Resep Cara Membuat Nasi Goreng

Siapa yang tidak mengenal resep cara membuat nasi goreng? Nasi goreng adalah salah satu menu yang paling mudah untuk dibuat. Nasi goreng ini banyak dikreasikan dengan berbagai tambahan bahan makanan. Mudahnya proses pembuatan, menjadikan nasi goreng penjadi banyak pilihan pedagang untuk menjualnya.

Resep Cara Membuat Nasi Goreng

Jika kamu keluar malam hari, di sepanjang jalan pasti mudah menemukan keberadaan nasi goreng. Tidak hanya nasi goreng, mie dan kwetiaw juga menjadi menu pelengkap. Banyak pedagang yang menjual nasi goreng dengan gerobak. Nasi goreng dijual dengan harga murah. Berbeda dengan nasi goreng yang dijual di restoran atau tempat makan seperti food court. Harga pasti jauh berbeda.

Harga nasi goreng juga dilihat dari topping yang digunakan. Semakin lengkap topping yang digunakan, maka semakin mahal juga harganya. Atau kamu pernah mendengar istilah nasi goreng spesial? Nasi goreng spesial memiliki harga kisaran Rp20-Rp30ribuan. Biasanya topping yang digunakan berupa telor dadar, daging ayam, sayuran, porsi yang lebih banyak, bahkan terdapat tambahan daging atau sosis.

Berbeda dengan nasi goreng yang dijual di pinggir jalan. Meskipun murah meriah dengan harga Rp12-20ribuan, rasanya tetap sama lezat. Bedanya, topping yang digunakan tidak selengkap nasi goreng spesial. Biasanya nasi goreng ini hanya membubuhkan telor dadar yang diaduk, potongan ayam, dan sayuran. Membuat nasi goreng yang sederhana ini juga tentunya lebih mudah. Seperti resep cara membuat nasi goreng di bawah ini.

Resep Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

Resep cara membuat nasi goreng sederhana ini banyak digunakan oleh para pemula. Tidak hanya meeka, kamu yang sedang merantau pun demi menghemat uang jajan juga bisa membuat nasi goreng sendiri di kostan. Caranya gak susah dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan.

Bahan-bahan

  • 1 butir telor
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sdm sambal
  • Secukupnya minyak goreng
  • Satu piring nasi
  • Secukupnya kecap
  • Secukupnya garam
  • 1bh tomat

Langkah-langkah

  1. Potong-potong bawang putih, bawang merah, dan daun bawang.
  2. Siapkan minyak goreng di atas wajan untuk menumis.
  3. Masukkan bawang-bawang dan daun yang sudah dipotong tadi. Aduk-aduk hingga tercium aroma mewangi.
  4. Ceplok telur di atasnya. Tunggu beberapa detik lalu hancurkan dengan cara mengaduk-aduk hingga merata.
  5. Masukkan 2sdm sambal lalu aduk kembali hingga merata.
  6. Berikutnya masukkan satu piring nasi. Tambahkan kecap dan garam secukupnya. Lalu aduk kembali hingga merata.
  7. Jika sudah merata angkat dan sajikan di atas piring. Hias menggunakan potongan tomat. Nasi goreng siap disantap!

Jika kamu tidak menyukai pedas, tidak perlu untuk memasukkan sambal. Kamu juga bisa menambahkan penyedap rasa sesuai selera. Selain tomat, salada dan buah wortel juga bisa kamu gunakan sebagai pelengkap. Jangan lupa juga untuk menambah kerupuk agar nafsu makanmu semakin meningkat. Berikutnya ada resep cara membuat nasi goreng spesial untukmu!

Resep Cara Membuat Nasi Goreng Spesial

Tidak jauh berbeda dengan yang sederhana, nasi goreng spesial juga memiliki proses dengan tahapan yang sama. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Sajian nasi goreng spesial memiliki topping yang lebih lengkap, sehingga lebih mengenyangkan dan sedap dipandang. Seperti resep cara membuat nasi goreng spesial berikut ini.

nasi goreng spesial

 

Bahan-bahan

  • 600gr nasi
  • 125gr daging sapi giling atau daging ayam
  • 100gr udang
  • 1 butir telur
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
  • 1 batang daun bawang
  • 2sdm kecap manis
  • 1sdt garam
  • ½ sdt merica
  • 3sdm mentega
  • 1bh tomat
  • 1 lembar selada

Langkah-langkah

  1. Potong tipis-tipis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan daun bawang.
  2. Masukkan 3sdm mentega atau secukupnya ke atas wajan. Tumis bersama bahan-bahan yang sudah dipotong tadi hingga harum.
  3. Masukkan telur lalu orak-arik. Masukkan daging dan udang. Ratakan seluruhnya dengan cara diaduk.
  4. Masukkan nasi. Tambahkan kecap, garam, dan merica. Lalu aduk rata kembali.
  5. Sajikan di atas piring. Lalu hias dengan potongan tomat dan selada.

