5 Makanan Khas Italia yang Populer di Indonesia

Makanan Khas Italia

Hampir seluruh negara di dunia pasti memiliki makanan khas andalannya. Masing-masing dari mereka mengedepankan keunikan dari makanannya tersebut. Misalnya dikenal dengan rempah-rempah, rasa pedasnya, dan sebagainya. Seiiring berjalannya waktu, makanan khas tersebut mulai menyebar ke berbagai negara lainnya.

makanan khas italia

Bahkan beberapa makanan Indonesia pun hampir dikenal luas di banyak negara. Salah satunya adalah rendang dan bakso. Makanan khas yang dijual di negara asing ternyata justru memiliki nilai jual yang tinggi. Masyarakat domestik lebih tertarik mencoba makanan yang menurutnya asing dan unik, apalagi bukan khas daerahnya.

Cara itu pun terbukti ampuh. Banyak para pelancong yang sukses untuk menjual makanan khasnya di negeri orang. Salah satu makanan yang sangat familiar di berbagai negara adalah pizza dari Italia. Pasti kamu sendiri juga sering kan menemukan pizza di hampir seluruh pelosok Indonesia. Tidak hanya pizza, ada beberapa makanan khas italia yang populer di Indonesia. Apa saja ya?

Jenis Makanan Khas Italia

Italia merupakan negara yang dikenal dengan makanan pastanya. Makanan dari pasta ini mulanya memiliki tekstur keras. Pengolahannya sendiri dengan cara direbus hingga melunak. Berikutnya pasta akan disajikan dengan saus tomat pedas manis yang memiliki rasa khas.

  • Spaghetti

Spaghetti memiliki bentuk seperti mi. Bedanya pasta yang satu ini memiliki bentuk lurus dan tidak keriting seperti mi pada umumnya. Spaghetti berasal dari daerah Sisilia. Spaghetti dinikmati dengan saus sambal tomat dan daging cincang. Daging yang digunakan bisa dari daging ayam atau sapi. Biasanya juga ditambahkan topping lain seperti keju.

Spaghetti saat ini mudah ditemukan di berbagai restoran siap saji. Kisaran harganya mulai dari Rp15.000. Namun, untuk kamu yang ingin mencoba berkreasi sendiri di rumah bisa memanfaatkan spaghetti kemasan. Spaghetti kemasan sudah bebas dijual di berbagai supermarket terdekat. Harga mulai dari Rp20.000.

  • Tramezzino

Tramezzino adalah sandwich yang berbentuk segitiga. Sandwich merupakan kombinasi dari roti tawar putih yang berisi aneka macam topping mulai dari keju, sayuran, tomat, ikan tuna, telur, dan sebagainya. Tramezzino memang mungkin lebih akrab di telinga masyrakat Indonesia dengan sebutan sandwich. Meskipun demikian, tidak semua lidah warga Indonesia menerima rasa dari makanan italia ini lho.

 

Tramezzino di beberapa restoran memiliki kisaran harga yang beragam. Hal itu disesuaikan dengan pilihan topping yang konsumen mau. Sama seperti spaghetti, sandwich atau tramezzino ini juga bisa kamu kreasiakan di rumah. Manfaatkan roti tawar dan pilih beragam topping yang mudah didapat. Sandwich juga bisa kamu bakar atau panggang.

  • Tortellini

Tortellini memiliki bentuk seperti cincin atau lebih terlihat menyerupai pusar. Makanan khas italia ini memiliki isian di dalamnya. Isiannya tidak jauh dari beberapa topping makanan di atas yang menggunakan daging. Selain daging cincang, tortellini juga memiliki isian keju atau sosis. Makanna yang satu ini memiliki rasa gurih dan menggugah selera.

Untuk tortellini ini memang belum banyak ditemukan di Indonesia. Namun, untuk kamu yang penasaran bisa kunjungi beberapa restoran italia di Indonesia. Tortellini dengan bahan mentah juga bisa kamu pesan lho di berbagai marketplace. Namun karena persediaan barang tidak selalu ada, kamu harus siap sabar untuk menunggu kesiapan tortellini hingga 2 bulan lamanya.

  • Lasagna

Berikutnya lasagna, makanan pasta yang memiliki rasa lezat dan gurih. Hampir sama dengan beberapa sajian pasta lainnya. Lasagna juga disajikan dengan daging cincang, saus sambal tomat, dan keju yang meleleh. Lasagna akan semakin lezat jika kamu pandai untuk mengolah sambal tomatnya. Biasanya lasagna juga dihidangkan dengan saus sambal bumbu khas Italia lainnya.

Jika kamu ingin mencoba buat sendiri di rumah, lasagna bisa dibeli di berbagai marketplace. Hargannya mulai dari Rp20.000. Sama seperti beberapa olahan pasta lainnya, untuk memasak lasagna bagian kulitnya perlu direbus terlebih dahulu hingga lunak. Berikutnya tumpuk dengan lembaran lainnya dan juga topping. Kemudian panggan di dalam loyang dengan alumunium foil.

  • Pizza

Kalau kamu enggak kenal dengan makanan yang satu ini fix kudet. Nama pizza – makanan khas dari Italia ini sangat populer di hampir seluruh pelosok Indonesia. Pizza memiliki bentuk pipih dan bundar. Tidak jauh berbeda dari berbagai makanan di atas, pizza juga memiliki topping beragam. Mulai dari daging, sosis, keju mozzarella, jagung manis, dsb.

Topping Pizza

Untuk menyantap pizza pertama kali harus dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven. Namun bagi kalian yang ingin menyantapnya langsung dan pastinya lebih efektif bisa kunjungi restoran pizza. Saat ini restoran pizza yang namanya cukup dikenal oleh warga Indonesia adalah Pizza Hut dan Domino Pizza.

Keduanya pun sama-sama mematok harga pizza yang sesuai dengan kualitas rasa. Untuk pizza hut dalam harga supreme classic memiliki kisaran dari Rp80ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Sedangkan domino pizza untuk harga pizza recommended kisarannya mulai dari RP40ribuan hinggan Rp90ribuan.

Resep Sederhana Saus Pasta

Dari beberapa makanan khas Italia di atas memang tidak sepenuhnya tentang pasta. Namun, ada yang menarik dari hidangan pasta, yaitu saus sambalnya yang lezat. Kombinasi rasa pedas, asam, dan manis yang membuat saus sambal pasta terasa enak. Belum lagi jika dicampurkan dengan daging giling dan tambahan lainnya. Cara buatnya mudah kok.

Bahan-bahan

  • ¼ kg daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 2 biji bawang Bombay
  • 3 sdt oregano
  • 100 ml saus tomat
  • 1 sdt merica
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak

Langkah-langkah

  1. Rebus daging hingga setengah empuk. Lalu tiriskan dan potong atau gilingan daging.
  2. Siapkan bumbu-bumbu. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan bawang bombay yang sebelumnya sudah diiris tipis atau dicincang. Aduk-aduk selalu dan masak hingga harum.
  4. Masukkan daging giling dan saus tomat. Tambahkan air, merica, oregano, gula, dan garam secukupnya.
  5. Sambil diaduk, lalukanlah koreksi rasa. Jika rasa sudah pas angkat dan sajikan bersama pasta yang kamu inginkan.

Untuk rasa pedas atau manisnya juga dapat disesuaikan dengan kemauan sendiri. Jika kamu tidak suka pedas bisa menambahkan sedikit gula. Atau kamu yang sangat suka pedas bisa menggunakan saus extra hot dengan sedikit gula dan ditambahkan irisan tomat. Selain daging sapi, kamu juga bisa kok menggunakan daging ayam.

Resep saus pasta di atas juga semakin cocok jika disantap dengan parutan keju. Bahkan beberapa makanan selain pasta juga lezat untuk menggunakan saus ini. Misalnya sandwich atau tramezzino yang dapat disantap dengan saus pasta.

saus pizza

 

(Zakiah)

Customer Service