Inspirasi Bisnis Makanan

Inspirasi bisnis makanan membuat orang ingin terjun langsung dalam bisnis makanan yang memang tak ada matinya. Ada banyak orang yang mengembangkan bisnis makanan yang sudah tenar namun tentunya dengan inspirasi kreatifitas meraka sendiri agar lebih unik.

inspirasi bisnis makanan

Pilihan bisnis yang paling umum dan banyak diminati orang ialah bisnis makanan. Tren untuk jenis bisnis makanan memang tak ada habisnya. Banyak orang berlomba menciptakan makanan dengan ide inspirasi paling kreatif dan unik yang berefek viral, populer dan cocok untuk semua orang, baik dalam hal rasa, kemasan hingga nama produk.

Efek tren dari sebuah produk tentu akan mempengaruhi pasarnya. Misalnya saat green tea sedang hits, hampir semua jenis makanan dan minuman di kombinasikan dengan green tea agar bisa ikutan laris dan diminati banyak orang. Begitu juga dengan keju yang juga banyak di aplikasikan kebanyak jenis makanan, seperti ayam geprek, sate taichan sampai minuman yang diolah dengan bahan keju.

Itu artinya sebuah peluang usaha tidak harus selalu original tapi bisa juga melirik dari tren yang ada kemudian dibuat beda. Satu hal terpenting sebagai pelaku bisnisnya dapat mengembangkannya secara kreatif dan unik. Seperti halnya menjual fusion food, yaitu menggabungkan 2 makanan populer menjadi satu dan terciptalah jenis makanan baru.

Salah satu inspirasi bisnis makanan yang menjadi favorit pengusaha ialah bisnis makan siap saji, dan banyak calon pengusaha yang ingin menjadi seorang pengusaha kuliner yang sukses. Melihat persaingan usaha makanan yang ketat sangat penting untuk anda mempunyai strategi yang tepat.

Untuk dapat bersaing dibisnis kuliner, anda perlu memilih usaha makanan yang mudah laku terjual itu adalah salah satu strateginya. Hal tersebut dapat menjadi strategi awal yang tepat. Karena lakunya makanan tersebut berarti sudah terdapat suatu pasar dan masyarakat sudah mengenal makanan tersebut. Kemudian sebagai pembeda dari pelaku usaha lain, pengusaha yang bersangkutan dapat menawarkan suatu nilai tambah lain berupa varian  kecil dari produk anda.

Hal tersebut jauh lebih efektif dibandingkan anda harus menawarkan suatu produk makanan baru hasil ciptaan anda dan belum terbukti apakah masyarakat menyukainya otomatis belum terbukti laku atau tidak. Karena belum dikenal secara luas oleh masyarakat, memang dapat menjadi suatu keunikan tersendiri. Namun anda juga perlu memikirkan risiko yang serius dalam memilih strategi tersebut.

Bisnis Makanan Yang Sudah Populer

Berikut ini ada beberapa bisnis kuliner yang sudah populer mungkin dapat anda pilih yang cocok dengan anda untuk bisnis kuliner anda.

  • Usaha Kuliner Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan Indonesia yang terkenal sampai ke luar negeri. Bahkan, nasi goreng sempat mendapatkan gelar sebagai salah satu makanan terenak didunia. Tidak heran jika banyak orang yang menjadikan nasi goreng sebagai makanan favorit untuk makan siang dan/atau makan malam. Karena harganya biasanya relatif terjangkau dan mengenyangkan. Nasi goreng terkenal sebagai usaha kuliner gerobakan dan UMKM, tetapi sebenarnya dibalik itu bisnis kuliner nasi goreng masih mempunyai potensi besar untuk dikembangkan.

nasi goreng kebon sirih

  • Usaha Makanan Warung Bakso

Bakso adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Hampir semua kalangan kenal dengan makanan yang satu ini dan senang dengan rasanya. Tidak heran jika bakso termasuk sebagai usaha makanan yang paling laris, karena banyak sekali warung-warung bakso yang berdiri di Indonesia dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Bisnis bakso juga merupakan usaha kuliner yang dapat dimulai dengan modal kecil, anda dapat memanfaatkan gerobak untuk berjualan secara keliling atau memanfaatkan ruang kecil di depan garasi rumah anda. Namun, bakso juga dapat menjadi daya tarik untuk bisnis kuliner dengan skala menengah untuk dijual dipusat-pusat perbelanjaan.

usaha bakso

  • Bisnis Kuliner Soto

Tidak berlebihan jika soto disebut sebagai salah satu masakan khas Indonesia yang mempunyai variasi paling banyak. Soto memang populer di Indonesia, terutama yang masuk dalam jenis soto ayam, soto betawi dan soto padang.Selain rasanya yang enak dan kaya akan variasi, soto juga termasuk bisnis kuliner yang laku dipasaran. Ambil contoh inspirasi bisnis makanan soto Hasni Sadi, pendiri Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli adalah salah satu pengusaha yang sukses berbisnis soto.

bisnis soto

Bermula dari jualan soto keliling dengan dipikul, sekarang Hasni Sadi mempunyai 20 cabang dan mitra yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Lombok dan Sorong. Dengan kesuksesan tersebut Pak Hasni Sadi mampu meraup omset miliaran rupiah sebulannya dari bisnis soto ayam.

  • Warung Mie Ayam dan Yamin

Seperti bakso, mie ayam juga termasuk usaha kuliner yang laris dipasaran. Tidak jarang warung bakso yang juga menawarkan mie ayam sebagai salah satu variasi menunya. Larisnya mie ayam tidak terlepas dari terjangkaunya harga mie ayam, dan sangat mudahnya makanan tersebut ditemukan. Walaupun sudah sangat populer dan banyak pelaku usahanya, tetapi cukup banyak warung mie ayam yang dapat tetap eksis dan laris setelah bertahun-tahun beroperasi. Biasanya yang warung mie ayam yang laku tersebut mempunyai kualitas mie yang bagus dan konsisten.

usaha mie ayam

  • Bisnis Kuliner Ayam Geprek

Inspirasi Bisnis Makanan seperti ayam geprek/gepuk/penyet adalah salah satu bisnis kuliner yang tengah meledak popularitasnya saat ini. Bagaimana tidak, terhitung dalam hitungan kurang dari 2 tahun saja salah satu gerai Ayam Geprek yang dirintis oleh Ruben Onsu sudah mempunyai cabang di lebih dari 19 kota di Indonesia. Selain mereka, terdapat ratusan merek-merek ayam geprek lokal yang juga tidak kalah larisnya. Oleh karena itu, bisnis kuliner ayam geprek termasuk salah satu usaha makanan yang paling laku saat ini.

bisnis ayam geprek

  • Bisnis Kuliner Bubur Ayam

Siapa yang tidak suka bubur ayam? pasti kebanyakan orang menyukai bubur ayam. Bubur ayam populer sebagai sajian untuk sarapan dan malam hari karena rasanya yang enak dan ringan. Selain itu bubur ayam juga termasuk bisnis kuliner yang sederhana dijalankan karena bahannya relatif sedikit.Bubur ayam termasuk usaha makanan yang laris karena dengan makanan ini sangat dicari-cari dan populer baik untuk kelas kaki lima sampai kelas resto sekalipun. Bahkan terdapat beberapa bubur ayam yang dapat dikatakan  karena kesuksesannya untuk menyajikan bubur ayam yang enak secara konsisten.So sudah pasti inspirasi bisnis makanan untuk sarapan ini bisa dibilang sebagai sesuatu yang potensial untuk terus di garap dan di kembangkan

bubur ayam

Bisnis bubur ayam juga merupakan usaha kuliner yang sangat menjanjikan, bisnis bubur ayam kelas kaki lima saja dapat menghasilkan omzet Rp. 50 juta rupiah perbulan. Bahkan untuk yang melegenda seperti bubur barito omzetnya mungkin dapat mencapai ratusan juta rupiah per bulannya.

Itulah tadi beberapa bisnis kuliner yang dapat menjadi referensi anda untuk memilih usaha makanan yang menguntungkan dan cocok bagi anda untuk anda jalani. Semoga mendapatkan kesuksesan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.