Mie Ayam

Mie Ayam, adalah salah satu jenis makanan berbahan dasar tepung terigu yang mempunyai bentuk seperti tali, ukurannya Panjang dan teksturnya lembut di lidah. Mie ayam termasuk dalam salah satu jenis makanan Mie atau Bakmi. Hanya saja penggunakan kata Ayam membuat jenis ini masuk kedalam golongan bakmi yang lebih spesifik karena bakmi ini di menggunakan toping potongan Daging ayam yang tidak terlalu basah dan dengan rasa lebih gurih yang lebih dominan.

mie ayam

Seperti yang kita ketahui, menurut asal usulnya Bakmi berasal dari negeri Tiongkok Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Meskipun Bakmi bukan asli Indonesia tapi nyatanya kini setelah popular di tanah air dan mengalami pengubahan kosa kata menjadi mie. Maka Bakmi seakan sudah menjadi makanan tradisional Indonesia. Makanan ini sudah ter sebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa makanan ini sangat mudah di temukan.

Mie memang seolah sudah menjadi makanan langganan masyarakat Indonesia, rasanya enak, kuahnya khas dan harganya juga sangat terjangkau. Di Indonesia terdapa beberapa jenis Mie ayam yang di modifikasi sedemikian rupa. Jadi bisa dibilang tiap-tiap daerah di Indonesia terdapat mie ayam yang menjadi ikon dan merepresentasikan ciri khas daerah asal. Beberapa jenis mie yang paling terkenal di Indonesia antara lain :

Mie Aceh

Kota yang berjuluk serambi mekah ini memang bisa dibilang mempunyai kudapan mie yang sangat popular. Walau tidak serta merta masuk dalam keluarga mie ayam, tetapi sajian dan ciri khas yang terdapat di dalamnya yang memang mie banget. Mie aceh merupakan salah satu dari sekian banyak hidangan mie asli Indonesia yang punya bejubel penggemar. Yang istimewa dari mie aceh adalah paduan kuah dan toping nya yang tergolong nampol di lidah.

Mie aceh menggunakan sajian mie kuning sebagai bahan utama, cara bikinnya juga sederhana. mie kuning yang ditumis dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, adas, jinten, kapulaga, dan cabai. Selain bumbu, mie aceh juga diberi campuran udang, cumi, dan irisan daging sapi. Terdapat beberapa jenis model mie aceh yang bisa kita temui, mulai dari Goreng Kering,Tumis,Rebus, Kuah, dll.

Mie Celor

Mie Celor berasal dari kota Palembang,mungkin jika merujuk kata celor maka bisa di artikan telor. Tettapi jangan salah walau kuahnya gurih layaknya telor tetapi rasa dari mie ini sangat seafood sekali. Mie yang di gunakan bukan mie putih melainkan mie kuning layaknya mie aceh. Kuah mie Celor di buat dari beberap paduan bahan-bahan seperti santan, terigu,kaldu,udang dan bumbu tumis lainnya

Mie Koba

Sepintas nama mie ini mengingatkan kita dengan sajian mie khas asal jepang yakni Soba, eits tetapi jangan salah karena kedua mie ini (Koba dan Soba) ternyata mempunyai dunia yang berbeda. Mie koba berasal dari salah satu kabupaten di Bangka tengah. Sekilas tampilan mie ini cukup sederhana layaknya mie aceh, tetapi jangan salah bahan utama kuah mie ini ternyata di buat dari ikan tengiri dengan campuran rempah-rempah yang cukup pekat.

Mie Kocok

Mie kocok merupakan sajian mie yang sangat akrab di kuping urang sunda. Ya karena mie ini berasal dari kota bandung lho. Mengapa disebut mie kocok? Karena setelah diletakkan dalam mangkuk, mie kuning berbentuk pipih ini perlu dikocok atau diaduk berkali-kali supaya matang sempurna. Untuk sajiah kuah mie kocok bisa dibilang cita rasanya sangat mirip dengan soto mie. Mungkin karena mie kocok sedikit banyak menggunakan irisan kaki sapi atau yang sering kita sebut juga dengan kikil

Mie Godog

Jika anda sedang jalan-jalan ke Jogjakarta, maka tak lengkap rasanya jika belum mencoba sajian mie yang satu ini. Ya mie Godok adalah sajian mie kuning yang di rebus dengan kuah kaldu yang di kombinasikan dengan citarasa rempah yang cukup mencolok. Ada rasa kemiri dan merica yang cukup menonjol pada hidangan ini. Sajian mie ini biasa dicampurkan dengan potongan daging ayam, telur orak-arik yang dimasak bersama tumisan kuahnya, kol, tomat, seledri, dan ditaburi dengan bawang goreng

Mie Cakalang

Jika mendengar kata cakalang maka secara otomatis kita akan teringat dengan yang Namanya hewan air yang hidup di daerah Manado. Ya Cakalang adalah sejenis ikan yang sangat identic dengan masarakat manado. Maka sudah barang tentu mie cakalang ini mengambil nama dari daerah asalnya yakni kota manado. Mie Cakalang kerap kali di buru para pencinta mie, cirikhas yang paling kentara dari mie cakalang adalah toping ikan cakalangnya yang tergolong enak banget. Ikan cakalang asap di potong / di suir-suir di atas tumpukan mie rebus dan di beri daun selederi sebagai pemanis tampilan.

