Proses Cepat Membuat Gulali si Peri Benang

Membuat Gulali – Anda pernah mencoba gulali? Berarti masa kecil Anda menyenangkan! Tidak hanya anak-anak, penggemar gulali pun kini merembah kepada orang dewasa. Gulali adalah sebuah kudapan atau penganan yang dipintal dan dibuat dari air gula yang kental dan menyerupai bentuk seperti kapas. Meskipun bentuknya ringan, dengan rasa manisnya gulali mampu menghipnotis para penggemarnya.

membuat gulali

Selain rasanya yang manis, gulali juga memiliki tekstur yang lengket jika terkena uap air. Saat permukaan mulut dan lidah mencapai gulali, dalam sekejap gulali dapat meleleh. Hal itu yang membuat gulali semakin banyak diminati oleh masyarakat luas. Gulali juga dipercaya menjadi obat saat Anda merasa bosan. Jika Anda memanfaatkan gulali, dijamin penat akan hilang!

Gulali pertama kali dicetuskan oleh William Morrison dan John C. Wharton di St. Louis World’s Fair dengan nama peri benang karena bentuknya yang menyerupai kapas. Gulali dibuat dengan tambahan pewarna makanan. Umumnya, gulali hanya menggunakan pewarna makanan merah jambu. Namun, semakin banyak variasi kini gulali mudah ditemui dengan warna ungu dan biru.

Gulali merupakan makanan yang terbuat dari bahan gula pasir atau gula putih yang dipanaskan menggunakan mesin gulali. Selain menyajikan rasa manis, gulali juga dapat dinikmati dengan rasa asam jika dicampur butiran permen, cokelat, dan lain-lain.

Biasanya gulali menjadi teman makanmu di pasar malam atau menghadiri pertunjukkan sirkus. Namun, saat ini gulali sudah mudah kita temui di pusat-pusat perbelanjaan. Selain di pusat perbelanjaan, mesin gulali sering kita jumpai di bisnis katering, restoran, atau perusahaan lainnya yang bergerak di bidang kuliner manis. Membuat gulali sendiri pun bisa kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi mesin gulali.

Mesin gulali dikhususkan untuk membuat manisan gula atau gula kapas dengan aneka kreasi dan rasa. Mesin yang dimiliki pembuat gulali memiliki sistem pengendalian suhu untuk menjaga gula tetap berada dalam keadaan leleh saat dikonsumsi. Mesin gulali memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu mesin gulali dengan gas dan mesin gulali yang menggunakan listrik.

Cara membuat gulali memang terbilang mudah, apalagi jika Anda memanfaatkan mesin gulali langkah kerja Anda akan semakin terasa ringan. Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat gulali, yaitu

  • 1 kg gula pasir
  • 100 ml air matang
  • 1 sdm asam citrun
  • Pewarna makanan sesuai selera

Sedangkan alat-alat yang perlu Anda siapkan, yaitu mesin gulali dan stik bambo/cone stick.

Berikutnya ini dia langkah-langkah pembuatan gulali:

  1. Mencampurkan gula dan pewarna makanan dan diaduk rata
  2. Memanaskan mesin gulali dengan menyalakan mesin terlebih dahulu
  3. Memasukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula dan berputar. Setelah itu gula akan terbentuk menjadi kabut gulali. Tunggu beberapa saat sampai terlihat serabut-serabut gula halus yang keluar dari mesin.
  4. Mematikan mesin, lalu ambil gulungan serabut tadi menggunakan cone stick
  5. Memutar cone stick hingga membentuk putaran yang tebal dan bagus sesuai keinginan Anda

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan? Itu dia beberapa langkah untuk membuat gulali. Jika Anda akan menjual gulali yang sudah dibuat, ada baiknya setelah menjadi gulungan serabut gulali diberikan kemasan plastik. Fungsinya untuk melindungi gulali dari uap air dan berbagai jenis bakteri. Selain itu, dengan menggunakan mesin gulali pun Anda dapat mengkreasikan bentuk gulali yang Anda inginkan.

Jika Anda memiliki kreativitas yang cukup menarik, gulali dapat Anda sajikan dengan berbagai bentuk, seperti bentuk bunga, emoticon, hewan, dan masih banyak jenis lainnya. Penyajian dengan berbagai bentuk pun dapat menjamin Anda lebih banyak merauk keuntungan besar. Karena pada umumnya sesuatu yang unik pasti lebih banyak dicari. Ett tapi jangan lupa juga untuk mempertahankan rasa dan kualitas gulali.

Mengonsumsi terlalu banyak gulali juga tidak baik lho. Karena mengandung gula dapat menyebabkan gigi kita berlubang. Oleh karena itu, pemanfaatan gulali harus dibatasi khususnya untuk anak-anak yang masih rentan akan kesehatan giginya. Jika tidak dijaga dari kecil, kemungkinan besar saat dewasa gigi akan cepat mengalami kerapuhan.

Selain itu juga terdapat fakta menarik tentang gulali. Gulali merupakan permen kapas yang aman dikonsumsi jika menggunakan gula pasir asli dan pewarna khusus makanan. Namun, jika Anda sedang menjalani diet, berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak. Fakta selanjutnya, gulali diyakini terdiri dari enam jenis warna bahkan bisa lebih. Selanjutnya, proses pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu banyak jika menggunakan mesin gulali. Karena proses pembuatan gulali hanya menggulung serabut gula yang sudah dipanaskan di dalam mesin gulali.

Fakta terakhir, penggemar gulali bisa diperkirakan lebih dari dua juta orang. Para penggemar gulali bahkan memanfaatkan peri benang itu di berbagai situasi. Saat keadaan sedang bosan atau saat merasa senang sekali pun. Karena rasa manis yang dihasilkan gulali mampu mengubah suasana hati.

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 5 =