Plastik Ziplock Mengenal Fungsi dan Manfaat Kemasannya

Plastik Ziplock

Plastik ziplock atau plastik klip ialah suatu wadah / kantong kemasan berbahan LDPE. Plastik ini dapat digunakan sebagai pembungkus dan mempunyai rel atau “klip” di atasnya yang bisa dibuka atau ditutup kembali.

Plastik Ziplock

Kantong ini selain mempunyai rel atau klip yang dapat dibuka dan tutup kembali, pada bagian klipnya mempunyai strip berwarna seperti merah, kuning, orange, hijau atau tanpa warna/polos. Namun kebanyakan yang sering dijumpai di pasaran, plastik klip yang berwarna strip merah.

Biasanya digunakan untuk mengemas bahan makanan. Seperti kopi, bumbu bumbu, makanan ringan yang bersifat renyah dan kriuk juga. Berbagai jenis kacang kacangan yang akan lebih baik jika disimpan dengan kemasan yang baik dan berkualitas.

History Plastik ziplock atau Plastik Klip

Pada tahun 1950-an umumnya kantong plastik ditutup dengan cara seperti menggunakan las panas(heat sealing), selotip, staples. Hal tersebut tidak praktis karena memerlukan peralatan tambahan, dan setelah dibuka dengan pisau atau gunting, kantong menjadi kurang hieginis, serta sulit untuk ditutup kembali sehingga produk didalamnya tidak terlindung dari polusi udara dan terkontaminasi kotoran/debu.

Pada tahun 1976, PT. Plastik ziplock, sebuah perusahaan plastik yang pertama kali memperkenalkan dan memproduksi secara luas kantong “plastik ziplock” di Indonesia.

Plastik Ziplock Stand Up (2)

Awal mulanya kemasan plastik ini hanya digunakan sebagai pembungkus obat (tablet atau pil) yang dijual retail di apotek, dimana sebelumnya apotek-apotek di Indonesia menggunakan botol plastik atau kantong plastik biasa.

Namun dalam perkembangan selanjutnya plastik ini digunakan juga untuk kemasan berbagai produk lain seperti: makanan, garmen, komponen elektronik, aksesoris, spareparts, kosmetik, bumbu masak, dll.

Di bidang industri pun produk plastik ziplock dipergunakan sebagai pembungkus atau kemasan jamu, cotton bud, facial cotton, pakan ikan, dll. Selain praktis dan ekonomis, kantong “plastik ziplock” ini dapat diandalkan karena tahan lama dapat juga dipergunakan berulang kali.

Plastik Ziplock Pouch (5)

Manfaat Plastik Ziplock

  • Plastik ini membuat konsumen jadi fleksibel untuk menggunakan produk sesuai keperluan apabila produk masih tersisa maka bisa di tutup kembali dengan klip zippernya dan produk tetap awet.
  • Kemasan terbuat dari material plastik, nylon, alumunium foil, dan kertas, jadi dapat menjaga isi produk dari pengaruh keadaan di luar kemasan sehingga bentuk, rasa, dan aromanya tidak berubah dan akan tetap sama seperti saat awal dikemas.
  • Menjaga ketahanan produk untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Kemasan plastik ini yang terbuat dari plastik, nylon, dan alumunium, dapat melindungi isi produk dari air.
  • Kemasan yang terbuat dari alumunium foil dan kertas dapat melindungi produk dari sinar matahari.
  • Seluruh plastik ini yang terbuat dari bahan tersebut juga dapat melindungi isi produk dari serangga.
  • Kemasan tersebut juga dibuat dan didesain sedemikian rupa sehingga kedap udara. Karena material tersebut membuat produk dapat terjamin keamanannya.
  • Melindungi produk jadi hygienis.
  • Kemasan plastik yang tertutup rapat membuat tidak adanya celah yang dapat digunakan bakteri sebagai pintu masuk.
  • Menjaga kualitas produk agar tetap terjaga kesegarannya.

Plastik Ziplock Digunakan Untuk Busana Muslim

Berbicara mengenai jenis plastik kemasan Busana Muslim Indonesia, yang didukung oleh sebagian besar wilayah di tanah air saat ini tengah masuk dalam fase “diet plastik”. Yang berarti pemerintah mendorong masyarakat untuk meminimalisir penggunaan plastik, terutama kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Keadaan ini tentu saja memaksa para pelakon di dunia usaha untuk mencari pilihan bahan kemasan lain selain plastik. Namun untuk beberapa jenis kemasan, pilihan plastik tentu tak bisa dihindari.

Pada bidang usaha busana muslim plastik ziplock digunakan untuk mengemas busana tersebut. Pengusaha busana muslim pastinya membutuhkan plastik untuk dapat mengemas produknya. Pemilihan jenis plastik yang sesuai pastinya akan membuat usaha pemerintah (diet plastik) sedikit demi sedikit tercapai.

Plastik Kemasan Ziplock pada bisnis busana muslim digunakan sebagai pengganti jenis tas plastik. Menggunakan plastik jenis ini bisa menjadi pertimbangan. Jenis plastik ini memiliki beberapa keunggulan yakni sifatnya yang bisa di-recycle.

Klip plastik atau kantong klip plastik adalah suatu wadah / kantong berbahan LDPE yang dapat digunakan sebagai pembungkus dan mempunyai rel atau “klip” di atasnya yang bisa dibuka atau ditutup kembali.

Dengan penggunaan plastik klip ziplock untuk mengemas busana muslim. pembeli bukannya akan membuang plastik tersebut namun bisa digunakan untuk menyimpan pakaian di lemari, atau untuk kegunaan lain.

Plastik Ziplock Stand Up (3)

Demikian pembahasannya tentang plastik ziplock yang penggunaannya lebih fleksibel, aman dan juga dapat membantu mengurangi penggunaan plastik. Karena dapat digunakan lagi untuk pengemasan lain selanjutnya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp