Alat Penggiling Daging Philips

Alat penggiling daging philips (meat Grindersebenarnya lebih ke peralatan ibu rumah tangga karena brand tersebut memang spesialis peralatan rumah tangga. Gilingan daging ini banyak digunakan oleh ibu rumah tangga untuk keperluan mengolah daging menjadi hidangan lezat.

alat penggiling daging philips

Alat tersebut memang di design khusus untuk ibu rumah tangga, agar lebih mudah dalam menggiling. Alat penggiling daging memiliki kapasitas yang kecil sehingga hanya cocok digunakan untuk ibu rumah tangga.

Dengan adanya alat tersebut ibu rumah tangga lebih kreatif dalam mengolah daging serta lebih sehat. Karena penggunaannya yang memudahkan dalam mengolah daging jadi bahan dasar makanan yang siap dimasak.

Alat penggiling daging philips merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas mengolah daging untuk dijadikan menu makanan. Tak hanya bisa menghancurkan daging namun juga dapat memotong sayuran dan buah, alat ini juga bisa digunakan untuk menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.

Alat giling daging memang sangat membantu pebisnis kuliner dalam proses pembuatan makanan yang berbahan dasar daging giling halus. Daging giling tersebut akan dibentuk menjadi olehan daging yang lezat yang siap menggoyang lidah konsumennya.

Manfaat Mesin Giling Daging

  • Mesin Gilingan Daging sering digunakan oleh para pengusaha kuliner seperti usaha bakso, usaha sosis, dan usaha berbahan daging giling lainnya. mesin gilingan daging tentunya sangat membantu orang yang memiliki usaha dalam bidang pengolahan daging.
  • Mesin gilingan daging digunakan oleh para pengusaha sosis dan bakso alasannya karena mesin gilingan daging dapat membatu pekerjaannya lebih cepat dalam proses penggilingan daging.
  • Mesin Gilingan Daging memang merupakan alat yang dirancang khusus untuk para pengusaha kuliner yang menggunakan bahan baku daging giling.
  • Faktor Keamanan:Saat membeli daging giling di swalayan Anda tentu tidak tahu apakah daging tersebut berasal dari daging sapi yang baik, segar, dan tidak terkontaminasi atau tercampur dengan daging yang lain. dengan menggiling daging sendiri maka keamanan dan kualitas dari daging dapat Anda kontrol sendiri.

Cara Kerja Mesin Giling Daging

  • Mesin Gilingan Daging bekerja dengan cara menggiling setiap daging yang dimasukkan ke corong penggilinggan.
  • Daging yang dimasukkan ke dalam corong penggilingan akan digiling menggunakan bor dan pisau Penggiling Daging yang berputar sangat cepat.
  • Setelah itu daging akan keluar melalui saringan atau sering disebut cetakan, dan hasilnya berupa daging giling.

Kegunaaan Alat Penggiling Daging Philips

menggiling daging

  • Membuat Bumbu Halus Lebih Halus

Tekstur bumbu halus yang saya bikin sudah cukup memuaskan menggunakan blender. Namun setelah mencoba alat penggiling daging philips, saya pun berpikir ulang. Hasil blending-nya pun jauh lebih halus dan tercampur rata! Selain itu karena permukaan yang lebih luas, anda bisa membuat bumbu halus lebih banyak dibandingkan blender.

  • Membuat Daging Giling Rumahan

Sebetulnya, daging giling juga bisa dibuat dengan dry mill (tabung blender yang kecil). Namun dengan tabung blender tersebut, kita hanya bisa membuat daging giling dalam porsi kecil. Selain itu, mesin dry mill seringkali macet sehingga harus dibuka, aduk, lalu diblender lagi. Ribet, kan? Lain hal dengan alat penggiling daging yang bisa buat dalam porsi banyak sekaligus. Selain itu, daging giling bisa sekalian diratakan dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang, cabai bubuk, sampai tepung terigu.

