Daftar Harga Mesin Roti Bakar Terbaru, Manakah Pilihan Wirasob?

Mesin Roti Bakar

Mesin roti bakar merupakan mesin yang digunakan untuk membuat roti bakar, mesin ini seperti yang kita ketahui adalah toaster. Khusus untuk membakar roti sebagai sarapan pagi atau cemilan saat sore hari, juga bisa untuk teman minum kopi atau teh.

bread-toaster subcat banner

Mesin roti bakar dipasaran harganya cukup terjangkau, alat ini digunakan untuk memanggang roti bakar yang akan dibuat sandwich. Roti bakar makanan yang biasa orang luar negri makan untuk sarapan pagi. Penyajian roti bakar di pagi hari menciptakan rasa yang berbeda dari sajian roti yang hanya menggunakan selai saja.

Banyak orang yang menyukai sandwich roti bakar karena tekstur grillnya yang renyah untuk dikunyah. Bercampur dengan isian roti bakar yang bikin ketagihan. Jadi kalo di bilang mesin roti bakar sebenarnya adalah alat pemanggang roti bakar atau orang biasa menyebutnya toaster.

Daftar Harga Mesin Roti Bakar

  • Xiaomi Deerma Alat Pemanggang Roti Bakar Toaster / Mesin Panggang Roti        Rp600.000
  • Panggang Roti Bakar Mesin Toaster Rp399.000
  • TB Pembuat Sandwich Roti Bakar   Rp622.650
  • Mesin Bread Toaster Roti Bakar-D06       Rp2.644.400
  • Sandwich Maker Mesin Roti Bakar Portable     Rp695.800
  • Panggang Roti Bakar Mesin Toaster       Rp683.000
  • Mesin Roti Bakar Miyako TSK-258   Harga Rp 200.000
  • Mesin Roti Bakar Philips HD4825    Harga Rp 250.000
  • Mesin Roti Bakar Kirin KST-365      Harga Rp 193.000
  • Mesin Roti Bakar Philips Sandwich Maker    Harga Rp 335.000
  • Mesin Roti Bakar Oxone OX-222     Harga Rp 340.000
  • Mesin Roti Bakar Philips HD2393    Harga Rp 135.000
  • Mesin Roti Bakar Maspion MT202D Harga Rp 252.900
  • Mesin Roti Bakar Philips HD2393 Hitam   Harga Rp 479.000
  • Mesin Roti Bakar KENWOOD SM650         Harga Rp 842.000
  • Mesin Roti Bakar Electrolux EOT4805K    Harga Rp 780.000

Fitur dan Bagian Dari Mesin Roti Bakar

  • Tombol Start dan Pengangkat Roti

Seperti namanya, tombol ini digunakan untuk memulai memanggang roti. Tombol ini tentunya paling penting agar pemanggang roti dapat mulai bekerja dan mematangkan roti. Pada toaster, terdapat juga tuas untuk mengangkat roti agar mengetahui tingkat kematangan yang diinginkan. Jadi, saat memanggang roti dalam kondisi mesin menyala, kita bisa mengangkat roti untuk mengetahui apakah roti sudah selesai terpanggang sesuai keinginan atau belum.

  • Timer

Tentu fitur ini menjadi salah satu fitur yang sangat membantu. Dengan adanya timer, tingkat kematangan roti dapat disesuaikan lewat seberapa lama kita memanggang roti. Tidak perlu menunggu di depan pemanggang roti, cukup mengatur waktunya, lalu dengan sendirinya toaster akan bekerja hingga roti matang. Selain itu, dengan adanya fungsi ini, penggunaan daya listrik dapat diminimalisir sehingga bisa menghemat listrik. Ketika timer berfungsi, pemakaian listrik hanya dibutuhkan saat roti dipanggang hingga selesai.

  • Thermostat Control

Ketika memanggang roti, suhu menjadi salah satu unsur penting untuk menentukan kematangan. Atur suhu terbaik agar roti tidak gosong dan mendapat tingkat kematangan yang pas. Biasanya, pada pemanggang roti, pengontrol suhu dilakukan dengan memutar tombol suhu sesuai panas yang diinginkan.

  • Defrost

Tombol ini diciptakan untuk memanggang roti beku yang biasanya baru dikeluarkan dari freezer. Tetapi, tidak semua pemanggang roti memiliki fungsi ini. Fitur ini memberikan kemudahan dan dapat menghemat waktu karena tidak perlu menunggu es pada roti lebur. Cukup menggunakan tombol ini dan roti panggang pun bisa langsung matang.

  • Lampu Indikator

Lampu indikator memegang peran penting untuk mengetahui apakah pemanggang roti bekerja atau tidak. Pasalnya, lampu ini akan memberitahu apakah mesin toaster sedang menyala atau mati, apakah dalam posisi memanggang atau standby. Penting untuk mengetahui apakah aliran listrik masuk dalam rangkaian mesin sebagai penanda bekerjanya mesin pemanggang. Sehingga, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa mematikan mesin.

  • Reheat

Jika roti panggang mulai dingin, fitur reheat dapat digunakan untuk menghangatkan kembali roti yang mulai melempem. Hanya perlu menekan tombol ini, roti pun akan kembali hangat. Dengan adanya fitur ini, tentunya dapat menghemat waktu tanpa perlu menggunakan kompor.

  • Dudukan Roti

Bagian pemanggang roti ini merupakan tempat untuk meletakkan roti yang ingin di panggang. Dalam pemanggang roti, jumlah slot yang disediakan biasanya tergantung pada alat pemanggang roti itu sendiri. Ada yang menyediakan 2 hingga 6 dudukan roti.

 

Dudukan roti ini dapat naik secara otomatis menurut panas dan lamanya waktu pemanggangan yang sudah ditentukan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, terdapat tuas pengangkat roti, dudukan roti akan naik secara manual jika tuas tersebut dinaikkan.

  • Elemen Pemanas

Pada toaster, elemen pemanas dihubungkan secara paralel sehingga membentuk dua rongga dan terdiri dari tiga bagian pemanas agar roti matang secara merata. Biasanya, elemen pemanas ini terbuat dari kawat nikelin yang dililitkan pada lempengan mika atau asbes sebagai bahan pemanasnya.

  • Rumah Pelindung

Ketika memanggang, tentunya panas pada pemanggang roti akan berbahaya jika tidak sengaja tersentuh. Sehingga, alat ini dilengkapi dengan bagian rumah pelindung terbuat dari pelat baja. Material tersebut dilapisi krom atau cat anti karat dan tahan panas, agar tidak mudah berkarat.

  • Removable Crumb Tray

Fungsi ini akan memudahkan ketika membersihkan toaster, remah-remah roti akan terkumpul dalam sebuah wadah yang bisa dilepas dan dipasang. Tidak perlu repot membersihkan pemanggang roti, dengan adanya fitur ini, pembersihan akan menjadi lebih mudah.

Cara Kerja Mesin Roti Bakar

Mesin toaster bekerja dengan cara memanaskan roti dalam rongga-rongga khusus dalam mesin. Panas tersebut dihasilkan dari kawat nikelin pipih yang dililitkan pada lempengan asbes atau mika yang tahan panas.

Jenis Mesin Roti Bakar

  • Oven Toaster

Sekilas, bentuk dari oven toaster ini mirip dengan bentuk oven biasa. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil. Cara menggunakan oven toaster sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan lembaran roti ke dalam loyang khusus yang disediakan, lalu panggang roti dengan suhu yang bisa disesuaikan. Tak hanya untuk memanggang roti saja, oven toaster ini juga bisa digunakan untuk memanggang beberapa jenis makanan lain seperti muffin, waffle, kue, hingga memanggang ayam. Sehingga sangat multifungsi.

  • Sandwich Toaster

Sesuai namanya, sandwich toaster ini berfungsi untuk memanggang roti isi atau sandwich. Jadi isian sandwich bisa sekaligus ikut dipanggang bersama roti.

  • Pop up toaster

Toaster ini merupakan jenis toaster yang paling banyak digunakan. Pop up toaster memanggang roti dengan cara vertikal. Jika roti sudah matang, akan ada bunyi ‘bip’ yang khas dan dan roti otomatis akan ‘naik’ dengan sendirinya. Kapasitas pop up toaster ini sekitar 2-6 roti lembaran dalam sekali panggang. Banyaknya kapasitas tersebut tergantung dari harga dan merk toaster. Semakin banyak ruang, semakin mahal pula harganya.

Demikian pembahasannya tentang mesin roti bakar yang biasa digunakan untuk membuat roti bakar dan sandwich. Juga dari segi harga juga cukup terjangkau dipasaran, Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp