Teliti Tanggal Kadaluarsa Makanan Sebelum Dikonsumsi

Kadaluarsa Makanan – Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhkan. Tanpa kebutuhan pokok tersebut kecil kemungkinan akan bertahan hidup. Tanpa makanan pula dapat menyebabkan kelaparan berkepanjangan, mudah terserang penyakit, dan akhirnya nyawa pun terenggut. Mengapa demikian? Karena makanan merupakan sumber energi kita sehari-hari.

kadaluarsa makanan

 

Kita wajib mengonsumsi makanan dengan berbagai kandungan, seperti karbohidrat pada nasi, protein pada ikan atau tempe, lemak pada daging, sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin, dan susu. Susu sebenarnya merupakan pelengkap dari empat sehat lima sempurna. Susu tidak wajib untuk dikonsumsi, namun dapat membantu menyehatkan dan menjaga pertumbuhan tulang.

Bahan-bahan pokok alami tersebut tentu tidak memiliki efek samping secara khusus dan baik untuk dikonsumsi. Pada dasarnya bahan alami tidak menggunakan pengawet atau bahan kimia lainnya. Namun, karena tidak menggunakan pengawet jangka waktu pemanfaatan tidak terlalu lama. Kita harus tahu betul kondisi makanan sebelum kita manfaatkan. Misalnya, ikan dan daging. Apakah bahan pokok tersebut masih segar? Atau sangat tercium amis?

Bagaimana pada sayur-sayuran dan buah-buahan? Kedua jenis bahan pokok dapat kita lihat dari kondisi fisik luar. Seperti keadaan yang sudah layu, busuk, bahkan terlihat sudah mengerut. Terakhir susu, sebelum mengonsumsi susu ada baiknya kita melihat tanggal kadaluarsa terlebih dahulu.

 Sebagian susu yang sudah terkemas memang bukan berdasarkan bahan alami, namun sudah memiliki tambahan lainnya seperti gula yang berperan sebagai tambahan pemanis. Susu yang sudah tidak layak dikonsumsi akan tercium dari aromanya. Rasa susu yang basi berubah menjadi asam. Kemudian kondisi susu tidak lagi berbentuk cairan, melainkan berbentuk buih yang tidak mudah tumpah.

Mengonsumsi makananan yang memiliki bahan pengawet memang diperbolehkan. Namun, bahan pengawet tersebut juga khusus digunakan untuk makanan. Jangan salah kaprah dalam penggunaan bahan pengawet tekstil untuk campuran bahan makanan. Hal tersebut dapat berakibat fatal untuk kesehatan tubuh kita. Anda tahu bukan penggunaan bahan tekstil dapat merusak organ-organ kita seperti jantung, ginjal, dan otak.

Manfaat lainnya, menggunakan bahan pengawet memang menambah umur panjang pemanfaatan makanan. Berbeda dengan bahan dasar alami seperti sayuran dan buah-buahan. Keduanya wajib dikonsumsi setelah dibeli dan biasanya hanya membutuhkan tiga sampai tujuh hari untuk disimpan di dalam kulkas. Sedangkan susu dan makanan lainnya yang menggunakan tambahan bahan kimia dapat disimpan selama berbulan-bulan selama di kemas menggunakan mesin press plastik.

Tanggal kadaluarsa makanan pada kemasan adalah salah satu hal penting sebagai deskripsi pada produk. Tanggal kadaluarsa biasanya terletak pada sisi tertentu produk. Alangkah lebih baik, jika produk juga menyediakan tanggal kode produksi. Jadi konsumen akan mengetahui jangka waktu susu untuk dikonsumsi setelah diproduksi.

Kode Kadaluarsa Makanan dibuat menggunakan mesin coding. Mesin coding tentu sangat berperan untuk pengemasan produk. Penggunaan mesin coding juga memudahkan produsen dalam pengerjaan. Jika tanggal kadaluarsa ditulis secara manual tentu menghambat proses pekerjaan produk.

Mesin coding sendiri merupakan pencetak kode dan tanggal kadaluarsa secara otomatis. Mesin coding dapat memberikan tanggal kadaluarsa sesuai pengaturan. Jika sebelumnya tidak diatur tanggal, kode yang akan dicetak tentu tidak sesuai dengan batas waktu makanan untuk bertahan dikonsumsi.

Kembali lagi kepada produsen, tentu kesalahan tersebut dapat menyebabkan kekacauan bagi konsumen. Misalnya, pada suatu produk susu yang bertahan selama dua bulan. Namun, sebelumnya produsen lupa untuk mengatur tanggal hingga kode yang tercetak pada susu bertahan selama lima bulan. Tentu konsumen tidak mengetahui kesalahan tersebut. Terlebih lagi, biasanya produk dikemas tidak transparan. Jadi konsumen tidak dapat melihat keadaan isi produk. Itu merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Mencantumkan tanggal produksi atau tanggal Kadaluarsa Makanan adalah kewajiban bagi setiap perusahaan pada produk yang akan dijajakan. Selain itu, akan menjamin kualitas dari produk tersebut. Mesin  coding juga memiliki berbagai jenis. Bagi Anda yang baru mendirikan bisnis awal dapat menggunakan mesin kode manual. Di dalam mesin ini juga menyajikan kata-kata umum seperti EXP, MFG, dan DATE. Serta pastinya menyediakan angka 0-9.

Kemudian ada mesin coding / cetak kode semi otomatis. Mesin tersebut dapat mencetak otomatis saat plastik diletakkan di area percetakan. Lalu ada mesin cetak kode otomatis. Mesin itu bekerja setelah tumpukan plastik diletakkan di atas meja mesin. Mesin akan melakukan proses pencetakan kode secara cepat dan otomatis deh.

Makanan yang menggunakan tambahan pengawet tentu terkadang memiliki efek samping. Berbanding terbalik dengan bahan-bahan pokok alami, bahan berpengawet tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jangan waktu dekat secara rutin. Karena bagi fisik yang tidak kuat akan langsung menimbulkan beberapa efek yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, kita dapat mengambil kesimpulan. Memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dikonsumsi memang sangat baik untuk kesehatan, meskipun jangka waktu penggunaan tidak lama. Sedangkan bahan-bahan pokok non alami memang boleh dikonsumsi. Meskipun memiliki jangka waktu lama, tidak disarankan mengonsumsi secara rutin.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven + fifteen =