Alat Press Plastik Sederhana

Alat press plastik sederhana adalah suatu benda yang digunakan untuk menyegel kemasan berbahan dasar plastik. Alat ini sering digunakan oleh industri pabrik rumahan yang menjual produk makanan atau minuman. Ada berbagai macam jenis alat press plastik. Meskipun banyak macamnya, alat ini memiliki satu fungsi utama, yaitu menyegel.

Wirapax Mesin Vacuum Sealer DZ-280A

Penyegelan plastik juga bertujuan untuk melindungi fisik produk. Hal-hal yang patut dilindungi seperti benturan fisik saat pendistribusian, alot pada makanan, tumpah atau bocornya minuman, dan lain-lain. Senada dengan itu, menggunakan kemasan juga dapat meyakinkan konsumen bahwa produk terlindungi dari bakteri.

Dahulu, para pebisnis rumahan masih menggunakan cara tradisional dalam menyegel, yaitu dengan lilin. Penggunaan lilin memang sangat efektif dan menekan biaya produksi. Produk yang dijual menggunakan lilin ini biasanya didistribusikan di berbagai warung kecil. Produknya pun laku keras oleh warga sekitar.

Namun, jika dijual secara luas di pasar swalayan mungkin akan kalah jauh dari jenis produk lainnya. Menyegel menggunakan lilin terkadang menimbulkan bercak hitam. Tidak jarang juga banyak kegagalan saat penyegelannya. Proses segel yang terlalu lama terkena api lilin akan menyebabkan plastik bolong, menyusut, bahkan terbakar.

Hal itu tentu akan merugikan produsen karena perlu mengganti plastik. Lambat laun para produsen mencari cara untuk mengatasi kejadian tersebut. Salah satunya menggunakan alat press plastik. Berbagai toko mesin kemasan memberikan harga yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan modal para pebisnis rumahan.

Oleh karena itu, banyak para pebisnis tersebut mulai beralih menggunakan cara modern. Salah satu alat press plastik yang sering digunakan adalah hand sealer. Hand sealer adalah alat press plastik yang mudah untuk dioperasikan. Selain itu, ukurannya yang tidak memakan tempat mempermudah operator untuk membawa ke mana saja.

Hand sealer juga memiliki harga yang paling murah dari jenis alat press plastik lainnya. Dengan harga di bawah 1jt Anda sudah bisa mendapatkan alat press ini. Tidak salah banyak para pemula bisnis yang lebih memprioritaskan hand sealer daripada jenis alat press plastik lainnya. Namun, bagi Anda yang ingin membuat alat press sendiri juga bisa lho.

Cara Membuat Alat press plastik sederhana

alat press plastik sederhana

Alat dan bahan

  • 1bh adaptor DC 12 Volt sebagai sumber tenaganya
  • ½ m kawat nikelin
  • 1bh saklar on/off
  • 1bh papan kayu
  • 1bh kayu sebagai alas dan gagang penekan
  • 1bh spons
  • 1m kabel ganda
  • 2bh baut

Langkah-langkah cara membuat alat press plastik sederhana

  1. Siapkan kayu persegi panjang dengan ukuran 40cm x 20cm. Lalu lengkapi dengan tempat untuk penjepit pada bagian depan.
  2. Buat sebuah lubang untuk menempatkan saklar pada bagian belakangnya.
  3. Tempelkan tatakan dari bahan lunak pada bagian permukaan kayu. Sesuaikan ukuran tatakan dengan gagang penekan yang Anda buat.
  4. Buatlah gagang penekan dari kayu. Buat dengan ukuran yang lebih panjang dari kotak kayu
  5. Tempelkan spons pada bagian bawah permukaan gagang penekan.
  6. Pasangkan gagang penekan pada tempat penjepit yang ada pada kotak kayu.
  7. Pasang saklar pada lubang yang sudah disediakan
  8. Pasang dua buah baut pada tatakan kotak kayu. Satu pada bagian muka dan satu lagi di belakang.
  9. Pasang kawat nikelin di atas tatakan. Kemudian kencangkan menggunakan baut.
  10. Hubungkan baut pada bagian muka dengan kabel pada arus negatif.
  11. Berikutnya baut bagian belakang dihubungkan dengan arus positif.
  12. Setelah kabel terpasang, pasang kedua kabel tersebut pada adaptor dan tutup menggunakan isolasi listrik.
  13. Lalu colokkan adaptopr pada steker listrik dan nyalakan alat press listrik yang telah Anda buat.

Alat Press Plastik tersebut masuk dalam jenis hand sealer. Penggunaan alat dan bahan yang mudah dicari memang menjadikan alat ini mudah untuk dibuat sendiri. Namun, karena sederhananya alat dan bahan yang digunakan terkadang hasilnya tidak terlalu memuaskan.

Anda juga harus memperhatikan secara rinci pada saat pemasangan kabel. Hindari penghubungan kabel arus positif dan negatif. Karena hal tersebut akan menyebabkan terjadinya korsleting arus listrik. Anda juga perlu menjauhi berbagai benda yang mudah terbakar. Hentikanlah penggunaan alat press ini jika Anda mencium bau hangus atau terbakar.

