Gilingan Daging

Gilingan daging adalah salah satu alat untuk membuat ukuran daging giling menjadi lebih kecil. Biasanya gilingan daging ini digunakan untuk mempermudah penghancuran sebagai olahan makanan. Daging yang tidak digiling akan lebih lama melalui proses penghancuran. Oleh karena itu, alat ini sangat dibutuhkan untuk keperluan dapur.

gilingan daging

Gilingan daging ini tidak hanya berupa alat, tetapi juga tersedia mesin otomatis. Penggunaan alat dilakukan secara manual, yaitu dengan memutar tuas untuk memproses daging yang tergiling. Sedangkan mesin biasanya dioperasikan secara otomatis dan praktis. Anda hanya perlu menyiapkan daging kemudian masukkan ke corong mesin giling daging.

Meskipun memiliki perbedaan pengoperasian, daging yang digiling memberikan hasil yang sama dan berkualitas. Namun, jika Anda menggunakan gilingan daging manual akan lebih menguras tenaga untuk terus memutar tuas.

Jika dilihat dari harga pun lebih terjangkau gilingan daging daripada mesin daging otomatis. Penggunaan manual sangat cocok digunakan bagi Anda para pemula bisnis. Alat giling daging ini juga sering digunakan para ibu rumah tangga. Bahkan tersedia dengan bahan plastik seperti keluaran terbaru dari Tupperware. Karena pada dasaranya alat atau mesin giling berbahan dasar stainless steel.

Tujuan penggilingan daging sendiri sebenarnya berguna untuk mempermudah penghalusan daging. Misalnya kita ambil salah satu contoh sebagai olahan bakso. Bahan utama dari pembuatan bakso adalah daging. Untuk menggabungkan bahan-bahan lain dengan daging akan sangat sulit jika potongan daging besar.

Oleh karena itu, daging harus digiling terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran yang lebih kecil. Ukuran yang lebih kecil akan mempermudah penghalusan dan pencampuran daging dengan bahan-bahan lainnya. Daging dengan mudah hancur dan melebur dengan campuran lainnya. Namun, tidak jarang juga orang yang menikmati langsung hasil gilingan daging yang diolah menjadi makanan.

Bagi dapur profesional seperti restoran atau bisnis kuliner lainnya akan sangat mempertimbangkan penggunaan mesin. Cara otomatis akan membuat pekerjaan menjadi tidak terhambat. Per harinya akan menghasilkan produk yang dijual lebih banyak dan tentunya lebih menghemat tenaga para karyawan.

Peluang Bisnis

          Umumnya penggunaan gilingan daging sering dimanfaatkan oleh para pedagang bakso. Selain bakso, Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan daging giling ini. Misalnya membuka rumah makan atau jajanan ringan. Daging giling dapat Anda tampilkan di dalam daftar menu. Daging yang digiling bisa Anda coba dengan olahan tumis daging, perkedel, dan lain-lain.

            Banyak menu menarik yang bisa Anda lakukan dengan daging giling. Daging sendiri merupakan salah satu makanan pokok dalam 4 sehat 5 sempurna yang memiliki kandungan bermanfaat. Daging selalu dinikmati apa pun cara penyajiannya jika tidak amis. Apalagi dengan tampilan berbeda, yaitu daging giling.

            Daging memiliki kandungan protein, omega 3, zat besi, dan lain-lain. Manfaat yang didapatkan jika Anda mengonsumsi daging, yaitu otot terasa kencang, sebagai sumber energi, meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah anemia. Daging juga dapat menyehatkan kulit dan mencegah diabetes.

            Melihat kandungan dan banyaknya manfaat akan semakin terbukanya peluang bisnis untuk Anda. Tingginya permintaan daging memang terkadang memberatkan para pelanggan. Anda harus bisa menyiasati hasil gilingan daging yang akan dihidangkan untuk banyak porsi. Hal tersebut juga menjadi salah satu tips hemat untuk Anda. Namun, ingat jangan sampai rasa khas daging menghilang.

            Daging giling bisa Anda jadikan menu makanan utama sebagai lauk atau camilan. Kira-kira daging giling tersebut enaknya dibuat ya? Simak kedua resep berikut yuk! Siapa tahu Anda jadi punya ide-ide baru yang muncul.

Resep Makaroni Daging Giling

Bahan-bahan

  • 500gr daging sapi giling
  • 330ml saus tomat
  • 1 siung bawang putih/sesuai selera (haluskan)
  • 2sdm kecap/saus inggris
  • 2sdt pala bubuk
  • 1sdm daun oregano
  • 1/2sdt garam
  • 1sdt gula pasir
  • Merica bubuk secukupnya
  • Makaroni/mie spageti secukupnya
  • Keju parut
  • Jagung manis secukupnya yang sudah dipretel
  • Air secukupnya

Langkah-langkah

  1. Haluskan daging menggunakan gilingan daging.
  2. Panaskan daging tanpa minyak sembari memisah-misahkan daging yang menempel.
  3. Sembari menunggu daging matang, rebus jagung dan makaroni di wadah terpisah.
  4. Tambahkan air secukupnya agar daging lebih empuk.
  5. Tambahkan garam, kecap/saus inggris, gula pasir, pala, daun oregano, merica bubuk, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk-aduk hingga merata dan meresap ked aging.
  6. Masukkan jagung dan makaroni secara perlahan. Kemudian aduk-aduk.
  7. Jika sudah merata seluruhnya angkat dan hidangkan.
  8. Tambahkan keju yang sudah diparut secukupnya.
  9. Makaroni daging giling siap disantap!

Sajian kekinian tersebut bisa lho dijadikan sebagai salah satu refrensi di daftar menu bisnis Anda. Hidangan makaroni daging giling merupakan menu modern yang cocok disajikan di berbagai kafe atau restoran. Makanan di atas cocok disantap baik menggunakan nasi maupun tidak. Makaroni juga bisa digantikan dengan mie spageti atau jenis pasta lainnya sesuai selera Anda.

Selain makanan berat, hasil gilingan daging juga bisa Anda manfaatkan sebagai camilan. Camilan ini juga tidak hanya dimanfaatkan bersama keluarga di rumah, tetapi juga bisa Anda jadikan bisnis kok dengan cara menjualnya. Berikut resep daging giling sebagai camilan:

Resep Tahu Walik Isi Daging

Bahan-bahan

  • 20 buah tahu pong
  • 100gr daging sapi giling
  • 2sdm tepung tapioka
  • 1 buah telur
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Ketumbar bubuk secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih tahu, kemudian gunting tahu dan perlahan keluarkan isinya.
  2. Balik tahu secara perlahan agar tidak sobek.
  3. Haluskan daging dengan gilingan. Kemudian haluskan kembali bersama tepung, telur, penyedap rasa, lada, dan ketumbar bubuk. Aduk hingga merata.
  4. Isi tahu dengan daging giling yang sudah dicampurkan dengan bahan-bahan lain tadi.
  5. Goreng menggunakan minyak panas. Jika tahu sudah kecokelatan dan renyah, angkat lalu tiriskan.

Bagaimana guys? Kedua resep tersebut menarik untuk dicoba bukan? Masih banyak hidangan lainnya yang menggunakan daging giling. Anda tentu lebih jago untuk mengkreasikan daging dengan bahan makanan lainnya. Bisnis yang sangat menjanjikan bukan?

Gilingan daging memiliki harga yang beragam. Memilih mesin otomatis pun Anda tidak perlu khawatir kok karena bisa disesuaikan dengan persiapan budget Anda. Gilingan daging ini memiliki berbagai jenis dan tampilan menarik. Semua tergantung kebutuhan Anda. Gilingan manual dapat Anda temukan di pasaran, sedangkan mesin giling daging tersedia di berbagai jenis toko mesin makanan.

Mesin Giling Daging

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Gilingan Gaging?

            Menggunakan gilingan daging tidak hanya menghasilkan bentuk yang unik, tetapi juga ada keuntungan lainnya. Meskipun harganya lebih mahal dari alat manual, cara kerjanya tidak akan membuat Anda kecewa. Berikut berbagai keuntungan menggunakan mesin giling otomatis:

  1. Tekstur lebih baik. Meskipun kebanyakan daging giling akan diolah kembali untuk dihaluskan, menggunakan gilingan ini akan membuat potongan daging memiliki ukuran sama. Jadi, saat dihaluskan pun daging akan mudah halus berata, sehingga akan tercipta tekstur lebih baik.
  2. Bentuk daging lebih menarik. Saat ini bisnis kuliner lebih banyak menggunakan potongan daging dengan ukuran sedang. Nah, menggunakan mesin giling ini Anda dapat memberikan hidangan dengan bentuk menarik dan berbeda dari yang lainnya.
  3. Hemat tenaga. Ini sangat jelas dan berlaku pada jenis mesin lainnya. Dibandingkan dengan cara manual, langkah otomatis lebih banyak diprioritaskan para produsen demi menghemat waktu dan tenaga.
  4. Terjaga kehigienisan. Penggunaan mesin dapat meminimalisir terhindarnya bakteri atau kuman yang menempel di tangan. Akan lebih baik lagi jika setiap menggunakan mesin dibersihkan. Dengan melakukan pembersihan dan perawatan setiap kali penggunaan akan selalu menjaga kualitas mesin agar tetap prima.

Cara Membersihkan Gilingan Daging

  1. Setelah selesai digunakan, bongkar gilingan daging sesuai petunjuk buku manual.
  2. Siapkan air panas di dalam wadah dan beri sedikit cairan pencuci piring ekstrak jeruk nipis atau lemon antibakteri.
  3. Masukkan bagian-bagian gilingan daging tadi ke dalam wadah dan rendam selama 15 menit.
  4. Kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.
  5. Lap menggunakan kair kering hingga mesin penggiling benar-benar bersih agar tidak berkarat.
  6. Simpan di tempat tertutup seperti plastik atau kardus.

Berdasarkan keuntungan di atas, gilingan daging memang patut dipertimbangkan untuk sarana peluang membuka bisnis Anda. Bisnis kuliner sendiri di Indonesia sangat menjanjikan. Namun, karena kayanya wisata kuliner di Indonesia, Anda harus menemukan ciri khas tersendiri dari sajian makanan. Sesuatu yang unik, akan cepat menyebar ke telinga bahkan lidah warga Indonesia.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eighteen − 8 =