Plastik Kemasan Snack, Pilih Yang Tepat Untuk Produk Anda

Plastik Kemasan Snack

Plastik kemasan snack sering kita lihat di pasaran dan dilingkungan terdekat kita seperti di warung, bahkan dalam industri makanan rumahan. Plastik digunakan karena lebih tahan lama dibandingkan kardus, kertas, dan bahan tradisional untuk kemasan. Plastik memiliki sifat yang tahan air sehingga tidak cepat robek seperti kertas dan kardus.

Plastik Kemasan Snack

Pengemasan dengan plastik transparan akan membuat produk makanan nampak menarik karena produk dapat terlihat tanpa harus membuka kemasan tersebut. Untuk anda yang memiliki perusahaan makanan snack, atau berbagai macam cemilan dan manisan kering, anda dapat mengandalkan plastik kemasan snack untuk mengemas produk hasil produksi anda.

Dengan menggunakan kemasan plastik, makanan snack produksi anda akan tetap awet dan tidak mudah rusak atau bau dan berjamur. Selain itu, plastik lebih tahan terhadap air dan minyak. Untuk semakin membuat snack atau cemilan produksi anda makin menarik, anda bisa memesan plastik khusus yang sudah didekorasi menggunakan label dan beberapa motif untuk mengemas produk anda.

Dalam bisnis snack, kemasan bukan sekadar bungkus, melainkan juga ikut menentukan kesuksesan usaha. Saat ini, ada banyak jenis plastik kemasan snack murah di pasaran. Anda harus berhati-hati memilihnya agar mendapatkan yang murah, tetapi berkualitas.

Fungsi Kemasan dalam Bisnis Makanan

Pada mulanya, tujuan penggunaan kemasan hanyalah sebagai wadah dan pelindung sebuah produk agar mudah dibawa dan tidak cepat rusak. Dalam hal ini, dikenal tiga tingkatan kemasan, yaitu sebagai berikut.

  • Primary Packaging: kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk, seperti plastik pembungkus, kaleng, botol, dan bungkus permen.
  • Secondary Packaging: kemasan yang membungkus beberapa kemasan utama sehingga ukurannya lebih besar, seperti plastic wrap, kardus, dan kantong plastik.
  • Tertiary Packaging: kemasan untuk melindungi produk selama proses distribusi, misalnya kontainer.

Dalam perkembangannya, kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus, tetapi juga memiliki banyak fungsi lain sebagai berikut.

Melindungi Produk

Fungsi utama kemasan adalah melindungi produk. Tanpanya, produk akan mudah rusak sehingga merugikan produsen maupun konsumen. Produsen rugi karena citranya menjadi buruk, konsumen rugi karena sudah mengeluarkan uang untuk membayar.

Menambah Daya Tarik

Ketika akan membeli sebuah produk, hal pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan. Karena itu, desainnya harus memberikan kesan menarik, eksklusif, dan berkualitas kepada siapa pun yang melihatnya.

Sebagai Media Promosi

Kemasan harus mencantumkan berbagai informasi penting mengenai produk, seperti manfaat, kegunaan, nomor perizinan, dan tanggal kedaluwarsa. Informasi ini didesain semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik membelinya.

Mengenalkan Identitas Produk

Setiap produk harus memiliki identitas yang membedakannya dari yang lain. Identitas tersebut bisa dibangun melalui kemasan. Kemasan yang khas dan unik akan melekat dalam benak konsumen sehingga selalu diingat sebagai identitas merek tertentu.

Mendukung Keputusan Berbelanja

Kemasan bisa memengaruhi calon konsumen untuk membeli sebuah produk. Kemasan dengan ciri estetika yang unik dan menarik, baik bentuk, warna, tipografi, maupun komposisinya pasti menarik perhatian calon pembeli.

Plastik Kemasan Snack 2

 

Tips Memilih Plastik Kemasan Snack

Biaya untuk membeli kemasan merupakan salah satu komponen biaya produksi sehingga harus diperhitungkan dengan cermat. Untuk kemasan sederhana, tidak ada salahnya Anda membuat kemasan sendiri sehingga bisa jauh menghemat pengeluaran.

Salah satu caranya adalah dengan membeli peralatan pendukung agar Anda bisa melakukan pengemasan sendiri, seperti mesin pengemas plastik otomatis. Dengan menggunakan alat pembuat kemasan plastik, proses pengemasan bisa dilakukan dengan cepat dan hemat.

Namun, jika menginginkan kemasan khusus yang tidak bisa dibuat menggunakan alat kemasan plastik, mau tidak mau, Anda harus membelinya. Dengan begitu banyaknya kemasan plastik yang ditawarkan, Anda harus berhati-hati memilihnya dengan mengikuti tips berikut.

Tentukan Jenis Kemasan yang Dibutuhkan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli kemasan plastik adalah menentukan jenis kemasan yang dibutuhkan sesuai produk yang dijual. Misalnya, tentukan apakah kemasannya dari jenis transparan, full foil, atau kombinasi keduanya.

Pilih Fitur yang Tepat

Ada tiga jenis fitur yang biasa terdapat pada kemasan, yaitu vacuum, zipper, atau valve. Vacuum untuk meningkatkan daya tahan snack, zipper untuk melindungi dari sinar matahari dan oksigen, serta valve untuk snack yang mengeluarkan gas.

Tentukan Material Kemasan

Material kemasan sangat memengaruhi kualitas snack yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, tentukan material kemasan yang paling tepat dengan karakter produk snack Anda. Kenali sifat setiap jenis kemasan plastik yang ditawarkan seperti sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Pilih Produsen Yang Terpercaya

Saat ini, banyak sekali toko kemasan yang menawarkan beragam produknya di internet. Kunjungi website resminya untuk mendapatkan informasi penting tentang produk kemasan yang ditawarkan. Toko yang menyajikan info lengkap cenderung lebih bisa dipercaya.

Teliti Kualitas Produknya

Untuk mendapatkan kemasan plastik yang paling sesuai dengan jenis produk yang dijual dan menunjang bisnis Anda. Karena itu, perhatikan jenis material yang digunakan, bentuk kemasan, desain merek atau gambar, harga, dan sebagainya.

Bandingkan Harga

Apabila ada satu atau lebih toko yang menawarkan produk yang sama, bandingkan harga antara keduanya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kemasan yang paling ekonomis dari segi harga tanpa mengabaikan kualitasnya.

  • Manfaatkan Promosi

Carilah produsen atau toko penjual kemasan plastik yang menawarkan promosi menarik. Contohnya adalah pemberian diskon atau potongan harga untuk pembelian sejumlah tertentu. Dengan begitu, biaya operasional bisa dihemat sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Jika Anda memasarkan produk hingga ke luar kota, selain plastik kemasan snack murah, perhatikan juga packing makanan agar kualitas produk tetap seperti aslinya. Gunakan bantuan alat packing makanan agar keamanan produk terjaga.

Plastik Kemasan Snack 3

 

Demikian pembahasannya tentang plastik kemasan snack dan cara memilihnya yang tepat untuk produk snack anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp