Tertarik Buka Usaha Kuliner? Mesin Sostel Siap Membantu Anda!

Mesin sostel adalah alat yang dapat Anda gunakan sebagai sarana berbisnis. Biasanya mesin ini digunakan oleh para pebisnis rumahan. Desain mesin yang sederhana dapat memudahkan Anda dalam pengoperasiannya. Sostel atau sosis telur ini adalah sebuah jajanan. Sostel dapat disajikan menggunakan saus dan mayonnaise.

sostel egg roll

Dewasa kini, membuka peluang usaha adalah salah satu keinginan semua orang. Alasannya, membuka usaha sendiri Anda dapat menyesuaikan dengan waktu kerja sesuai keinginan. Kepuasan lainnya adalah dapat memberikan upah pada karyawan sendiri. Nah, memilih usaha kuliner ternyata mempunyai peluang yang cukup besar lho untuk Anda.

Membuka usaha kuliner tidak meluluk harus mengeluarkan modal banyak. Dapat kita ambil contoh seperti jajanan sosis telur. Sostel atau sosis telur ini sukses mendapat perhatian warga Indonesia. Tidak hanya rasanya yang lezat, tetapi juga cara pengoperasiannya yang menarik.

Sostel juga memiliki target penjual yang luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sostel dapat Anda santap dengan tambahan saus dan mayonnaise sesuai dengan selera. Selain itu, jajanan ini dapat dimanfaatkan untuk mengganjal perut Anda sementara.

Spesifikasi dan Keunggulan Mesin Sostel

Mesin sosis telur atau egg roll machine ini memiliki wadah penggorengan yang berbeda dengan jenis lainnya. Mesin sostel memiliki tube atau lubang yang berfungsi untuk memasukkan sosis. masing-masing tube memiliki diameter 32x180mm. Itu berarti dapat dimanfaatkan untuk sosis dengan ukuran besar. Namun, tidak menutup kemungkinan juga dapat digunakan untuk sosis yang berukuran lebih kecil.

wirastar-gas-egg-hotdog-roll-sosis-telur-mesin sostel

Mesin ini mengandalkan tenaga listrik dan gas untuk pengoperasiannya. Egg roll machine memiliki daya sebesar 1400 watt. Mesin sostel memiliki berat 3.75kg dengan ukuran 35x14x24cm. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dapat Anda posisikan dan diletakkan dengan mudah. Mesin sostel memiliki 10 tube yang dapat Anda operasikan secara bersamaan. Tube juga dapat dimanfaatkan sebagian saja. Anda hanya perlu mengatur tombol power masing-masing tube.

Mungkin sebagian Anda bertanya-tanya, mengapa tidak mengguakan wajan seperti biasanya? Membuat sostel tentu saja bisa memanfaatkan wajan, tetapi bentuk gulungan telur tidak sesempurna penggunaan mesin. Sosis telur menggunakan wajan terlihat kurang rapi atau tidak beraturan, sedangkan dengan mesin ukuran sosis yang digulung telur terlihat lebih bervolume dan rapi.

CEK HARGA MESIN SOSTEL DISINI

Di sisi lain, mesin sostel memiliki keunikkan. Setelah memasukkan bahan ke tube, sosis telur akan secara otomatis naik sebagai tanda sudah bisa diangkat dan dipindahkan ke wadah lain. Jadi, tanpa harus membolak-balikkann sosis akan matang merata secara keseluruhan. Berbeda dengan penggunaan wajan, Anda perlu menggulung sendiri lalu membolak-balikkan sosis untuk memastikan tidak over cook di satu sisi.

Cara Mengoperasikan Mesin Sostel

Pastikan kabel mesin aman

Memanfaatkan mesin tentu tidak akan jauh penggunaannya dari energi listrik. Agar lebih aman dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, pastikan kulit kabel tidak mengalami kerusakan atau terbuka. Jika kulit kabel terbuka akan sangat berbahaya jika terkena air dan percikkan api. Setelah aman, Anda bisa menghubungkan colokkan kabel ke stop kontak.

Pastian regulator gas aman

Selain menggunakan listrik, mesin sostel juga mengandalkan daya energi gas. Regulator gas juga harus dipastikan aman dan telah tersambung ke mesin sostel. Pastikan regulator tersambung erat dan tidak mengalami kebocoran. Seperti yang kita tahu, kebocoran gas akan menyebabkan ledakan yang amat sangat berbahaya.

Nyalakan tombol power

Mesin sostel memiliki 10 tube yang dapat Anda operasikan sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda hanya membutuhkan 5 tube, maka lubang lainnya bisa diposisikan dengan keadaan tombol power mati. Dengan demikian, daya listrik yang digunakan pun juga lebih irit dan menghemat biaya.

Memasukkan bahan

Setelah tombol power diaktifkan, masukkan bahan-bahan satu per satu ke tube atau lubang. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai sosis telur secara otomatis naik ke permukaan. Kemudian Anda bisa mengangkat dan memindahkan ke wadah yang berbeda.

Cara Membuat Sosis Telur

Bahan-bahan

  • Telur
  • Sosis
  • Tusuk satai
  • Mentega
  • Saus tomat atau saus sambal
  • Kecap
  • Minyak goreng
  • Mayonnaise

Langkah-langkah

  1. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan.
  2. Masukkan sosis ke tusuk satai
  3. Buat bumbu oles sosis dengan mencampurkan mentega, kecap, dan saus secukupnya.
  4. Oles sosis dengan campuran bumbu tersebut secara merata.
  5. Aktifkan mesin dengan cara pengoperasian di atas yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  6. Tuang minyak secukupnya ke masing-masing tube yang digunakan.
  7. Masukkan telur satu per satu sesuai tube yang digunakan.
  8. Masukkan sosis yang sudah dioles bumbu ke tube
  9. Tunggu beberapa saat hingga sosis naik ke permukaan.
  10. Angkat sosis dan pindahkan ke wadah berbeda.
  11. Sajikan bersama dengan saus dan mayonnaise.
  12. Setelah mesin digunakan, nonaktifkan kembali dan cabut kabel.
  13. Bersihkan mesin untuk penggunaan berikutnya.

Membuat sostel tanpa menggunakan bumbu oles juga tidak menjadi masalah. Anda bisa mengkreasikan sendiri sesuai selera. Jika Anda tidak menggunakan bumbu oles, rasa saus dan mayonnaise akan terasa lebih dominan. Namun, apa pun bumbunya tentu saja tidak akan mengurangi rasa nikmat jajanan ini bukan?

Manfaat Sosis Telur

Tidak semua jajanan memang memiliki manfaat. Sebagian jajanan juga ada yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Namun, nyatanya tidak pada sosis telur ini. Selain dapat mengganjal perut, kedua padanan makanan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengonsumsi sostel. Meskipun sosis termasuk kategori makanan instan, nyatanya masih memiliki berbagai manfaat lho. Apa saja manfaatnya?

sosis telur

Manfaat sosis

  1. Mendukung metabolisme tubuh

Sosis memiliki bahan utama daging. Meskipun sudah diolah menjadi sosis, manfaat daging tentu tidak hilang. Proses metabolisme membutuhkan bantuan dari sosis daging. Metabolisme akan membentuk tubuh yang sehat karena proses pencernaannya. Penyerapan nutrisi dan pengolahan berbagai zat ke tubuh dapat dilakukan dengan baik.

  1. Memelihara sel tubuh

Sosis daging bisa menjadi asupan yang sangat baik untuk memproduksi dan menggantikan sel-sel tubuh yang sudah mati. Adanya sosis daging cukup membantu Anda untuk tetap menjaga kesehatan sel di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan energi

Kandungan daging dalam sosis akan membantu Anda untuk meningkatkan energi. Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat akan sosis dapat Anda jadikan sebagai jajanan pengganjal perut, sehingga akan lebih kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Manfaat telur

  1. Memiliki protein yang banyak

Protein memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Protein dapat merangsang pertumbuhann, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat.

  1. Mencerahkan kulit

Telur selain dikonsumsi juga dapat dimanfaatkan sebagai masker. Masker telur ini berfungsi untuk mencerahkan kulit. Namun, bagian telur yang digunakan hanya putihnya saja. Setelah memisahkan kuning telur, Anda bisa membuat masker dengan bagian putihnya. Tunggu beberapa saat hingga masker mengering, setelah dibilas Anda akan merasakan manfaat wajah yang cerah langsung.

  1. Menyehatkan mata

Kita sering mendengar untuk menjaga kesehatan mata bisa memanfaatkan vitamin A. Selain vitamin A, telur juga memiliki kandungan antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi dari berbagai jenis bahaya.

Sostel memang disebut sebagai jajanan. Namun tidak sekadar jajanan, banyak sisi sostel yang bisa Anda manfaatkan sebagai media berbisnis. Sostel memiliki banyak manfaat dan dapat menggangjal perut lapar Anda. Dengan demikian, tidak ada ruginya Anda memanfaatkan situasi tersebut sebagai sarana bisnis kuliner.

Demi mempermudah Anda, menyajikan sostel akan lebih baik jika menggunakan mesin khusus. Menggunakan mesin sostel sangat mengefektifkan tenaga Anda. Untuk menghasilkan hasil goreng yang merata Anda hanya perlu menunggu sostel keluar dari tube atau lubang mesin. Gulungan telur yang melingkari sosis pun lebih merata dan lebih tebal. Jadi bagaimana? Masih ragu untuk menggunakan mesin sosis telur?

 

(Zakiah)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × four =