Cara Membuat Cireng

Cireng, adalah salah satu jenis kuliner makanan ringan yang terbuat dari bahan utama tepung kanji  yang dicampur dengan bahan adonan lain lalu di olah dengan cara di goreng kedalam minyak panas hingga renyah. Cireng sendiri berasal dari daerah Sunda yang mempunyai arti Aci Goreng.

cireng

Di daerah sunda tepatnya daerah jawa barat. Aci merupakan salah satu jenis makanan ringan yang biasa di suguhkan sehari-hari dengan kopi atau teh hangat. Cireng biasa di nikmati di kala senggang atau teman bersantai saat berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga atau teman.

Makanan ini di olah dengan menggunakan campuran adonan tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam , bawah putih, kedelai, minyak goreng dan lain-lain. Pengolahan cireng sendiri tidak serta merta  hanya menggunakan bahan-bahan utama yang tadi di sebutkan. Karena hingga kini, di zaman modern seperti sekarang banyak sekali jenis-jenis kudapan ringan yang di modifikasi sedemikian rupa agar rasanya enak di barengi dengan tampilan lebih menarik.

Nah tidak terkecuali dengan Cireng, camilan ringan ini juga sepertinya telah mengalami pergeseran tren akhir-akhir ini. Jika dahulu cireng di jual oleh pedagang kaki lima serta tukag gorengan keliling. Namun kini cireng bisa anda temui di berbagai tempat kuliner modern seperti Mall, Kantin ataupun masuk kedalam menu makanan restoran UKM.

Hanya saja konsep cireng yang ditawarkan kini agak sedikit berbeda dan bisa dibilang cukup unik.  Salah satu jenis cireng yang paling ngeHits saat ini adalah “Cireng Isi”. Ya dari Namanya bisa anda tebak bahwasanya cireng ini mempunyai kelebihan dan nilai jual pada isi dari makanan cireng itu sendiri.

baca juga :

Cara Membuat Bakso: Resep Bakso Pentol Plus Kuah Kaldu Sapi

Cireng isi biasanya bisa anda temui pada penjajak kuliner kelas UKM, baik di mall, Restoran ataupun kedai rumahan. Bentuknya unik dengan varian rasa yang bisa dibilang cukup menarik. Ada beberapa jenis cireng isi yang amat terkenal di kalangan penggemarnya. Beberapa jenis cireng isi biasanya di campur dengan beberapa jenis bahan makanan lain seperti Keju,Sosis,Bakso,Ayam,udang,coklat,pedas,dll.

Tentunya dengan banyak macam varian akan dapat membuat minat konsumen semakin besar. Cireng sendiri memang di tujukan bagi kalangan masyarkat menengah kebawah. Oleh karenannya jika di tinjau dari sisi dunia bisnis , maka cireng ini termasuk dalam peluang usaha UKM yang potensial untuk jangka Panjang.

Peluang Bisnis Cireng

Berbisnis cireng bisa dibilang hal yang cukup menyenangkan, jangan pernah anda berpikir bahwasanya berbisnis makanan kuliner itu sukar di lakukan. Karena pada nyatanya bisnis makanan yang paling berkembang saat ini kebanyakan di dominasi oleh kelas makanan dan minuman ringan. Banyak hal yang bisa anda lakukan ketika ingin memulai bisnis cireng ini.

Pertama anda bisa saja membuka usaha anda sendiri dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang tanpa campur tangan siapapun. Dan yang kedua anda bisa menggunakan Franchise makanan ringan yang bergerak di segmen Cireng Isi, dimana anda hanya tinggal menyiapkan modal serta lokasi tanpa harus repot memperhitungakan apa saja yang harus di siapkan. Ya pilihan kedua tentunya menjadi sesuatu yang cukup logis untuk anda pilih

franchise cireng

Peluang Usaha Kemitraan (Franchise) ini bisa jadi solusi paling aman mudah yang bisa anda ambil. Oke sebagai gambaran, kami (WIRATECH) akan mengambil contoh paling sederhana dari usaha cireng isi yang bisa anda lihat dan kalkulasi. Simak simulasi berikut ini :

Tempat / Lokasi

Biasanya ketika ingin memulai bisnis Franchise Kuliner / Makanan, hal yang paling dasar harus anda siapakan adalah soal Tempat. Dimanapun anda berjualan, asalkan tempat tersebut ramai dan padat akan penduduk..maka bisa dibpastikan bisnis anda juga dapat berjalan dengan baik untuk waktu jangka Panjang.

Review Kemitraan

Setelah menetukan lokasi yang di rasa pas dan strategis, saatnya kemitraan meninjau dan memberikan review apakah lokasi tersebut sudah cocok dengan konsep yang di miliki. Jika ya, maka anda akan beralih ke tahap selanjutnya

Perjanjian Kontrak

Namanya kemitraan tentu rasanya gak afdhol kalau kita tidak punya aturan hitam di atas putih alias perjanjian di atas materai. Kontrak ini di buat agar kedua belah pihak saling mentaati aturan masing-masing yang telah di sepakati agar kedepannya tidak saling merugikan satu sama lain. Dan satu lagi, Sebelum melakukan proses pembelian alangkah baiknya anda melakukan perhitungan-perhitungan mengenai biaya-biaya yang mungkin diperlukan seperti sewa tempat karyawan dll.

Pilihan Paket Kemitraan (Waralaba).

Biasanya sang pemegang merk akan menawarkan paketan apa saja yang bisa kita pilih, hal ini tentunya cukup berguna karena anda bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Tiap content paket juga berbeda satu sama lain. Biasanya paketan tersebut di bedakan dari besarnya tempat/booth, jumlah bahan-bahan yang di dapat serta tools yang akan kita gunakan. Sebagai CONTOH :

  • Paket A : Booth 1.2 M (Alat Masak + Alat Penyajian + Bahan Selama 3 bulan Pertama) = 3jt
  • Paket B : Booth 1.5M (Alat Masak + Alat Penyajian + Bahan Selama 5 bulan Pertama) = 5jt
  • Paket C: Booth 2x2M (Alat Masak + Alat Penyajian + Bahan Selama 7 bulan Pertama) = 7jt

Basic Equipment (Quantity disesuaikan dengan paket):

  1. DeepFryer
  2. Baju Seragam
  3. Dus segala ukuran(kecil, sedang, besar)
  4. Sample cireng
  5. X – Barner, brosur
  6. Minyak goreng

Nah dari paketan di atas anda tentu sudah bisa menentukan manakah yang sesuai dengan buget anda??? Jika ada yang cocok maka tak ada salahnya anda mulai memperhitungan cost untuk beberapa bulan kedepanny. Dimana hal tersebut tentu tidak akan ada dalam perjanjian / kontrak yang di sepakati. Hal ini penting agar anda bisa menilai selama kontrak ini berlangsung apakah kemitraan ini menguntungkan atau tidak.

Oke jika anda takut akan resiko dalam menjalin kerja sama kemitraan (Franchise)dengan pihak kedua atau ketiga, maka sudah di pastikan anda harus membuat peluang bisnis anda sendiri tanpa campur tangan pihak manapun. Langkah yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah memproduksi cireng isi kreasi anda sendiri. Mungkin terlihat sulit terlebih lagi jika anda tak punya resep dasar atau pengalaman dalam mengolah cireng menjadi makanan yang enak dan di sukai oleh banyak orang.

Cara Membuat Cireng Rumahan

 

Oke jangan khawatir, karena kami saat ini akan berbagi Resep mengenai Cara Membuat Cireng rumahan Sederhana dengan langkah mudah. Oke langsung aja kita simak yuk hal apa saja yang harus kita persiapkan sebelum memulai.

Bahan

  • Garam 3sdt
  • Merica Bubuk 1sdt
  • Vetsin / Penyedap 1 sdt
  • Bawang putih 2 siung (Haluskan)
  • Daun Bawang 2 batang, di iris
  • 1 batang Seledri
  • Tepung Terigu 60gr
  • 250 gr Tepung Kanji

Langkah Pembuatan

  • Sebagai adonan awal, Tepung kanji dan Tapioka di campur dan di aduk hingga rata
  • Masukan irisan daun bawang, irisan selederi dan bawang putih yang telah di haluskan.
  • Tambahkan penyedap rasa, merica lalu garam
  • Masukan air panas secara perlahan sambal adonan di aduk, lalu di uleni hingga kalis
  • Ketika semua bahan adonan telah tercampur rata dengan sempurna. Anda sudah mulai bisa membentuk cireng sesuai selera. Biasa cireng di bentuk pipih lebih seukuran telapak tangan balita. Atau anda bisa berkreasi dalam bentuk lain seperti bulat bahkan persegi
  • Panas kan minyak goreng kedalam wajan.
  • Setelah minya goreng sudah cukup panas, mulai masukan adonan cireng yang telah di cetak hingga terendam kedalam minyak.
  • Tunggu hingga warnanya putih kecoklatan, lalu angkat..sajikan selagi hangat.

Nah resep di atas merupakan resep dasar dalam membuat cireng ala rumahan, resep cireng rumahan cukup berbeda dengan cireng isi ala franchise UKM. Tetapi jangan khawatir, untuk mendapatkan citarasa berbeda dan unik dari cireng, anda bisa sedikit memodifikasinya dengan mengkombinasikan cireng dengan bumbu rujak. Bagaimana cara membuatnya?? Simak langkah berikut

Bahan :

  • Resep Bumbu Rujak
  • Air matang 60cc
  • Garam 1 sdt
  • Terasi secukupnya
  • Gula Aren 4sdm
  • Asam Jawa 1sdm
  • Cabe rawit sesuai selera

Cara membuat bumbu rujak cireng :

  • Haluskan semua bahan dan bumbu dalam ulekan, bisa juga menggunakan mixer tetapi dengan metode taping agar hasilnya terasa lebih kasar.
  • Didihkan air matang, lalu masukan bumbu rujak yang telah di ulek kedalam air yang mendidih.
  • Matikan api, lalu aduk secara perlahan hingga kuahnya rujaknya agak mengental.
  • Angkat dan sajikan

BIsnis Cireng bumbu rujak sendiri sempat ngetrend beberapa bulan lalu, sayangnya respon pasar kembali memudar seiring dengan banyaknya para competitor yang bermunculan dan mengakibatkan daya saing yang tidak sehat.

baca juga :

Cara Membuat Donat Ala Rumahan Dan Cafe, Bonus Resep

Nah jika anda ingin memodifikasi cireng menjadi bentuk lain yang lebih unik dan enak tentu mudah saja. Karena pada dasarnya cireng sendiri mempunyai rasa yang dominan seperti gurih asin, maka sangat cocok di padu padankan dengan aneka bumbu pedas dengan berbagai level seperti yang ada pada Kripik Maicih.

Jadi apakah anda tertarik untuk memulai bisnis cireng anda sendiri? Mudah kok asal semua telah terencana dengan baik dan di implementasikan tanpa ragu. Oke selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 × one =