Cara membuat Martabak telur

Martabak merupakan salah satu jenis camilan yang sangat terkenal di Indonesia. Martabak pada umumnya di kenal dalam beberapa jenis, namun paling popular untuk saat ini hanya ada 2 macam yakni Martabak Telur dan Martabak Manis.

martabak telur

Asal Usul Martabak

Jika kita bicara martabak, tentu rasanya tak lengkap apabila kita gak membahas asal usul kudapan berminyak yang satu ini. Martabak sedari dulu lebih di kenal oleh kalangan masyarakat timur tengah. Tepatnya di negara Saudi arabia di beberapa wilayah seperti Hejaz dan Thamah. Gak hanya di Saudi arabia aja lho, tentunya martabak juga sangat familiar di kalangan bangsa India, Thailand,Malaysia juga Singapura. Hanya saja memang dari tiap negara-negara yang memiliki camilan martabak pasti mempunyai perbedaan di setiap bahan bahan dan toping yang di gunakan.

Sampai sekarang kita pasti bingung menagapa makanan ini di namakan martabak?? Bukan tanpa sebab, karena memang di negara asalnya yakni Saudi Arabia, martabak berasal dari kata “Mutabbak” yang artinya lipatan atau berlipat lipat. Lipatan sendiri di ambil dari proses pembuatan martabak yang di lipat dan di gulung.

Nah di zaman modern sekarang ini, camilan martabak sendiri bisa dibilang masuk pada fase keemasannya. Dimana martabak kini  telah berkembang dan  cukup banyak peminatnya lho. Hal ini tak lepas dari bermunculannya inovasi-inovasi baru yang membuat resep makanan ala timur tengah ini bisa tampil ala kekinian alias lebih modern.

Nah salah satu jenis martabak kali ini banyak di gandrungi oleh para kaula muda adalah jenis Martabak Manis. Martabak manis bisa dibilang mempunyai bentuk,rasa dan tampilan yang berbeda jauh dengan martabak telur. Martabak manis di buat dan di olah menggunakan bahan baku tepung terigu dan toping dengan isian manis seperti coklat, selai,kacang,keju, dll. Oleh karenanya martabak manis cenderung lebih popular dan di sukai ketimbang martabak telur pada masa sekarang ini.

Namun jangan salah ternyata martabak telur juga mengalami pergeseran tren yang cukup signifikan juga lho. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya modifikasi resep yang di lakukan agar martabak telur tetap eksis dan menjadi primadona hingga sekaranng.

Layaknya martabak manis, pada martabak telur kita juga bisa memodifikasi resep sesuai dengan selera yang di tawarkan. Zaman sekarang varian martabak telur di tawarkan dalam isiang toping yang bermacam-macam, sebut saja martabak telur daging cincang, ikan tuna,macaroni,jagung manis,daging sapi,dll.

Nah pada artikel kali ini, kita juga akan berbagi mengenai bagaimana siy cara membuat martabak telur ala rumahan yang simple,murah, namun tetap enak. Oke kita akan membahas sedikit mulai dari resep bahan hingga pada Teknik pembuatannya. Yuk kita coba resep Cara Membuat Martabak Telur di bawah ini

Bahan Utama:

  1. Tepung terigu, 200 gram dengan protein yang tinggi. Mengapa harus menggunakan tepung berprotein tinggi?? Karena tepung jenis ini di percaya mampu membentuk lapisan kulit tipis seperti selaput karena pada dasarnya sangat lembut.
  2. Air,160 ml.
  3. Telur ayam, 1 butir untuk adonan kulit dan 1 sampai 2 butir lagi untuk adonan isian. Untuk telur anda bisa memilih di antara telur ayam ataupun telur bebek. Sangat di rekomendasikan menggunakan telur bebek karena tekstur dan hasilnya lebih tebal
  4. Minyak goreng
  5. Daging cincang atau giling, 200 sampai 300 gram. Gunakan daging sapi / ayam yang telah di giling kasar menggunakan mesin giling daging. menyukai menggunakannya.
  6. Daun bawang, 4 batang. Di iris tipis.
  7. Bawang putih, 3 siung. cincang halus.
  8. Bawang merah, 7 siung. cincang hingga halus.
  9. Bawang Bombay, 1 buah. Iris  halus.
  10. Garam, secukupnya.
  11. Merica bubuk, secukupnya.

Cara Membuatnya:

