yang lembut dan berkualitas. Ketika Anda ingin mendapatkan hasil daging giling banyak, Anda perlu memperhatikan jumlah kg daging yang dimasukkan kedalam mesin sekali putaran.

Hal ini akan memberi Anda estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah semua daging yang sudah Anda siapkan.

  • Jenis pisau yang digunakan

Sebuah mesin penggiling pasti memiliki pisau yang membantu agar tingkat kelembutannya sesuai. Namun demikian, menggiling daging tidak akan memberi hasil yang optimal.

Apabila pisau yang digunakan tidak disesuaikan dengan kriteria serat daging maupun ukuran potong daging. Itu sebabnya, saat Anda ingin menggiling daging, sesuaikan bentuk pisau yang digunakan dengan jenis daging yang akan digiling.

  • Higienitas Daging

Setiap daging yang diolah dengan mesin penggiling, perlu diperhatikan higienitasnya. Dengan begitu, hasil olahan daging yang didapatkan bisa memiliki kualitas yang diharapkan untuk diolah menjadi jenis makanan jadi.

Cara Kerja Mesin Gilingan Daging

  • Mesin Gilingan Daging bekerja dengan cara menggiling setiap daging yang dimasukkan ke corong penggilinggan.
  • Daging yang dimasukkan ke dalam corong penggilingan akan digiling menggunakan bor dan pisau Penggiling Daging yang berputar sangat cepat.
  • Setelah itu daging akan keluar melalui saringan atau sering disebut cetakan, dan hasilnya berupa daging giling.

Tips Merawat dan Penggunaan Alat Gilingan Daging

  • Jaga agar Alat Gilingan Daging tetap kering saat tidak digunakan dan saat akan digunakan di dinginkan dulu sejenak, setidaknya letakkan di freezer sebelum digunakan hal ini untuk mendapatkan kualitas hasil gilingan terbaik.
  • Untuk hasil gilingan terbaik potonglah daging dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau besar untuk membuat proses penggilingan lebih cepat dan teksturnya lebih baik, ukuran daging yang tidak terlalu besar dapat mempermudah kerja penggiling daging dan tidak akan membuatnya tidak cepat rusak.
  • Jagalah agar bagian pisau tajam dari grinder tetap bersih, pisau merupakan bagian terpenting dari Mesin Giling Daging karena itu harus mendapatkan perhatian dan perawatan yang lebih, karena bila pisau penghalusnya berkarat atau tumpul maka hasil gilingan akan kuerang baik hasilnya. Karena usahakan setelah menggunakannya cuci bersih setelah itu lap sampai kering dan bersih baru kemudian di simpan kembali ke dalam lemari.
  • Sesuaikan penggunakan penggiling yang tepat saat digunakana, bila Anda memerlukan daging giling yang super halus maka gunakan grind yang berfungsi untuk menghasilkan tekstur daging yang sangat halus, namun bila Anda menginginkan tekstur daging giling yang sedikit kasar, maka gunakan grind yang menghasilkan tekstur yang lebih kasar. Bila untuk membuat bakso gunakan yang kasar, bila ingin membuat sosis gunakan yang lebih halus.
  • Mencampurkan garam sebelum proses penggilingan juga dibolehkan dalam proses penggilingan daging, karena ternyata garam dapat menjadi tambahan protein dan memberikan pengaruh pada tekstur daging.

Penggunaan Mesin Gilingan Daging Dalam Industri Kuliner

Dalam industri kuliner mesin giling daging memang biasa di gunakan untuk menghaluskan berbagai macam daging agar mempermudah dalam pengolahannya. Mesin gilingan daging biasanya digunakan oleh pengusaha yang usahanya bergerak dibidang restoran, hotel, maupun kuliner lainnya.

Dengan tujuan agar olahan daging yang dihasilkan lebih lembut dan bisa dibentuk sesuai selera pasar. Ketika daging olahan bisa dibentuk sesuai selera. Seperti bakso, sosis, dan frozen food, tentu nilai jual yang dihasilkan bisa menjadi lebih tinggi.

