Benarkah Mesin Bakso Maksindo Ekonomis Serta Efisien ?

Mesin Bakso Maksindo

Mesin bakso maksindo di pasaran harganya sangat bersaing dengan produk brand lainnya dan selalu bersaing dari segi produk yang sama. Mesin bakso yang dijual adalah mesin standart seperti mesin giling daging, Mixer Bakso, Bowl Cutter, Mesin Cetak Bakso.

Mesin Bakso MaksindoMesin Bakso Maksindo

Membuat bakso membutuhkan proses pengolahan bahan-bahan makanan dengan menggunakan berbagai mesin.  Agar bakso yang di hasilkan memiliki cita rasa dan tekstur yang istimewa. Jadi, selain bahan dan bumbu yang digunakan, kualitas dari mesin bakso yang digunakan juga mempengaruhi rasa bakso. Jadi mesin tidak hanya murah namun juga harus berkualitas agar mendukung pembuatan bakso anda jadi berkualitas juga hasil baksonya.

Bicara lagi soal harga mesin bakso Maksindo yang dinilai bersaing dengan brand lainya, sebenarnya berapa sih harga mesin bakso dipasaran tahun ini? Seperti apa persaingannya? Oke ayo kita simak table harga sebagai berikut :

 Daftar Harga Mesin Pembuat Bakso

  • Meat Mixer MMX-R22 – Mixer Daging   Rp 4.200.000
  • Mesin Cetak Bakso MBM-300   Rp 11.500.000
  • Bowl Cutter BCT-20   Rp 16.800.000
  • Mesin Cetak Bakso MCB300B   Rp13.770.000
  • Mesin Cetak Bakso    Rp13.880.000

 

Jenis Mesin Bakso dan Fungsinya

Dalam membuat bakso ada beberapa mesin utama yang biasanya dipakai oleh pengusaha, yaitu :

  • Mesin giling daging biasa disebut dengan mesin meat grinder. Mesin penggiling daging ini berfungsi untuk menghaluskan daging pada awal proses pembuatan bakso, sebelum diproses berikutnya. Mesin ini ada dua jenis, manual dan listrik. Di Maksindo sendiri juga menyediakan mesin ini komplit, mulai dari kapasitas kecil hingga besar
  • Mesin Mixer Adonan Bakso (meat mixer). Setelah daging digiling dengan menggunakan mesin gilingan daging, maka langkah berikutnya adalah mencampur adonan bakso, termasuk daging giling tadi, dengan menggunakan mesin mixer adonan bakso ini.Jadi yang dicampur di mesin adonan bakso ini adalah daging, bumbu, tepung, dan bumbu lainnya sesuai dengan resep favorit Anda. Dengan menggunakan mixer adonan bakso ini, maka kekenyalan bakso akan terbentuk yang merupakan kunci sukses dalam bisnis bakso
  • Mesin Bowl Cutter (mesin pencampur adonan bakso). Mesin cut bowl ini ala versi lain dan mesin mixer adonan bakso. Secara fungsi mesin ini sama dengan mesin mixer adonan bakso di nomor 2. Hanya saja bedanya di sistem kerja mesin. Mesin ini dinamakan cut bowl, karena memang terdapat komponen utama wadah adonan yang berbentuk mangkuk besar (bowl). Di dalam bowl inilah adonan akan dicincang dengan pisau tajam dan diaduk-aduk dengan bantuan operator agar adonan tercampur rata.
  • Mesin cetak bakso merupakan mesin yang digunakan untuk memudahkan dalam mencetak adonan bakso yang sudah jadi. Agar hasil baksonya bulat sama rata dan juga dapat mencetak lebih banyak bakso dalam waktu singkat. Mesin ini memiliki 3 hingga 4 buah cetakan dengan diameter yang berbeda untuk menghasilkan bakso dengan 3 hingga 4 ukuran yang berbeda.

 

Keunggulan Mesin Pembuat Bakso

Usaha bakso jadi lebih efektif. Dengan semua feature yang komplet yang di miliki oleh mesin cetak bakso ini hingga proses produksi lebih efektif di mana mesin ini mempunyai kecepatan produksi capai 250 butir permenit. Dengan begitu pekerjaan anda jadi lebih cepat selesai dalam waktu yang relatif cepat dan hasil yang dibuat sesuai keinginan anda harapkan. Dengan adanya mesin cetak bakso memberi keuntungan yaitu irit waktu, irit ongkos operasional dan irit tenaga.

Proses cetakan bakso seperti keinginan. Feature yang lengkap menjadi keunggulan untuk mesin cetak bakso ini, karena mesin ini memudahkan penggunanya dalam mencetak bakso. Khususnya pada feature cetak baksonya, ukuran dan hasilnya sama rata sesuai keinginan anda.

Mesin Bakso Maksindo 2

Fitur Mesin Cetak Bakso

Harus disepakati: ketika kapasitas mesin cetak bakso merk  dalam membuat bakso tidak diragukan lagi, 1 konsekwensi yang harus dengan ikhlas Anda terima dan penuhi itu adalah: per penggunaan, jumlah adonan yang wajib Anda siapkan minimal adalah sebanyak 3 kg, dengan batas maksimal 5 kg. Dengan begitu, kemampuan mesin pencetak bakso otomatis dapat Anda nikmati seutuhnya.

