Cara Membuat Ayam Serundeng

Cara membuat ayam serundeng merupakan resep turun temurun yang menjadi warisan kuliner bangsa Indonesia. Rasanya sangat lezat gurih terasa serundengnya membuat lidah orang yang menikmatinya bergoyang ketagihan.

Ragam kuliner nusantara banyak sekali yang Indonesia miliki. Bumbu rempah yang digunakan untuk membuat berbagai macam kuliner tersebut juga sangat melimpah banyaknya. Salah satu bahan utama yang menjadi primadona dan sering diolah menjadi berbagai macam olahan makanan ialah ayam. Tentunya ada berbagai resep olahan ayam. Salah satunya dibuat menjadi ayam serundeng.

Cara Membuat Ayam Serundeng

Ayam serundeng ialah hidangan yang sangat terkenal daerah pulau jawa. Orang menyebutnya sebagai hidangan khas daerah pulau jawa karena tiap daerah yang ada di pulau jawa memiliki ciri khas ayam serundeng yang berbeda-beda cita rasanya. Cita rasa yang umum dalam ayam goreng serundeng adalah gurih dan asin, sangat cocok bila di sanding dengan nasi putih yang tentunya akan membuat Anda ingin tambah lagi ketika menikmatinya.

Apakah anda pernah mencoba lezatnya ayam serundeng kelapa?, Buat kalian para pecinta makan ayam, sajian yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan. Cita rasanya yang lezat jamin bikin kalian ketagihan. Anda tak perlu khawatir kesusahan mencari makanan ini. Karena  dapat membuatnya sendiri dirumah dengan resep cara membuat ayam serundeng yang sudah pasti nikmat dan lezat. Anda tak perlu repot tuk mencari penjualnya, karena berikut ini akan akan dibahas tentang cara membuat ayam serundeng di dapur kalian sendiri.

Resep Membuat Ayam Serundeng

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Serundeng:

  • Gula merah secukupnya.
  • Buah kelapa setengah bagian.
  • Garam secukupnya.
  • 1 sendok makan ketumbar.
  • Asam jawa secukupnya.

Bumbu Untuk Dihaluskan:

  • 2 buah bawang putih.
  • Kunyit seukuran ruas jari.

Bahan Ayam Goreng:

  • Bawang putih 2 buah, di
  • Jeruk nipis 2 buah yang sudah dibelah-belah.
  • 500ml air kelapa.
  • Garam secukupnya.
  • Ketumbar bubuk 2 sendok makan.
  • 1 ekor ayam kampung atau ayam potong. Mintalah penjual ayam untuk memotongnya menjadi empat bagian.

Proses Membuat Ayam Serundeng Hitam Manis:

  • Sebelum mulai memasak, Anda perlu menyiapkan semua alat yang akan digunakan. Alat-alat tersebut adalah panci, wajan, wadah, blender atau parutan, dan alat peniris.
  • Setelah semua peralatan dan bahan siap, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memarut buah kelapa. Kemudian, sangrai parutan kelapa hingga tampak kecokelatan. Lalu, haluskan kelapa yang telah disangrai menggunakan blender.
  • Cuci ayam hingga bersih. Kemudian, ungkep ayam dengan menggunakan air kelapa. Tambahkan garam, ketumbar, perasan jeruk nipis, dan bawang putih ke dalam ungkepan ayam. Aduk-aduk ungkepan ayam agar bumbu meresap dengan merata ke daging ayam. Lalu, tunggu beberapa saat hingga air kelapa surut.
  • Anda bisa menghaluskan kunyit dan bawah putih untuk bumbu serundeng seraya menunggu ayam siap. Proses menghaluskan sebaiknya dilakukan secara manual dengan penggilingan. Namun bila memasak dalam jumlah lebih banyak, Anda bisa menggunakan food processor atau blender. Anda bisa menambahkan sedikit air saat menggiling bumbu memakai blender.
  • Siapkan wajan yang berisi minyak dan panaskan minyak untuk menggoreng ayam.
  • Goreng ayam hingga kecokelatan. Jangan menggorengnya terlalu lama, jika ayam sudah terlihat berubah warna menjadi kecokelatan, segera angkat dan tiriskan. Beberapa saat kemudian, warna ayam akan menghitam. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya karena itu merupakan efek dari air kelapa. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan rasanya karena walaupun warnanya hitam, rasanya tidak pahit sama sekali.
  • Anda bisa mulai memasak serundeng setelah ayam siap. Tumis bumbu halus serundeng hingga aromanya harum. Setelah itu, masukkan parutan kelapa ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam, asam jawa, dan gula merah. Masaklah serundeng dengan api kecil. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya juga agar rasa bumbu merata. Bila dirasa sudah cukup rata, matikan api dan masukkan ayam goreng seraya diaduk-aduk sekali lagi.
  • Setelah ayam dan serundeng bercampur dan teraduk rata, maka Anda bisa mengangkatnya dari wajan dan menghidangkannya. Ayam serundeng paling enak disantap ketika masih hangat

Tips Dalam Membuat Ayam Serundeng

Perlu anda perhatikan ada beberapa hal yang penting dalam proses pembuatanya agar ayam serundeng yang kita buat nantinya memiliki cita rasa dan tekstur yang sempurna. Simak beberapa tips berikut untuk kalian:

  • Pada pembuatan ayam serundeng kelapa menjadi salah satu komponen yang penting. Sebaiknya pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua. Selain itu bagi anda yang merasa kerepotan jika harus memarut kelapa secara manual terlabih dahulu, tidak usah khawatir, sekarang ada mesin pemarut kelapa yang akan membuat kegiatan memasak anda lebih mudah dan asyik.
  • Pilihlah daging ayam yang masih segar, dan sebagai saran untuk menu ini lebih nikmat jika menggunakan ayam kampung. karena selain lebih besar-besar, rasa yang dihasilkan juga akan berbeda nantinya antara daging ayam kampung dan daging ayam potong biasa.
  • Pada saat proses membersihkan ayam ada baiknya ayam dilumuri dengan jeruk nipis terlebih dahulu. Hal ini untuk mengilangkan bau amis pada ayam, terutama jika anda menggunakan ayam potong biasa. Karena bau amis pada daging ayam akan merusak cita rasa hidangan ini nantinya. Selain itu dengan melumurinya dengan jeruk nipis, bakteri dan kuman pada ayam akan mati dengan sendirinya.
  • Ketika menyangrai kelapa, sebaiknya kalian aduk-aduk terus menerus, dan jangan sesekali meninggalkan kelapa yang sedang disangrai. Hal ini akan menyebabkan kelapa tidak matang secara merata atau kegosongan pada serundeng nantinya. Tentu saja serundeng yang gosong rasanya menjadi pahit dan akan merusak rasa masakan ini nantinya.
  • Pada saat menggoreng ayam usahakan tutup wajan dengan tutup panci atau semacamnya. Hal ini untuk menghindari jika ada minyak panas yang terpercik keluar. Karena jika minyak panas yang terpercik dari ayam tepapar pada kulit kalian, itu akan menyebabkan kulit kalian melepuh nantinya. ada baiknya menggunakan mesin Deep Fryer untuk hasil yang lebih sempurna

bunbu ayam serundeng

Demikian pembahasannya tentang resep membuat ayam serundeng hidangan ciri khas nusantara yang terkenal lezatnya. Dapat anda praktekan sendiri di rumah dan bisa menjadi menu varian yang beda untuk keluarga anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × two =