Prinsip Kerja Food Dehydrator, Teknologi Sederhana Yang Efektif Dan Efisien

Prinsip Kerja Food Dehydrator

Prinsip kerja food dehydrator yaitu beroperasi dengan menggunakan elemen pemanas untuk menyebarkan hawa panas, kemudian kipas angin yang ada di dalamnya berfungsi untuk menyebarkan udara panas pada bahan makanan yang ingin di keringkan, lalu mengeluarkannya melalui ventilasi udara agar bahan makanan yang di proses cepat kering, dan baki makanan yang ada di dalamnya berfungsi untuk menampung kadar air yang menetes dari bahan makanan tersebut.

Food Dehydrator FDH-6 (2)

Mesin yang sangat efektif mengurangi kadar air pada bahan makanan, namun tidak mengurangi cita rasa asli makanan saat proses pengeringan. Biasanya pengeringan pada makanan ditujukan untuk mengamankan produktifitas panen yang melimpah agar tidak gagal hasil panen karena pembusukan. Food dehydrator sangat berperan dalam pengeringan bahan makanan untuk menyimpannya agar lebih awet seperti produk panen buah Anda tidak mubazir. Melalui pengeringan maka bahan makanan menjadi lebih awet dan memiliki masa kadaluarsa lebih panjang.

Food dehydrator tidak sama dengan vacuum frying, karena vacuum frying fungsinya menggoreng dengan cara vakum, membuat buah menjadi kripik. Dengan begitu dipastikan nutrisi pada makanan yang di vacuum frying akan berkurang secara signifikan. Food dehydrator memiliki fungsi lebih dari itu, makanan yang diproduksi tidak berubah rasanya, dan nutrisnya. Bahkan bentuknya bukanlah keripik akan tetapi menjadi bertekstur kenyal dan sama enaknya dengan konsumsi aslinya.

Fungsi Food Dehydrator

Food dehydrator berfungsi untuk mengeringkan makanan dengan cara menghilangkan kadar air yang terkandung di dalam makanan. Sistem pengeringan ini menggunakan teknologi dehydrator yang di rancang khusus untuk melacak waktu dan suhu, untuk memastikan bahwa produk tidak terlalu matang. Dengan bantuan perangkat ini, maka pengeringan makanan tidak lagi di lakukan secara manual.

Alat ini sangat memungkinkan untuk mengeringkan makanan dalam kondisi cuaca apapun. Sehingga anda tidak perlu khawatir makanan tidak kering secara maksimal. Produksi makanan kering seperti buah, sayur, daging, bumbu bahkan bahan herbal pun bisa di lakukan kapanpun dan dimanapun. Makanan kering biasanya di konsumsi sebagai camilan sehat rendah kalori.

Buah kering seperti apel, apricot, plum dan kismis adalah produk yang paling banyak di konsumsi karena kandungan vitamin, mineral serta kaya akan oksidan, yang bagus untuk tubuh anda. Buah buah tersebut akan lebih memiliki nilai jual yang tinggi dengan cara di keringkan. Banyak keunggulan yang akan anda dapatkan jika menggunakan mesin oven dehydrator.

Bahan Makanan Yang Dapat Dikeringkan Dengan Food Dehydrator:

Ada berbagai bahan makanan yang dapat dikeringkan dengan food dehydrator. Beberapa kategori bahan yang bisa dikeringkan dengan mesin pengering makanan ini antara lain :

  • Buah-Buahan : pisang, apel, nanas, mangga, semangka, alpukat, jeruk, kurma, dll
  • Daging : ayam, daging, dll
  • Ikan :ikan asin, ikan tawar, dll
  • Daun : kelor, binahong, Daun kelor, Sambiloto, Meniran, Daun saga, Kumis Kucing, Bunga Kenop, Daun patah Tulang, Daun Tempuyung, Daun sosor bebek, Daun Keji Beling, Daun Encok, Daun Sage, Daun Pegagan, Daun Cincau, Daun Jintan, Daun Katuk, Daun Selasih, Daun Sirih, Daun Pacar China, Daun Bayam Duri, Daun Beluntas, Daun binahong, belimbing wuluh, dll.
  • Biji-bijian : beras, jagung, kedelai, kacang, dll
  • Bunga-bungaan
  • Kerupuk
  • Bumbu dapur : cabe, bawang, jahe, kunyit dll
  • Sosis, dll

Keunggulan Mesin Food Dehydrator

  • Terbuat dari bahan stainless food grade yang aman untuk mengeringkan makanan
  • Mesin sangat mudah di operasikan
  • Bahan mudah di bersihkan, tahan lama dan anti karat
  • Memiliki sistem sirkulasi panas yang baik sehingga panasnya bisa menjangkau ke sudut alat secara merata
  • Sangat hemat energi karena di dukung dengan internal fan, thermostat serta pengaturan waktu ketika melakukan pemrosesan.

Cara Menggunakan Food Dehydrator Bahan Makanan

Food dehydrator mempunyai bentuk seperti lemari dan memiliki rak-rak yang tersusun atas drying tray. Saat anda ingin memasukan bahan makanan yang akan dikeringkan anda harus memotong makanan menjadi tipis-tipis. Kemudian susun potongan bahan makanan tersebut di atas tray.

Lalu atur suhu serta waktu yang dibutuhkan sesuai dengan jenis bahan makanan yang dikeringkan. Control pengaturan alat ini terdapat pada digital control panel yang tersedia di bagian atas. Bila telah selesai mengatur suhu, tunggulah selama beberapa menit hingga bahan makanan benar-benar kering.

10.Food Dehydrator FDH

Kalau sudah selesai menggunakan alat ini, jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam alat ini serta drying tray yang digunakan. Agar mesin awet dan terbebas dari karat. Hasilnya kadar air yang terkandung dalam bahan makanan yang telah diproses sudah berkurang dengan demikian anda dapat langsung mempackaging produk.

Demikian pembahasannya perihal prinsip kerja food dehydrator yang dapat anda ketahui melalui artikel ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda yang ingin tau tentang cara kerja alat ini.

blank
1