free website stats program

Well banyak dari kita sering kali mendengar tentang silicone, sebenarnya apa itu silicon?? Dan bagaimana sifatnya?? Karena memang material yang satu ini fenomenal dan terkenal di kalangan pebisnis. Oke langsung saja kita bahas. Silikon adalah salah satu material yang berasal dari Polimer Non Organik dari cairan Karet Gel dan campuran plastik keras. Silicone sendiri mempunyai karakteristik yang unik seperti:

silikon

  • tanpa bau
  • Tak Berwarna
  • Non reaksi terhadap Kimia, Oksidasi dan Tahan suhu tinggi
  • Konduktor Listik paling efisien
  • Kedap Air

Modern ini material silicon sendiri sering kali di manfaatkan sebagai Bahan kimia, Lem,Pelumas,Cetak Katup Jantung hingga untuk proses kecantikan tubuh seperti implant payudara atau bokong. Walaupun banyak kelebihan dan manfaat yang melekat pada silicon, Sayangnya jenis silicon yang paling berbahaya bagi manusia adalah Silikon cair. Di karenakan saat ini banyak orang memanfaatkan Material silicon cair sebagai salah satu bahan pengobatan kecantikan instan.

Untuk mencetak sebuah silicon gel / cair di butuhkan alat khusus yakni mesin press plastik silicon kelas industri dan professional. Ya pencetakan material silicon bisa di manfaatkan untuk beberapa hal seperti plastik kemasan,tali kemasan, industri makanan, obat-obatan dan medis, rumah sakit, dan peralatan laboratorium. Beberapa penggunaan selang silikon sebagai pompa peristaltik, infus darah, infus cairan makanan dan obat, yang digunakan di rumah sakit, klinik dan laboratorium. Karena sifatnya yang food grade, selang Silione banyak dipakai juga untuk selang susu di peternakan sapi, pabrik susu dan makanan.

Mengapa karet/plastik silicon banyak di manfaatkan untuk kebutuhan komersil? Yang pertama harus anda tahu adalah material silicon memang di buat sefleksibel mungkin saat pengolahan dan pencetakan dengan mesin press plastik industri. Durabilitas karet silikon rubber yang tahan lama melebihi dari elastomer organic yang lain. Jika dibandingkan dengan karet alam, karet Silicone / silikon rubber mempunyai sifat tahan api yang lebih baik dan merupakan isolasi listrik yang sangat baik

Selain itu banyak pula manufaktur industri di bidang fashion dan pengemasan memodifikasi material silicon menjadi material karet lain yang tak kalah baik. Beberapa jenis karet sintetis hasil modifikasi karet silicon seperti :

  • Bakelite
  • Butyl
  • Ebonit
  • EPDM
  • Neoprene

Bahan Karet Silikon campuran tersebut sering kali di gunakan dalam industri olahan barang jadi mulai dari kebutuhan rumah tangga,otomotif, fashion,dll. Oke selanjutnya kita akan coba bahas, bagaimana siy cara mencetak karet silikon dengan menggunakan tool mesin press plastik DIY (Do It Yourself)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 4 =