Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Jenis Usaha Sampingan Online Ini Bisa Kamu Coba Dari Rumah Lho

Jenis Usaha Sampingan

Meningkatnya kebutuhan sehari-hari membuat banyak orang mencari jenis usaha sampingan. Dengan mengandalkan gaji pokok semata, terkadang belum cukup menutupi segala kebutuhan sehari-hari. Alhasil, berbagai jenis usaha sampinganlah yang perlu dilakoni. Memilih usaha sampingan ini juga dapat dijalani “sambil menyelam minum air”.

pekerjaan sampingan tanpa modal

Kamu tidak perlu terlalu fokus hingga mengenyampingkan pekerjaan utama. Apalagi jika usaha tersebut belum menjanjikan dan kamu sudah berani untuk meninggalkan pekerjaan utama. Hal tersebut bisa saja berisiko untukmu. Jenis usaha sampingan ini bisa kamu jalani sembari bekerja. Misalnya membuka penjualan setiap malam setelah bekerja, atau dijalankan setiap hari libur.

Semuanya tergantung padamu untuk menciptakan strategi dalam berbisnis. Namun, terkadang beberapa jenis usaha sampingan banyak yang menyita waktu. Itu juga yang menyebabkan banyak orang yang gagal dalam membagi waktu antara pekerjaan tetap dan usaha sampingan. Untuk, mengatasi hal tersebut. Kamu bisa memilih beberapa usaha yang dikejerjakan secara online.

Apa Saja Jenis Usahanya?

  • Mengikuti Survei Online

Biasanya beberapa survei dilakukan secara cuma-cuma dan memilih responden secara acak. Survei sendiri bertujuan untuk mengumpulkan penentuan yang akan digunakan sesuai dengan hasil akhir. Survei juga bertujuan untuk membandingkan dari dua atau lebih sampel yang digunakan. Berikutnya hasil survei akan dirangkum.

Nah, untuk beberapa orang awam, mungkin baru mengetahui bahwa dengan mengikuti survei juga dapat membuahkan hasil berupa uang. Tugasmu hanya mengisi berbagai pertanyaan survei seperti biasa. Berikutnya kamu akan mendapatkan poin. Poin tersebut nantinya bisa kamu tukar dengan reward seperti, uang, voucher, dan sebagainya. Situs survei yang bisa kamu kunjungi adalah SurveyOn, GlobalTestMarket, Clixsense, Mobrog, YouGov Indonesia, dan OpinionWorld.

  • Menjadi Admin Media Sosial

Candu bermain media sosial? Daripada sekadar membuang-buang waktu lebih baik kamu cari peluang usaha sampingan ini di berbagai perusahaan atau pebisnis. Terlebih lagi jika kamu memiliki keahlian dalam menguasai berbagai fitur sosial media, tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri. Menjadi admin media sosial bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja asal terdapat sinyal internet yang baik.

Meskipun terlihat mengasyikan, di akhir bulannya kamu harus membuat laporan dan mencermati penjualan atau promosi produk tempat bekerja. Untuk menjadi admin media sosial kamu juga harus kreatif dalam mengolah kata menjadi caption yang menarik. Selain itu, kamu harus berlatih sabar dalam menghadapi berbagai customer yang sulit diajak kerja sama. Kamu harus berlatih berinteraksi dengan kata-kata yang tertata rapi serta memanfaatkan fitur emotikon. Hal itu dapat membantu meredakan emosi customer.

  • Menulis Artikel SEO

Saat ini jasa penulis semakin digandrungi. Salah satunya seperti penulis artikel SEO ini. Penggunaan SEO (Search Engine Optimization) berfungsi untuk meningkatkan peringkat situsmu. Banyak beberapa perusahaan yang mempekerjakan orang yang jago menulis dengan SEO friendly. Untuk harga artikel SEO ini beragam, ada yang memperhitungkan 600 kata dibayar dengan Rp50rb, namun ada juga yang lebih dari itu.

Jenis Usaha Sampingan online

Namun, sebelum bergabung dengan jenis usaha sampingan ini, kamu perlu memahami penjelasan SEO. Kamu juga perlu memiliki bekal menulis yang informatif dan persuasif. Kedua kriteria tersebut merupakan artikel yang bermanfaat dan dicari banyak pembaca. Untuk mengetahui informasi mengenai SEO kamu bisa mengunjungi website Kissmetrics.com atau Yoast.com. Sedangkan situs yang membuka jasa menulis adalah Freelancer.co.id , Upwork.com , dan sebagainya.

  • Menjadi Translator

Kalau usaha sampingan yang satu ini perlu keahlian khusus. Menjadi translator juga bisa kamu lakukan di rumah. Biasanya artikel yang akan diterjemahkan dibayar mulai dari Rp25rb. Harga tersebut bisa semakin naik sesuai dengan jumlah artikel atau naskah yang akan diterjemahkan. Kebutuhan penerjemah saat ini cukup tinggi lho.

Banyak perusahaan yang sengaja mempekerjakan freelance atau part time. Apalagi keberadaan perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia cukup banyak. Dapat dipastikan mereka perlu tenaga pekerja tambahan untuk menerjemahkan berbagai dokumen. Bahasa asing yang paling dasar adalah bahasa Inggris. Beberapa perusahaan menerapkan untuk ukuran A4 dengan jumlah 250 kata dihargai Rp250rb.

  • Menjadi Desainer

Usaha sampingan yang satu ini sangat dinikmati bagi kalian yang memang memiliki hobi desain-mendesain. Lingkup desain sendiri sangat luas, mulai dari jasa pembuatan logo, kaos atau pakaian, brosur, dan sebagainya. Untuk memulai usaha ini, kamu dapat memposting beberapa hasil karyamu di berbagai media sosial. Sertakan hashtag agar lebih mempermudah dalam pencarian.

Kamu juga bisa menginformasikan melalui broadcast melalui berbagai aplikasi chat. Saat ini kebutuhan desain semakin dicari untuk menarik perhatian massa. Melalui visualisasi, informasi yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh masyarakat. Beberapa situs yang menyediakan pekerjaan ini adalah 99design.com dan TeeSpring.com.

  • Menjadi Buzzer

Tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, usaha sampingan berikut ini juga mengandalkan media sosial. Buzzer adalah seseorang yang mempromosikan secara luas dan turut memviralkan produk atau konten apa pun itu melalui media sosialnya sendiri. Namun, dengan persyaratan kamu harus memiliki jumlah followers yang cukup banyak.

usaha sampingan modal kecil

Pembayaran buzzer disesuaikan dengan jumlah like atau retweet pada followers-nya. Beberapa buzzer dipatok harga Rp200-250rb per tweet jika followers di bawah 5.000 orang. Kebayang dong jika followers di atas 5.000 maka berapa jumlah uang yang kamu dapatkan? Untuk menjadi buzzer sendiri bahkan bisa merauk keuntungan hingga jutaan rupiah.

  • Menjadi Youtuber

Kalau bisnis yang satu ini lebih banyak digeluti oleh anak-anak muda. Menjadi youtuber sendiri mengharuskanmu sekaligus memiliki dasar content creator. Kamu harus mengisi channel youtube-mu sekreatif mungkin demi mendapat perhatian publik. Pasalnya publiklah yang menentukan besarnya viewers yang menonton videomu.

Saat ini, sajian video kini lebih menarik untuk dijadikan sarana hiburan. Sudah banyak beberapa orang yang terkenal melalui situs YouTube ini. Untuk menjadi youtuber, jangan lelah mencari konten yang kreatif ya! Penghasilan seorang youtuber ini bisa mencapai jutaan rupiah.

Berbagai jenis bisnis sampingan di atas bisa kamu jalankan dengan menyesuaikan waktumu. Apalagi dikerjakannya secara online, tentu saja akan lebih mempermudah pekerjaan. Namun, kamu juga harus memiliki deadline tersendiri agar selalu disiplin dalam menjalani usaha sampingan online ini.

 

 

(Zakiah)