Tips Perawatan Sparepart Mesin Mie Agar Tetap Optimal

Sparepart Mesin Mie

Sparepart mesin mie merupakan suku cadang dari sekian banyak alat pembuat mie yang biasa digunakan sebagai penggantian saat terjadi kerusakan. Biasanya brand ternama sparepartnya mudah di dapatkan. Oleh karena itu bila anda membeli mesin makanan usahakan anda membeli langsung dan resmi dari brand ternama.

subcat banner mesin mie

Saat anda membeli Alat pengolah makanan usahakan membeli dengan brand ternama. Agar memudahkan anda mencari sparttepartnya saat terjadi kerusakan pada part tersebut. Ketersediaan sparepart sangat dibutuhkan sekali dalam mesin makanan saat terjadi kerusakan demi kelancaran produksi atau pembuatan makanan.

Banyak orang yang membeli alat pengolah makanan untuk kebutuhan bisnisnya. Namun tidak memperhatikan berbagai aspek penting dalam perawatan dari alat makanan yang digunakannya. Seperti halnya ketersediaan sparepartnya, Oleh karena itu bila anda membeli sebuah perangkat perhatikan benar benar brand-nya dan adakah ketersediaan sparepartnya dipasaran. Supaya dikemudian hari anda tidak mendapatkan kesulitan bila terjadi kerusakan pada mesin yang membutuhkan penggantian sparepart tersebut.

Poin Penting Dalam Menentukan Mesin Mie

  • Proses penggunaan atau pengoperasiannya mudah dan simpel, terdapat instruksi yang jelas.
  • Perawatan mudah, ada layanan purna jual. Memberikan garansi.
  • Mempunyai daya hemat listrik kecil atau murah.
  • Mesin dapat digunakan untuk mengolah bahan makanan dalam jumlah yang cukup besar.
  • Menghasilkan mie yang berkualitas dan higienis.

Tips Dasar Memilih Mesin Makanan

  • Tentukan terlebih dahulu mesin makanan yang akan digunakan. Dalam hal ini Alat pembuat mie tentunya.
  • Memilih perangkat buatan lokal atau impor. Selama ini barang impor memang telah mendominasi usaha makanan yang ada, apalagi sudah banyak yang berstandar internasional. Namun saat ini perangkat lokal juga tengah berkembang. Harga lebih terjangkau namun kualitas tetap bisa diandalkan. Anda bisa mempertimbangkan dengan budget yang dimiliki.
  • Pilih merek yang sudah dipercaya. Jika tidak mengetahui mereknya, coba searching terlebih dahulu melalui internet. Misalnya testimoni dari para pelaku bisnis yang sudah menggunakannya seperti yang Anda cari. Bisa juga mencari tahu melalui website toko mesin yang menjual peralatan pengolah makanan. Siapa tahu membuka cabang di kota Anda.
  • Sebaiknya membeli mesin yang paling dibutuhkan. Jika budget yang disiapkan ternyata mepet, sebaiknya menentukan apa yang dibeli berdasarkan skala prioritas dan yang anda butuhkan
  • Cari tahu pula mengenai spesifikasi mesin. Bahan pembuatannya, bahan bakar yang digunakan, berapa tegangan lisrik yang dibutuhkan, berapa kapasitasnya, dan seterusnya.
  • Pastikan Anda bisa mencobanya atau diberi petunjuk untuk menggunakan. Hal ini penting karena meskipun ada buku petunjuk atau panduan penggunaan namun adakalanya bahasa tulisan dengan bahasa lisan serta praktik jauh lebih mudah dipahami.
  • Lebih baik lagi jika membeli dimana lokasi tersebut juga memberikan pelatihan penggunaan secara gratis. Adakalanya tidak semua orang langsung berhasil ketika mencoba pertama kali. Sehingga adanya pelatihan penggunaan / tutorial jelas akan mempermudah.
  • Pilih lokasi atau produsen yang telah berpengalaman. Cari tahu sudah berapa lama beroperasi. Cari tahu pula dimana kantor pusat maupun cabangnya. Jika perlu cek keberadaannya. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang kurang diinginkan.
  • Pastikan Anda memperoleh garansi. Saat membeli mesin tentu wajar jika menginginkan kondisinya dalam keadaan bagus dan tidak rusak atau mengalami gangguan. Adanya garansi servis tentu akan mempermudah saat ada kerusakan yang terjadi padahal belum lama jarak waktu membelinya.
  • Ketersediaan spare part. Jika sudah bertahun-tahun dan sudah lama digunakan adakalanya spare part mesin perlu diganti. Nah, adanya kemudahan memperoleh spare part tentu bisa menjadi nilai tambah ketika akan membeli perangkat untuk usaha makanan Anda.

Agar mesin mie yang anda gunakan tetap prima tiap kali digunakan. Maka tentunya membutuhkan perawatan yang baik pada mesin mie yang anda gunakan. Berikut ini ada beberapa tips dalam mewarat alat cetak mie yang anda gunakan untuk produksi mie.

Tips Perawatan Sparepart Mesin Mie

  • Cara pertama, Anda bisa gunakan spons aluminium dan minyak goreng. Gosokan bagian yang berkarat dengan menggunakan spon almunium yang sudah diolesi minyak sampai karat-karatnya terkelupas. Setelah itu Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih. Selain itu mengangkat karat, minyak goreng juga bisa dijadikan sebagai pelumas untuk parts tertentu.
  • Cara kedua, menggunakan adonan mie. Loh memang bisa adonan roti mengangkat karat? Tentu bisa karena sifat adonan tepung yang lengket maka akan membuat karat-karat di dalam alat penggiling yang tentu susah sekali digapai menempel. Maka dari itu sangat penting membersihkan karat pada mesin agar kualitas produk tetap terjaga. Buatlah adonan 50 gram tepung terigu berprotein tinggi dengan tambahan air panas 5 sendok makan. Uleni adoan tersebut sampai adonan menjadi elastis. Bila adonan masih terlihat kering tambahkan sedikit demie sedikit air panas. Lalu lakukan peggilingan adonan mie secara berulang-ulang hingga karat menghilang.
  • Cara ketiga, adalah pembersihan rutin setiap kali selesai dipakai, caranya dengan bersihkan mesin adonan mie dengan kain yang sudah diberi sedikit air dan sabun. Selesai membersikan bagian-bagian tertentu lap dengan kain sampai benar-benar kering dan simpan di ruangan yang tidak lembab.

Demikian pembahasannya tentang sparepart mesin mie yang digunakan dalam memproduksi mie. Pastikan saat anda membeli mesin mie dengan brand ternama, dan layanan after sales-nya jelas. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Sparepart Mesin Mie

Customer Service