Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Ini Dia Modifikasi Resep Seblak Yang Lebih Kekinian,Tetarik??

Ragam Toping Resep Seblak

Bandung memang tidak pernah kehabiskan ide untuk menciptakan kreasi kuliner. Banyak jajanan ringan yang terkenal hingga seluruh pelosok Indonesia yang dipelopori oleh Bandung. Salah satunya jajanan yang terbuat dari olahan aci atau tepung sagu, misalnya seperti cireng, cilor, cilok, cimol, dan sebagainya.

resep cara membuat seblak

Berbagai jajanan tersebut sudah menjadi ikonik tersendiri untuk Bandung. Namun, untuk menyantapnya kamu enggak perlu datang ke Bandung kok. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berbagai makanan Bandung kini sangat populer hampir seluruh Indonesia, sehingga mudah untuk ditemukan.

Apa itu Seblak?

Selain itu, Bandung juga menjadi pelopor adanya jajanan seblak. Saat ini siapa yang tidak mengenal seblak. Bagi kamu yang belum tahu, seblak adalah makanan yang memiliki berbagai macam topping dengan kerupuk basah yang menjadi menu utamanya. Sedangkan sayuran, telur, ayam, mi, menjadi menu pelengkap.

Mulanya seblak ini dianggap sebagai makanan alternatif untuk masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan. Bahkan sebagian ada yang berpendapat bahwa seblak menjadi makanan yang mulanya iseng untuk dibuat. Tingginya harga pokok makanan, menjadikan mereka untuk memilih mengolah kerupuk sebagai hidangan seblak.

Selain kerupuk, kuah yang berasal dari kencur inilah yang selalu membuat pelanggannya ketagihan. Semakin hari seblak semakin diterima oleh lidah warga Indonesia. Apalagi dengan berbagai pilihan topping yang semakin beragam. Seblak sendiri sangat cocok disantap saat malam hari atau hujan datang. Rasanya yang gurih dan pedas dijamin dapat menghangatkan tubuhmu.

Sampai saat ini penggemarnya tidak pernah berkurang. Kamu juga tertarik untuk menjual seblak? Bisa juga kok. Agar usahamu cepat dikenal masyarakat luas, persiapkanlah ragam topping menarik.

5 Ragam Topping Seblak yang Raos Pisan

Hidangan kerupuk dan sambal kencurnya memang menjadi santapan utama dari seblak. Namun, tidak akan sempurna tanpa tambahan topping lainnya. Beberapa topping yang familiar digunakan pada seblak adalah mi, ceker ayam, makaroni, tahu aci goreng, telur, dsb. Bagaimana jika kamu mengkreasiakan Resep Cara Membuat Seblak konvensional dengan berbagai topping berikut? Pasti akan terasa lebih lezat.

  • Lobster

Lobster merupakan makanan laut yang kaya akan gizi. Pasalnya, karena tingginnya gizi pada makanan laut menjadikan lobster memiliki harga jual yang cukup fantastis. Untuk itu, lobster sering dihidangkan hanya di berbagai restoran, khususnya restoran seafood.

Namun, siapa sangka rasa gurih dan lezat pada lobster sangat cocok dikombinasikan dengan hidangan seblak. Bumbu kuah kencur seblak akan ikut meresap ke dalam lobster, sehingga akan terasa perpaduan rasanya. Karena menggunakan menu topping yang tidak biasa, kamu bisa lho mematok harga yang cukup untuk meraup keuntungan.

  • Seblak Mi Samyang

Waduh, kalau sajian yang satu ini hanya untuk kamu-kamu yang kuat dengan pedas. Tentu tahu dong rasa mi samyang asal Korea yang terkenal pedas? Apa jadinya jika digabungan dengan kuah pedas ala seblak? Apakah semakin nikmat? Atau mungkin bisa “meledak” di mulutmu?

Meskipun demikian, banyak lho yang penasaran untuk mencoba paduan keduanya. Berbagai topping seblak dicampurkan dengan topping mi samyang. Hasilnya tentu lebih padat dan banyak. Bisa buat kamu kenyang disertai rasa hot. Siap-siap konsumsi air putih yang banyak ya guys.

  • Mozzarella

Topping menarik lainnya adalah keju mozzarella. Adanya keju mozzarella biasanya hidangan akan dianggap lebih modern, sehingga akan terasa aneh. Siapa bilang? Kamu bisa kok mempertahankan cita rasa tradisional seblak. Hal tersebut justru akan menjadi tantangan tersendiri untuk kamu. Meskipun menggunakan keju mozzarella, kamu harus tetap konsisten mempertahankan rasa tradisional seblak.

resep seblak keju

Bagi sebagian orang mungkin akan berpikiran kontra. Rasa keju identik dengan gurih manisnya dari olahan susu. Sedangkan seblak memiliki rasa gurih pedas kencur. Jika kamu tidak menyukai seblak keju mozzarella, bisa coba dengan topping lainnya kok.

  • Kepiting dan Kerang

Lagi-lagi seafood dipilih kembali sebagai topping seblak yang melezatkan. Meskipun dominan dengan tubuh yang keras, daging di dalamnya sangat nikmat disantap. Mengambil daging dari balik cangkang atau tubuhnya adalah suatu sensasi tersendiri. Sajian kuah hangat dan pedas akan terasa semakin lezat jika dikombinasikan dengan kedua seafood ini.

Agar rasa lebih lengkap, tambahkan juga berbagai topping lainnya seperti, telur, tahu aci goreng, dan sebagainya. Selain lobster, kepiting, dan kerang, masih banyak makanan lautnya yang mungkin saja bisa kamu kreasikan lebih menarik. Tentunya sebagai topping dalam cara membuat seblak.

  • Seblak Cilok

Nah, apa jadinya jika kedua makanan khas Bandung ini bersatu? Cilok memiliki tekstur yang lembut dan kenyal sama dengan topping seblak lainnya, sehingga akan cocok jika keduanya digabungkan. Tidak hanya disajikan dengan sambal kacang, saus, atau kecap. Dengan kuah seblak sajian cilok juga tidak kalah enak. Atau mungkin kamu mau mengkreasikan dengan makanan yang terbuat dari aci lainnya?

Setelah mengetahui berbagai topping di atas, rasanya tidak akan lengkap tanpa mengetahui resep spesialnya. Dari kelima topping di atas mana yang menjadi favoritmu? Spesial untuk kamu, cobain resep seblak lobster yuk!

Cara Bikin Seblak Lobster

Bahan-bahan

  • Bakso
  • Mi telur yang sudah direbus
  • Macaroni rebus
  • 1 butir telur
  • 1 ekor lobster yang sudah direbus
  • Sosis
  • Sayur sawi
  • 150gr kerupuk udang yang sudah direbus

Bahan bumbu

  • 5 cabai merah keriting
  • 5 cabai rawit
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas kencur
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya minyak goreng
  • Secukupnya air putih
  • Secukupnya bumbu penyedap

Langkah-langkah

  1. Haluskan semua bahan bumbu hingga merata.
  2. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Masukkan bumbu yang sudah halus tadi dan aduk-aduk hingga panas.
  3. Masukkan kerupuk udang yang sudah direbus. Aduk hingga seluruhnya merata.
  4. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih.
  5. Masukkan telur yang sudah dikocok sebelumya ke campuran bumbu.
  6. Masukkan semua topping seperti, bakso, mi, sosis, sayur sawi, makaroni, dan lobster ke dalam campuran bumbu seblak. Lalu masak seluruhnya hingga matang.
  7. Seblak siap dihidangkan!

Hasil gambar untuk seblak lobster

Kerupuk memiliki ragam jenis, selain kerupuk udang kamu juga bisa memanfaatkan kerupuk lainnya. Perlu diingat bahan bumbu sangat penting dipersiapkan demi kelezatan rasa seblak. Alasannya kuah seblaklah yang menjadi penentu utama akan rasa yang diciptakan. Perhatikan juga tingkat kelembutan topping. Topping yang terlalu keras teksturnya akan sangat mengganggu.

Senada dengan itu, topping akan sulit dikunyah dan ditelan. Jadi pastikan semua bahan tepat sesuai dengan porsinya, sehingga rasa yang diharapkan pun sesuai dengan keinginan. Masih banyak resep cara membuat seblak lainnya. Selamat berkreasi yaah!

 

 

(Zakiah)