Tips Trik Menggiling Kopi

Tips Trik Menggiling Kopi – Suka kopi?? Tentunya gak afdol donk kali kita suka kopi tapi gak bisa membuatnya sendiri. Ya meracik kopi merupakan suatu kebutuhan dan kewajiban bagi kalangan penggila kopi. Mereka ini (pecinta kopi) sangat jarang sekali membeli kopi seduhan yang sudah jadi. Mereka lebih suka membeli kopi yang masih mentah, bisa berupak biji yang belum di olah sampai pada level biji dengan roasting well.

tips trik menggiling kopi

Yang menyenangkan dari pembuatan kopi manual adalah proses Grinding,Brewing,Cupping hingga blending. Oke kali ini kita akan coba membahas Teknik brewing yang cukup terkenal di kalangan penikmat kopi. Untuk melakukan proses brewing anda membutuhkan setidaknya sebuah alat / mesin press. Nah alat-alat press ini bisa beraneka ragam bentuk dan tipe.

Ada 4 jenis / macam kopi brewer yang bisa anda gunakan dan cukup familiar produknya di pasaran. Antara lain :

  • Plunger (French Press)

Alat yang satu ini memang kerap kali menjadi pilihan para penggila kopi kelas pemula. Jadi bagi anda yang belum terlalu jago menyeduh kopi maka alat press ini sangat cocok di gunakan. Mesin Press kopi konvensional ini mampu menghasilkan seduhan kopi yang lebih bold alias tebal dengan ciri khas rasa yang lebih pahit. Hal ini di karenakan alat ini sangat cocok menyeduh serbuk kopi yang di grinder sedikit raw / kasar.

Cara penggunaannya juga mudah, cukup, rumus dalam menyeduh kopi menggunakan Mesin French Press ini adalah 1 Gram kopi sama dengan 15ml air. Oleh karenanya anda tinggal mengkali nya saja jika menggunakan takaran dalam hitungan per gram.Harga yang di tawarkan juga cukup bervariasi, antara 200-300 ribu rupiah untuk 1 set mesin press kopi konvensional.

  • DripV60

Selanjutnya ada Drip V60, drip v60 sendiri juga termasuk sebagai salah satu jenis manual brewing yang cukup popular belakangan ini. Dari penamannya bisa di lihat Drip alias tetes merupakan metode penyeduhan serbuk kopi di dalam suatu wadah dimana pada bagian wadah tersebut seduhan kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas.

Dengan teknik ini, Anda dapat mengurangi tingkat keasaman. Selain itu, aroma kopi juga lebih kuat dan juga karakteristik yang khas. Untuk alat ini juga bervariasi ada yang di tawarkan mulai dari 250-500 ribu rupiah. Hal tersebut sangat bergantung kepada bentuk, material hingg a kualitas yang di tawrakan.

Dari namanya sudah bisa di tebak ini mesin kopi jenis apa kan. Mesin Press kopi Espresso bisa dibilang mampu menghasilkan biji kopi berwarna coklat keemasan dengan roasting medium to dark. Tentunya hal tersebu juga akan berimbas kepada rasa yang akan di peroleh. Banyak yang menggambarkan rasa kopi yang di hasilkan oleh mesin ini lebih balance dan gak over taste.

Rasa yang seimbang ini tentunya akan menghasilkan tingkat keasaman dan kekentalan yang gak berbeda jauh. Sayangnya mesin press espresso ini di bandrol dengan harga yang cukup tinggi di pasaran. Untuk satu unit mesinnya bisa di patok mulai dari 100 hingga 500 juta / unit, mahfum saja karena mesin ini memang di tujukan bagi mereka yang mempunyai usaha / bisnis di bidang minuman kopi / caffe

  • Sypon

Nah khusus yang satu ini cukup unik lho, Sypon bisa dibilang alat seduh kopi dengan bentuk tampilan paling ikonik. Jika anda sering lihat tabung-tabung kaca yang ada pada laboratorium kimia, maka ya seperti inilah bentuk alat press kopi Sypon. Alat ini terdiri dari beberapa bagian seperti Upper Bowl,Lower Bowl,Stand,Filter, dan measuring Spoon

Bagian pemasannya terdiri atas Burner, Wind break ,alcohol burner dan alcohol lamp. Nah alcohol disini bukan lah cairan alcohol sesungguhnya melainkan nama lain dari Spirtus. Agar mendapatkan hasil maksimal, maka serbuk kopi yang di seduh menggunakan Sypoon ini haruslah dalam keadaan halus sepenuhnya. Teknik penyeduhan ini akan menghasilkan kopi dengan tingkat keasaman yang lebih rendah di karenakan proses pemanasaan menyebabkan zat asam kopi terlepas sepenuhnya.

Alat ini di tawarkan dengan harga yang cukup mahal untuk kategori mesin manual, yakni berkisar di 600-1juta rupiah.

Nah tertarik untuk membeli mesin press dan seduh kopi professional di atas??jika sudah ada alatnya tinggal mencoba tips trik menggiling kopi di atas deh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − two =