Bisnis Es Kristal

Bisnis Es Kristal – Minuman merupakan salah satu kebutuhan pokok sehari-hari yang perlu dipenuhi. Tanpa minuman manusia akan mengalami dehidrasi bahkan kematian. Minuman terbagi menjadi berbagai jenis, yaitu minuman dingin dan minuman hangat. Belum lagi dibedakan berdasarkan rasa dan manfaatnya.

Utamanya, minuman yang paling akrab adalah air mineral. Setiap rumah tentu saja pasti memiliki persiapan air mineral. Air mineral menjadi minuman inti atau dasar dari jenis lainnya. Tanpa air mineral tidak akan terbentuk jenis minuman lainnya yang memiliki rasa dan warna yang menarik.

Bisnis Es Kristal

Tinggal di daerah tropis menjadikan kebutuhan minuman sebagai prioritas utama. Apalagi jika disajikan dengan tambahan es batu akan menjadi lebih segar. Minuman dingin dipercaya mampu membangkitkan semangat kembali untuk beraktivitas. Tidak salah jika setiap rumah, restoran, tempat jajanan lainnya menyediakan es batu.

Keunggulan Memanfaatkan Jasa Penjualan Es Kristal

Permintaan es batu semakin meningkat karena banyaknya pebisnis minuman. Salah satu es batu yang banyak dipilih adalah es kristal. Es kristal memiliki bentuk balok dengan ukuran yang presisi. Ukurannya sangat pas untuk digunakan sebagai tambahan minuman.

Membuat es kristal ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mencetak secara manual. Namun menggunakan cara tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Perlu menunggu beberapa jam untuk membekukan es batu agar bisa dimanfaatkan. Apalagi jika memiliki usaha minuman segar. Kecepatan dalam penyajian tentu saja akan diutamakan.

Dewasa kini, persediaan kebutuhan serba mudah. Adanya penjualan es kristal dapat kamu manfaatkan secara mudah. Kamu hanya perlu memesan, kemudian akan diantar ke tempat yang diinginkan.

Mengapa bisnis es kristal dapat menjanjikan keuntungan? Kebutuhan yang serba instan menjadi keinginan para produsen minuman. Saat ini, sudah banyak rumah makan, restoran, atau bisnis franchise yang memanfaatkan jasa pebisnis es kristal ini. Ada banyak keunggulan dari pemanfaatan jasa penjualan es kristal.

  • Menggunakan mesin es cube

Mesin es cube adalah alat yang digunakan untuk membekukan air menjadi es kristal. Mesin ini dapat mencetak es batu dengan bentuk kubus atau kotak dalam jumlah yang banyak. Para produsen es kristal yang profesional pasti memanfaatkan mesin es cube. Dengan menggunakan mesin, proses kerja menjadi lebih cepat dan permintaan pun dapat diberikan dengan waktu yang tepat.

Adanya mesin es cube juga menjadikan proses pembuatan es batu lebih higienis. Akan lebih baik jika bagian mesin memiliki material stainless steel, sehingga akan lebih aman untuk bersentuhan langsung dengan es kristal yang nantinya akan dikonsumsi saat mencair bersama air.

  • Melakukan tahap penyaringan

Memilih produsen es batu memang mudah, namun itu jika dilakukan secara abstrak. Sebelum memilih pastikan terlebih dahulu kamu tahu proses kerja dari pembuatan es kristal. Apakah tahap pembuatan dilalui dengan cara higienis atau tidak? Hal itu akan berdampak pada kesehatan konsumen.

Produsen tentu tidak akan mau merugi dan menerima komentar dari konsumen jika es krital bermasalah. Ketidakhigienisan es itulah yang dapat menjadi jurang jika kita tidak memerhatikan proses kerjanya.

Nah, es kristal yang berkualitas memiliki sistem penyaringan air terlebih dahulu sebelum dibekukan. Biasanya tahap penyaringan sendiri ada pada proses pembuatan es batu di mesin es cube. Proses penyaringan ini memastikan air yang akan dibekukan lebih steril dan aman untuk dikonsumsi.

  • Memiliki persediaan es kristal banyak

Karena menggunakan tenaga mesin sudah pasti dapat menghasilkan es kristal dalam jumlah banyak. Konsumen bebas memesan berapa banyak es kristal yang dibutuhkan. Selain itu, jika konsumen kekurangan es kristal dapat memesan secara cepat atau mendadak. Lagi-lagi alasannya bukan lain karena penggunaan mesin.

