Bisnis Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan bisa dibilang cukup menguntungkan dan menjanjikan prospek yang bagus untuk kedepannya. Tak heran banyak orang yang terjun langsung ke dalam bisnis ini karena bisa dibilang tidak terlalu sulit. Bisnisnya masih dalam kategori makanan, namun memang kelasnya adalah makanan ringan.

aneka menu resep kue basah

Bisnis makana ringan bisa dibilang modalnya cukup terjangakau bahkan bisa dibilang sangat terjangkau. Karena tentunya masih ada bisnis kategori lain yang bisa dibilang modalnya jelas besar.

Bisnis makanan ringan ialah bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan terus mengalir. Bila di lihat penikmat makanan ringan, tidak hanya anak-anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Tak mengherankan bila pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.

Untuk anda yang tertarik terjun dalam bidang kuliner makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan yang matang, perencanaan serta lakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Daftar Bisnis Makanan Ringan Berprospek Bagus

Berikut ini ada beberapa contoh bisnis makanan ringan yang memiliki prospek kedepannya cukup bagus untuk kedepannya. Mungkin dapat memberikan anda referensi pilihan bagi anda yang ingin terjun dalam bisnis makanan ringan.

  • Bisnis Cireng

Tentunya anda mengenal makanan ini. Cireng yang dibentuk bulat melebar kemudian digoreng adalah jajanan pinggir jalan yang enak sekaligus mengenyangkan. Sekarang sudah banyak  inovasi dari makanan ringan ini, baik produk maupun cara menjualnya. Inovasi produk, misalnya: cara membuat cireng pun dimodifikasi diberi isi seperti sosis, telur, beef, bakso, dan lain-lain. Inovasi jualan, misalnya: seperti cerita saya di awal, menjual cireng senilai 200 juta rupiah dari tokopedia.

  • Bisnis Keripik Pisang Coklat Lampung

Makanan manis khas lampung yang dibalut coklat ini ternyata banyak peminatnya berhasil menjual 2.705 keripik pisang dalam sebulan, atau dengan kata lain ia beromset 35 juta sebulan hanya dengan jualan keripik pisang. Bukankah ini peluang usaha yang keren.

  • Gurilem Asli Bandung

Kerupuk pedas panjang khas celilin cihampelas bandung ini namanya memang cukup aneh bagi kita wisatawan. Kata gurilem dikabarkan berasal dari gurih dan pelem. Jumlahnya masih terbatas namun rasanya sudah terkenal, bahkan pengusaha seperti maicih pun sudah membuatnya. Dulu untuk mendapatkan Gurilem anda harus ke kabutan bandung bagian barat, sekarang anda bisa menemukannya di berbagai tempat.

  • Usaha Roti Bakar

Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi keju, dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat di bagian tengah atau susu dan ceress, serta selai rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.

  • Tahu Kremes

Tahu kremes merupakan tahu yang di luarnya dilapisi tepung garing, tahu ini memiliki banyak sebutan, seperti: tahu kress, jeletot, goyang lidah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tahu ini merupakan jenis makanan ringan yang banyak disukai, mulai anak-anak sampai dewasa, sehingga tahu merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek usaha yang sangat bagus.

  • Gorengan

Gorengan merupakan makanan ringan yang tidak ada matinya dan selalu diminati oleh semua orang. Adapun untuk jenis atau macam gorengan apa yang dijual, antara lain: tempe goreng, tahu, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, dan masih banyak lagi contoh gorengan yang lain.

  • Singkong Keju

Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya namun bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang simple dan proses pembuatannya cukup sederhana. Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi Anda sendiri.

  • Aneka Keripik

Jenis bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, melihat banyak sekali peminat keripik namun tidak banyak penyedia jenis makanan ini. Anda dapat menjual berbagai jenis kripik seperti : keripik kentang, keripik pisang aneka rasa, keripik singkong, dan sebagainya sesuai inovasi penjual.

  • Makaroni Gurih

Dulu makaroni hanya digoreng dan dibungkus plastik polos. Sekarang, saking bertambahnya minat masyatrakat terhadap makanan gurih ini, sudah ada makarani bihun, makaroni basah, makarani kuah dan berbagai makaroi lainnya.

Ada sebuah toko makaroni gurih, pedas di Bogor, yang terkenal dengan citarasa pedasnya. Selanjutnya anda bisa mengkreasikan sendiri produk makaroni anda dengan berbagai macam rasa agar lebih menarik dan berciri khas.

Jangan Takut Mencoba

Apapun bisnis makanan ringan yang Anda pilih akan selalu ada tantangan saat memulainya, jadi jangan pernah takut mencoba. Karena tidak sedikit pelaku usaha dibidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keterampilan khusus serta  kemampuan dibidang kuliner. Tapi mereka nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha di bidang kuliner cukup menggiurkan. So jangan pernah takut mencoba, karena akan selalu ada yang pertama untuk setiap hal baru.

cara membuat keripik

Kiat Sukses Dalam Berbisnis Makanan Ringan

Terjun dalam bisnis makanan ringan berarti anda siap bekerja keras, bekerja cepat, dan penuh inovasi. Bisnis makanan ringan itu butuh modal sedikit, 10 juta bia, 1 juta bisa. Jadi sangat gampang untuk kompetitor baru masuk ke bisnis anda.Hari ini mungkin omset anda 100 ribu, besok 500 ribu, selanjutnya lagi 2 juta. sebulan bisa 20 juta.Tapi, 2 bulan lagi? Siapa yang bisa menjamin anda tetap beromset seperti saat ini.

  • Makanan Ringan Mempunyai Kualitas Bagus

Makanan ringan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya goreng lah camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah makanan ringan yang sudah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

  • Berani Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Pemasarannya

Pemenang bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.

  • Ciptakan “Relationship” pelanggan untuk menjaga loyalitas

Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli  Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan hanya sekedar kata-kata, sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkan media sosial untuk membranding makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain serta meningkatkan penjualan.

  • Strategi Penjualan Yang Tepat

Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, karena itu sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Seperti: memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

  • Visioner, Think Big, Think Positif

Selalu berfikir ke depan dan menyeluruh serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran pebisnis. Dalam menjalankan bisnis dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berfikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.

bisnis makanan ringan

Demikian pembahasannya tentang bisnis makanan ringan yang mungkin dapat anda coba. Mungkin bisa menjadi referensi anda dalam memilih bisnis makanan ringan yang cocok untuk anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.