  • Corong Adonan

Mampu menampung 3-5 kg adonan bakso, untuk memudahkan proses pencucian pasca pemakaian, corong adonan mesin pencetak bakso otomatis dapat Anda lepas dengan mudah.

  • Pisau Pengaduk

Jika diamati, pisau pengaduk yang berdiri secara vertikal ini adalah perangkat yang berfungsi mendorong semua adonan bakso itu masuk ke dalam perangkat pencetakan bakso.

  • Gear Set

Terdiri atas gear depan dan belakang, sekedar informasi bahwa gear bagian depan ini terbuat dari bahan kuningan, yang mana untuk gear bagian belakangnya terbuat dari nylon.

  • Adjusting Nut

Sesuai dengan namanya, piranti ini bertugas untuk mengatur supaya tingkat kebulatan bola-bola bakso yang dihasilkan Mesin Pencetak Bakso Otomatis  ini bisa mendekati bulat sempurna. Ingat: hanya mendekati sempurna.

  • Pisau dan Moulding

Untuk setiap pembelian mesin cetak bakso merk , Anda akan mendapatkan 4 set pisau cetak bakso yang terbuat dari bahan stainless steel. Adapun diameter yang disediakan adalah : 2,1 cm, lalu 2,4 cm, kemudian 2,8 cm, dan terakhir 3,1 cm.

  • Dinamo Listrik

Mengingat ini adalah mesin pencetak bakso otomatis, sudah barang tentu perangkat yang akan menjadi pemasok tenaga ketika alat sedang dipakai adalah dinamo listrik.

Tips Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal Dan Lezat

Berikut ini ada beberapa tips dalam membuat bakso yang kenyal agar bakso buatan anda disukai oleh para konsumen.

  • Gunakan Daging Sapi Segar dan Berkualitas Tinggi

Bahan utama dari pembuatan bakso daging sapi adalah daging sapi. Daging sapi yang digunakan untuk membuat bakso akan sangat menentukan hasil akhir dari bakso yang dibuat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang kenyal dan lezat, gunakan daging sapi yang segar dan berkualitas tinggi. Jangan gunakan daging sapi yang sudah dibekukan dalam freezer sebelumnya. Daging beku seperti ini teksturnya tidak sama dengan daging segar dan akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur bakso sapi yang dibuat nanti. Pilih daging segar dengan warna yang masih merah gelap dan bukan berwarna pucat seperti daging sapi beku.

  • Perhatikan Proses Penggilingan Daging

Daging sapi yang akan digunakan dalam cara pembuatan bakso daging sapi haruslah digiling terlebih dahulu. Ada baiknya, kamu perhatikan proses penggilingan daging. Pastikan daging sapi digiling dengan sangat halus, bahkan hingga serat daging terlihat terpisah. Daging sapi yang digiling dengan halus akan menghasilkan bakso dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Jangan sampai masih ada daging yang terlihat seperti bongkahan kerikil karena hal itu akan membuat tesktur bakso tidak sehalus yang diharapkan. Kecuali memang kalau kamu pengennya bikin bakso urat, tekstur baksonya justru harus sedikit kasar.

  • Campurkan Es Batu Saat Proses Penggilingan

Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa campurkan sedikit es batu pada saat proses penggilingan daging. Apa fungsi es batu di sini? Es batu akan membantu menghambat naiknya suhu pada daging ketika daging digiling. Jika suhu dalam daging naik, gel alami akan terbentuk pada daging, padahal daging belum masuk ke tahap rebusan. Alhasil, tekstur bakso nantinya malah akan terlalu alot dan tidak kenyal.

  • Perhatikan Kualitas dan Perbandingan Tepung Tapioka

Kualitas dan banyak sedikitnya tepung tapioka yang dicampur dengan daging giling akan sangat mempengaruhi kualitas bakso daging sapi yang dibuat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, tambahkan tepung tapioka berkualitas tinggi dengan jumlah 20% dari jumlah daging. Misalkan kamu bikin bakso dengan 200 gram daging sapi. Maka, jumlah tepung tapioka yang harus kamu masukkan ke dalam adonan adalah 40 gram saja. Jangan lupa juga tambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, gula, merica, bawang putih, dan lain sebagainya sesaat sebelum adonan digiling.

  • Gunakan Bahan Pengenyal Alami

Jika tak diberi bahan pengenyal, memang agak susah untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan lezat. Karenanya, di banyak resep membuat bakso sapi, terdapat tambahan bahan pengenyal. Ada banyak bahan pengenyal yang tersedia di pasaran. Untuk hasil bakso yang tak hanya kenyal tapi juga nikmat, gunakan bahan pengenyal yang alami seperti karagenan (ekstrak rumput laut) atau bubuk agar-agar tanpa rasa (plain)

Mesin Bakso Maksindo 3

Demikian pembahasannya tentang mesin bakso maksindo yang harganya selalu bersaing dengan produk mesin dari brand lain. Namun secara kualitas sama bagusnya, dengan brand lainnya, jadi semua tergantung anda sebagai konsumen yang ingin memilihnya. Pastinya anda sebagai konsumen memilih mesin yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp