Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga Ternyata Keuntungannya Gede Lho

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga

Jenis bisnis sampingan ibu rumah tangga apa yang biasanya banyak dipilih? Seharian di rumah terkadang memang membosankan. Biasanya para ibu rumah tangga bangun lebih pagi untuk mempersiapkan sarapan dan membersihkan rumah. Selebihnya menghabiskan waktu dengan hanya menikmati hiburan di televisi. Sangat membosankan bukan?

Bisnis sampingan ibu rumah tangga

Peran ibu memang sangat berarti untuk keluarganya. Namun, ada baiknya tidak hanya menghabiskan waktu dengan hanya mengurus keluarga seharian. Hal tersebut justru akan membuat lelah sendiri dan akhirnya berujung pada rasa bosan. Padahal, ada berbagai cara untuk mengelabuhi rasa tersebut, yaitu dengan bisnis sampingan ibu rumah tangga.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bisnis sampingan ibu rumah tangga yang bisa dicoba. Bisnis tersebut bisa berasal dari hobi atau dapat dilihat dari segmentasi target sekitar lingkungan rumah. Bisnis sampingan yang paling sering dipilih adalah katering rumahan. Lalu ada bisnis apalagi yang bisa dicoba?

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Bisa Anda Coba!

  • Katering

Peluang bisnis pertama ini memang sangat menjajikan. Mengapa demikian? Umumnya, para ibu rumah tangga pasti memiliki kemampuan dasar untuk memasak. Semakin dilatih, maka semakin lihai pula untuk menciptakan rasa makanan yang lezat. Memiliki keahlian dalam memasak jangan hanya keluargamu yang bisa menikmati.

peluang usaha makanan modal kecil

Coba buka peluang katering yang bisa dinikmati banyak orang. Kebutuhan katering sendiri biasa dimanfaatkan saat ada acara pesta, hajatan, dan sebagainya. Usaha ini dapat dimulai dari skala kecil, yaitu dengan menawarkan dan memenuhi kebutuhan orang-orang terdekat, seperti teman, sahabat, tetangga, dan kerabat lainnya. jika semakin dikembangkan, kamu akan mendapatkan banyak pelanggan.

  • Kerajinan Tangan

Punya kreativitas tinggi mengapa tidak dikembangkan? Manfaatkanlah berbagai bahan yang ada, misalnya seperti material bekas atau bahan yang murah dan mudah didapatkan namun tetap memberikan hasil yang maksimal. Kerajinan tangan yang bisa kamu buat seperti hasil rajutan, merangkai bunga, dan sebagainya.

Buatlah sedemikian mungkin dengan tampilan menarik. Semakin menariknya kerajinan tangan yang dibuat dapat menentukan harga jual dari barang tersebut. Buatlah barang kerajinan tangan yang memiliki manfaat. Misalnya seperti tas, tempat pensil, figura, dan sebagainya. Jangan takut kehabisan ide, kamu bisa memanfaatkan jasa internet untuk menggali informasi lebih banyak.

  • Penulis Lepas

Menulis juga merupakan salah satu cara untuk mengisi kekosongan. Mulanya menulis hanya sekadar iseng tanpa tujuan. Namun, jika sudah berbakat dalam menulis untuk apa hanya sekadar iseng semata? Dari kepunyaan bakat hingga sampai ke tingkat mahir tentu bisa kamu uangkan lho. Kamu bisa mengamalkan tulisanmu ke berbagai platform media.

Meskipun hasilnya tidak seberapa, menjadi penulis lepas bisa dijadikan salah satu referensi bisnis sampingan ibu rumah tangga. Kemahiran dalam menulis sendiri berasal dari kebiasaan yang dilakukan secara rutin. Untuk menambah pembendaharaan kata sendiri bisa kamu mulai dengan cara rajin membaca. Jika sudah mahir, membuat novel pun pasti mampu.

  • Menjahit

Satu lagi kemampuan umum yang dimiliki ibu rumah tangga, yaitu menjahit. Mungkin sebagian ibu masih ada yang tidak bisa menjahit. Namun karena terdesak oleh kebutuhan, pasti akan membuat para ibu menjadi bisa menjahit secara otodidak. Jika, sudah mengenal jahit biasanya akan membuat ketagihan.

Kamu bisa mendapatkan pengasilan dengan cara menerima jahiran dari orang-orang di sekitar rumah. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa peranan penjahit sangat dibutuhkan pelanggan. Apalagi saat ini sudah tersedia mesin jahit portable. Desain yang diberikan pun semakin minimalis dan memiliki pengoperasian mudah, sehingga mampu memberikan hasil jahit yan maksimal.

  • Toko Kelontong

Untuk membuka toko kelontong kamu bisa mulai dengan skala kecil terlebih dahulu. Membuka toko kelontong juga bisa kamu lakukan sembari membenahi rumah. Bisnis sampingan rumah tangga ini semakin lengkap jika dibangun di daerah pengarangan rumah yang pandat penduduk. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan daerah yang jauh dari supermarket atau swalayan. Dengan demikian, warga tentu lebih memanfaatkan toko kelontong yang jaraknya lebih dekat.

Isi toko kelontong bisa berupa camilan atau jajanan, kebutuhan pelengkap makanan pokok seperti; telur; garam; gula, dan sebagainya. Seringkali toko kelontong juga dikombinasikan dengan penjualan obat-obatan dengan kategori sakit ringan, seperti pusing, demam, batuk, dan flu. Jika toko kelontong lebih mudah dicapai, untuk apalagi pergi ke supermarket bukan?

  • Jasa Laundry

Di daerah perkotaan ini masyarakat semakin ingin memanfaatkan jasa instan. Semua menginginkan serba cepat, praktis, dan otomatis. Dapat kita ambil contoh, seperti jasa laundry ini. Potensi laundry saat ini semakin berkembang pesat bagi warga yang tinggal di kota-kota besar. Para workaholic biasanya tidak memedulikan proses kebutuhan sehari-harinya secara rutin. Mereka tentu saja memprioritaskan cara praktis untuk menghemat waktu dan tenaga.

Ide Bisnis Rumahan Laundry Kiloan

Membuka jasa laundry sendiri juga tidak membutuhkan modal yang banyak. Kamu bisa mengandalkan satu mesin cuci yang sekaligus memiliki fungsi untuk mengeringkan. Untuk membuka bisnis sampingan ibu rumah tangga yang satu ini kamu bisa memanfaatkan lokasi strategis, seperti kampus, indekos, daerah perkantoran, dan sebagainya.

  • Menjual Kue

Kembali lagi untuk kamu yang memiliki hobi memasak. Menjual berbagai kue juga dapat kamu coba peruntungannya. Macamnya yang bisa kamu coba seperti kue kering atau kue basah. Kue kering biasanya nikmat disantap sebagai camilan karena memiliki tekstur renyah dan tidak membosankan. Sedangkan kue basah biasa disajikan sebagai sarapan pengganti nasi atau bubur.

Kue basah memiliki tekstur yang lebih padat dan mempunyai kandungan air yang banyak, sehingga mampu mengganjal perut. Untuk membangun bisnis ini, kamu perlu menyiapkan mixer dan oven rumahan. Semuanya bisa kamu mulai dari skala kecil. Jika bisnis sampingan ini berkembang, kamu bisa mengganti peralatan lain dengan kapasitas yang lebih besar.

  • Kursus Memasak

Percaya diri dengan keahlian memasakmu? Mengapa tidak membuka kursus memasak saja? Misalnya kamu memiliki keahlian dalam menyuguhkan berbagai masakan padang, namun masih kurang percaya diri untuk mengaplikasinnya dalam bisnis rumah makan skala besar. Bekal keahlianmu itu bisa disumbangkan untuk orang yang tertarik membuka rumah makan.

Pasang target pembiayaan dan atur strategi cara pembelajarannya. Terkadang hanya dengan mengandalkan resep saja belum menjamin masakan yang dihasilkan memenuhi rasa yang lezat. Semua butuh praktik langsung untuk menerapkan resep. Materi kursus memasak sendiri bisa kamu lengkapi mulai dari cara pemilihan bahan makanan, cara memasak, dan cara menyajikan.

Jadi para Bunda, mau jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang mana? Daripada suntuk seharian di rumah sambil menunggu suami pulang isi kekosonganmu dengan membuka bisnis yuk! Pilih dan sesuaikan dengan keinginan atau kebutuhanmu yah

 

 

 

(Zakiah)