Pada dasarnya, prinsip kerja meat grinder ini bertumpu pada kecepatan perputaran motor penggerak yang ada didalam mesin. Untuk menghasilkan daging dengan kualitas kelembutan optimal. Pada saat tingkat kelembutan daging yang diinginkan terpenuhi tentu, maka cita rasa yang dihasilkan juga sesuai dengan harapan.

Mengenal Beberapa Jenis Mesin Gilingan Daging Di Pasaran

  • Household Meat Grinder

Mesin ini bila untuk usaha bakso bisa dibilang mesin yang terkecil dari mesin giling daging. Mesin rumahan hanya  mampu menggiling daging dengan kapasitas sedikit.

Mesin ini memiliki kelebihan portable sehingga mudah dipindahkan karena ukurannya hanya 4 kilogram. Selain itu ini memiliki kelebihan dapat mencetak sosis dan memiliki daya listrik yang rendah hanya 200 watt.

Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan mesin giling daging lainnya yakni hanya Rp 800.000.

  • Meat Grinder WFM Series

Mesin tersebut mampu menggiling daging mulai dari kapasitas 14 kg hingga 28,44 kg tergantung dari tipe mesin. Mesin untuk usaha bakso ini dirancang khusus untuk melumatkan daging dengan lebih cepat dan halus.

Keunggulan mesin ini menghasilkan kehigienitisan dari daging yang dilumatkan karena bahan yang digunakan adalah satinless steel. Sehingga tak mudah berkarat dan tidak meninggalkan noda kuningan pada makanan. Mesin ini juga bisa digunakan sebagai mesin pencetak sosis.

  • Taiwan Meat Grinder

Bila usaha bakso Anda sudah skala yang lebih besar Anda bisa menggunakan mesin Taiwan meat grinder. Karena mesin ini selain memiliki body yang kokoh juga memiliki 4 buah pisau, 4 buah saringan dan on-off reverse switch. Kapsitas penggilingan mesin mencapai 200 kg per jam. Sehinga anda dapat menggiling dengan kapasitas yang besar.

Membeli Mesin Giling Daging Berkualitas

Bila anda ingin membeli mesin giling daging untuk industri kuliner anda agar produksi kuliner berbahan daging anda lebih menguntungkan dan efektif maka simak beberapa tips berikut ini:

  • Pilihlah Mesin Daging Berbahan Stainless Bukan Yang Lain

Namun sayang saat ini sulit menemukan mesin giling daging kualitas terbaik apalagi saat ini banyak dijual mesin daging yang palsu atau berkualitas asal-asalan. Sehingga ketika menggiling daging hasilnya tak maksimal. Teksturnya tak bagus begitu juga dengan rasanya, karena rasa daging giling juga ditentukan oleh mesin gilingnya. Jika mesin gilingnya terbuat dari bahan bukan stainless steel biasanya rasanya akan berubah menjadi anyir atau karatan.

Pilihlah mesih giling yang body mesin dan loyangnya menggunakan material stainless steel. Sedangkan alat penggilingnya terbuat dari baja sehingga putaran mesinnya stabil sehingga menghasilkan gilingan daging yang lebih banyak.

Selain itu mesin yang berbahan stainless steel biasanya lebih higienis dibandingkan dengan mesin berbahan besi atau kuningan karena kedua bahan tersebut berdampak buruk bagi daging. Jika berbahan besi maka mudah karatan sehingga tidak tahan lama dan membuat daging yang digiling menjadi anyir. Sedangkan berbahan kuningan mudah luntur sehingga membuat daging giling Anda justru berubah warna menjadi kuning bukan merah segar lagi.

Demikian pembahasannya tentang cara membuat mesin giling daging sederhana sesuai kebutuhan industri kuliner anda. Atau untuk kebutuhan rumah tangga dan industri rumahan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × 3 =