Sebelum digiling, siapkan daging dan lemak dengan perbandingan sesuai selera (umumnya 80% daging dan 20% lemak). Potong daging kecil-kecil. Giling dalam alat penggiling daging selama 8-10 menit, tapi kalau ingin lebih halus bisa lanjut digiling lagi. Setelah selesai, masukkan daging giling ke dalam kulkas agar mudah dibentuk saat dimasak nanti, misalnya buat hamburger, bakso, galantin, dan lainnya.

  • Menggiling biji (kacang dan kopi)

Ingin buat bumbu kacang tapi capek mengulek? Atau, ingin giling biji kopi tapi tak punya coffee grinder? Tenang saja, alat penggiling daging siap membantu! Menggiling dengan alat ini dapat menghasilkan berbagai hasil gilingan yakni kasar, halus, dan bubuk. Anda hanya perlu mengatur waktu gilingannya dan rajin mengecek hasil gilingan.

  • Membuat Saus Coklat

Membuat saus coklat super cepat tanpa kompor? Bisa banget! Caranya, potong atau serut kasar coklat. Siapkan air hangat secukupnya dan masukkan semua bahan dalam alat penggiling daging. Blender selama beberapa menit dan saus coklat super enak pun sudah jadi! Cara ini juga praktis terutama kalau harus buat dalam porsi besar.

  • Menguleni Adonan Dengan Cepat

Menguleni adonan dengan tangan biasanya orang sering tidak sabar. Namun dengan alat penggiling daging, mengulen adonan akan jauh lebih cepat kalisnya. Masukkan semua bahan adonan seperti tepung, telur, mentega, dan lainnya ke dalam alat penggiling daging dan blend hingga membentuk adonan. Sayangnya, alat penggiling daging hanya dapat mengulen adonan yang tipis dan tidak banyak, contohnya adonan untuk pizza.

  • Penggunaan Mesin Gilingan Daging

Dalam industri kuliner mesin gilingan daging memang biasa di gunakan untuk menghaluskan berbagai macam daging agar mempermudah dalam pengolahannya. Mesin gilingan daging biasanya digunakan oleh pengusaha yang usahanya bergerak dibidang restoran, hotel, maupun kuliner lainnya.

Dengan tujuan agar olahan daging yang dihasilkan lebih lembut dan bisa dibentuk sesuai selera pasar. Ketika daging olahan bisa dibentuk sesuai selera. Seperti bakso, sosis, dan frozen food, tentu nilai jual yang dihasilkan bisa menjadi lebih tinggi.

Pada dasarnya, prinsip kerja meat grinder ini bertumpu pada kecepatan perputaran motor penggerak yang ada didalam mesin. Untuk menghasilkan daging dengan kualitas kelembutan optimal. Pada saat tingkat kelembutan daging yang diinginkan terpenuhi tentu, maka cita rasa yang dihasilkan juga sesuai dengan harapan.

  • Peluang Usaha Dengan Mesin Giling Daging

Untuk bisa memanfaatkan dan mendapatkan hasil terbaik dari sebuah mesin penggiling daging, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama pengolahan, antara lain:

  • Ukuran potongan daging

Pada saat mengolah daging, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan agar olahan daging sempurna adalah ukuran potongan yang dimasukkan kedalam mesin. Secara umum, untuk mendapat potongan yang baik, Anda bisa memotong daging dengan ukuran 3-5cm. Dengan ukuran potongan tersebut, Anda bisa mendapatkan olahan daging yang lembut dan lezat saat diolah.

  • Kecepatan putar mesin

Tingkat kelembutan serat daging saat akan diolah menjadi olahan lain terkadang tergantung dari kecepatan putaran mesin. Semakin cepat perputaran mesin, adakalanya daging yang terbentuk akan semakin halus.

Namun demikian, berapapun kapasitas daging giling yang Anda inginkan, sesuaikan dulu dengan tujuan penggilingan daging yang ingin Anda dapatkan, misalnya saja saat Anda menggiling 2kg daging dalam sekali putaran mesin untuk membuat bakso.