Selain tomat dan salada, kamu juga bisa menambahkan acar. Hampir di seluruh hidangan nasi goreng selalu menghadirkan acar pada sajiannya. Tidak lupa juga kerupuk menjadi pelengkap. Nasi goreng sangat nikmat disantap dengan teh manis atau teh tawar. Baik disajikan secara dingin maupun hangat tetap terasa klop di lidah.

Usaha Sampingan dengan Menjual Nasi Goreng

Meskipun sudah banyak pedagang yang menjual nasi goreng, tidak perlu takut untuk menghasilkan rasa yang lebih baik. Melihat tingginya penyuka nasi goreng pada malam hari, baiknya kamu manfaatkan sebagai usaha sampingan. Kamu bisa mengolah nasi goreng dengan berbagai kreasi. Jika tidak yakin, kamu bisa kok memanfaatkan kedua resep nasi goreng enak di atas sebagai “pegangan” awal. Untuk memulai usaha penjualan nasi goreng, terdapat berbagai hal yang perlu kamu siapkan.

menjual nasi goreng

  • Persiapkan alat dan bahan

Kamu bisa memanfaatkan gerobak sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan nasi goreng. Gerobak yang lengkap memiliki sekat atau bagian sendiri. Misalnya beberapa rak untuk meletakkan bahan makanan, laci sebagai penyimpanan uang, sisi tempat pemasakan nasi goreng yang dihubungkan langsung dengan Gas LPG.

Jika kamu mau tampil beda dengan lainnya persiapkan dan tonjolkan juga beberapa bahan yang bisa menarik perhatian konsumen. Bahan-bahan tersebut bisa kamu letakkan di balik kaca gerobak. Kamu juga perlu mempersiapkan berbagai toples untuk menyimpan sambal, bumbu, dan bahan-bahan lainnya.

  • Tentukan segmentasi target, lokasi, dan waktu

Pilihlah lokasi yang padat dengan penduduk, seperti perumahan atau kompleks. Cari tahu terlebih dahulu apakah lokasi tersebut juga banyak yang menjual nasi goreng atau tidak. Jika lokasi yang ditentukan memiliki persaingan ketat, ada baiknya kamu memberi jarak yang lebih jauh antara pedagang satu dan yang lainnya.

Nasi goreng juga dapat dinikmati dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. Nasi goreng lebih dominan hadir pada malam hari. Meskipun memang bisa disantap paqi hari, ada baiknya kamu tetap menyesuaikan dengan waktu tingginya pembelian di malam hari.

  • Ciptakan menu yang berbeda

Hampir semua orang bisa membuat nasi goreng secara sendiri. Untuk itu, kamu harus mencari sesuatu yang berbeda dengan sajian pada umumnya. Mulai dari bumbu rahasia, penggunaan topping, hingga cara penyajian yang apik. Beberapa hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan nilai penjualan. Belum lagi jika rasa nasi gorengmu enak, pasti para pelanggan akan turut merekomendasikan kepada kerabat-kerabatnya.

  • Berikan suasana pelayanan yang nyaman

Hal ini amat sangat penting untuk kenyamanan konsumen. Jangan berikan “wajah masam” saat melayani pelanggan. Tebarkanlah senyuman dan cara interaksi yang baik untuk mendapatkan hati para pelanggan. Jangan lupa juga untuk selalu mengucap terima kasih kepada pelanggan setelah selesai melayani.

Selain sikap dari penjual, suasana rumah makan yang bersih dan tidak berbau akan semakin menambah nilai positif. Bersihkanlah meja dan peralatan lainnya setiap saat. Jangan ciptakan kesan kotor yang akhirnya membuat pelanggan jijik, bahkan enggan untuk membeli nasi goreng lagi di tempatmu.

Carilah banyak resep cara membuat nasi goreng sebagai referensimu untuk mengolah berbagai bahan makanan. Dengan adanya dua resep cara membuat nasi goreng di atas kamu bisa mencoba sendiri dulu di rumah. Jangan lupa untuk membuat strategi dalam penjualan. Salam sukses!

 

 

(Zakiah)