Plastik Kemasan Tebal Ya Plastik Vacuum Nylon Untuk Produk

Plastik Kemasan Tebal

Plastik kemasan tebal biasanya adalah plastik vacuum nylon yang digunakan untuk mengemas makanan basah atau produk cair lainya demi keamanan dan perlindungan lebih pada produk tersebut oleh karena itu digunakan kemasan yang tebal.

Plastik Kemasan Tebal

Plastik vacuum ini biasa digunakan untuk mengemas makanan frozen food seperti daging, ikan, ayam, seafood dan juga produk makanan cair. Kemasan ini juga dapat mengurangi oksigen atmosfer, menghambat pertumbuhan bakteri aerobik dan menjaga penguapan komponen volatil. Kemasan ini memperkecil kerusakan produk sehingga tetap menjaga nilai gizi.

Plastik vakum terbuat dari material nylon yang dikenal sebagai bahan yang cukup tebal sehingga mampu melindungi produk makanan yang ada di dalamnya. Meski dalam ketebalan tertentu tidak akan mudah rusak atau pun tergores. Tak hanya itu bahan nylon mampu beradaptasi dengan situasi dan kosndisi yang ekstrem sehingga baik makanan ringan maupun makanan bahan makanan lainnya akan terjaga dalam kemasan tersebut.

Harga plastik nylon dibandingkan dengan plastik kemasan jauh lebih mahal karena memiliki keunggulan lebih lentur, tidak mudah longgar dan tahan lama. Cara menjual plastik nylon juga dijual sesuai ukuran. Plastik ini juga digunakan untuk meningkatkan daya tahan/ lama kadaluarsa suatu produk. Sehingga dengan adanya barier Nylon, udara tidak bisa lagi ketika udara di dalam sudah divacuum keluar. Dengan tidak adanya udara di dalam kemasan maka mikroorganisme yang bisa menyebabkan basi tidak bisa berkembang biak sehingga makan bisa tahan hingga berbulan-bulan.

 

Jenis-Jenis Plastik Vacuum

  • Vakum Bag

Material kemasan ini terbuat dari PE dan Nylon yang memiliki ketebalan hingga 80 micron. Biasanya kemasan ini untuk membungkus makanan jenis seafod, bakso, ikan, daging, kacang, beras dan sosis. Harga jual vakum bag per pcsnya Rp280.

plastik vakum ini digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu produk. Dengan adanya bariernylon, udara tidak bisa masuk lagi ketika udara di dalam vakum sudah keluar. Dengan tidak adanya udara dalam kemasan maka mikroorgnisme yang menyebabkan bau dan basi tidak bisa berkembang biak sehingga makanan lebih awet berbulan-bulan dibandingkan jika menggunakan plastik lainnya.

  • Stand Up Pouch Cairan

Kemasan ini terbuat dari material Pe plus nylon juga hanya saja lebih tebal dibandingkan dengan vakum bag. Tebalnya mencapai 140 micron. Plastik kemasan ini menggunakan plastik yang tebal dengan seal. Biasanya digunakan untuk mengemas produk yang berbentuk cairan seperti minyak goreng, sabun cair, kecap dan lain-lain.

Plastik ini menggunakan mesin yang canggih sehingga cairan diplastik dipastikan tidak akan bocor. Kemasan ini juga bisa divakum sehingga bisa menghilangkan gelembung udara di dalam kemasan. Harga kemasan ini lebih mahal dibandingkan dengan vakum bag, per pcsnya dijual Rp 800.

  • Cara Menggunakan Plastik Vakum

Menggunakannya sebenarnya sama dengan menggunakan kemasan pada lainnya. Biasanya direkatkan atau diseal dengan menggunakan mesin vacuum sealer. Sebuah alat yang digunakan untuk mengemas plastik vakum.

Vacuum sealer akan membuat kemasan vacuum hampa udara yang menyebabkan proses dioksidasi atau perkembangan oksigen akan ditekan sedemikian rupa sehingga bakteri akan berkembang biak jauh lebih lama dibandingkan dengan proses oksidasi alami.

Karena bakteri berkembang tanpa proses suhu ruangan yang akan menyebabkan proses pembusukan berjalan lebih lama sehingga jika makanan akan mulai membusuk tiga hingga empat hari namun jika dikemas dengan plastik vakum yang telah divakum selaer maka makanan akan lebih awet hingga 15-20 hari.

Plastik Kemasan Tebal 2

Keunggulan Plastik Kemasan Tebal Vacuum

Penggunaan plastik vacuum nylon ini sudha banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mengemas berbagai produk makanan beku. Penggunaan plastik vacuum nylon ini tentu untuk mencegah pertumbuhan bakteri, mikroganisme dan lain sebagainya. Dengan begitu produk yang dikemas dengan plastik ini akan lebih terjaga kualitasnya. Keunggulannya yang dimiliki oleh kemasan plastik vacuum ini adalah sebagai berikut :

  • Kualitas Makanan Terjaga

Kemasan plastik vacuum nylon ini mampu menjaga kualitas dan cita rasa dan bentuk dari produk dalam kemasan frozen food.

  • Aman

Kemasan plastik vacuum nylon aman untuk mengemas berbagai produk makanan dan bahan makanan seperti daging, ikan, ayam, seafood dan frozen food lainnya.

  • Lebih Menarik

Memiliki hasil cetak yang cukup baik, kemasan lebih terlihat menarik dan mampu meningkatkan minat pembeli.

  • Anti Bocor

Memiliki ketebalan dan kekuatan plastik yang cukup bagus sehingga kemasan tidak mudah rusak dan juga bocor.

