Usaha Sampingan Modal Kecil

Dewasa kini, untuk membangun bisnis dapat mengandalkan usaha sampingan modal kecil. Memang bukan bisnis utama, namun usaha sampingan ini dapat membantu Anda untuk menambah penghasilan. Memiliki pekerjaan utama terkadang belum tentu bisa menutup pembiayaan kebutuhan sehari-hari.

usaha kecil kecilan

Oleh karena itu, banyak dari mereka mulai menambah penghasilannya dengan cara membangun usaha sampingan modal kecil. Usaha sampingan ini bisa dimulai dari kebiasaan atau hobi. Anda juga bisa mengamati keadaan sekitar dengan mengamati hal apa yang sedang booming di kalangan masyarakat.

Mengapa Harus Buka Usaha Sampingan?

Selain menambah penghasilan dari kerjaan utama, tentu ada berbagai alasan dalam membuka usaha sampingan. Usaha sampingan sendiri sebenarnya tidak bersifat wajib kok. Usaha sampingan modal kecil ini sering dijalankan bagi mereka yang memiliki tekad kuat dalam bekerja keras. Selain itu, membuka usaha sampingan juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan target keinginan yang belum tercapai.

  • Berawal dari Ide Menarik

Mayoritas usaha sampingan yang maju menjadi populer berasal dari buah ide yang menarik. Ide unik tersebut berhasil menarik perhatian khalayak yang akhirnya membantu menaikan citra usaha sampingan tersebut. Jika sudah mendapat tempat di hati para pelanggannya tinggal kemampuan Anda sendiri yang harus diasah selalu. Rancanglah strategi untuk merealisasikan usaha sampingan Anda.

  • Pengembangan Diri

Hal ini sering dialami bagi Anda yang mulai bosan bekerja di kantor. Merasa pekerjaan yang dijalani mengalami kebuntuan, jangan ambil solusi langsung keluar. Anda bisa menemukan passion dari dalam diri terlebih dahulu. Kembangkanlah passion tersebut. Proses ini juga disebut dengan aktualisasi diri. Sebagian mungkin dapat mengalami kegagalan. Namun, Anda tidak perlu takut karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

usaha sampingan modal kecil

  • Peluang Pasar Terbuka Luas

Jangan terlalu bingung untuk membuka usaha sampingan modal kecil. Latih kepekaan Anda terhadap sekitar. Masih ada peluang pasar yang terbuka luas. Jika Anda seorang yang kreatif, pasti segalanya dapat dijadikan pertimbangan untuk berbisnis. Baik produk atau jasa, pastikan usaha Anda banyak yang bersedia untuk membeli. Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan tentang opini masyarakat.

  • Persiapan Pensiun

Alasan berikut ini sering berlaku untuk Anda sebagai pekerja swasta. Pensiun dari pekerjaan tidak berarti akhir dari karir Anda. Selama tubuh masih prima dan banyak hal yang berlum tercapai, Anda bisa membangun usaha sampingan modal kecil. Persiapkan rencana usaha sampingan ini dari jauh-jauh hari sebelum masa pensiun datang, sehingga saat menginjak usia tua nanti persiapan Anda sudah matang.

Dari berbagai alasan di atas, mana yang paling pas sesuai kebutuhanmu? Nah, untuk menjalankan usaha sampingan modal kecil ini tidak meluluk harus menyajikan produk barang. Anda juga bisa menjual jasa. Produk jasa sendiri memang jarang terpublikasi oleh masyarakat awam. Produk jasa juga bisa kamu jalankan sesuai dengan keahlianmu.

usaha sampingan

Usaha sampingan merupakan pilihan bebas untuk karyawan. Kabar baiknya lagi perusahaan pun mendukung selama tidak mengganggu waktu kerja atau peraturan dalam berbisnis. Namun, sayangnya salah satu kendala yang sering dialami adalah modal. Beberapa orang berpikiran untuk mendirikan usaha harus memiliki modal yang besar.

Untuk mewujudkan modal yang besar Anda bisa meminjam dana tunai dari bank. Itu menjadi salah satu harapan untuk menciptakan usaha sendiri. Namun, ternyata ada cara lain yang tentu saja tidak membutuhkan modal besar. Berikut beberapa usaha sampingan yang bisa kamu coba

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil

  • Cuci Mobil/Motor

Untuk membangun usaha yang satu ini, Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp2juta. Barang-barang yang harus dipersiapkan adalah pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban. Anda bisa membangun bisnis ini di rumah dengan memanfaatkan lahan yang ada. Namun, jika Anda masih memiliki cukup biaya, biasa menyewa tempat.

  • Desain Grafis

Usaha yang satu ini membutuhkan keahlian khusus. Keahlian ini sampai sekarang banyak dicari oleh berbagai perusahaan, seperti meminta desain kartu nama, logo produk, desain baju, maskot, poster, dan sebagainya. Tidak banyak modal yang dikeluarkan dari usaha sampingan yang satu ini. Anda hanya membutuhkan laptop atau komputer dan koneksi internet.

Memiliki keahlian ini memiliki keuntungan tersendiri. Karena sesuai dengan passion pasti mengerjakannya juga sesuai hati. Namun, menyelami dunia desain harus tahan sabar karena biasanya para client meminta berbagai revisi hingga desain yang dibuat sesuai keinginan. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena harga yang dibayar akan setimpal dari usaha yang dilakukan.

  • Social Media Influencer

Usaha sampingan ini uniknya hanya membutuhkan modal followers banyak. Usaha ini memiliki tugas untuk memproduksi konten di channel sosial media mereka. Konten tersebut bisa berupa gambar atau video. Tentukan konten yang ingin Anda ciptakan, misalnya mengulas travel atau foto makanan.

Anda juga bisa memberikan review games atau makeup. Setiap konten memiliki jumlah pasar pengikut yang berbeda dan cukup besar di dunia internet. Pilihlah konten yang menarik dan informatif. Konten yang informatif tentu saja akan bermanfaat untuk banyak orang bahkan berbagai organisasi. Jika berhasil, followers Anda akan semakin meningkat. Berikutnya Anda bisa bernegosiasi untuk mempromosikan produk perusahaan sesuai kontan yang diangkat, tentunya dengan bayaran.

  • Penerjemah

Memiliki kelebihan menguasai bahasa asing harus Anda manfaatkan. Anda bisa menerjemahkan skripisi, artikel, makalah, atau jenis dokumen lainnya. Biasanya tarif bisnis penerjemah ini Rp50/kata. Jika satu halaman memiliki 250 kata maka Anda mendapatkan Rp12.500. Sedangkan jika Anda mampu menerjemahkan 15 halaman dalam satu hari, maka keuntungan yang diperoleh adalah Rp187.500. Bagaimana jika Anda mampu per hari 20 halaman selama seminggu? Selain menjadi penerjemah, Anda bisa beralih sebagai guru private bahasa asing.

  • Social Media Manager

Apa bedanya dengan social media influencer? Social media manager memiliki tugas untuk menganalisis data dan waktu pengunggahan. Selain itu, Anda juga harus memikirkan isi caption yang bagus. Gunanya untuk menambah jumlah likes dan meningkatkan followers dari sosial media tersebut.

Anda harus memiliki keahlian dalam memilih waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Jika Anda bisa membangun tiga kriteria tersebut, yaitu pemilihan waktu yang tepat, konten dan caption menarik, serta jumlah like dan followers meningkat, maka bisa dikatakan sukses untuk menjalani usaha sampinga ini.

  • Membuat Blog

Sama seperti desain grafis, untuk membuat blog ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Dengan laptop dan jaringan internet, Anda sudah bisa mulai untuk membuat blog. Gunakanlah platform gratis blogspot.com atau wordpress.com. Anda bisa mulai menulis berbagai bahasan menarik. Bedakan isi artikel tersebut dengan pemilihan kategori, sehingga pembaca lebih dipermudah untuk mencari informasi sesuai kebutuhan.

Namun, usaha yang satu ini membutuhkan kesabaran yang banyak. Pasalnya, tulisan Anda tidak mudah untuk langsung melejit di kalangan warganet. Butuh waktu beberapa bulan untuk meningkatkan artikel buatan Anda. Seiring berjalannya waktu, jumlah pengunjung blog akan meningkat. Anda bisa memasang iklan di blog melalui Google Adsense.

  • Katering Rumahan

Untuk berbagai kebutuhan pesta atau acara besar lainnya tidak selamanya sempat untuk menyiapkan kebutuhan konsumsi sendiri. Di sini jasa katering rumahan bisa diandalkan. Katering juga berperan untuk para karyawan yang tidak memiliki waktu untuk keluar kantor. Dengan memesan catering inilah yang menjadi jalan pintasnya.

Untuk memulai usaha ini Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp3juta. Persiapkan kompor, gas, bahan lauk, dan sebagainya. Usaha katering ini memang menguras waktu. Mulai dari mempersiapkan bahan, memasak, dan mengantarkan. Nah, bagi kamu yang takut keteteran bisa memilih hari-hari tertentu untuk menjalankan usaha. Misalnya Sabtu-Minggu atau hari-hari besar nasional.

peluang usaha makanan modal kecil

Berbagai usaha sampingan yang mengandalkan jasa ini sangat menguntungkan untuk para konsumen. Jadi, untuk membangun usaha tidak selamanya hanya perlu menjajakan produk barang. Anda juga bisa menjual jasa sesuai dengan keahlian. Bisnis ini pun tidak lagi mengandalkan usaha sampingan modal kecil. Bahkan beberapa jasa lainnya tidak perlu membutuhkan modal.

 

 

(Zakiah)