WeCreativez WhatsApp Support
CS Wiratech
Hi, ada yang bisa kami bantu ?

Bisnis Modal 1 Juta Ternyata Banyak Yang Dapat Dicoba, Part 2

Bisnis Modal 1 Juta

Bisnis Modal 1 Juta bisa dibilang kini sangat banyak sekali modal usaha yang hanya bermodal usaha 1 juta. Bahkan kini juga telah banyak franchise bermodal 1 juta yang bisa anda coba untuk memulai usaha anda memiliki hasil yang berlipat.

modal usaha 1 juta

Anda jangan khawatir bila permasalahannya karena modal yang pas pasan tapi anda tetap bisa berbisnis dengan modal 1 juta tersebut. Memang banyak pebisnis pemula diluar sana yang berpikir bahwa untuk memulai bisnis, butuh banyak modal dana yang harus dikeluarkan. Bila tidak ada, maka bisnis tidak akan jalan.

Membangun sebuah bisnis sebenarnya tidak selalu memerlukan modal besar asalkan ada niat dan kerja keras yang ulet tentu akan membuahkan hasil. Meskipun dengan modal usaha 1 juta rupiah saja, usaha anda akan tetap jalan, asalkan strategi dan jenis usahanya tepat. Sebenarnya ada beberapa contoh usaha dibawah ini yang dapat bisa anda coba dengan modal usaha 1 juta rupiah saja:

Bisnis Desain Kaos, Tas, Hingga Produk Fashion Lain

Bila anda suka melukis dan sudah mahir maka salurkan kemampuan anda tersebut dalam bisnis kaos sablon untuk mengeruk keuntungan lebih banyak.

Anda bisa memulainya dengan bereksperimen pada kaos polos. Kemudian perlihatkan pada beberapa orang terdekat, seperti keluarga maupun sahabat. Bila pendapat mereka puas dengan desain anda bahwa desain Anda menarik dan punya nilai jual, lanjutkan dengan produk-produk lain. Misalnya: tas kain dan topi.

Kemudian dengan perlahan, cobalah menjual hasil desain Anda. Bila belum punya lapakatau kios sendiri, anda dapat promosikan karya anda melalui media sosial. Experimen klien pertama, Anda dapat mengincar mahasiswa, dan teman kantor terutama yang sering mengadakan acara. Pastinya mereka butuh kaos untuk seragam panitia. Anda tak perlu mematok harga terlalu mahal yang terpenting bisnis anda dapat dimulai dengan baik.

desain kaos

Anda bisa menyewa jasa pencetak yang murah, untuk menekan ongkos produksi. Tapi, anda harus tetap memperhatikan kualitas bahan produksi anda agar tidak mempengaruhi kualitas hasil cetak dan klien anda puas. Dengan begitu hasil karya design anda akan tetap laku dan disukai banyak orang. Bila sudah mendapatkan klien tetap, pisahkan antara penghasilan untuk ditabung dengan biaya operasional. Supaya bisnis anda tetap berjalan padahal modal awalnya hanya satu juta saja.

Bisnis Pulsa Ponsel di Depan Rumah

Walau kini orang banyak memilih beli pulsa ponsel lewat SMS atau ATM dan juga pulsa online pada toko online diinternet. Tapi, pada kalangan menengah ke bawah, masih banyak juga yang mencari konter pulsa ponsel disaat terdesak urgent. Seringkali terjadi pulsa mereka terlanjur habis dan ATM jauhnya bukan main.

Anda tak perlu repot mencari lapak untuk disewa dalam bisnis ini. Cukup buka lapak untuk menjual pulsa ponsel di depan rumah sendiri. Waktu operasionalnya dapat anda atur sendiri, sesuai keinginan anda.

Rincian Bisnis Pulsa Ponsel Modal 1 Juta

Rincian modal awali:

  • Deposit pulsa: Rp600.000,00
  • Etalase kaca: sekitar Rp200.000,00
  • Kartu perdana: Rp200.000,00 per pak

Namun, Jika tak ingin menggunakan etalase juga bisa kok. Cukup gunakan meja biasa dan jajarkan kartu nomor prabayar dan daftar penawaran paket pulsa. Laba yang diperoleh bisa sekitar minimal 200 ribu rupiah atau sekali isi Rp10.000, Anda mendapat untung dua ribu perak. Tentunya lumayan.

Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan juga memiliki cita rasa seni yang tinggi selain melukis. Bila keahlian anda adalah membuat kerajinan tangan (terutama dari barang daur ulang), maka keahlian tersebut dapat anda realisasikan dalam bisnis. Dengan modal 1 juta rupiah saja anda dapat memulai bisnis.

Sebagai contoh: Anda paling jago membuat kalung dari kerang atau gelang dengan tambahan manik-manik plastik warna-warni. keunikan tiap desainnya ialah salah satu kelebihan dari bisnis kerajinan tangan ini. Anda bisa membuat kalung atau gelang secara customised, yaitu sesuai permintaan pelanggan.

Bila Anda suka dan pandai dalam makrame (seni tali-temali), untuk membeli banyak tali bahkan bisa kurang dari sejuta rupiah. Dengan Rp550.000,00 saja, Anda sudah bisa mendapatkan 15 warna tali. Sisanya bisa untuk membeli manik-manik, gunting, dan gantungan.

Karena membuatnya sulit, butuh konsentrasi tinggi, memakan waktu, dan perlu cita rasa seni, jangan mau bila ada yang ingin membeli dengan harga murah sekali. Berhubung pasarnya cukup segmented, Anda bisa menawarkan pada pemesan pribadi, pencari suvenir pernikahan, hingga penjual aksesori. Untuk memasarkan kerajinan tangan buatan Anda, cukup andalkan media sosial seperti Instagram.

Bisnis Suvenir (untuk Pernikahan atau Ulang Tahun)

Bisnis ini dapat menggabungkan dua keahlian: kerajinan tangan dan desain. Baik untuk pernikahan atau acara ulang tahun anak, Anda bisa memulainya dengan modal 1 juta rupiah saja. Meskipun terkesan musiman, sekalinya mendapatkan proyek, biasanya Anda akan untung besar.

Contoh: suvenir dari kain flanel. Anda ingin membuat suvenir pernikahan dari bahan ini, yaitu berupa gantungan kunci. Caranya adalah dengan membeli dulu sekitar 50 gantungan kunci dan semeter kain flanel. Gantungan kunci sebanyak lima lusin hanya lima ribu perak. Kain flanelnya sendiri sekitar Rp15.000,00.

Untuk lemnya, Anda cukup mengeluarkan dua ribu perak untuk empat buah. Jangan lupa benang jahit yang hanya dua ribu perak untuk satu gulung. Selain itu, jarum jahitnya hanya lima ratus perak dan biaya maintenance kira-kira hanya Rp3000.

souvenir pernikahan

Setelah ditotal, hasilnya tidak sampai lebih dari 30 ribu perak. Lalu, bayangkan Anda menjual gantungan kunci berhias boneka flanel ini Rp4000,00 per item. Bila dikalikan dengan 50, Anda bisa mendapatkan 200 ribu perak.

Belum lagi kalau ada yang memesan sampai 250 gantungan kunci. Satu juta rupiah kembali ke tangan Anda. Bila keuntungan sekitar satu juta rupiah dikurangi dengan total 30 ribu perak tadi, maka keuntungan Anda bisa sekitar 800 ribu rupiah.

Bisnis Pomade

Bisnis ini banyak dicari oleh kaum muda milenia dan sedang trend saat ini. Memang pangsa pasarnya sangat terbatas hanya untuk kaum pria. Meskipun modal yang dibutuhkan sangat kecil, tapi bila pandai menarik pembeli, keuntungan yang akan diperoleh bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya.

Minuman Olahan

Latah dan suka mencoba hal baru adalah ciri konsumen di Indonesia kebanyakan. Selain makanan ringan, minuman pun juga memiliki tren sendiri. Anda harus selalu update tentang jenis minuman yang banyak dicari oleh konsumen saat ini. Modalnya yang diperlukan tidak besar dan hampir dipastikan setiap hari pasti ada yang membeli minuman yang Anda jual.

Bisnis Dropship

Dengan melakukan dropship kini bisa anda lakukan walau tak punya banyak dana,  dengan motivasi ingin menjalankan sebuah bisnis secara mandiri. Jenis usaha modal Rp 1 juta ini hanya mengandalkan kemampuan promosi saja. Jadi Anda menjual barang milik orang lain tanpa perlu membelinya. Kuncinya Anda harus mengetahui jualan apa yang paling laku saat ini kemudian menjalin relasi dengan pemilik barang dengan modal hanya Rp 1 juta.

Jasa Penyewaan Lahan Parkir Motor

Kebetulan, lahan depan rumah Anda luas sekali dan terletak di daerah strategis. Kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk jasa penyewaan lahan parkir motor? Bisnis ini paling laris bila ada yang sedang mengadakan acara hajatan di daerah sekitar rumah Anda. Biasanya, banyak para undangan yang kelabakan mencari tempat parkir.

sewa lahan parkir

Bahkan, bisa jadi Anda tidak perlu lebih dari modal usaha 1 juta rupiah untuk menyewakan lahan parkir. Tapi, tanggung jawabnya besar sekali, Bila kamu khawatir tidak sanggup menjaga semua motor sendiri, kamu bisa mengajak saudara atau teman untuk sama-sama mengawasi.Setelah itu, Anda bisa membagi hasil keuntungan dengan mereka. Tapi, pastikan harus adil dan merata.

Menjadi Seorang Penulis Konten atau Penerjemah Lepas

Sekarang banyak perusahaan atau bisnis yang membutuhkan jasa penulis konten online. Bila kebetulan Anda memiliki laptop sendiri dan koneksi internet di rumah, modal awalnya bahkan tidak sampai 1 juta rupiah. Bahkan, paket data untuk internet yang bisa Anda beli perkiraan harganya seperti ini:

Paket data: Rp600.000,00

Isi ulang pulsa: Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00

Solusi lain, Anda bisa menyewa coworking space per hari (khusus untuk koneksi internet dan tempat kerja yang lebih nyaman). Ada beberapa tempat ini yang hanya mematok harga sewa Rp50.000,00 – Rp150.000,00 per hari atau sekali datang. Anda bisa seharian penuh di sana dan mungkin bisa minum gratis.

Selain bergabung dengan perusahaan media yang bergerak di bidang penerjemahan dan konten, Anda juga bisa memulainya sendiri. Cukup promosikan jasa melalui media sosial. Selain itu, jangan lupa rajin mengelola blog sendiri atau mengikuti lomba menulis. Jadikan tulisan-tulisan lama sebagai portofolio digital.

Jangan lupa, bedakan antara tarif untuk tulisan berbahasa Indonesia dengan Inggris. (Bila ada bahasa asing lain, biasanya tarif lebih tinggi.) Berhubung semua tulisan dan terjemahan bisa dikirim bolak-balik lewat email, Anda bahkan tidak perlu  memikirkan biaya cetak tulisan.

Berhubung menulis konten dan menerjemahkan naskah membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, jangan lupa lakukan riset. Selain itu, perbanyaklah membaca berbagai topik dan terus latihan menulis. Dengan demikian, skill Anda juga akan lebih terasa.

penulis

Ternyata, ada banyak pilihan profesi dengan modal bisnis 1 juta rupiah saja. Selain kedelapan contoh di atas, apakah Anda punya ide lain yang lebih baik? Selama usaha yang dipilih sesuai minat dan tidak memakan banyak biaya, modal usaha 1 juta rupiah saja sepertinya lebih dari cukup. Demikian Pembahasannya tentang bisnis modal 1 juta yang dapat anda coba lakukan untuk memulai usaha anda. Bila strategi anda tepat maka pasti anda akan mendapatkan hasil yang berlipat.