  • Menjaga Nilai Gizi

Memperkecil kerusakan produk sehingga tetap menjaga nilai gizi, komposisi dan juga terhindar dari bekteri dari luar.

  • Menjaga kualitas makanan

Memudahkan para pelaku bisnis dalam melakukan pengemasan produk terutama makanan yang dibekukan dan harus dikemas dalam keadaan kendap udara. Sehingga kualitas makanan dalam kemasan tetap terjaga hingga sampai ketangan pembeli.

  • Mudah dipadatkan

Dengan penggunaan plastik vacuum nylon ini tentu produk dalam kemasan dapat dengan mudah dipadatkan sehingga dapat membuat produk lebih banyak, sehingga menajdi sangat praktis dan simpel.

  • Tahan Banting

Penggunaan kemasan plastik vacuum nylon ini tahan banting, sehingga produk dalam kemasan terhindar dari kerusakan dan tidak mudah pecah. Hal ini karena terkadang dalam proses pendistribusian ada ketidaksengajaan terbanting. Maka dengan menggunakan kemasan ini jauh lebih aman dan terhindar dari kerusakan dan pecah kemasan.

  • Aman untuk mengemas produk frozen berminyak

Aman untuk produk yang mengandung cairan, tentu ada frozen food makanan seperti oseng cumi mercon, rendang, tumis cakalang dengan kecombrang, balado jengkol dan masih banyak lagi yang mana mengandung air dan minyak. Dengan pengguanaan kemasan plastik vacuum ini akan membantu mempertahankan rasa makanan karena dibantu dengan vacuum sealer.

  • Elastis

Kemasan aman digunakan, sudah banyak para pelaku bisnis yang membuktikan sendiri. Hal ini karena bahan kemasan plastik vacuum nylon ini sangat elasatis namun sangat kuat sehingga tahan 2x lipat melindungi produk.

Kemasan Zipper Stand Up Nylon thumb

Fungsi Kemasan Dalam Bisnis Makanan

Kemasan merupakan faktor penting dalam sebuah usaha pengolahan makanan karena fungsi dan kegunaan dari kemasan itu sendiri. Secara umum fungsi kemasan adalah sebagai bahan pelindung atau pengaman produk dari pengaruh-pengaruh luar yang dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada makanan yang terdapat di dalamnya. Itulah fungsi utama kemasan pokok yaitu sebagai wadah dan pelindung sebuah produk agar mudah dibawa dan tidak cepat rusak. Dalam hal ini, dikenal tiga tingkatan kemasan, yaitu sebagai berikut.

  • Primary Packaging: kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk, seperti plastik pembungkus, kaleng, botol, dan bungkus permen.
  • Secondary Packaging: kemasan yang membungkus beberapa kemasan utama sehingga ukurannya lebih besar, seperti plastic wrap, kardus, dan kantong plastik.
  • Tertiary Packaging: kemasan untuk melindungi produk selama proses distribusi, misalnya kontainer.

Dalam perkembangannya, kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus, tetapi juga memiliki banyak fungsi lain berikut ini akan di jabarkan fungsi utama kemasan dan fungsi lain dari kemasan.

  • Sebagai Tempat/Wadah

Sebagai wadah, perantara produk selama pendistribusian dari produsen ke konsumen.

  • Melindungi Produk

Fungsi utama kemasan adalah melindungi produk. Tanpanya, produk akan mudah rusak sehingga merugikan produsen maupun konsumen. Produsen rugi karena citranya menjadi buruk, konsumen rugi karena sudah mengeluarkan uang untuk membayar.

  • Memudahkan Pengiriman Dan Pendistribusian

Memudahkan pengiriman dan pendistribusian, dengan pengemasan yang baik suatu produk akan lebih mudah didistribusikan.

  • Memudahkan Penyimpanan

Memudahkan penyimpanan, Suatu produk yang telah dikemas dengan baik akan lebih mudah untuk di simpan.

  • Memudahkan Penghitungan

Memudahkan penghitungan, dengan pengemasan jumlah atau kuantitas produk lebih mudah di hitung.

  • Menambah Daya Tarik

Ketika akan membeli sebuah produk, hal pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan. Karena itu, desainnya harus memberikan kesan menarik, eksklusif, dan berkualitas kepada siapa pun yang melihatnya.

  • Sebagai Media Promosi

Kemasan harus mencantumkan berbagai informasi penting mengenai produk, seperti manfaat, kegunaan, nomor perizinan, dan tanggal kedaluwarsa. Informasi ini didesain semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik membelinya.

  • Mengenalkan Identitas Produk

Setiap produk harus memiliki identitas yang membedakannya dari yang lain. Identitas tersebut bisa dibangun melalui kemasan. Kemasan yang khas dan unik akan melekat dalam benak konsumen sehingga selalu diingat sebagai identitas merek tertentu.

  • Mendukung Keputusan Berbelanja

Kemasan bisa memengaruhi calon konsumen untuk membeli sebuah produk. Kemasan dengan ciri estetika yang unik dan menarik, baik bentuk, warna, tipografi, maupun komposisinya pasti menarik perhatian calon pembeli.

Kemasan Stand Up Nylon thumb

Demikian pembahasannya tentang plastik kemasan tebal yang biasa digunakan untuk produk makanan, dan produk lainya yang memerlukan plastik kemasan tebal. Biasanya yang digunakan adalah plastik kemasan vacuum nylon sebagai plastik kemasan terbaik dalam melindungi karena tebalnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp