Usaha Rumahan Kecil Kecilan

Usaha rumahan kecil kecilan bisa dibilang bisnis sampingan yang hasilnya lumayan untuk menambah penghasilan pokok anda sebagai karyawan. Bisnis kecil kecilan bisa dilakukan oleh anda dengan menyuruh anggota keluarga anda seperti istri dan anak.

Bisnis Rumahan Kecil Kecilan

Hasilnya lumayan untuk menambah penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup anda. Buka usaha itu tidak harus mahal namun yang terpenting adalah udaha itu dapat terus berjalan lancar menghasilkan dan berkesinambungan hasilnya. Oleh karena itu bila anda ingin membuka usaha, anda harus mengusahakan memilih usaha yang jelas kebutuhannya kontinyu. Bahwa diperlukan orang setiap harinya, dengan begitu kemungkinan usaha anda tidak akan mati.

Berbisnis tidak harus dimulai dengan modal besar. Sebetulnya buat anda yang ingin banget mulai bisnis, mulailah dari bisnis kecil-kecilan dulu. Salah satu contohnya, bisnis dengan modal 1 juta saja. Selain tak sulit buat anda kumpulkan modal, risikonya juga cukup kecil. Hanya modal 1 juta tak terlalu besar jadi risikonya juga tak terlalu besar. Ada beberapa rangkuman ide bisnis menarik yang tentunya diharapkan berhasil.

Bisnis Rumahan Kecil-Kecilan

  • Buka Konter Pulsa Di Depan Rumah

Kini pulsa menjadi bagian dari kebutuhan masyarakan masa kini. Oleh karena itu, jualan pulsa pasti laku karena orang butuh komunikasi. Apalagi kalau anda buka lapak di tempat strategis. Tak perlu jauh-jauh sewa tempat di mall tertentu, anda bisa buka konter pulsa di depan teras rumah. Dengan catatan, rumah anda memang cukup sering dilalui orang. Dana yang anda butuhkan buat bisnis kecil-kecilan ini, antara lain:

  1. Etalase kaca ukuran kecil Rp 200.000
  2. Kartu perdana 1 pack Rp 200.000
  3. Deposit Pulsa Rp 600.000

Cara lainnya, gak perlu pakai etalase kaca dan jual kartu perdana, anda bisa taruh penanda. Tempelkan kertas di depan rumah dan beri tahu tetangga bahwa anda sekarang jualan pulsa. Dengan begitu, anda bisa alihkan modal 1 juta untuk deposit pulsa. Keuntungan yang anda peroleh sekitar Rp 200 ribuan dengan modal tersebut. Perhitungannya adalah keuntungan Rp 2000 per sekali isi Rp 10 ribu.

  • Jual Sarapan Di Depan Rumah

Bisnis yang satu ini masih menggunakan teras rumah sebagai tempat berbisnis, namun kini anda gunakan untuk dagang menu untuk sarapan. Menu sarapan cukup mudah diolah. Contohnya, nasi uduk atau lontong sayur. Meski cukup mudah diolah namun menu ini pasti disukai oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini sangat tergantung pada anda dapat membuat menu sarapan yang beragam lezatnya atau tidak.

  • Dagang Sayur-Mayur Di Teras Rumah

Bisnis ini cocok bagi yang sudah berumah tangga. Belanja untuk kebutuhan rumah tangga bisa sekalian anda jadikan lahan bisnis. Caranya adalah anda berbelanja bahan sayur-mayur dan kebutuhan dapur lainnya di pasar. Kemudian, anda jual lagi di teras rumah.

dagang sayuran

Tak perlu banyak modal buat ide bisnis satu ini. anda bisa sisihkan 1 juta buat beli berbagai sayur, beberapa buah, bumbu-bumbu dan beberapa kilogram ikan maupun ayam. Keuntungannya juga lumayan. Anda bisa ambil margin dengan jumlah tertentu yang jadi keuntungan buat anda.

  • Bisnis souvenir pernikahan dengan kain flanel

Usaha kecil kecilan yang satu ini memang tiap ada event pernikahan namun anda bisa mempersiapkan sampelnya dari awal memulai bisnis. Bisa dibilang bisnis untuk keperluan pernikahan memang tak pernah ada matinya. Kuncinya anda bisa bikin sesuatu yang menarik. Keperluan pernikahan yang sangat dicari salah satunya adalah souvenir. Modal untuk bisnis ini pun tak perlu besar. Misalnya, souvenir kain flanel dapat anda bentuk jadi gantungan kunci, bros, atau tempat tidur. Cukup kreatif bukan?.

Misalnya, kain flanel 1 meter bisa bikin 50 gantungan kunci dengan rincian sebagai berikut:

  • Kain flanel 1 meter, Rp 15 ribu
  • Gantungan kunci 5 lusin, Rp 5 ribu
  • Lem 4 buah, Rp 2 ribu
  • Benang jahit 1 buah, Rp 2 ribu
  • Jarum jahit 1 buah, Rp 500
  • Maintenance, Rp 3 ribu
  • Total Rp 27.500

Setiap gantungan kunci dijual Rp 4 ribu, kalikan 50 maka hasilnya Rp 200.000. Biasanya untuk pernikahan, khususnya pernikahan sederhana, butuh 250 gantungan kunci. Total Rp 1 juta. Dari situ, anda dapat keuntungan sekitar: Rp 1 juta – (Rp 27.500 x 5) = Rp 862.500.  Hampir dua kali lipat, kan!

  • Menerima Pesanan Kue

Di hari-hari tertentu anda bisa terima pesanan kue. Tentu saja kue yang jadi andalan anda dong. Misalnya, kue kering, kue basah atau jenis kue-kuean lainnya. Bisnis ini gak butuh banyak modal. Namun emang bergantung pada jumlah pesanan kue yang anda terima juga.

  • Bisnis Parkiran Buat Yang Rumahnya Strategis

Beruntunglah bagi anda yang punya properti di daerah strategis, seperti misalnya dekat mall, perkantoran, stasiun dan lainnya. Lahan properti anda tersebut bisa dijadikan lahan parkir. Lahan parkir yang makin padat di bangunan-bangunan seperti mall, perkantoran dan lainnya jadi peluang bagus yang harus anda tangkap. Modal buat bikin lahan parkir ini gak sampai sejuta. Misalnya, buat bikin portal sederhana aja. Kemudian, yang pasti, pastikan keamanannya. Itu aja. Dari semua pilihan bisnis yang telah disebutkan, mana yang anda pilih? Memulai bisnis tak harus modal besar yang penting ada kemauan.

perancanaan strategi bisnis

Demikian pembahasannya tentang bisnis rumahan kecil kecilan yang dapat anda lakukan untuk menambah penghasilan anda. Pilihlah salah satu dari bisnis tersebut yang mungkin bisa anda lakukan atau anda sukai. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.