Mesin Mie Kering Memudahkan Pembuatan Mie Kering

Mesin Mie Kering

Mesin mie kering sebenarnya sama seperti mesin mie biasa digunakan dalam pembuatan mie, bedanya adalah proses selanjutnya setelah mie dicetak. merupakan alat yang digunakan dalam mengolah mie.

Mesin Mie Kering X

Ada ada banyak jenis mie seperti: instan (mie kering), mie keriting, mie lurus, mie lidi, pangsit, mie ramen dan mie udon. Mie pada umumnya dijual dengan harga murah. Mesin pembuat mie berjalan secara otomatis dalam membuat mie.

Proses pembuatan mie kering memang melalui banyak proses mulai dari membuat adonan, memipihkan adonan dalam bentuk panjang hingga mie dicetak. Kemudian baru dikeringkan dan di kemas lalu di pasarkan. Dalam proses pengeringan tentunya bila dalam industri besar menggunakan mesin pengering. Namun bila dalam industri kecil anda bisa menggunakan food dehydrator.

Mesin mie teresebut digerakan dengan tenaga listrik untuk dapat beroperasi. Terlihat sederhana dalam membuat mie, tetapi akan sangat sulit tanpa bantuan sebuah mesin (mesin potong, mesin giling). Mesin giling biasanya digunakan untuk mempress sebuah adonan agar tercampur rata.

Mie sangat populer di berbagai belahan dunia. Mie terdiri dari berbagai macam jenis. Ada mie ramen, mie aceh, mie telor, mie udon dan mie lainnya. Mie biasa disebut juga dengan sebutan bakmi. Mie mendapatkan hati disetiap orang. Rasa mie begitu menarik dan nikmat untuk dikonsumsi.

Di pasaran ada mie instan yang dijual dalam bentuk kemasan. Mie instan adalam mie kering yang diberi campuran bumbu. Harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Mie instant sangat populer di indonesia. Harganya yang murah membuat mie instan sangat laris dipasaran. Tidak hanya murah, mie instant memiliki rasa yang begitu beragam. Mulai dari rasa goreng, soto, bakso hingga rasa rendang.

Ada pula mie kering kemasan yang dijual tanpa bumbu. Kita harus membuat sendiri bumbunya sesuai dengan selera kita. Untuk mie seperti ini dibutuhkan kreatifitas untuk membuatnya. Proses pembuatan mie begitu lengkap mulai dari pengadukan mie hingga menjadi sebuah mie kering. Untuk membuat mie dalam jumlah super banyak, mesin ini cocok sekali.

Poin Penting Saat Memilih dan Membeli Mesin Mie

Ada beberapa poin penting dalam memilih serta membeli rekomendasi produk mesin mie dari brand terpercaya dan berkualitas. Agar anda dapat dengan mudah membuat mie dengan kualitas bagus.

Mesin Mie Kering 2

  • Pilih mesin elektrik atau mesin manual, tergantung kebutuhan penggunaan

Secara garis besar, ada 2 tipe mie maker, yaitu tipe elektrik dan tipe manual. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan dari mie maker tipe manual adalah Anda dapat merasakan sendiri sensasi menyenangkan dalam membuat mie. Akan tetapi, tipe ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang membuat mie untuk konsumsi sendiri di rumah karena Anda akan membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat mie dengan tipe manual ini.

Di sisi lain, kami merekomendasikan mie maker tipe elektrik untuk Anda yang ingin membuat mie untuk usaha atau Anda yang tidak ingin repot saat membuat mie. Kekurangan tipe ini adalah harganya yang cukup mahal. Walau begitu, dengan mie maker ini, Anda dapat menghemat waktu lebih banyak sehingga banyak pekerjaan rumah lain yang dapat Anda selesaikan.

  • Pilih yang memiliki pengaturan ketebalan agar tekstur mie merata

Saat membuat mie, sangat penting untuk memperhatikan ketebalannya. Jika ketebalan hasil akhir mie berbeda, tekstur mie saat dimakan juga akan berbeda. Ketebalan yang tidak seragam pada mie memang bisa menjadi bukti bahwa mie tersebut benar-benar home made. Namun, tentu saja akan lebih baik jika ketebalan mie seragam, bukan?

Roller pada mie maker adalah bagian yang membuat hasil akhir mie memiliki ketebalan yang seragam. Akan lebih baik bila mie maker yang Anda pilih memiliki roller yang dapat diatur. Dengan begini, Anda akan lebih mudah mengatur ketebalan mie buatan Anda sesuai selera.

  • Pilih yang memiliki banyak tipe pisau agar lebar mie bisa disesuaikan

Mie maker biasanya sudah dibekali paling tidak 2 tipe pisau dengan lebar potongan yang berbeda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati beberapa variasi ukuran mie hanya dengan mengganti tipe pisau.

Jika Anda ingin membuat banyak variasi ukuran mie, kami merekomendasikan Anda untuk memilih mie maker yang dilengkapi dengan banyak tipe pisau. Bila tidak, Anda dapat membeli pisau tambahan yang kompatibel dengan mie maker Anda.

  • Pilih yang dapat dilepas part-nya agar lebih mudah dibersihkan

Dalam pengolahan bahan makanan, kebersihan adalah hal yang utama. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh higienis, kesehatan Anda pun senantiasa terjaga. Karena itu, kebersihan alat dapur Anda juga harus diperhatikan. Saat ini, terdapat banyak mie maker yang dapat dilepas setiap bagiannya sehingga lebih memudahkan Anda untuk menjaga kebersihannya.

Mengingat eratnya hubungan antara kebersihan makanan dengan kesehatan, akan lebih baik jika Anda memilih mie maker yang tidak sulit untuk dibersihkan.

  • Pilih ukuran dan berat yang sesuai untuk kemudahan pemakaian

Setiap produk mie maker memiliki ukuran dan berat yang berbeda. Mau Anda letakkan di dalam lemari dapur, atau diletakkan begitu saja di atas rak dapur, Anda harus memperhatikan ukurannya karena mie maker cukup memakan tempat di dapur.

Selain ukuran, memperhatikan berat mie maker juga tidak kalah penting Jika alatnya terlalu berat, penggunaannya jadi tidak praktis dan bisa saja malah membuat Anda kesulitan. Jika terlalu ringan, alat pun menjadi tidak stabil saat digunakan. Untuk penggunaan di rumah, bila memungkinkan pilihlah mie maker dengan berat 2-4 kg saja.

Tentu saja, untuk mendukung proses pembuatan makanan, perlu dibantu dengan mesin yang berkualitas bagus. Pilihlah mesin yang bisa menjamin kebersihan mie selama proses pembuatan. Biasanya mesin jenis ini memang dipasang dengan harga agak mahal tapi andabisa dapat mesin yang lebih baik dari segi kualitas.

Mesin Mie Kering 3

Demikian pembahasannya tentang mesin mie kering yang membatu proses pembuatan mie kering jadi lebih mudah dan banyak. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp