Resep Unik Cara Membuat Mie Es Krim

Cara membuat mie adalah salah satu resep unik yang mungkin banyak membuat orang penasaran. Apa jenis adonannya? Bagaimana bisa membentuk mie yang sedemikian rumit tersebut? Bentuk mie sekilas memang terlihat rumit jika dibayangkan. Padahal, itu tidak sesulit yang dipikirkan lho. Zaman kini, tersedia mesin khusus cetak mie.

resep unik

Mesin cetak mie tersebut mampu membuat potongan mie dari adonan yang sudah pipih. Sudah terjawab dong, ternyata cara membuat mie itu tidak sulit. Kecuali jika Anda melakukannya dengan manual. Wah tidak terbayang, Anda harus memotong adonan tipis-tipis secara satu per satu untuk membuat bentuk mie.

Mie sendiri sering dihidangkan dengan bercampur kuah atau tanpa kuah seperti mie goreng. Keduanya sama-sama lezat dan banyak diminati penggemarnya. Karena diproduksi menjadi makanan instan, mie dapat Anda sajikan secara praktis dan tidak perlu menunggu waktu lama. Oleh karena itu, mie sering dipilih sebagai menu pengganti saat situasi sedang buru-buru ingin segera beraktivitas.

Saking praktisnya, mie dalam kemasan gelas sudah dijual bebas lho di berbagai warung atau pasar swalayan lainnya. Cara membuat mie gelasan tersebut sama dengan sajian mie seperti biasanya. Anda hanya perlu menuangkan bumbunya kemudian berikan air panas. Tunggu beberapa menit hingga mie mulai melembut.

Kemasan gelas tersebut banyak diprioritaskan oleh anak-anak kost lho. Karena sajian mie mudah dan tidak perlu lagi untuk menggunakan wadah. Selain itu, mie gelasan ini juga sering ditemukan sebagai makanan penyamping saat berpergian jauh. Anda pernah naik kapal? Bus? Kereta? Tempat pemberhentian kendaraan tersebut selalu siap sedia untuk menyajikan mie gelas. So, tidak perlu repot untuk mengisi perut Anda.

Bagaimana dengan racikan bumbu? Tenang! Beberapa produsen mie, sudah menyiapkan bumbu instan yang dapat Anda sedu langsung saat memasak mie. Namun, jika Anda ingin bereksperimen sendiri, ada juga kok produksi mie yang menjual tanpa bumbu.

Biasanya mie tanpa bumbu tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan dapur rumah makan atau restoran. Karena para koki akan lebih bebas berkreasi dengan bumbu buatan mereka. Akan sangat disayangkan jika menggunakan mie instan yang terdapat bumbu, namun bumbu tersebut tidak dimanfaatkan dan akhirnya terbuang. Jadi, sebagai konsumen cerdas pilih mie sesuai dengan kebutuhan ya.

Namun, apakah Anda merasa bosan dengan hidangan mie kuah dan goreng saja? Anda bisa kok berkreasi sendiri di rumah. Pernah mendengar cara membuat mie es krim? Pasti yang Anda pikirkan adalah sajian yang tak lazim. Bagaimana caranya mencampurkan manis es krim dengan gurihnya mie? Mau tau caranya? Yuk persiapkan bahan-bahan resep unik berikut

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan yaitu, 150gr mie telor (mie tanpa bumbu), 100ml susu cair sapi, vanili, 2 butir kuning telur, 120gr gula halus, 100gr Dark Compoun Chocolate (DCC). Sudah siap memulai masak?

Cara membuat mie es krim

  1. Rebus mie sampai matang lalu tiriskan
  2. Di wadah yang berbeda rebus susu sapi cair hingga keluar gelembung kecil di pinggir panci
  3. Panaskan DCC hingga meleleh
  4. Siapkan mixer dan masukkan kuning telur, gula halus, dan vanili secukupnya lalu aduk dengan kecepatan sedang sampai mengembang
  5. Hancurkan mie yang sudah direbus dengan blender bersama cucu cair sampai halus. Lalu aduk-aduk hingga merata
  6. Tambahkan DCC yang sudah dilelehkan lalu aduk rata
  7. Setelah rata, pindahkan ke panci untuk dipanaskan dengan api kecil sampai muncul gelembung kecil. Lalu dinginkan sampai uap panas menghilang masukkan ke freezer
  8. Setelah 3 jam keluarkan adonan lalu di-blender, setelah itu masukkan kembali ke freezer
  9. Tiga jam kemudian keluarkan, mixer adonan. Berikutnya masukkan adonan lagi dalam freezer sampai tiga jam.
  10. Mie es krim siap disajikan!

Sepintas proses tersebut sedikit sulit karena berulang kali melalui proses mixer dan blender. Namun, jika Anda memiliki ice cream maker tentu tidak terlalu sulit cara membuat mie es krim. Penasaran bukan untuk membuatnya? Yuk berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

5 × 4 =