Membuat alat press sendiri memang sangat menghemat pengeluaran. Namun, jika Anda gagal merancang akan sangat berisiko untuk keamanan. Demi menjaga keamanan diri dari bahaya yang terjadi belilah alat press plastik di toko mesin kemasan terpercaya.

Tidak hanya hand sealer, beberapa bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga sering menggunakan foot sealer, vacuum sealer, dan cup sealer. Cara penggunaan dan hasil dari pengemasan mungkin berbeda, namun masing-masing alat press plastik tersebut memberikan kualitas hasil yang berbeda.

4 Jenis Mesin alat press plastik sederhana yang Perlu Anda Tahu!

  1. Hand Sealer

Hand sealer merupakan alat press yang paling banyak digunakan pemula bisnis. Selain harganya yang relatif murah, hand sealer juga mudah dioperasikan oleh siapa saja. Seperti pada pembahasan sebelumnya, alat segel ini memiliki bentuk tubuh yang flexibel. Itu mengapa hand sealer mudah dibawa dan ditempatkan di mana saja.

banner mesin hand sealer new

Sesuai dengan namanya, cara pengoperasian alat ini menggunakan tangan. Anda perlu menurunkan tuas penyegel dan merapatkan ke plastik produk. Memilih alat press plastik ini bisa Anda dapatkan dengan harga di bawah Rp1jt.

  1. Foot Sealer

Foot sealer, yaps alat press ini menempati posisi kedua setelah hand sealer. Menggunakan alat ini lebih dimudahkan sedikit karena proses pengoperasiannya menginjak pedal, yaitu dengan kaki. Tidak jauh berbeda dengan hand sealer, menggunakan alat press ini juga memberikan hasil yang sama kualitasnya.

banner Foot Sealer New

Namun, untuk masalah harga tentu foot sealer lebih mahal daripada hand sealer. Bahan utama yang sering digunakan dalam pengemasan ini adalah PVC, PE, PP, dan PET. Foot sealer juga bisa digunakan untuk alumunium foil, copper foil, tin foil, dan campuran dari polystyrene.

  1. Vacuum Sealer

Vacuum sealer memiliki hasil berbeda dari jenis alat press plastik sederhana lainnya. Alat ini dapat memberikan efek susutan dan mengosongkan udara di dalam kemasan. Beberapa produsen mulai mencoba memanfaatkan keunggulan dari alat ini. biasanya vacuum sealer digunakan untuk frozen food seperti sosis.

banner Vacuum Sealer New

Namun, saat ini tidak hanya makanan beku. Makanan kering, basah, dan beberapa produk lainnya juga menggunakan vacuum sealer. Karena memberikan efek hampa udara, produk yang menggunakan alat ini lebih terlindungi dari berbagai kemungkinan buruk terjadi, seperti bakteri, dan yang lainnya.

  1. Cup Sealer

Siapa yang tidak mengenal alat press yang satu ini? Mungkin sebagian Anda memang tidak mengenal namanya, namun jika melihat bentuk fisiknya bukan suatu hal yang jarang. Cup sealer merupakan alat penyegel yang digunakan untuk mengemas gelas plastik. Alat ini sudah sangat banyak digunakan oleh para pebisnis rumah.

banner Cup Sealer New

Namun, siapa sangka para pebisnis kuliner di berbagai restoran juga ikut serta memanfaatkan teknologi modern ini. Namun, berbeda dengan bisnis rumahan yang menggunakan cup sealer manual. Banyak restoran yang lebih memprioritaskan penggunaan cup sealer otomatis agar tidak menghambat waktu pekerjaan.

Cara Merawat Alat Press Plastik

            Alat press plastik bekerja dengan menghantarkan panas ke plastik hingga merekat. Jika pemanas tidak bekerja secara efektif akan berpengaruh pada produk yang dikemas. Produk bisa mengalami kebocoran atau ketumpahan. Karena alat press yang tidak maksimal akan menyebabkan kemasan produk mudah terbuka.

            Jika masih dipaksakan nilai jual produk akan menurun. Produsenlah yang akan menanggung kerugiannya. Sebelum alat press terjadi kerusakan, ada baiknya Anda selalu memberikan perawatan setelah penggunaan. Jika perawatan tidak dilakukan secara rutin dan mesin mengalami kerusakan, Anda perlu memanggil teknisi dan akhirnya perlu mengeluarkan uang lagi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Bersihkan alat setelah pemakaian. Gunakankan kain lap bersih untuk menyeka seluruh bagian alat press, terutama bagian penyegel atau pemanas.
  2. Beri jeda pemakaian. Usahakan penggunaan alat press selama kurang lebih 4 jam. Setelah itu, istirahatkan selama 1 jam. Lalu Anda bisa mengoperasikan kembali.
  3. Jauhkan dari anak-anak. Bentuk alat yang menarik seringkali membuat penasaran anak-anak untuk memainkannya. Namun, jika asal atau salah menggunakan akan berdampak buruk untuk alat dan anak.

Bagi para pebisnis rumahan mengemas produk adalah salah satu hal yang penting. Daripada menggunakan lilin, lebih baik Anda memilih alat sealer plastik. Anda juga bisa mencoba sendiri di rumah pembuatan hand sealer sederhana. Namun, jika memang belum yakin segera gunakan alat press plastik yang tersedia di berbagai toko mesin kemasan.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

14 + 15 =