Vacuum Sealer Plastik Buat Produk Makanan Safe

Vacuum Sealer Plastik

Vacuum sealer plastik ialah alat pres plastik kedap udara, berungsi untuk mengemas produk dengan menghilangkan udara dalam kemasan. Perihal tersebut tentunya membuat barang ataupun makanan akan tetap aman, awet (tahan lama), fresh, bersih, serta menarik.

Vacuum Sealer Plastik

Focus untuk pengusaha makanan sangat disarankan untuk menggunakan mesin vacuum sealer. Sebab untuk melindungi produk makanan anda ataupun minuman dari resiko mudah kadaluarsa karena terkontaminasi. Jika hal ini diabaikan tentunya dapat mempengaruhi kualitas dan kondisi produk anda.

Mesin vacuum sealer merupakan alat pengemas barang yang mampu menghilangkan udara sebelum proses penyegelan. Cara kerjanya sangat unik yaitu dengan cara menyedot udara atau oksigen di dalam plastik kemasan sampai habis.

Kemudian, mesin akan mengerjakan penyegelan secara otomatis supaya tidak terdapat lagi udara yang masuk ke dalam. Proses itu disebut sebagai sealing dengan teknik dipanaskan dan ditekan supaya kemasan menempel dan tak gampang terlepas. Dalam kemasan yang hampa udara maka produk makanan maupun minuman bisa terjaga dengan baik.

 

Cara Kerja Vacuum Sealer Plastik

  • Persiapkan alat dan produk yang akan dikemas terlebih dahulu
  • Buka tutup mesin secara perlahan
  • Tekan switch untuk mengeluarkan suction tube
  • Posisikan plastik kemasan sesuai dengan penjepit sealer
  • Tutup dan tekan kedua sisi pada tanda lock
  • Tekan tombol power, secara otomatis lampu akan menyala
  • Mesin memulai proses vakum udara dari kemasan. Untuk hasil yang lebih maksimal, tekan-tekan sedikit kemasan secara manual untuk membantu pengosongan udara
  • Setelah itu, pastikan udara dalam kemasan sudah tervakum sepenuhnya
  • Tekan tombol sealing, kemudian lampu tanda seal akan menyala dan berkedip. Mesin akan berbunyi sebagai tanda pengemasan telah selesai
  • Tekan kedua sisi untuk membuka penjepit sealing
  • Setelah itu Anda dapat melihat produk dengan kemasan hampa udara, hasil istimewa, dan tentunya isi lebih tahan lama.

Household Vacuum Sealer DZ-280X - Vacuum Sealer Murah

Manfaat Vacuum Sealer

Saat anda menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan makanan anda, maka makanan anda akan terjaga kesegarannya dan rasanya lebih lama daripada menggunakan metode penyimpanan yang lain. Dengan menghilangkan seluruh udara dari kantong, makanan penutup kedap udara memastikan bahwa makanan yang disimpan akan tetap terjaga baik itu dari tekstur, tampilan serta rasa. Menggunakan wadah kedap udara akan sangat berguna apabila anda seringkali bebelanja dalam jumah yang besar, ingin menghemat pengeluaran dalam berbelanja, serta ingin menjaga kesegaran makanan anda.  Wadah kedap udara dapat digunakan dalam untuk berbagai jenis makanan, mulai dari makanan kering hingga makanan beku untuk disimpan dalam lemari es. Jenis makanan yang berbeda memiliki tingkat ketahanan yang berbeda pula saat dimasukkan dalam kantung kedap udara sesuai dengan jenis makanan yang dimaksud.  Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat disimpan dalam wadah kedap udara agar dapat disimpan lebih lama.