Meskipun dipesan secara mendadak, permintaan tersebut dapat dikabulkan dengan cepat. Proses pembuatan es batu dengan mesin ini tidak perlu memakan waktu lama. Hanya menunggu proses penyaringan sebentar kemudian masuk ke tahap pencetakan es batu. Berikutnya kamu sudah dapat menikmati es kristal sesuai dengan pesanan.

Prospek Usaha Minuman dengan Es Kristal

Untuk membuka usaha minuman segar es batu tentu menjadi pelengkap. Kamu bisa memiliki berbagai bentuk es batu. Jenis es batu yang paling sering digunakan adalah es balok. Es balok terlebih dahulu dihancurkan untuk mendapatkan kepingan es.

Namun sayangnya pemilihan es balok tidak disarankan untuk para pebisnis minuman. Banyak oknum penjual es balok yang tidak bertanggung jawab. Dalam mengolah es balok mereka menggunakan air yang tidak bersih, bahkan proses penyaringan pun tidak dilalui secara sempurna. Jika masih dipertahankan, bahaya tersebut akan merambah kepada kesehatan konsumen.

Di sisi yang lain, pemilihan es batu ternyata juga berdampak pada prospek penjualan minuman segar. Bentuk es batu yang seragam sering dinilai lebih profesional dalam penyajian minuman. Misalnya dengan es kristal ini, secara tidak sadar pemilihan es batu akan membuat tampilan minuman lebih menarik.

Menggunakan es kristal juga lebih banyak dipilih oleh restoran, rumah makan, atau bisnis franchise. Pemilihan es kristal dapat meningkatkan penjualan mereka. Dengan bentuk es batu yang seragam mampu meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa proses pembuatan dilakukan secara profesional.

Berbeda dengan minuman yang disajikan di pinggir jalan. Mereka lebih memilih es balok untuk menekan budget yang lebih murah, sedangkan kualitas tidak diperhatikan. Selain itu pemilihan es balok juga akan membuatmu kerja dua kali. Es balok perlu dihancurkan terlebih dahulu untuk mendapatkan bentuk yang lebih kecil.

Jika kamu memanfaatkan es kristal dapat langsung digunakan atau dicampurkan ke dalam minuman tanpa harus menghancurkan lagi. Es kristal memiliki bentuk yang tepat untuk disajikan dalam minuman. Dengan demikian, es kristal adalah jenis yang tepat untuk kamu pilih.

Buat Es Kristal di Rumah Bisa gak?

Bisa dong! Meskipun di rumah dapat menggunakan cara manual, penggunaan mesin juga dapat kamu coba. Pilihlah mesin ice cube dengan kapasitas kecil. Mesin tersebut cocok digunakan bagi kamu yang memiliki bisnis rumahan.

Mesin ice cube dengan kapasitas kecil memiliki bentuk dan berat yang ringan, sehingga mampu diposisikan di mana saja. Mesin es batu ini lebih fleksibel dan tidak memakan tempat. Berbeda dengan mesin ice cube berukuran besar. Mesin ini harus diletakkan di ruangan yang cukup luas agar tidak mengganggu proses pencetakan es batu.

Untuk menggunakan mesin ice cube rumahan sendiri juga mudah kamu gunakan. Salah satu mesin ice cube yang dapat kamu digunakan dengan tipe ZB80A. Yuk intip cara pengoperasiannya!

Cara mengoperasikan mesin

  • Pasangkan selang dan sambungkan ke penyaring atau filter
  • Hubungan selang pada bagian belakang mesin
  • Berikutnya hubungkan selang ke keran air
  • Air yang mengalir dari keran melalui selang akan memasuki tahap filtrasi atau penyaringan
  • Proses pengisian air akan berjalan secara otomatis
  • Tunggu beberapa saat untuk proses pencetakan es batu
  • Es batu yang sudah terbentuk secara otomatis akan keluar dari wadah cetakan
  • Es batu siap digunakan

Sekarang dengan menggunakan mesin segalanya serba mudah. Terlebih lagi tersedianya mesin dengan berbagai kapasitas. Jadi kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan berbisnis. Dengan demikian, penggunaan es kristal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan nilai jual minuman segar. Daya tarik penggunaan es kristal juga mampu membuat minuman jadi lebih berkelas.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + eighteen =