  1. Buat bagian kulitnya. Siapkan wadah berukuran besar. Masukkan tepung terigu dan garam. Aduk keduanya hingga tercampur rata.
  2. Gunakan satu butir telur ayam dan masukkan pada campuran tepung tersebut. Aduk hingga adonan tercampur sempurna.
  3. Sedikit demi sedikit, masukkan air. Lakukan dengan adonan yang tetap diaduk. Uleni adonan hingga kalis.
  4. Adonan yang telah jadi, kemudian di bagi dua. Setiap bagian dibentuk menjadi bulatan besar. Diamkan sebentar adonan tersebut hingga 13 menit.
  5. Kemudian, olesi masing-masing bagian luar adonan tersebut dengan menggunakan minyak goreng. Tempatkan pada wadah baru dan sisihkan. Sebaiknya pilih tempat berbentuk baskom. Lalu tutup bagian atasnya dengan kain. Diamkan kira-kira selama 1 jam.
  6. Sambil menunggu adonan kulitnya, Anda lakukan proses pembuatan isinya.
  7. Panaskan wajan dan beri minyak secukupnya.
  8. Tumis bawang merah, bawang Bombay, dan bawang putih. Biarkan sampai wanginya keluar.
  9. Masukkan daging sapi atau ayam yang telah digiling. Aduk dan tumis kembali hingga daging setengah matang.
  10. Tambahkan daun bawang. Serta, beri garam dan merica secukupnya. Aduk dan tumis kembali hingga daging benar-benar matang. Cicipi hingga rasanya sesuai selera.
  11. Selanjutnya, jika sudah satu jam. Ambil adonan kulit martabak yang telah didiamkan tadi.
  12. Ambil satu bagian kulit adonan tersebut dan pipihkan. Gunakan telapak tangan untuk memipihkannya dengan cara menekannya dan dibuat agak memutar. Cara ini akan membuat kulit adonan martabak tersebut semakin melebar.
  13. Lakukan juga cara lain untuk membuatnya semakin melebar dengan memegang ujung adonan di kedua sisinya, kemudian putar-putar. Lakukan cara ini secara berulang hingga Anda mendapatkan adonan kulit martabak yang tipis, sesuai dengan keinginan,
  14. Kocok telur dan beri sedikit garam. Masukkan ke dalam kocokan telur tersebut, isian daging yang telah ditumis tadi. Perhatikan porsinya, jangan sampai isian kebanyakan. Kira-kira saja jumlahnya.
  15. Setelah itu, tuangkan isian daging yang telah dicampur dengan telur tersebut ke atas kulit martabak yang telah jadi.
  16. Lipat bagian sisi atau ujung kulit martabak tersebut hingga ke bagian tengah dan menutup isian dengan rapat.
  17. Panaskan penggorengan dengan minyak secukupnya untuk merendam martabak telor tersebut.
  18. Goreng hingga warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Potong-potong, kemudian taruh dalam piring saji.

Gimana gampang bukan?? Nah setelah anda berhasil membuat martabak telurnya, tentu rasanya gak lengkap jika anda tidak sekalian membuat kuah pelengkapnya sebagai bahan cocolan penambah rasa. Saat ini mengkonsumsi martabak telur sepertinya tidak lengkap jika kita tidak menggunakan kuah perasanya. Layaknya pempek, ternyata martabak telur juga bisa lho di nikmati dengan sajian kuah Cuko Asam Pedas yang khas. Simak yuk gimana proses pembuatan kuah cuko di bawah ini.

  • Kuah Cuko Martabak Telur
  • Cabai Rawit & cabai Merah,
  • Bawang putih (Blender agak Halus).
  • Panaskan air kemudian masukkan cabai yang telah di blender tadi tambahkan gula merah, garam, dan asam jawa masak hingga kental dan mendidih. (kemudian saring ampasnya) lalu masukkan irisan timun.
  • Tuang ke dalam mangkuk saji.

Mudah bukan?? Kini anda bisa menikmati martabak telur dengan kuah cuko asam pedas, bisa di cocol atau juga di siram ke atas martabak sesuai selera anda. Enak dan  murah bukan?? Dalam membuat martabak telur ini yang di butuhkan adalah kesabaran dan ketekunan ketika membentuk kulit martabak yang di kenal mudah sobek.

Oke setelah resep cara membuat martabak telur, kali ini kita juga akan membahas resep cara membuat martabak telur manis versi rumahan. Yang membuat beda dengan versi pedagang martabak adalah cara pembuatannya yang dengan menggunakan wajan Teflon. Yuk langsung saja kita coba di rumah

cara membuat martabak telur manis

Bahan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 ml air matang
  • 3 setengah sendok makan margarin
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan susu bubuk (opsional)
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • susu kental manis secukupnya

Cara membuat martabak telur :

  • Campurkan tepung terigu kering, 2 sendok makan gula pasir, ragi, baking powder, susu bubuk, dan air. Aduk adonan sampai benar-benar tercampur sempurna dan tidak ada yang menggumpal.
  • Jika menggunakan baking powder double acting (BPDA), diamkan adonan selama 30 menit. Jika menggunakan baking powder single-acting, cukup diamkan 5-10 menit saja.
  • Selagi adonan didiamkan, letakkan 3 sendok makan margarin di panci atau loyang teflon. Cairkan di atas api kompor. Kemudian diamkan sampai sedikit mendingin.
  • Kocok lepas telur ayam hingga tidak ada bagian putih yang menggumpal lagi.
  • Tambahkan margarin cair ke dalam adonan yang sudah didiamkan tadi. Masukkan juga telur yang sudah dikocok lepas tadi.
  • Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian tuangkan adonan hingga memenuhi setengah bagian teflon. Goyang-goyangkan loyang teflon agar adonan menempel pada permukaan loyang dan membentuk pinggiran.
  • Tunggu sampai pinggiran martabak kering dan bagian tengahnya mengeluarkan gelembung. Setelah itu taburkan sisa 1 sendok makan gula pasir di permukaannya.
  • Tutup loyang teflon, diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu angkat martabak dari kompor.
  • Selagi masih panas, olesi martabak dengan sisa 1 sendok makan margarin. Tuangi susu kental manis. Potong-potong dan beri topping sesuai selera.

Untuk varian toping anda bisa mencoba berbagai macam jenis dan rasa sesuai selera seperti Coklat, Keju, Kacang, Selai, Dll. Oke semoga resep cara membuat martabak telur dan manis ini berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − 12 =