Menyantap mie cakalang tak lengkap rasanya jika tidak menggunakan sambel roa, samebl merah atau sambal bekasang. Kuahnya sendiri memang tak ada unsur ikan, tapi dibuat dengan rasa khas merica dan bawang putih, sehingga terasa cocok dengan mie kuning dan ikan cakalang itu sendiri.

Well at least not the last, sajian mie di atas memang bisa dibilang bercitarasa Indonesia banget. Hal ini bisa dilihat dari permainan bumbu dan rempah yang sangat dominan mengisi rasa kuahnya. Jika di bandingkan dengan mie ayam tentu saja kelasnya akan berbeda. Secara dari sisi historical mie ayam mempunyai rasa yang cukup general, yang bisa di terima oleh siapa saja yang menyantapnya.

Bisnis Mie Ayam

Oke balik lagi bahas soal Mie ayam, bisa dibilang makanan ini sendiri gak hanya enak dari segi rasa aja lho, ternyata dari segi bisnis bisa juga mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan..Kok bisa?? Yuk simak sampai habis artikel ini ya

Seperti yang di jelaskan pada paragraph pembuka, siapa siy yang tak kenal dengan Mie ayam khas Indonesia?? Tentunya hampir setiap orang di tanah air ini pernah mencoba sajian mie ayam walau tak selalu dengan jenis yang sama. Nah dari sini aja udah bisa dilihat potensi pasar yang begitu besar bisa di raih jika kita ingin berbisnis warung Mie Ayam.

Terlebih lagi untuk bisnis makanan bisa dibilang mempunyai tingkat “keawetan” bisnis yang tergolong abadi, tolak ukurnya gampang saja karena setiap orang butuh makan dan juga doyan jajan. Mie ayam bisa menjadi salah satu alternative makanan sekaligus camilan berat pengganjal lapar. Jadi sudah pasti jika kita berbisnis mie ayam, maka 2 hingga 3 jenis konsumen dan berbagai golongan sosial bisa kita “sikat” sekaligus.

Nah bagi anda yang ingin memulai usaha mie ayam baik rumahan, warung atau kelas restoran..maka taka ada salahnya untuk menyimak tips dan trik berikut ini, di jamin pengetahuan anda akan berbisnis mie ayam itu sulit akan luntur dengan seketika.

Lokasi Strategis

Ini adalah point awal dan cukup krusial untuk anda pikirkan sebelum memulai bernisnis Mie Ayam. Gak hanya bisnis mie ayam,karena apapun bisnis yang anda geluti namun jika sampai salah pilih lokasi maka sudah di pastikan bisnis yang anda miliki tak akan bergairah. Usahakan pilih Lokasi usaha yang strategis meliputi :

  • Akses Jalan yang mudah
  • tempat yang ramai
  • mudah di lihat orang
  • Nyaman dan Aman

Jika ke empat element di atas sudah didapatkan, maka di pastikan bisnis yang akan anda mulai bisa cerah di kemudian hari

Cita Rasa Yang Khas

Hampir semua warung mie ayam baik rumahan, warung ataupun restoran selalu menggunakan bahan baku yang sama. Tetapi soal urusan rasa bisa jadi ketiganya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini bisa saja terjadi karena banyak factor yang bisa mempengaruhi citarasa  dari mie ayam tersebut.

Jadi usahakan sebelum anda membuka bisnis Mie Ayam, lakukan trial dan error terhadap resep mie ayam yang akan anda jadikan acuan. Penggunaan perlatan yang tepat dan bahan baku berkualitas merupakan salah satu hal yang harus anda pahami. Penggunaan mesin mie modern sendiri sudah menjadi hal yang lumrah apabila anda ingin memproduksi kebutuhan adonan mie sendiri.

mesin-mie-bg

Dan Ingatlah satu hal, Apabila rasa mie ayam yang anda racik termasuk enak serta dapat menggugah minat para calon pelanggan. Maka dijamin para pembeli tersebut akan kembali mendatangi warung Anda.

Pelayanan Prima

Hal ini mungkin terkesan remeh namun cukup penting untuk anda terapkan. Standar pelayanan yang bagus tentu akan menumbuhkan impresi positif dari orang-orang yang datang ke warung anda. berikanlah pelayanan yang ramah agar supaya pelanggan merasa senang. Ingat selalu tiga kata ini “Senyum, Salam, dan Sapa”.

Promosi Yang Tepat

Nah yang terakhir ini merupakan hal yang cukup penting dan harus selalu anda lakukan di awal ketika akan berbisnis, apapun itu jenis usahanya namun jika anda tak bergerak untuk melakukan promo secara intensif..maka sudah di pastikan bisnis anda akan sepi dari peminat karena apa yang anda ingin tawarkan tak pernah sampai ke tangan calon konsumen / pembeli.

Hal yang paling mudah untuk melakukan promosi di zaman sekarang adalah dengan aktif di beberapa layanan Social Media. Mengapa harus via social media?? Pertama Gratis, kedua Mudah di lakukan dan yang terakhir bisa di lakukan dimana saja

Nah gimana??ternyata berbisnis mie ayam untuk kelas pemulai itu gampang kan..semuanya balik lagi ke niat, jika anda memang serius untuk menekuni bisnis yang satu ini maka begeraklah dari sekarang. Terapkan standar tinggi dalam pelaksanaannya dan jangan pernah menyerah terhadap hasil yang anda raih.

Oke semoga artikel mengenai Mie Ayam ini bisa berguna untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − 1 =