Buka Usaha Rumahan

Buka Usaha Rumahan untuk cari penghasilan tambahan atau menjadi bisnis tetap, tentu bisnis yang menjanjikan hasilnya. Sukses tak ada yang tak mungkin, bila kita tekun menjalankan suatu bisnis yang kita mampu menjalaninya. Jalani saja dengan enjoy, dan rencanakan dengan matang strateginya maka anda akan meraih ke suksesan di kemudian hari.

buka usaha rumahan

Ada banyak pilihan usaha rumahan yang bisa anda lakukan, anda hanya perlu memilih yang cocok dan nyaman untuk dijalani. Rencanakan pilihan bisnis rumahan anda dengan matang dan jalani strateginya semaksimal mungkin bila menemukan kendala segera diatasi. Kelak di kemudian hari bila anda tekuni tentu akan membuahkan hasil kesuksesan yang anda impikan.

Jangan pernah membayangkan yang terlalu muluk sebelum menjalani bisnis. Kunci sukses adalah rencanakan bisnis anda dengan matang, kemudian jalani bisnis sesuai rencana dan tekuni maka dikemudian hari kesuksesan datang. Anda mulai saja bisnis anda dari hal yang paling kecil, yang penting bisnis anda dapat berjalan lancar.

Ada Beberapa Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

  • Bisnis Warung Makan

Usaha rumahan yang cukup menjanjikan bila anda jalani, ciri khas bisnis ini adalah harganya cukup terjangkau, dan bikin kenyang pastinya karena porsinya cukup. Bisnis kuliner memang tak pernah mati. seperti halnya usaha warung makan.Tiap orang pasti butuh makan setiap harinya. bahkan orang yang puasa pun dimalam hari pastinya butuh makan.

bisnis warung makan

Buka usaha warung makan merupakan bisnis yang menjanjikan. Bila didukung dengan lokasi rumah yang dijadikan usaha berada di tempat ramai. Contohnya dekat kampus, perkantoran, rumah sakit atau ruang publik. Tentunya laku laris manis. Jangan dianggap remeh, banyak pengusaha sukses berawal dari buka usaha warung makan.

Buat yang tertarik buka usaha warung makan, yuk coba simak simulasi berikut ini dengan asumsi tempat sudah tersedia.

Biaya investasi awal:

  • Renovasi tempat = Rp 1,5 juta
  • Peralatan masak = Rp 1,5 juta
  • Peralatan makan = Rp 1 juta
  • Meja dan kursi bikin sendiri = Rp 2 juta
  • Bahan baku utama harian = Rp 500.000
  • Biaya lain-lain = Rp 500.000
  • Total modal = Rp 7 juta

Perkiraan omzet:

Misalnya dalam sehari orang yang makan di warung makan mencapai 30 orang dengan harga per porsi Rp 15.000. Maka omzet per hari = Rp 450.000.

Artinya, dalam sebulan kamu bisa memperoleh omzet: 450.000 x 30 (hari) = Rp 13,5 juta

  • Bisnis Snack Rumahan

Usaha rumahan cukup menguntungkan, mengingat gaya hidup masyarakat kini suka ngemil tentunya sering borong snack untuk simpanan cemilan dirumah. Atau bisa juga sebagai buah tangan saat berkunjung kerumah saudara atau teman. Melihat hal tersebut tentunya camilan bisa jadi usaha rumahan yang menjanjikan, karena banyak sekali orang yang suka ngemil.

Siapa pun tentunya saat nonton TV di rumah, sedang ngobrol dengan teman di kosan, tentunya butuh camilan sebagai teman ngemil. Itu artinya peluang usaha camilan ini lumayan besar. Banyak pula artis yang sukses jualan camilan, menghasilkan banyak uang dari bisnis cemilan snack.

Ada banyak jenis camilan yang bisa dijual di rumah. Mulai dari krupuk seblak, makaroni, gurilem, sistik dan camilan lainnya. Anda bisa menjual aneka snack tersebut dengan kemasan Rp 5.000 saja, tentunya banyak orang yang tertarik karena harganya murah.

Bahkan anda bisa jadi pemasok atau distributor ke para pengecer dan warung-warung. Bila anda tertarik buka usaha camilan, simak simulasi perhitungannya dengan asumsi tempat sudah tersedia.

Biaya investasi awal:

  • Renovasi tempat = Rp 2 juta
  • Rak = Rp 1 juta
  • Timbangan = Rp 200.000
  • Plastik kemasan = Rp 300.000
  • Belanja aneka camilan = Rp 2 juta
  • Total = 5,5 juta

Perkiraan omzet:

Misalnya dalam sehari camilan yang terjual mencapai 50 pcs dengan harga per porsi Rp 5.000. Maka omzet per hari = Rp 250.000. Itu artinya, dalam sebulan anda bisa memperoleh omzet: 250.000 x 30 (hari) = Rp 7,5 juta.

  • Bisnis Warung Bubur Kacang Hijau dan Mie Instan

Bila memiliki rumah di lokasi kampus atau kantor tentunya beruntung sekali. Karena tentu saja bisa dijadikan lahan untuk bisnis. Ide Bisnis rumahan yang cocok adalah buka lapak bubur kacang ijo alias burjo dan mie rebus. Jangan dianggap remeh, bisnis burjo ini banyak banget pelanggannya. Selain jualan burjo dan mie rebus, biasanya makanan yang dijual juga banyak seperti gorengan, kopi, es teh, dan aneka minuman lainnya.

warung burjo

Bila anda tertarik buka bisnis burjo mari simak dahulu simulasinya dengan asumsi tempat sudah tersedia.

Biaya investasi awal:

– Renovasi tempat = Rp 2 juta

– Peralatan masak = Rp 1 juta

– Peralatan makan = Rp 500.000

– Belanja bahan baku = Rp 2 juta

– Biaya lain-lain = Rp 500.000

Total Modal = Rp 6 juta

Perkiraan omzet:

Seandainya dalam sehari omzet yang diperoleh = Rp 200.000. Itu artinya, dalam sebulan anda bisa memperoleh omzet: 200.000 x 30 (hari) = Rp 6 juta.

  • Bisnis Laundry Kiloan

Membuka laundry koloan merupakan salah satu usaha rumahan yang menjanjikan. Apalagi bila musim hujan. Tentunya akan banyak pelanggan yang datang untuk cuci pakaian. Itu artinya ini peluang bisnis untuk yang ingin buka bisnis laundry. Selain modalnya tidak besar, buka usaha rumahan ini juga menjanjikan sekali. Mari simak simulasinya.

Ide Bisnis Rumahan Laundry Kiloan

Biaya investasi awal:

– Mesin cuci + pengering 2 unit: Rp 2,5 juta x 2 = Rp 5 juta

– Setrika uap = Rp 500 juta

– Timbangan = Rp 200.000

– Belanja bahan baku = Rp 500.000

– Biaya lain-lain = Rp 500.000

Total Modal = Rp 6,7 juta

Perkiraan omzet:

Biaya jasa laundry saat ini rata-rata Rp 7.000 per kilogram. Bila dalam sehari ada sekitar 20 kilogram, berarti omzet yang didapat mencapai Rp 140.000.

Itu artinya, dalam sebulan omzet yang diperoleh dari usaha laundry: 140.000 x 30 (hari) = Rp 4,2 juta.

  • Bisnis Cuci Motor

Buka usaha rumahan yang satu ini cukup menjanjikan, setiap harinya pasti ada saja orang yang datang cuci motor, apalagi bila datang musim hujan. Tentunya banyak orang yang datang untuk mencuci motornya karena kotor habis terkena basah lengketnya lumpur atau pasir yang melekat dikendaraan. Dengan budjet minim sekitar Rp 7 juta anda sudah bisa buka usaha rumahan yang menjanjikan ini. Caranya anda bisa buka bisnis cuci motor yang dapat dilakukan di halaman rumah. Modal yang diperlukan untuk bisnis ini memang tergolong murah. Peralatannya pun tak terlalu banyak. Berikut analisa usahanya.

Biaya investasi awal:

– Alat steam dan kompresor = Rp 4 juta

– Peralatan mencuci (tong, ember, sikat dll) = Rp 1 juta

– Biaya perlengkapan lain = Rp 1 juta

– Tabung salju = Rp 500.000

– Biaya lain-lain = Rp 500.000

Total = Rp 7 juta

Perkiraan omzet:

Ongkos jasa cuci motor saat ini rata-rata Rp 10.000 per motor. Kalau dalam sehari ada sekitar 20 sepeda motor, berarti omzet yang didapat mencapai Rp 200.000.

Itu artinya, dalam sebulan omzet yang diperoleh dari usaha cuci motor: 200.000 x 30 (hari) = Rp 6 juta. Itulah tadi beberapa peluang bisnis rumahan yang menjanjikan tentunya bisa dilakukan dengan modal sekitar Rp 7 juta.Tiap buka usaha memang mungkin tak selamanya memberi keuntungan langsung besar. Namun bila usaha dikerjakan dengan tekun, maka keuntungan dengan sendirinya akan menghampiri.

bisnis online

Demikien pembahasannya tentang beberapa ide buka usaha rumahan yang bisa anda pilih untuk anda jadikan lahan penghasilan. Buka bisnis rumahan memang harus ditekuni agar dikemudian hari anda mendapatkan kesuksesan yang anda dambakan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.