Tips Memilih Daging Dengan Cermat

Tips Memilih Daging – Daging merupakan salah satu bagian lauk pauk dalam konsep 4 sehat 5 sempurna. Konsep 4 sehat mencakup karbohidrat pada makanan pokok seperti nasi; lauk pauk seperti daging sapi, ikan, ayam, tempe, dan tahu; sayuran; dan buah-buahan. Namun, akan menjadi sempurna jika ditambahkan dengan susu.

bagian daging sapi

Daging memiliki tekstur padat dan memiliki banyak serat. Daging yang paling banyak diminati konsumen adalah daging sapi. Karena memiliki susunan jaringan yang padat dan memiliki tulang besar, daging mudah diolah dalam bentuk apa pun.

Berbeda dengan ikan, Anda harus berhati-hati untuk memilah duri-durinya terlebih dahulu sebelum diolah. Senada dengan itu, Ayam juga memiliki tulang di beberapa bagian dagingnya. Meskipun tidak sebahaya duri ikan, pengolahan Ayam juga harus memperhatikan bagian tulang-tulangnya.

Daging memiliki susunan tulang besar yang mudah ditemukan dan dipisahkan saat dipotong menjadi beberapa bagian. Karena itulah alasan konsumen gemar mengonsumsi daging sapi. Daging sapi tidak akan menghambat makan Anda karena bisa langsung dilahap tanpa harus menyingkirkan duri atau tulangnya terlebih dahulu.

Ada berbagai jenis olahan daging yang dapat Anda nikmati. Mulai dari daging panggang, dijadikan rendang, steak, sup daging, dan masih banyak lagi. Namun, karena daging berasal dari potongan tubuh hewan, pasti akan menimbulkan aroma amis.

tips memilih daging

Ada hal sederhana yang perlu Anda perhatikan untuk menghilangkan aroma amis pada daging. Jika Anda ingin memasukkan ke kulkas, sebaiknya daging tidak dicuci telebih dahulu karena akan menghilangkan segar dan justru menimbulkan aroma amis. Selama ini, banyak orang yang beranggapan daging harus segera dicuci baru dimasukkan ke kulkas agar menghilangkan aroma amis.

Pernyataan tersebut tentu salah, kecuali jika Anda langsung mengolah daging setelah membeli. Maka daging dapat segera dicuci kemudian diolah sesuai dengan selera Anda. Sedangkan jika Anda menyimpan di dalam kulkas terlebih dahulu, ada baiknya daging tidak dicuci.

Nah, jika Anda ingin mengolah daging yang sebelumnya dimasukkan kulkas, barulah Anda cuci terlebih dahulu. Daging tidak disarankan untuk direndam lama karena akan menghilangkan rasa segar. Cucilah daging sekilas dalam waktu beberapa menit sekaligus untuk menghilangkan darah. Untuk beberapa olahan makanan, setelah dicuci ada baiknya daging diberikan perasan jeruk nipis.

Itu adalah salah satu cara sederhana yang dapat Anda coba. Masih banyak cara lainnya menggunakan perasan nanas, tomat, jahe, dan sebagainya. Selain cara-cara tersebut untuk mengurangi bau amis pada daging, Anda harus memahami berbagai tips memilih daging segar di pasar. Jangan sampai Anda tidak dapat membedakan daging segar atau daging yang sudah lama dipajang.

Tips memilih daging segar

  1. Memperhatikan warna daging

Saat membeli, daging yang harus Anda pilih memiliki warna merah segar. Daging merah segar tidak terlihat pucat atau kotor.

  1. Mencium aroma daging

Daging segar memiliki aroma yang gurih tanpa menimbulkan bau busuk atau amis sedikit pun. Jangan mudah tertipu dengan strategi promosi para pedagang. Anda harus menjadi konsumen cerdas. Meskipun daging hanya menimbulkan sedikit bau amis, ada baiknya Anda membeli daging di tempat yang berbeda.

  1. Melihat tekstur daging

Untuk memilih daging yang segar, Anda dapat menekan permukaan daging. Jika saat ditekan kemudian daging kembali ke bentuk semula dapat dipastikan daging tersebut masih segar. Sedangkan jika permukaan daging terasa lembek, sebaiknya Anda hindari karena daging tersebut akan merujuk ke masa pembusukkan.

  1. Menghindari membeli daging beku

Daging beku memang bisa Anda manfaatkan. Namun, daging yang sudah beku memiliki tingkat kesegaran yang kurang. Jika Anda terpaksa mengonsumsi daging beku, pilihlah daging yang tidak terlalu banyak bunga esnya. Karena daging dengan bunga es menggambarkan penyimpanan yang sudah cukup lama. Daging beku juga kurang cocok untuk di olah menggunakan mesin giling daging

  1. Menghindari daging yang berair

Daging yang memiliki kadar air berlebih dapat diperkirakan berasal dari hasil sapi gelonggongan. Daging gelonggongan adalah saat posisi sapi masih hidup dipaksa masuk air ke tubuh dengan jumlah volume yang sangat banyak. Tujuannya untuk memberatkan bobot sapi, sehingga harga penjualan sapi meningkat drastis.

Lebih baik Anda memilih daging yang digantung dengan tetesan darah. Karena darah tersebut merupakan sari daging sapi.

            Daging sapi memang memiliki perbedaan dari jenis daging lainnya. Kualitas daging yang lezat ini, memiliki ciri khas tersendiri. Daging sapi juga memiliki berbagai kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Itu mengapa daging ini dijual dengan harga yang cukup menguras kocek. Daging juga disebut-sebut sebagai salah satu bahan makanan yang mahal. Meskipun memiliki harga mahal, sampai saat ini daging masih sering dicari dan dinikmati kelezatannya.

sajian daging

            Daging memiliki kandungan protein. Protein hewani pada daging sapi merupakan sumber terbesar dari jenis daging lainnya. Protein dapat membantu membentuk otot dan menambah berat badan. Protein pada daging sapi juga sangat penting untuk masa pertumbuhan anak-anak.

            Selain protein, daging sapi juga memiliki kandungan zat besi. Zat besi dapat menghindari kita dari anemia. Anemia merupakan penyakit kurangnya cairan darah dalam tubuh. Anemia dapat menyebabkan kondisi tubuh melemas. Untuk mengembalikan tubuh seperti semula, daging sapi bisa Anda santap sebagai obat dari anemia.

            Siapa bilang omega 3 hanya terdapat pada ikan? Daging sapi juga memilikinya lho. Omega 3 dalam daging sapi dapat menjaga dan memelihara sistem saraf pusat, seperti otak dan membantu fungsi jantung serta hati. Kandungan berikutnya lemak, ini bukan menjadi persoalan lagi. Lemak pada sapi dapat meningkatkan energi dan sumber tenaga untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

            Vitamin B Kompleks pada daging akan membantu Anda untuk mempertajam daya ingat dan berkonsentrasi lebih baik. Kandungan terakhir, yaitu selenium dan zinc. Kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zinc juga mampu membantu pria untuk memproduksi sperma dengan baik dan mencegah kerusakan pada organ reproduksinya.

            Begitu banyak manfaat daging yang dapat kita manfaatkan. Apalagi jika diseimbangi degan konsep empat sehat lima sempurna. Kandungan yang masuk ke tubuh akan menjadi seimbang. Meskipun diolahnya dengan berbagai jenis campuran bahan makan, daging tidak meninggalkan sisi manfaatnya.

            Tapi ingat ya, sebelum mengonsumsi ada baiknya Anda memeriksa terlebih dahulu keadaan daging. Cermati langkah-langkah di atas dan lakukan. Jangan sampai Anda terjebak dengan omongan pedagang yang menyatakan daging giling tersebut segar namun nyatanya tidak.

            Dari berbagai tips memilih daging di atas, yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan menekan daging. Selain itu, abaikan daging yang memiliki kadar air berlebih. Jika terpaksa harus mengonsumsi daging beku, pilihlah daging yang tidak memiliki bunga es banyak.

            Langkah-langkah tersebut ada baiknya Anda lakukan. Karena jika salah memilih daging akan menurunkan minat selera makan Anda. Daging yang sudah memasuki masa busuk akan cepat tercium bau amis. Jika dipaksa mengonsumsi akan menimbulkan bau yang tak tertahankan dan menyebabkan mual. Semoga tips memilih daging ini berguna untuk anda

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − 16 =