Modal Usaha 1 Juta

Dengan modal usaha 1 juta bisa buat apa ya? Banyak orang yang mencari cara untuk membangun usaha dengan cara yang mudah. Namun, salah satu kendalanya usaha tidak berjalan adalah modal. Padahal tidak selamanya untuk membangun bisnis membutuhkan modal usaha yang banyak. Dengan modal usaha 1 juta kamu juga bisa memulainya kok.

Kamu bisa memanfaatkan cara tersebut tanpa menggunakan mesin. Seperti yang kita tahu memanfaatkan mesinlah yang menjadikan pengeluaran budget membengkak. Carilah usaha yang minim penggunaan mesin dan bisa dilakukan secara manual. Salah satu usaha yang mudah dijalani adalah kuliner.

modal usaha 1 juta

Kuliner di Indonesia memiliki keberagaman. Mulai dari jajanan atau camilan sampai makanan berat. Kamu juga dapat memanfaatkan rempah-rempah asli Indonesia. Namun, untuk memulai bisnis sering kali membuat bingung para pemula. Mereka tidak memahami bagaimana caranya untuk membangun usaha. Untuk itu, kami sajikan berbagai tips untuk memulai usaha sebagai berikut.

Tips Memulai Usaha Modal Kecil

  • Fokus pada satu usaha

Terlalu banyak rencana akan menjadikanmu batal untuk memulai usaha. Pilihlah satu usaha yang akan dijalankan. Pilih berdasarkan kesukaan dan prospek ke depan, sehingga saat menjalani bisnis tidak terasa terlalu berat untukmu. Kamu juga bisa memilih bisnis berdasarkan hobi dan kemudian dikembangkan.

  • Tentukan target pasar

Dalam membangun bisnis, kamu juga perlu memilih target pasaran. Segmentasi target pasar juga betujuan untuk mendukung usahamu. Misalnya kamu ingin menjual tas sekolah, namun lokasi penjualan berada di sekitar gedung perkantoran yang mayoritas para karyawan bukan anak-anak. Sesuaikanlah usahamu dengan target pasaran.

  • Punya konsep yang matang

Salah satu cara pebisnis untuk mengembangkan usahanya adalah dengan memiliki konsep yang matang. Kamu perlu mengembangkan kreativitasmu untuk mendapatkan hasil yang selalu ditunggu para pelanggan. Cara ini juga akan membuat para pelanggan tetap setia menanti usahamu. Dengan adanya konsep yang kreatif tidak akan membuat pelanggan bosan untuk memanfaatkan produk atau jasamu.

  • Terima saran dan kritik

Dalam memulai bisnis adanya saran dan kritik akan ikut mendomplang usaha kamu. Kamu boleh memiliki strategi yang matang, namun ada baiknya tetap meminta pendapat dengan kerabat terdekat atau orang terpercaya. Saran dan kritik mereka akan sangat membantu usahamu bergerak lebih baik.

  • Persiapkan modal dan tekan budget

Modal merupakan salah satu hal yang terkadang menjadi kendala dalam berbisnis. Padahal tidak semua bisnis perlu menghabiskan modal banyak. Usaha dengan modal 1 juta juga dapat kamu lakukan dengan persiapan matang. Karena baru mengawali bisnis, ambil perhitungan yang matang agar kamu tidak menghabiskan banyak uang.

  • Selalu wawas diri

Setelah menjalankan rencana dalam berbisnis, lakukanlah evaluasi. Baik itu evaluasi diri maupun evaluasi kelompok bersama kerabat bisnis lainnya. Wawas diri ini dilakukan untuk mengoreksi bagian mana yang harus dihilangkan dan bagian mana yang perlu ditambahkan. Semuanya bertujuan untuk membuat bisnismu berjalan lebih seimbang.

Beberapa tips di atas cocok banget untuk kamu yang baru merintis usaha. Sekarang kamu gak perlu bingung dan pesimis lagi yaa. Masih banyak cara untuk merasih kesuksesan. Lalu apa saja bisnis yang bisa dirintis dengan modal usaha 1 juta? Banyak! Jangan bersedih berikut berbagai usaha yang dapat kamu coba.