  • Jumlah daging yang dimasukkan

Keberadaan mesin penggiling daging akan mempermudah aktivitas Anda dalam menghasilkan daging yang lembut dan berkualitas. Ketika Anda ingin mendapatkan hasil daging giling yang banyak, Anda perlu memperhatikan jumlah kg daging yang dimasukkan kedalam mesin sekali putaran. Hal ini akan memberi Anda estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah semua daging yang sudah Anda siapkan.

  • Jenis pisau yang digunakan

Sebuah mesin penggiling pasti memiliki pisau yang membantu agar tingkat kelembutannya sesuai. Namun demikian, menggiling daging tidak akan memberi hasil yang optimal apabila pisau yang digunakan tidak disesuaikan dengan kriteria serat daging maupun ukuran potong daging. Itu sebabnya, saat Anda ingin menggiling daging, sesuaikan bentuk pisau yang digunakan dengan jenis daging yang akan digiling.

  • Higienitas Daging

Setiap daging yang diolah dengan mesin penggiling, perlu diperhatikan higienitasnya. Dengan begitu, hasil olahan daging yang didapatkan bisa memiliki kualitas yang diharapkan untuk diolah menjadi jenis makanan jadi.

Daging ialah bahan makanan sumber protein tinggi, hasil sembelihan bagian dalam pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan makanan. Daging tersusun sebagian besar dari jaringan otot, ditambah dengan lemak yang melekat padanya, urat, serta tulang rawan.

Manfaat daging

  • Protein. Daging dikenal kaya akan protein hewani. Daging adalah sumber protein yang bagus untuk membentuk otot dan menaikkan berat badan.
  • Energi. Memiliki segudang aktivitas yang padat? Mengonsumsi daging dapat menambah energi Anda untuk mengembalikan semangat bekerja.
  • Asam linoleat. Tidak hanya terletak pada daging, asam linoleat juga terdapat pada susu sapi. Kandungan tersebut mampu mengobati kanker payudara.
  • Sistem imun. Kandungan zink pada daging dapat bermanfaat untuk sistem imun. Selain itu, zink juga dapat memperlambat penuaan dini.
  • Mengonsumsi daging dapat meningkatkan perkembangan otak manusia untuk lebih cerdas.
  • Asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 membantu Anda untuk mencegah demensia, yaitu gangguan daya ingat, daya pikir, dan cara perperilaku

Ciri-Ciri Daging Segar

ciri daging sapi

  • Warna

Pertama kali yang kamu perhatikan saat membeli daging sapi adalah warnanya! Ini adalah cara paling mudah buat memilih daging sapi yang segar, sehat dan tanpa bahan kimia. Daging sapi yang bagus bewarna merah dan segar, tidak pucat dan tidak kotor pada permukaan dagingnya.

  • Aroma

Cara kedua, kamu bisa mencium aroma daging sapi untuk mengetahui apakah daging sapi yang kamu pilih bagus atau tidak. Aroma daging sapi yang sehat memiliki aroma yang segar atau memiliki aroma khas daging. Sementara bau daging sapi busuk cenderung beraroma menyengat, asam dan tidak sedap.

  • Tekstur

Tekstur daging sapi yang baik biasanya punya tekstur yang lebih kenyal dan empuk. Biar tambah yakin kamu bisa menekan daging sapi tersebut. Kalau daging sapi kembali ke posisi semula bila ditekan, sudah pasti itu adalah daging sapi yang segar. Berbeda dengan daging sapi yang busuk, apabila ditekan terasa lembek teksturnya.

  • Tidak Berair

Untuk mengantisipasi daging sapi glonggongan kamu perlu memperhatikan kadar airnya juga. Biasanya permukaan daging sapi kering yang bisa menahan pertumbuhan dari bakteri yang mengancam kesehatan. Jangan memilih daging sapi yang mengandung terlalu banyak air. Bisa jadi daging tersebut sudah terlalu lama terkena udara bahkan terindikasi daging sapi glonggongan yang nggak sehat buat tubuh kamu.

Demikian pembahasannya tentang alat penggiling daging philips yang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga dan bisnis kecil rumahan. Sebagai alat penghancur daging agar dapat dioleh menjadi menu makanan yang lezat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 3 =