WeCreativez WhatsApp Support
CS Wiratech
Hi, ada yang bisa kami bantu ?

5 Peluang Usaha Franchise Makanan Terlaris di Indonesia

Peluang Usaha Franchise Makanan

Banyaknya peluang usaha franchise makanan di Indonesia semakin memudahkan para pemula bisnis untuk membangkitkan semangatnya kembali. Makanan memang menjadi satu-satunya usaha yang paling banyak dipilih. Kebutuhan makanan sendiri merupakan hal yang pokok dan harus dipenuhi untuk keseharian kita.

franchise burger

Makanan terbagi menjadi dua kategori, yaitu ringan dan berat. Makanan yang dimaksud dengan ringan adalah jenis penganan yang sering dimanfaatkan sebagai camilan. Sedangkan makanan berat digunakan sebagai lauk atau pengganjal perut yang mudah mengenyangkan. Camilan biasanya bisa dikonsumsi secara sering atau berkala karena tidak mengenyangkan.

Di Indonesia sendiri peluang usaha franchise makanan tidak pernah menjamur. Saat ini, juga menyusul berbagai waralaba minuman segar yang menarik. Namun, untuk memulai usaha franchise makanan tidak bisa sembarang dijalani. Kamu perlu berbagai tips berikut ini untuk memulainya.

Tips Memulai Usaha Franchise Makanan

  • Pilih Brand Usaha Franchise Makanan yang Tepat

Dalam memilih brand usaha franchise makanan yang tepat kamu bisa memulai dengan mengamati lingkungan sekitar terlebih dahulu. Cari tahu makanan apa yang diminati oleh banyak konsumen. Pilihlah franchise makanan yang cukup memiliki nama, sehingga mudah dikenal orang banyak.

Selain itu, kamu juga bisa memilih makanan yang mudah untuk diolah. Hal tersebut juga sering dijadikan prioritas para pemula yang minim pengetahuan akan memasak, sehingga franchise makanan dengan olahan mudahlah yang banyak dimanfaatkan.

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan yang Diberlakukan

Sebelum bergabung dengan bisnis franchise makanan kamu perlu mengetahui background dari usaha tersebut. Nah, setelah menetapkan franchise makanan apa yang akan dipilih berikutnya pahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Pelajari bagaimana cara membagi keuntungannya dan apa saja yang kamu dapatkan?

Teliti dan pelajari berulang kali, jangan sampai merugikan. Jika syarat dan ketentuan sudah kamu pahami, bisa beralih ke ranah penandatanganan kontrak. Penandatanganan kontrak merupakan tanda adanya kesepakatan dari kedua belah pihak, sehingga kamu sudah bisa memulai untuk membangun bisnis.

  • Pilih Lokasi Berjualan yang Strategis

Menentukan lokasi berjualan yang strategis juga bisa kamu perhatikan dari lingkungan sekitar. Cocokkan dengan jenis makanan yang akan kamu jual dengan segmentasi penjual dan lokasi. Misalnya kamu akan membangun franchise kopi dengan konsep kekinian. Pilihlah lokasi dekat dengan lingkup sekolah atau universitas dengan segmentasi anak muda.

angkringan Bisnis Makanan Yang Menjanjikan

Daganganmu tidak akan laku jika menempatkan di sekitaran pasar yang notabene memiliki segmentasi ibu-ibu atau masyarakat dengan menengah ke bawah. Jika kamu salah pilih lokasi, akan berisiko apa yang kamu jual tidak laku dan menyebabkan kerugian.

  • Buat Perhitungan yang Matang

Apa pun jenis bisnisnya tentu harus dipersiapkan dengan perhitungan yang matang. Tujuannya? Tentu untuk meminimalisir risiko atau kerugian yang terjadi. Perhitungan bisa dimulai dari biaya waralaba yang dipatok oleh franchisor, sewa tempat, listrik, hingga gaji pegawai. Setelah bisnis berjalan lancar kamu harus membuat perhitungan setiap bulannya.

  • Siapkan Modal

Nah, kalau tips yang satu tentu saja penting. Tanpa modal kamu tidak bisa bergabung dengan segala franchise. Untuk bergabung dengan bisnis franchise ini, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp2-5jutaan. Biaya tersebut pun dikhususkan biasanya untuk franchise yang belum memiliki cukup nama.

Peluang Usaha Franchise Makanan

Dengan jumlah biaya tersebut juga dapat membedakan kapasitas booth atau jumlah makanan yang disiapkan dalam per harinya. Sedangkan untuk peluang usaha franchise yang sudah cukup memiliki nama, jangan terkejut jika kamu harus menyiapkan uang puluhan juta rupiah. Tapi, jangan khawatir, masih banyak kok jenis franchise lainnya yang di bawah Rp5jt.