Jenis Bisnis dengan Modal Usaha 1 Juta

  • Makanan ringan

Selain memiliki target pasar yang luas, menjual makanan ringan tidak membutuhkan modal besar bahkan mencapai jutaan. Salah satu makanan ringan yang dapat kamu jual adalah keripik. Untuk membuat keripik kamu hanya membutuhkan bahan umbi-umbian dan tambahan bumbu. Sedangkan memotong umbi masih bisa dilakukan dengan cara manual, yaitu memanfaatkan tenaga pisau dapur.

keripik buah
keripik buah

Selain keripik, kamu juga dapat menjual kue kecil-kecilan. Kue sering digunakan sebagai alternatif pengganti menu sarapan pagi. Untuk memilih bisnis ini kamu hanya perlu mengeluarkan modal Rp300.000-500.000.

  • Menjual sarapan

Masih belum lepas dari makanan, ide bisnis berikut ini juga menjanjikan. Para pekerja yang sibuk biasanya tidak sempat untuk membuat sarapan di rumah. Nah, jika kamu menjual sarapan akan sangat membantu para pekerja tersebut. Menjual sarapan juga tidak membutuhkan modal banyak. Kamu juga tidak perlu menggunakan mesin.

bahan pembuat roti tawar

Sarapan yang bisa kamu siapkan seperti Roti Bakar, nasi kuning atau nasi uduk. Tidak lupa juga untuk menyiapkan berbagai gorengan sebagai pelengkap untuk menambah nafsu makan pelanggan. Dengan modal Rp500.000-Rp1juta kamu bisa memulai usaha dengan asumsi kamu sudah memiliki peralatan dapur yang lengkap. Dengan demikian, kamu dapat meraih keuntunan sekitar 30%-40%.

  • Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan ini juga minim pengeluaran untuk modal. Memulai kerajinan tangan kamu dapat memanfaatkan berbagai barang bekas yang masih layak pakai. Tidak hanya barang bekas, kamu juga bisa memilih barang-barang ringan dengan harga murah untuk dijadikan kerajinan yang bermanfaat.

kerajinan stik es krim

Barang-barang yang bisa digunakan adalah Stik Es Krim,kaset CD, botol plastik, tutup botol, kain flannel, stik es krim, dan masih banyak jenis lainnya. Untuk memulai bisnis ini kamu hanya memerlukan modal usaha 1 juta bahkan bisa kurang dari itu. Itu semua tergantung jenis kerajinan yang kamu buat.

  • Membuka usaha ternak

Untuk memulai usaha ini memang dibutuhkan keseriusan dan niat dalam mengelolanya. Modal yang perlu kamu keluarkan sekitar Rp1juta dengan rincian membeli terpal Rp100.000 x 2= Rp200.000, benih ikan lele Rp150/ekor x 1000 = Rp150.000. Sisanya dapat digunakan sebagai pakan.

bisnis ternak

Asumsi harga per kilo misalnya Rp20.000. Kamu mendapatkan 100kg dalan satu kali panen. Rp20.000 x 100kg = Rp2.000.000. Keuntungannya tentu lebih besar daripada modal awal. Jika kamu menanam 3000 ekor pasti bisa menghasilkan lebih banyak lagi.

  • Menjual minuman olahan

Kamu punya hobi bereksperimen dengan minuman sehat dan segar? Kesempatan itu dapat kamu manfaatkan sebagai lahan berbisnis. Kamu harus mencari informasi terkini terkait minuman yang sedang populer. Salah satu minuman segar dan sehat yang dapat kamu coba adalah jeruk peras alami, es krim,dll

Bisnis Es Kristal

Untuk memeras jeruk memang dapat menggunakan cara manual. Namun, akan sangat melelahkan jika memeras dalam jumlah yang banyak. Kamu bisa memanfaatkan alat peras jeruk. Jangan khawatir terkait harga. Dengan persiapan uang Rp200.000 kamu bisa mendapatkan alat tersebut.

 

Masih banyak kesempatan yang dapat kamu raih keuntungannya. Merintis bisnis juga bisa kamu mulai dari hobimu. Cari tahu kegemaranmu lalu kembangkan. Siapa tahu juga hobimu menjadi kriteria untuk memulai bisnis dengan modal usaha 1 juta. Jadi jangan patah semangat ya!

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

7 + six =