  • Menyimpan makanan segar

Gunakan penutup kedap udara untuk menyimpan daging dan ikan selama disimpan atau selama persiapan untuk memasak. Menggunakan penutup kedap udara merupakan cara yang efektif untuk mencelupkan daging atau ikan sebelum mereka disiapkan. Tempatkan daging yang belum dimasak dan celupkan kedalam lastik kedap udara. Ketika penutup kedap udara menghilangkan udara dari kantung, pori dari daging akan terbuka dan menmbuat proses pencelupan terserap dengan baik. Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udraa untuk menyimpan daging yang belum dimasak di elmari es. Pisahkan  daging berdasarkan ukuran porsi yang diinginkan dan kedap udarakan setiap porsi: ketika wadah kedap udara ditutup, sepotong daging ukuran besar dapat disimpan dalam lemari es hingga dua atau tiga tahun, ikan untuk dua tahun, serta daging giling hingga satu tahun. Simpan keju dalam wadah kedap udara untuk menjaga keju tetap segar lebih lama. Keju akan lebih murah apabila dibeli dalam ukuran banyak. Di rumah, pisahkan keju ke dalam beberapa porsi kecil. Simpan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es. Karena keju tidak terkena udara serta kelembapan, maka keju akan lebih segar tahan lama. Ketika disimpan dalam lemari es,  keju akan tetap segar hingga 8 bulan, lebih lama daripada menyimpan dalam lemari es dengan metode biasa yaitu sekitar 2 hingga 3 minggu.

  • Menyimpan Makanan Kering

Kedap udarakan makanan kering anda, makanan padat ketika disimpan untuk digunakan dikemudian hari. Jenis makanan ini termasuk gula dan gula merah, dimana mereka seringkali menjadi keras ketika mereka terkena udara. Dengan menggunakan penutup kedap udara, makanan kering tersebut tidak akan menyerap  kelembapan dari lingkungan. Masa usia makanan tersebut akan diperpanjang. Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan biji kopi atau gilingan kopi untuk menjaga mereka tetap dalam kondisi kesegaran yang tinggi  seperti saat dikemas. Meskipun begitu saat mengeringkan makanan kering tersebut, penting untuk memastikan bahwa tidak ada makanan yang terselip dalam penutup kedap udara karena akan mempemngaruhi kerja penutup kedap udara. Kantung kedap udara anda juga bisa berguna untuk menyimpan kue pernikanan anda hingga peringatan pernikahhan anda yang pertama.  Simpan kue ke dalam lemari es hingga beku. Ambil kue dari lemari es lalu tempatkan dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan kembali dalam lemari es dan bertahan hingga satu tahun.

  • Menyimpan Makanan Per-Porsi

Penggunaan wadah kedap udara dapat digunakan dengan lebih kreatif. Sebagai contoh, anda bisa membuat makanan dalam jumlah besar dan camilan dalam satu waktu lalu gunakan wadah kedap udara tersebut untuk membagi dalam beberapa porsi bagi beberapa orang. Pada website Food Saver, merekomendasikan agar anda menggunakan kantung kedap udara untuk membuat sarapan pagi yang praktis. Siapkan beberapa roti bagels atau kue muffin Inggris dengan beberapa topping seperti daging sosis bacon, telur, saus, atau keju, kemudian kedap udarakan setiap roti sandwich anda untuk sarapan ke dalam beberapa kantung kedap udara. Simpan sandwich dalam lemari es dan anda siap menyajikannya hanya dengan memanaskan kembali.

Keuntungan Menggunakan Vacuum Sealer

  • Mesin Vacuum Sealer dijual dengan Harga yang terjangkau. Bahkan terbilang cukup murah
  • Sistem pengoperasian Mesin Vacuum Sealer terbilang sangat Mudah digunakan.
  • Dengan desain yang sederhana dan minimalis sehingga penempatan mesin ini Tidak memerlukan banyak tempat.
  • Dengan Mesin Vacuum Sealer akan membuar Produk makanan menjadi lebih tahan lama.

Mesin Vakum - Harga Vacuum Sealer 2020 Terbaru & Termurah

Demikian pembahasannya tentang vacuum sealer plastik yang perlu dimiliki oleh pengusaha makanan atau produk lainya untuk pengemasan. Karena perlindungannya terhadap suatu produk membuat produk tersebut jadi awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp