Alat Spinner Mainan Unik Terbaik 2017 – Harga Spinner

Spinner merupakan salah satu mainan unik yang sempat booming sepanjang tahun 2017. Permainan ini lebih sering dimainkan anak laki-laki daripada perempuan. Sedangkan anak-anak perempuan lebih memilih squishy sebagai mainan sehari-hari. Spinner sekilas hanya mainan sederhana yang dioperasikan dengan cara memutar saja.

mainan unik - spinner

Tidak hanya anak-anak, spinner mampu mencuri hati para remaja untuk memainkannya. Bahkan, sampai ada yang membentuk komunitas spinner demi mewujudkan pengetahuan dan keinginan main bersama dengan spinner.

Cara memainkan spinner juga ada teknik tersendiri, yaitu dengan satu tangan dan dua tangan. Jika Anda ingin mencoba dua tangan, jari tengah diletakkan di bagian bearing atas, sedangkan jari jempol diletakkan di bearing bawah. Lalu putar spinner dengan tangan yang berbeda.

Sedangkan, jika Anda ingin menggunakan satu tangan tekniknya hampir sama seperti di atas. Namun, untuk memutar spinner tugas telunjuk yang memutar spinner pada bagian sudut-sudutnya. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan telunjuk ke salah satu lobang spinner untuk memutarnya.

Meskipun lebih banyak digandrungi laki-laki, sebenarnya yang mencetuskan spinner adalah seorang anak perempuan berasal dari Florida bernama Catherine Hettinger. Awalnya dia melihat seorang anak laki-laki yang sedang melempari pasukan Israel dengan batu. Kemudian Catherine mencari cara untuk meredamkan emosi dan melepaskan energi.

Catherine terlebih dahulu ingin membuat batu lunak yang dapat dilempar, namun ia justru mengembangkan spinner. Alat ini juga dirancang untuk membantu orang yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Kelainan tersebut merupakan gangguan aktivitas motorik anak-anak saat beraktivitas yang cenderung berlebihan.

Selain itu, spinner sendiri adalah mainan unik yang memiliki tujuan untuk menghilangkan rasa penat. Mungkin bagi sebagian orang dewasa beranggapan spinner membosankan. Namun, bagi anak-anak untuk memainkan spinner memiliki keasyikan tersendiri.

Spinner dipercaya mampu untuk meredakan stress dan meningkatkan fokus bagi orang-orang yang hiperaktif dan memiliki kebiasaan fidgeting (jari tak bisa diam atau gemetar akibat rasa gelisah, bosan, dan takut). Selain itu, memainkan spinner dapat meningkatkan kepuasan dari momentum yang dihasilkan saat berputar.

Mereka yang memiliki kebiasaan fidgeting lebih aktif memainkan jarinya. Kita ambil contoh misalnya, mengetuk-ngetuk meja, memainkan pulpen, dan lain-lain. Spinner juga dirancang untuk meminimalisir hal-hal tersebut agar tidak berisik dan mengganggu konsentrasi orang lain. Dengan spinner, mereka yang memiliki kebiasaan fidgeting masih terbantu tanpa berisik atau mengeluarkan suara.

Harga dan Jenis Spinner

            Spinner ternyata juga memiliki berbagai jenis yang berbeda. Mulai dari yang original hingga spinner yang memiliki bentuk newton. Berbagai jenis tersebut tentu juga memiliki beragam harga. Semakin mahal harga spinner maka semakin pula kualitas spinner untuk dimainkan. Berikut jenis dan harga spinner.

  1. Fidget Spinner Tiga Sisi

Spinner ini memiliki tiga pemintal (spinner) dan satu buah tutup bantalan (bearing).  Spinner ini merupakan jenis original atau klasik yang dikategorikan jenis paling standar. Harga spinner ini bisa mencapai Rp60.000.

  1. Fidget Spinner Batman

Spinner ini memiliki keunikan, yaitu menyerupain topeng batman. Apalagi jika Anda penggemar batman. Pasti tidak akan ketinggalan untuk membeli spinner jenis ini bukan? Spinner ini berbeda dengan jenis sebelumnya. Spinner batman hanya memiliki dua sisi. Harga spinner ini mulai dari Rp10.000-Rp50.000-an.

  1. Fidget Spinner Glow in the Dark

Keunikan pada spinner ini, yaitu pada cahaya yang menyala. Saat diputar dengan kecepatan kencang, spinner akan mengeluarkan cahaya. Cahaya tersebut akan semakin terlihat jika Anda memainkannya di tempat yang gelap. Spinner ini juga sering dipilih karena kelebihannya tersebut dan bisa dimainkan di ruangan minim cahaya. Harga spinner ini mulai dari Rp2.000 sampai Rp40.000.

  1. Fidget Spinner Pyramid (Metal Spinner)

Spinner metal memiliki tekstur yang lebih mengkilap dengan tampilan elegannya. Spinner ini memiliki tiga sisi. Dinamakan spinner pyramid karena sekilas sama bentuknya dengan piramida. Karena tampilannya yang elegan, spinner ini memiliki harga yang jauh berbeda dari yang lainnya, yaitu mulai dari Rp40.000-Rp60.000.

  1. Hand Spinner Crab Claw

Sesuai dengan namanya, spinner ini memiliki tiga sisi dengan masing-masing ujungnya membentuk seperti capit kepiting. Spinner ini juga memiliki tiga pemintal dan satu bearing untuk menyimbangi spinner saat berputar. Mainan ini dijual dengan harga dari Rp20.000 hingga ratusan ribu rupiah.

            Itu dia beberapa jenis dan harga spinner yang dapat Anda ketahui. Spinner masih memiliki bentuk dan jenis lainnya yang berbeda. Semakin unik bentuknya biasanya harga semakin menguras. Meskipun demikian, bagi pecinta spinner harga bukanlah sebuah salah, melainkan adanya kepuasan tersendiri untuk memainkan spinner.

            Tapi ingat yaa, jangan sampai spinner justru menganggu Anda untuk berkonsentrasi saat berada di dalam kelas. Gunakan spinner pada waktu yang tepat. Karena tujuan memainkan spinner tidak hanya untuk kesenangan semata, tetapi juga untuk melatih konsentrasi.

Manfaat Memainkan Alat Spinner

  1. Menghilangkan kebiasaan fidgeting

Gelisah yang berlebihan dapat diredam dengan memainkan spinner ini. Timbulnya kebiasaan fidgeting ini karena timbulnya rasa bosan, was-was, gelisah, atau perasaan buruk lainnya. Dengan menggunakan spinner hal-hal tersebut sedikit demi sedikit akan memudar karena Anda akan lebih fokus untuk memainkan spinner daripada memikirkan hal-hal yang membuat Anda gelisah.

  1. Melatih ketangkasan

Bagi Anda yang jarang melakukan aktivitas tangan, spinner dapat membantu Anda. Pasalnya, spinner mampu menghilangkan kekakuan jari-jari tangan Anda. Spinner mampu melatih melenturkan otot-otot jari agar lebih lincah untuk beraktivitas yang menggunakan jari-jari tangan.

  1. Melatih fokus dan konsentrasi

Dalam keadaan gelisah, biasanya fokus dan konsentrasi Anda akan menghilang atau lupa ingatan sejenak. Sambil memainkan dapat membangkitkan atau meningkatkan kembali ingatan Anda. Sembari memutar spinner, Anda juga dapat mengembangkan kreativitas Anda. Karena saat proses memutarkan spinner, otak akan bekerja lebih baik dan santai dalam berpikir.

  1. Melancarkan peredaran darah

Gerakan memutar spinner sebanyak 250 ketukan per menit mampu memperlancar peredaran darah, sehingga dengan memainkan spinner Anda berkontribusi pada diri sendiri dalam melakukan latihan ringan untuk memperlancar aliran darah.

  1. Mengalihkan kejenuhan di kantor

Duduk seharian di depan layar monitor tentu membuat Anda jenuh. Untuk mengalihkan perhatian sementara dan mengembalikan konsentrasi, Anda dapat memainkan spinner sementara. Spinner dapat memberikan efek santai sementara dan akhirnya membantu otak untuk mengeluarkan ide-ide kembali.

Mengoperasikan mainan unik ini ternyata juga ada manfaatnya lho. Tidak selamanya mainan hanya sebagai media penghibur semata. Spinner contohnya, meskipun bentuk dan cara memainkannya sederhana, spinner terbukti mampu mengembalikan bahkan mengembangkan titik konsentrasi Anda. Spinner juga dijual dengan harga yang beragam, sehingga tidak akan memberatkan Anda jika ingin memanfaatkanya.

Spinner saat ini juga mudah ditemukan di toko online atau di toko mainan terdekat. Tidk hanya untuk anak-anak, kalian yang sudah remaja bahkan dewasa juga bisa lho mengembalikan konsentrasi dengan spinner. Daripada gelisah sendiri, lebih baik sambil memainkan spinner. Betul?

Yap, semoga informasi di atas dapat membantu untuk menjawab rasa keingintahuan Anda. Penasaran dengan manfaat memainkan spinner? Silakan coba sendiri dan temukan manfaatnya mainan unik yang satu ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

12 − eleven =