Jenis Peluang Usaha Franchise Makanan

Dalam menentukan peluang usaha franchise makanan di Indonesia mungkin akan sedikit membingungkan. Pasalnya di Indonesia sendiri punya beragam makanan yang banyak diminati. Nah, demi memudahkanmu untuk menentukan pilihan peluang franchise makanan, berikut kami rangkum daftarnya.

  • Franchise Fried Chicken

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu in? Franchise fried chicken sangat mudah ditemukan di mana saja, tepatnya hampir di sepanjang jalan. Jenis franchise makanan yang satu ini masuk dalam deretan tertinggi di Indonesia. Fried chicken identik dengan tepungnya. Memiliki rasa renyah dan gurih selalu membuat para pelangannya ketagihan.

cara membuat ayam crispy

Bagusnya lagi, usaha franchise yang satu ini tidak memiliki batas segmentasi usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Beberapa franchise fried chicken yang sering dijumpai adalah D’Besto, D’Kriuk, Sabana, dan sebagainya.

  • Franchise Bakso

Daging yang dibuat pentol ini sangat sukses diterima oleh lidah warga Indonesia. Sajiannya dengan kuah cocok dinikmati saat kapan pun terutama saat hujan turun. Biasanya franchise yang satu ini juga menyediakan mie ayam. Kamu bisa menikmati satu paketnya. Sama halnya dengan fried chicken, bakso lebih banyak dan lebih mudah untuk ditemukan.

Bakso juga memiliki segmentasi yang luas. Bakso bisa kamu temukan di kantin sekolah, terminal, stasiun, dan masih banyak tempat lainnya. Harga jual bakso ini pun cukup bersahabat, sehingga tidak terlalu menguras kocek terlalu dalam. Beberpa franchise bakso yang terkenal adalah Bakso Malang Caksu Kumis, Bakso Mercon Pak Roso, Bakso Celup Almondegas, dan lain-lain.

  • Franchise Burger

Makanan yang berasal dari kebaratan ini juga banyak disukai warga Indonesia. Peluang usaha Franchise burger pun tidak pernah surut, mulai dari konsep burger kaki lima, menengah, hingga ala restoran. Masing-masing penjual burger memiliki ciri khasnya tersendiri dalam menonjolkan rasa, tampilan, serta topping.

Burger adalah makanan yang menggunakan dua potong roti denga nisi sayuran, daging, dan saus. Satu porsi burger biasanya dapat mencukupi kebutuhan perut untuk kenyang lebih lama. Beberapa franchise burger yang bisa kamu coba seperti Mr. Burger, Burger Klenger, dan sebagainya.

  • Franchise Es Krim

Makanan dingin yang satu ini sangat bermanfaat untuk menyejukan hati dan pikiran. Apalagi saat ini es krim memiliki jenis dan varian rasa yang semakin beragam. Es krim diolah menggunakan susu dan sebagian lagi ditambah pemanis atau gula alami. Es krim juga sering dipadukan dengan berbagai campuran buah.

es krim cone

Beberapa franchise es krim yang bisa kamu coba manfaatkan seperti Manda Ice Cream dan Jeju Ice Cream. Namun, jika kamu tertarik untuk membuka usaha sendiri tanpa bergabung dengan franchise juga tidak masalah. Kamu bisa memanfaatkan freezer di rumah. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakanlah mesin es krim.

  • Franchise Kebab

Kebab merupakan makanan yang berasal dari Timur Tengah. Hampir sama dengan burger, kebab juga menggunan irisan daging. Untuk membuat kebab membutuhkan lapisan tortilla sebagai kulit luar. Kebab juga menggunakan sayura seperti selada, timun, dan tomat. Selain menggunakan saus, kebab juga enak disantap dengan mayonnaise.

Kebab Baba Rafi, Arofah Kebab, Kebab Sohib, bisa menjadi referensi kamu untuk memulai peluang usaha franchise kebab. Maraknya permintaan kebab juga bisa kamu jadikan alasan untuk membuka peluang usaha franchise makanan.

Itu dia seputar artikel mengenai peluang usaha franchise makanan. Masih banyak jenis waralaba lainnya yang bisa kamu coba. Nah, untuk urutan terbaik dengan banyaknya pelanggan, kamu bisa mencoba dari berbagai franchise makanan di atas. Salam sukses!

 

 

(Zakiah)